Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO Ini!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

OPPO adalah produsen ponsel yang cukup terkemuka di Indonesia. Jenama yang satu ini hadir pertama kali di Indonesia pada 2013. Sejak saat itu, namanya mulai meningkat seiring dengan gencarnya promosi yang mereka lakukan. Terbukti dari beberapa data yang menunjukan OPPO sebagai 5 besar merek ponsel terkemuka di Indonesia.

Sebagai salah satu vendor ponsel yang cukup besar namanya, OPPO cukup rajin mengeluarkan ponsel tiap ponsel. Setidaknya dalam satu tahun bisa lebih dari 7 seri HP OPPO yang keluar, baik kelas low-end, middle-range, dan flagship.

Ragam varian produk ini membuat OPPO punya segmentasi pasar tiap produk. Mereka pun melakukan pemasaran produk dengan menggandeng influencer atau selebritas. Promos yang gencar ini jadi salah satu alasan nama OPPO mulai dikenal masyarakat.

Hanya saja, pemasaran yang kuat belum tentu juga produk yang ditawarkan selalu kuat. Karen pada dasarnya, tidak ada produk yang sempurna dan tidak ada produk untuk semua orang. Produk ponsel dari OPPO, tentulah punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dar HP OPPO ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan soal 10 kelebihan dan kekurangan HP OPPO secara umum yang dibagi menjadi 5 kelebihan dan 5 kekurangan. Simak langsung detailnya berikut ini.

Kelebihan HP OPPO

Mari ketahui terlebih dulu, apa saja kelebihan dari HP OPPO ini? Simak poin-poin kelebihannya berikut ini.

1. Menawarkan Fungsional dan Keunggulan di Sektor Tertentu

Bodi Layar OPPO Reno5 F

Untuk pasar di negara tertentu dan pasar global, OPPO memiliki beberapa lini seri ponsel. Di Indonesia, OPPO hanya fokus pada dua seri, Reno Series dan A Series. Ada juga seri Find yang fokus sebagai seri ponsel kelas atas dari OPPO. Satu seri lagi adalah seri K yang fokus untuk jualan online. Namun, seri ini tampaknya tidak terlalu dikembangkan lebih lanjut di Indonesia.

OPPO sendiri cukup terkenal dengan seri F. Ponsel mereka seperti OPPO F4, OPPO F5, OPPO F7, OPPO F9, dan OPPO F11 series hadirkan keunggulan di sektor kamera selfie. Dalam setiap kesempatan, ketika seri F muncul, OPPO selalu menjagokan kamera depannya alias kamera selfie. Tren ini tentu terus berlanjut. Karena seri tersebut juga, OPPO dikenal sebagai ponsel yang menawarkan di sektor kamera selfie.

OPPO juga punya seri R. OPPO mengklaim bahwa seri R adalah salah satu seri ponsel pintarnya yang sangat populer di dunia. Bukan tanpa alasan, OPPO R Series dihadirkan sebagainponsel dengan teknologi maju dan cepat akan tetapi masih berkelas dalam kepalan. Maka tak heran lini seri ini termasuk pada kategori smartphone high-end. 

Namun, seri R tidak dilanjutkan. Seri ini diganti dengan apa yang disebut sebagai OPPO Reno series. Seri ini hadir di 2019. Dimulai tahun tersebut juga, OPPO Indonesia memutuskan untuk tidak melanjutkan seri F. Mereka fokus pada seri Reno yang menawarkan ponsel kelas menengah dengan rasa premium.

Dalam sebuah kesempatan, saya pernah bertemu dengan pihak OPPO Indonesia yang diwakilkan PR manager mereka. Saya menanyakan alasan soal seri F tidak dilanjutkan. Saya pun mendapat jawaban bahwa OPPO ingin agar kedepannya mereka tidak dikenal sebagai ponsel dengan keunggulan di selfie saja. Hal ini cukup mempertegas jika seri F memang lebih menunggulkan kamera selfie.

Dengan kehadiran Reno series, OPPO hadirkan berbagai varian produk yang punya keunggulan masing-masing. Ada seri yang fokus pada sektor kamera utama, ada juga yang fokus pada pengalaman penggunaan yang lebih baik. Karena itu, Reno series biasanya hadir lebih dari satu seri. Contohnya di seri kedua ada OPPO Reno2 dan Reno2 F dan di seri ketujuh ada Reno7, Reno7 Z 5G, dan Reno7 5G.

Sebenarnya seri F masih berlanjut di OPPO Reno. Seri ini dilanjutkan di OPPO Reno yang punya embel-embel F dibelakangnya. Contohnya OPPO Reno2 F, OPPO Reno4 F, dan OPPO Reno5 F.

OPPO Indonesia juga hadirkan OPPO A series. Seri ini menghadirkan beberapa lini produk dari kelas Rp1 jutaan sampai Rp3 jutaan, tergantung serinya. Umumnya, seri ini punya harga di bawah OPPO Reno series. Di kelas mahalnya, OPPO A series hadirkan ponsel seperti OPPO A96 dan A76. Ada juga OPPO A16k, OPPO A33, dan OPPO A57 di kelas harga terjangkau dan murah.

Berbagai seri tersebut menawarkan keunggulannya masing-masing. Contohnya adalah OPPO A55 yang dijual di harga Rp2 jutaan tetapi memakai chipset yang gak terlalu kencang. Menariknya, nilai jual ponsel ini ada di kemampuan tahan air berkat sertifikasi IPX4 yang dimiliki ponsel tersebut.

Hal yang menarik juga ditawarkan OPPO A74 5G. Ponsel ini dijual di kelas harga Rp3 jutaan. Fokus keunggulan yang ditawarkan ponsel ini ada di penggunaan chipset Snapdragon 480 yang merupakan chipset kencang dengan dukungan jaringan 5G.

Sementara itu, seri Find X diplot sebagai ponsel dengan kemampuan terlengkap. Di seri inilah Anda dapat menjumpai kualitas kamera terbaik dari sebuah ponsel OPPO. Keseriusan mereka untuk memperkuat sektor kamera ditempuh melalui jalur kerja sama dengan pihak yang berpengalaman.

Dalam hal ini, OPPO menunjuk Hasselblad yang merupakan produsen kamera terkenal asal Swedia. OPPO secara khusus meminta bantuan Hasselblad untuk menciptakan kalibrasi warna dan nuansa antarmuka aplikasi kamera khas kamera Hasselblad. Hasil kerja sama ini mulai diimplementasikan pada 2022 ketika OPPO meluncurkan Find X5 Pro.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram