carisinyal web banner retina

Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y27s

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Seri Y27 dari vivo punya varian lain yang disebut vivo Y27s. Ponsel ini dijual dengan harga Rp2 jutaan dan jadi salah satu alternatif buat calon konsumen untuk meminang ponsel murah menarik dari vivo.

vivo Y27s sendiri merupakan penerus dari vivo Y27. Bahkan, bisa dibilang, vivo Y27s ini memiliki kelengkapan yang cukup menarik di beberapa sektor. Nah, Anda bisa melihatnya secara singkat di dalam tabel berikut yang berisi beberapa kelebihan dan kekurangan vivo Y27s. Anda juga bisa lanjut ke pembahasannya setelah informasi spesifikasi di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Build quality bodi oke
Kemampuan kamera biasa saja
Layar IPS LCD 90 Hz
Tipe USB type-C lama dan tanpa wireless charging
Performa tangguh Snapdragon 680 dan efisien
Isu overheat saat digunakan terlalu lama
Kapasitas memori luas dan lega
Sudah dibekali fitur NFC
Ada sensor gyro dan stereo speaker yang seru
Baterai awet dengan flash charge 44W

Spesifikasi vivo Y27s

vivo Y27s
Layar IPS LCD 6.64 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo Y27s

Dengan harga Rp2 jutaan saja, HP dengan kelengkapan di setiap sektornya sudah membuatnya cukup menarik, termasuk vivo Y27s ini. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan vivo Y27s yang mesti Anda tahu.

1. Build Quality Bodi Oke

vivo y27s

Salah satu keunggulan dari vivo Y27s ini adalah memiliki build quality yang bagus. Tampilan desain yang dimilikinya juga cukup menarik karena terlihat minimalis dan tidak banyak aksen. vivo masih menggunakan konsep modul kamera berbentuk persegi dengan lingkaran kamera cukup besar di dalamnya.

Jika diperhatikan, terdapat detail menarik pada modul kameranya yang diberi nama fantasy frame. Detail ini berada di bagian frame modul yang memiliki efek warna seperti pelangi saat terkena cahaya. Modul kameranya ini terlihat tidak terlalu menonjol dari bagian samping. Hal ini membuatnya tetap terlihat ramping dan nyaman digenggam.

Berbicara soal kenyamanan, vivo Y27s ini menggunakan desain bodi 2,5D flat frame. Lengkungannya cukup simetris di bagian depan dan belakang, hal inilah yang membuatnya nyaman saat digenggam. Selain itu, ketebalannya yang hanya 8,17 mm dengan berat 192 gram juga jadi nilai plus untuk HP di kelas harganya.

Meski memiliki harga relatif murah yaitu Rp2 jutaan saja, build quality-nya ini cukup menarik. Terdapat sertifikasi IP54 yang membuatnya mampu bertahan dari debu dan percikan air dari segala arah. Jika hanya gerimis, vivo Y27s bisa melewatinya dengan mudah.

Selain itu, vivo juga mengeklaim bahwa vivo Y27s ini mampu bertahan dalam kondisi yang ekstrem. Misalnya tergores oleh benda tajam, jatuh, atau berada dalam suhu yang ekstrem sekalipun. Kemampuannya tersebut sudah melewati berbagai ujian yang dilakukan oleh vivo sendiri.

2. Layar IPS LCD 90 Hz

vivo y27s

vivo Y27s sudah dibekali layar dengan kemampuan refresh rate 90 Hz. Kemampuannya ini membuat pergerakan animasinya terlihat lebih mulus dibandingkan dengan versi regulernya yaitu vivo Y27 yang hanya 60 Hz saja. Hal ini menjadi salah satu peningkatan yang disematkannya.

Jenis panel yang digunakannya memang hanya IPS LCD saja, bukan AMOLED. Namun, hal ini masih terbilang wajar mengingat harganya juga yang murah. Selain itu, kemampuan resolusinya yang mencapai Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel juga sudah membuat tampilannya terlihat tajam.

Menariknya, vivo mengeklaim bahwa HP-nya ini sudah cocok digunakan di dalam atau luar ruangan yang cerah. Vivo menamainya dengan Sunlight Screen yang punya kecerahan layar hingga 650 nit. Tampilan atau tulisan di dalam layar tetap akan terlihat meski dalam kondisi cerah sekalipun.

Untuk ukuran layarnya, vivo Y27s sudah cukup pas yaitu 6,64 inci. Sayangnya, tampilan bagian depannya ini masih terlihat ketinggalan zaman. Misalnya saja bagian kamera selfie-nya yang masih dibungkus oleh notch waterdrop. Selain itu, desain bezel yang dimilikinya juga terlihat masih tebal, apalagi di bagian dagu atau bawah layarnya.

Selain itu, vivo juga tidak turut menyematkan perlindungan khusus untuk layarnya ini. Sehingga, Anda mungkin harus sedikit berhati-hati saat menggunakan vivo Y27s ini. Apalagi Anda yang suka bermain game karena berisiko lecet atau tergores.

3. Performa Tangguh Snapdragon 680 dan Efisien

snapdragon 680

Menggunakan Snapdragon 680 di harga terjangkau tentu saja membuat vivo Y27s terlihat lebih menarik. Pasalnya, chipset ini membuat HP memiliki performa yang cukup tangguh, baik untuk multitasking atau bermain game

Selain performa, Snapdragon 680 juga menawarkan efisiensi daya yang cukup baik dengan proses fabrikasi 6 nm. Hal ini jelas lebih unggul dari model regulernya yaitu vivo Y27 yang menggunakan Helio G85 dengan fabrikasi 12 nm. Namun, apakah chipset ini benar-benar sebuah peningkatan dari model regulernya?

Tampaknya, pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab dengan jelas. Pasalnya, Snapdragon 680 memang memiliki clock speed CPU yang sudah lebih tinggi. Di dalamnya terdapat delapan inti CPU, terdiri dari dua core Kryo 265 berbasis Cortex A73 (2,4 GHz) untuk performa dan enam core Kryo 265 berbasis Cortex A53 (1,9 GHz) untuk efisiensinya.

Sedangkan Helio G85 di model regulernya memiliki inti CPU yang lebih baru yaitu Cortex A75 untuk performa dan Cortex A55 untuk efisiensinya. Namun, jumlah clock speed yang mampu dicapainya sedikit lebih kecil yaitu hanya 2 GHz.

Kemudian untuk kartu pengolah grafisnya, Snapdragon 680 mengandalkan GPU Adreno 610 dengan frekuensi 1114 MHz. Lantas, seperti apa kira-kira gambaran kasar dari performanya?

Merujuk pada data dari Nanoreview, vivo Y27s ini mendapatkan skor AnTuTu v10 di angka 311.699 poin. Skor tersebut berada sedikit di atas Helio G85 milik vivo Y27 yang hanya bisa mendapat skor 266.853 poin saja.

Sedangkan untuk GeekBench 6, Snapdragon 680 mendapat skor 412 untuk single-core dan 1446 untuk multi-core. Kemudian untuk 3DMark Wild Life untuk menguji ketahanan performanya mendapatkan skor 441 poin.

Noeby’s Channel dalam videonya juga sempat menguji vivo Y27s langsung dengan coba memainkan game Asphalt 8: Airborne. Hasilnya, game bisa dijalankan dengan lancar tanpa adanya lag, bahkan saat terjadi crash atau tabrakan. Hal tersebut sudah cukup nyaman untuk HP dengan harga Rp2 jutaan saja.

4. Kapasitas Memori Luas dan Lega

vivo y27s

Performa yang dihasilkan vivo Y27s juga jadi lebih optimal berkat kapasitas memorinya yang cukup luas. HP ini menawarkan RAM berjenis LPDDR4x dengan kapasitas 8 GB. Menariknya, terdapat fitur Extended RAM yang bisa Anda manfaatkan untuk memperluas kapasitasnya hingga 8 GB. Sehingga total RAM yang bisa Anda nikmati adalah 16 GB.

Tidak hanya itu, vivo Y27s juga menawarkan fitur bernama RAM Saver. Fitur ini mampu membuat lebih banyak ruang pada memori RAM dan mencegah kepadatan berlebih. Menurut klaimnya, fitur ini bisa menghemat hingga 600 MB.

Kemudian untuk memori internalnya, Anda bisa menikmati mulai dari 128 GB atau 256 GB berjenis UFS 2.2. Hal ini membuat Anda bisa menyimpan berkas lebih banyak. Bahkan, vivo Y27s masih menyediakan slot khusus microSD untuk memperluas kapasitasnya hingga 1 TB.

5. Sudah Dibekali Fitur NFC

vivo y27s

Dari segi konektivitas, vivo Y27s kini sudah dibekali fitur NFC. Sebelumnya di model regulernya yaitu vivo Y27, fitur NFC ini tidak turut dibawa. Padahal, fitur ini memiliki fungsi yang kian penting untuk kebutuhan sehari-hari.

Fitur NFC yang disematkan ini sudah bersifat multifungsi, artinya memiliki fungsi yang cukup beragam. Misalnya untuk melakukan pengecekan kartu e-money, mengisi saldo, atau menduplikasi kartu akses agar lebih mudah dan praktis hanya dalam satu sentuhan saja.

Selain itu, terdapat konektivitas lainnya yang turut melengkapi, mulai dari WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, GPS, hingga USB Type-C 2.0 dengan fitur OTG. Kelengkapannya ini sudah cukup baik untuk menemani aktivitas harian Anda.

6. Ada Sensor Gyro dan Stereo Speaker yang Seru

vivo y27s

Beralih ke sensor, lagi-lagi vivo Y27s menambahkan fitur yang sebelumnya tidak ada di vivo Y27 yaitu gyroscope. Sederhananya, sensor ini berfungsi untuk mengukur atau mempertahankan orientasi sudut dengan gerakan HP. Sensor ini biasanya digunakan untuk bermain game jenis balapan atau tembakan seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile.

Selain itu, masih ada sensor lain yang melengkapinya, misalnya fingerprint yang sudah disimpan di bagian samping bodi. Kemudian ada sensor akselerometer, proksimitas, dan kompas.

Hal menarik lainnya dari vivo Y27s ini adalah sudah menggunakan stereo speaker yang cukup lantang. Hal ini membuat aktivitas multimedia seperti menonton atau bermain game jadi lebih menyenangkan. Bahkan, vivo menyebutkan bahwa volume yang bisa dicapainya ini tidak hanya 100 persen, melainkan hingga 200 persen.

7. Baterai Awet dengan Flash Charge 44W

vivo y27s

Sebagai HP kelas terjangkau, ketahanan baterai tentu saja menjadi hal yang cukup penting. Mengingat penggunaan HP di kelas ini biasanya untuk penggunaan dengan durasi yang lama daripada mencapai performa tinggi dalam waktu sebentar. Hal inilah yang membuat vivo Y27s ini dibekali baterai 5000 mAh yang awet seharian.

Menurut klaimnya, vivo Y27s ini mampu bertahan hingga 20 jam untuk aktivitas streaming video. Sedangkan untuk bermain game bisa digunakan sampai 6 jam lamanya.

Tidak hanya awet, vivo Y27s juga dibekali fitur FlashCharge 44W. Angka ini tentu saja cukup menarik ketika dibandingkan dengan HP lain di harga yang mirip. Misalnya Redmi Note 12 dan realme C55 NFC dengan harga Rp2,2 jutaan kompak dengan fast charging 33 W saja. Bahkan Samsung Galaxy M14 5G dengan harga Rp2,4 hanya dibekali pengisian daya 25 W saja.

Menurut klaimnya, vivo Y27s ini mampu mengisi daya hingga 30 persen dalam waktu 15 menit saja. Hal ini membuat Anda tidak usah menunggu waktu lama untuk bisa menggunakan HP kembali.

Kekurangan vivo Y27s

Meski memiliki beberapa kelebihan yang menarik, vivo Y27s tetaplah HP dengan harga murah Rp2 jutaan. Tentu ada beberapa hal atau kekurangan sebagai bahan pertimbangannya. Nah, berikut beberapa kekurangan dari vivo Y27s.

1. Kemampuan Kamera Biasa Saja

vivo y27s

Salah satu kekurangan dari vivo Y27s yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan paling berat adalah kamera. Meski begitu, kamera utamanya ini sudah cukup baik dengan resolusi 50 MP (f/1.8) dengan dukungan PDAF. Kamera ini tentu saja merupakan hasil dari pixel binning yang menggabungkan beberapa piksel kecil menjadi satu piksel raksasa.

Penggabungan tersebut akan membantu meningkatkan ketajaman serta detail yang didapat. Apalagi cahaya yang ditangkap juga akan jadi lebih banyak dibandingkan satu piksel kecil biasa.

Sayangnya, vivo Y27s ini hanya mengandalkan satu kamera utamanya saja. Tidak ada kamera tambahan lain seperti kamera ultrawide, yang ada hanya sensor depth 2 MP (f/2.4) yang kurang jelas fungsinya. Sedangkan kamera depannya hanya 8 MP (f/2.0) saja, sama dengan model regulernya yaitu vivo Y27.

Untuk perekaman videonya, baik kamera depan datau kamera belakang hanya bisa mencapai kualitas 1080p dengan 30 fps saja. Hal ini membuatnya kurang cocok untuk Anda yang sering memotret atau merekam momen sehari-hari Anda.

Perekaman video yang dihasilkan atau yang tersimpan pada galeri memang terlihat biasa saja. Namun, saat diposting ke media sosial, tentu kualitas video akan terkena kompresi sehingga terlihat lebih buruk.

2. Tipe USB Type-C Lama dan Tanpa Wireless Charging

vivo y27s

vivo Y27s memang sudah dibekali fitur pengisian daya yang cukup cepat di kelasnya yaitu FlashCharge 44W. Fitur ini bisa mengisi daya HP dengan cepat, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk bisa mengisi hingga 30 persen.

Sayangnya, tidak ada fitur atau dukungan lain untuk proses pengisian dayanya. Anda hannya bisa mengisi daya menggunakan charger berkabel saja karena tidak ada wireless charging ataupun reverse. Jenis USB Type-C yang digunakan juga tampaknya sedikit lama yaitu 2.0. Hal ini membuat kecepatannya sedikit lambat untuk melakukan transfer atau menerima file besar.

3. Isu Overheat Saat Digunakan Terlalu Lama

vivo y27s

Kekurangan terakhir yang tidak kalah penting adalah adanya isu overheating saat digunakan terlalu lama. Salah satu penyebab hal ini tampaknya berasal dari chipset yang digunakan.

Benar, Snapdragon 680 memang memiliki fabrikasi 6 nm yang punya efisiensi lebih baik dibandingkan pendahulunya yang menggunakan Helio G85. Namun, ketika dibandingkan jenis inti yang digunakan, Helio G85 justru menggunakan inti atau core yang lebih baru yaitu Cortex A75 dan A55. Sedangkan Snapdragon 680 masih menggunakan Cortex A73 dan A53.

Meski begitu, tampaknya CPU diharuskan bekerja lebih keras karena memiliki clock speed yang justru lebih tinggi yaitu 2,4 GHz. Untuk penggunaan gaming memang lebih baik karena ketangguhannya, tapi tidak bisa bertahan lama.

Hal ini terlihat dari data pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview. Snapdragon 680 justru memiliki skor GPU yang lebih kecil dibandingkan Helio G85 yaitu 575 vs 1138. Perbedaan yang cukup jauh ini memperlihatkan kemampuan grafis yang dimilikinya ini tidak sebanding dengan kekuatan CPU-nya.

Lebih lanjut, skor yang sama juga terlihat pada pengujian 3DMark Wild Life Performance. Skor Snapdragon 680 yaitu hanya 441 saja, cukup jauh dari Helio G85 yang mencapai 725.

Simpulan

vivo Y27s menjadi salah satu HP kelas terjangkau dari vivo yang cukup menarik. Dibandingkan model regulernya yaitu vivo Y27, HP ini memiliki kelengkapan yang cukup baik di setiap sektornya. Misalnya adanya sertifikasi IP54 pada bodi, slot microSD, NFC, hingga gyro yang sebelumnya tidak ada di model regulernya.

Selain itu, kemampuan layar vivo Y27s juga terbilang lebih baik dengan refresh rate 90 Hz. Panel IPS LCD Full HD+ yang dimilikinya juga terbilang cocok untuk digunakan di luar ruangan dengan kecerahan layar maksimal di 650 nit. Yang paling menarik adalah adanya stereo speaker dengan Hi-Res yang bisa dinaikkan hingga 200 persen volume.

Performa yang dihasilkannya juga sudah cukup baik dengan Snapdragon 680. Apalagi memiliki fabrikasi 6 nm yang jauh lebih efisien. Kapasitas memori yang disematkan juga cukup luas dengan RAM 8 GB dan memori internal hingga 256 GB. Sayangnya, struktur yang digunakan di dalam CPU ini terbilang sudah lama yaitu Cortex A73 dan A53.

Kemampuan kamera vivo Y27s juga masih biasa-biasa saja. HP ini hanya mengandalkan kamera utamanya saja yaitu 50 MP. Sedangkan kamera lainnya hanya sebagai hiasan saja. Hal sama juga dimiliki oleh perekaman videonya yang hanya mentok di 1080p dengan 30 fps saja.

Soal ketahanan baterai, vivo Y27s cukup bisa diandalkan dengan baterai 5000 mAh. Proses pengisiannya juga terbilang cepat berkat FlasCharge 44W yang disematkannya. Cocok untuk penggunaan sehari-hari atau yang memiliki aktivitas di luar ruangan.

Nah, setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangan vivo Y27s ini, apakah Anda makin merasa tertarik untuk memilikinya atau tidak? Sebenarnya, masih banyak alternatif lain untuk harga Rp2 jutaan yang memiliki kelengkapan dan kemampuan oke. Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram