carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Mudah, Inilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP OPPO

Mudah, Inilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP OPPO

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 12 Juni 2021

Pernahkah HP OPPO milikmu mengalami gangguan seperti lag, tidak bisa memasang aplikasi, hingga aplikasi berhenti dengan sendirinya? Hal tersebut bisa dikatakan terjadi karena kapasitas RAM pada HP OPPO telah melebihi daya tampung. Terlebih RAM yang diboyong HP OPPO tersebut berukuran kecil, maka besar kemungkinan fenomena yang disebutkan akan sering terjadi.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan RAM dan apa fungsinya pada sebuah ponsel pintar? RAM atau Random Access Memory yaitu sebuah wadah yang berlokasi di prosesor utama perangkat (komputer atau ponsel pintar), bertugas untuk menyimpan data-data atau instruksi aplikasi-aplikasi secara sementara.

Setiap ponsel pintar biasanya mengangkut ukuran RAM yang berbeda mulai dari 1 GB hingga 1 TB. Semakin besar kapasitas RAM sebuah ponsel pintar, maka kinerja dari perangkat tersebut akan semakin gesit dan memungkinkan untuk menaruh data banyak serta memasang aplikasi berat.

Fungsi RAM pada ponsel pintar khususnya berbasiskan sistem operasi Android dapat dikatakan sangat esensial antara lain untuk meningkatkan spesifikasi perangkat, memproses kegiatan yang multitasking, bermain gim, hingga membuat konten 3D lewat aplikasi desain.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah ponsel pintar berukuran besar maka memungkinkan penggunanya bisa menyimpan banyak data dan memasang aplikasi berbobot. Namun, bagaimana jika RAM yang ada pada sebuah ponsel pintar kapasitasnya sudah menipis?

Solusi untuk Krisis Kapasitas RAM pada HP

Untuk mengatasi krisis ruang penyimpanan RAM pada sebuah HP ada beberapa yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan membeli sebuah ponsel pintar baru dengan membawa kapasitas RAM yang berukuran lebih besar.

Namun, tidak perlu khawatir bila kamu masih sayang dengan ponsel pintar lamamu atau belum ada bajet untuk membeli ponsel pintar anyar karena kamu bisa mengakalinya dengan menambah kapasitas RAM pada HP-mu.

Perlu diingat kalau untuk menambah RAM pada HP, kamu tidak bisa dengan cara membongkarnya dan mengganti dengan RAM berkapasitas yang jauh lebih besar. Dikarenakan alih-alih memperbaiki HP, hal tersebut justru akan merusak perangkat dan biasanya kepingan RAM sebuah HP tidak ada di pasaran bebas.

Maka cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah kapasitas RAM pada HP mulai dengan menonaktifkan aplikasi bawaan, menghapus aplikasi secara manual, membatasi widget dan live wallpaper, hingga memasang perangkat lunak pembersih atau cleaner.

Masih bingung dengan tahapannya? Nah, kali ini Carisinyal akan menuntunmu untuk menjajal satu per satu dari cara-cara yang tadi disebutkan menggunakan HP OPPO. Supaya tidak tambah penasaran langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

1. Menggunakan Fitur RAM Expansion

Untuk menambahkan kapasitas RAM dengan menggunakan metode ini tidak semua model HP OPPO dapat melakukannya. Dalam hal ini ada ketentuannya yaitu HP OPPO milikmu harus sudah melakukan pembaruan sistem operasi ke Android 11 yang berjalan di atas antarmuka teranyar yaitu Color OS 11.1. Bila sudah memenuhi ketentuan, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang perlu kamu pastikan adalah perangkat HP OPPO milikmu sudah upgrade ke Android 11 dan ColorOS 11.1. Kamu bisa berkunjung ke menu Pengaturan, kemudian memilih Software Update. Dilanjutkan dengan melihat status sistem operasi di opsi tersebut.
RAM OPPO a
  • Apabila sudah, pergilah ke menu Pengaturan kembali. Lalu, pilihlah opsi About Phone atau Tentang Ponsel dan klik RAM.
  • Pada halaman RAM, kamu akan disuguhkan dengan tiga pilihan RAM Expansion antara lain 2 GB, 3 GB, dan 5GB. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, yah!
RAM OPPO e
  • Setelah menentukan ukuran RAM yang diinginkan, geserlah toggle ke kapasitas RAM virtual yang hendak diperluas.
  • Berikutnya, kamu harus melakukan restart pada HP OPPO milikmu.
RAM OPPO f
  • Selepas HP OPPO punyamu hidup kembali, pergilah ke menu Pengaturan dan klik About Phone atau Tentang Ponsel untuk memastikan apakah RAM pada perangkat sudah bertambah atau belum.

2. Via Opsi Pengembang

Apabila rupanya cara sebelumnya tidak berjalan sesuai dengan harapan, Carisinyal masih punya cara lain yang bisa kamu ikuti guna menambah kapasitas pada HP OPPO milikmu. Cara satu ini tidak kalah mudah, langsung saja baca tutorial berikut ini:

  • Pertama-tama kamu harus pergi ke menu Pengaturan yang berlogo gerigi.
  • Setelah masuk ke menu Pengaturan, dilanjutkan dengan memilih opsi About Phone atau Tentang Ponsel yang biasanya berada di bawah halaman menu tersebut.
2 RAM OPPO (7)
  • Berikutnya, kamu dituntun untuk mengklik Nomor Kompilasi sebanyak tujuh kali. Hal tersebut bertujuan untuk mengaktifkan mode Pengembang.
2 RAM OPPO (6)
  • Nanti akan otomatis keluar kotak yang di dalamnya bertuliskan "Operasi ini tidak dibutuhkan karena Anda sudah di Mode Pengembang".
  • Selanjutnya, kembalilah ke tampilan awal dari menu Pengaturan. Lalu, klik opsi Pengaturan Tambahan.
  • Kemudian, kamu akan menuju ke halaman dari Pengaturan Tambahan. Di halaman ini, kamu dipersilakan untuk menekan Opsi Pengembang.
  • Diteruskan dengan menggulirkan layar ke bawah sampai kamu berjumpa dengan opsi Batas Proses Latar Belakang.
2 RAM OPPO (5)
  • Kemudian, kamu akan dipersembahkan enam opsi antara lain Batas Standar, Tanpa Proses Latar Belakang, Maksimal 1 Proses, Maksimal 2 Proses, Maksimal 3 Proses, dan Maksimal 4 Proses.
2 RAM OPPO (4)
  • Kliklah opsi Tanpa Proses Latar Belakang. Lalu, secara otomatis kamu akan diajak kembali menuju halaman Opsi Pengembang.
  • Dilanjutkan dengan memilih opsi Zoom Animasi Jendela. Nanti akan terdapat beberapa pilihan dan langsung saja pilih Nonaktifkan Animasi.
  • Di bawah opsi Zoom Animasi Jendela terlampir juga opsi Skala Animasi Transisi dan opsi Skala Durasi Animator. Kemudian, klik setiap opsi tersebut dan pilihlah Nonaktifkan Animasi.
2 RAM OPPO (3)
  • Untuk memastikan apakah kapasitas RAM dari HP OPPO milikmu sudah bertambah, kembalilah ke halaman awal dari menu Pengaturan. Lalu, tekan Pengaturan Tambahan yang dilanjutkan dengan memilih Opsi Pengembang.
  • Terakhir, klik Layanan yang Sedang Berjalan.
2 RAM OPPO (2)
  • Di sini kamu bisa melihat kapasitas RAM tambahan pada HP OPPO milikmu pada baris Bebas.
2 RAM OPPO (1)
  • Di baris Bebas tersebut kamu dapat mengetahui berapa ruang penyimpanan yang tersisa. Pada contoh di atas terlihat kalau RAM yang tersisa sebanyak 1,3 GB lagi.

3. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir kamu bisa mengimplementasikan cara ini bila kedua cara sebelumnya tidak berhasil yaitu dengan memasang aplikasi pihak ketiga. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Tahap pertama kamu terlebih dahulu harus mengunduh dan memasang aplikasi bernama RAM Booster di Google Play Store.
3 RAM OPPO a
  • Setelah aplikasi RAM Booster terpasang pada HP OPPO milikmu, segeralah untuk membuka aplikasi tersebut.
3 RAM OPPO b
  • Pada halaman ini kamu akan disuguhkan dengan satu bulatan kecil berlogo baterai, satu bulatan kecil berlogo ponsel kecil, dan satu bulatan besar bertuliskan Boost RAM. Sementara, di area atasnya terdapat informasi mengenai kapasitas RAM.
3 RAM OPPO c
  • Langkah, berikutnya yang harus kamu lakukan adalah tinggal mengklik tombol bulatan besar bertuliskan Boost RAM tersebut.
3 RAM OPPO d
  • Maka secara otomatis aplikasi akan bekerja dan kapasitas RAM pada HP OPPO pun akan bertambah. Mudah bukan?

Itulah tadi tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah kapasitas RAM pada HP OPPO milikmu. Kamu bisa memilih salah satunya antara menggunakan fitur RAM Expansion, via Opsi Pengembang atau aplikasi pihak ketiga seperti RAM Booster.

Apabila kamu masih bingung dengan cara-cara di atas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar! Atau kamu punya cara lain untuk menambah kapasitas RAM pada HP OPPO? Ikuti terus Carisinyal supaya kamu bisa mendapatkan tips dan trik menarik seputar ponsel pintar!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram