carisinyal web banner retina

Yuk Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A18

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Punya bujet mepet, tapi mintanya HP awet? OPPO A18 mungkin bisa jadi solusinya. HP kelas entri yang diperkenalkan di Indonesia pada Oktober 2023 ini lolos inspeksi ketat. OPPO bahkan menjamin HP ini punya performa ciamik selama 3 tahun pemakaian.

Selain itu, OPPO A18 punya IP54 yang menjaminnya tidak masalah jika terkena debu ataupun percikan air. Namun, suksesor OPPO A17 ini punya banyak kelebihan lain yang menjadikannya HP bermutu tinggi. Terlebih harganya hanya Rp1,7 jutaan. Mau tahu apa saja itu? Intip dulu ringkasannya di bawah.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Bodi tahan debu dan percikan air
RAM-nya mepet
Layar 90 Hz yang cerah
Belum ada NFC, kaca proteksi, dan pengisian cepat
Performa harian oke
Belum punya kamera ultrawide dan speaker stereo
Tangkapan kamera lumayan
Daya tahan baterai mencukupi
Ada slot microSD dan audio jack, sensor cukup lengkap
Paket penjualan ada charger-nya

Sudah tahu kan apa yang bikin HP OPPO ini menarik? Atau Anda masih bingung dan bertanya-tanya sebenarnya OPPO A18 cocok buat siapa? Temukan jawabannya segera dengan lanjutkan baca artikel ini sampai akhir!

Spesifikasi OPPO A18

OPPO A18
Layar LTPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO A18

Harga OPPO A18 paling murah ketimbang OPPO A38 dan OPPO A58. Ketiganya ada di kelas entri. Namun, yang murah bukan berarti murahan. Kira-kira ada enam hal yang membuat saya mengapresiasi si HP murah ini. Cek satu per satu, ya!

1. Bodi Tahan Debu dan Percikan Air

OPPO A18

OPPO A Series rilisan 2023 dirancang dengan bahasa desain yang persis. Maka OPPO A18 terlihat mirip dengan saudara-saudaranya seperti OPPO A38 dan OPPO A58.

Desain yang disebut dengan OPPO Glow ini memiliki ciri khas yakni dua lingkaran besar pada modul kamera elips. Modul tersebut lantas tersambung dengan aksen glossy memanjang ke bawah.

Permukaan bodi OPPO A18 terlihat berkilauan dalam varian warna Glowing Blue. Varian warna lain yakni Glowing Black tidak begitu, tetapi menciptakan kesan elegan dan lebih ramah buat pengguna semua umur.

Tidak cuma sedap dipandang, bodi OPPO A18 juga menyenangkan saat dipegang. Permukaannya tidaklah licin, sedangkan ukurannya pas. Ia masih cukup tipis dengan ketabalan 8,2 gram. Bobotnya pun tidak berat di 188 gram.

Hal menarik dari desain OPPO A18 yakni punya IP54, sama seperti OPPO A38, OPPO A58, dan OPPO A78. Adanya sertifikasi ketahanan tersebut membuat HP ini terjamin keamanannya ketika terkena debu dan percikan air.

Durabilitas HP ini semakin oke karena sudah melewati berbagai uji standar mutu. Mulai dari uji pencet tombol volume 150 ribu kali, uji mencolok port USB C-nya sebanyak 20 ribu kali, dan uji pencet tombol power 500 ribu kali.

2. Layar 90 Hz yang Cerah

OPPO A18

Panel layar IPS LCD memang sudah wajar buat HP kelas entri. Sebab IPS harganya lebih murah dan kualitasnya masih cukup baik. Panel inilah yang digunakan buat layar 6,56 inci OPPO A18.

Layar HP ini memang hanya mengusung resolusi HD+ (720 x 1612 piksel). Namun, jangan khawatir. Tampilannya tidak akan pecah dan masih nyaman untuk dinikmati. Resolusi HD+ malah punya dampak positif pada konsumsi daya yang lebih irit.

Untungnya refresh rate 90 Hz yang tinggi masih ada, sehingga pengguna bisa rasakan pengalaman scrolling di media sosial secara mulus. Sejumlah game juga memanfaatkan fitur ini agar bisa dijalankan pada frame rate 90 FPS.

Hal yang perlu diapresiasi dari layar IPS OPPO A18 adalah tingkat kecerahannya. Layar HP ini sangat siap menghadapi kondisi outdoor berkat kemampuan mencapai tingkat kecerahan 720 nit.

Ketika layar suatu perangkat dapat meraih tingkat kecerahan di atas 500 nit, maka pengguna masih bisa melihat dengan jelas tulisan, gambar, dan apa pun konten yang ditampilkan.

Fitur lain yang ada di layar HP ini adalah cakupan warna 100 persen DCI-P3 dan eye care untuk mengurangi emisi cahaya biru pada waktu malam hari.

3. Performa Harian Oke

OPPO A18

Harus disyukuri bahwa OPPO A18 memakai SoC MediaTek Helio G85. Memang benar SoC ini sudah cukup lawas karena dirilis pada 2020. Namun, Helio G85 jauh lebih bagus ketimbang Helio G35 yang dipasang di OPPO A17.

Performa Helio G85 cukup meyakinkan untuk penggunaan sehari-hari, misalnya berselancar di media sosial, berkirim pesan, memutar video di YouTube, dan membaca berita ataupun manga.

Main gim pun bisa-bisa saja asalkan gim yang dimainkan adalah gim kompetitif seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. OPPO bahkan yakin bahwa performa harian OPPO A18 bakal terus smooth, paling tidak selama 36 bulan pasca HP dibeli.

Alasannya tak lain karena Helio G85 sudah punya core performa dan GPU yang dipakainya bukan GPU kaleng-kaleng.

SoC 12 nm ini menggunakan delapan core CPU dengan rincian dua Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam Cortex A55 (1,8 GHz). Sementara itu, GPU alias unit pengolah grafisnya menggunakan Mali-G52 MC2 dengan clock speed 1000 MHz.

Helio G85 di OPPO A18 ditemani RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. OPPO juga menyematkan fitur Extended RAM hingga 4 GB buat HP ini. Fitur tersebut bisa Anda pakai saat memerlukan performa yang lebih ngebut.

Misalnya untuk buka aplikasi lebih banyak (multi-tasking) atau saat menjalankan game yang agak berat. Extended RAM adalah fitur penambahan RAM secara virtual dengan meminjam sebagian ruang kosong di memori internal.

Sebagai informasi tambahan, Helio G85 punya skor AnTuTu 10 sekitar 270 ribuan menurut nanoreview. Skor kemampuan CPU-nya di Geekbench 6 menyentuh 410 untuk single core dan 1319 buat multi core.

4. Tangkapan Kamera Lumayan

OPPO A18

OPPI A18 dilengkapi dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya meliputi kamera utama 8 MP autofokus dengan bukaan f/2.0, serta kamera depth 2 MP (f/2.4), dan ada lampu flash. Adapun kamera depannya punya resolusi 5 MP, fixed focus, dan memiliki bukaan f/2.2.

Baik kamera utama dan kamera depan mampu merekam video 1080p di 30 FPS. Anda belum bisa menjumpai fitur neko-neko di HP ini seperti kamera ultrawide atau pun perekaman 60 FPS. Kendati demikian, dari sampel foto yang saya amati di kanal YouTube Chang Life, tangkapan kameranya lumayan.

Kamera utama HP ini bisa hasilkan foto dengan warna yang cerah, rentang dinamis yang oke, dan detailnya cukup. Rekaman videonya standar di kelas harganya. Belum ada fitur penstabilan dan audionya masih kurang jernih.

oppo a18Sumber: CHANG LIFE
Kamera utama
oppo a18Sumber: CHANG LIFE
Kamera utama

5. Daya Tahan Baterai Mencukupi

OPPO A18

Sudah banyak ponsel yang menggunakan baterai 5000 mAh. Kapasitas tersebut kini sudah jadi mainstream. Baterai Baterai 5000 mAh ditanam pada OPPO A18. Hanya saja, tidak semua HP yang punya baterai 5000 mAh bisa bertahan lama.

OPPO A18 tidak termasuk yang seperti itu sebab daya tahan baterainya mencukupi. Paling tidak ia bisa tahan satu hari penuh untuk menemani penggunanya.

Kalau menurut klaim OPPO sih HP ini bisa tahan 7 jam untuk main game. OPPO A18 juga disebut kuat menyala selama 32 jam kalau dipakai buat telepon.

6. Ada Slot microSD dan Audio Jack, Sensor Cukup Lengkap

OPPO A18

Sisi menarik yang Anda dapatkan ketika membeli HP kelas entri menemui fitur-fitur esensial. Fitur esensial itu seperti slot microSD dan audio jack.

Pada OPPO A18, slot microSD hadir. Slot ini pun terpisah dari slot dua kartu SIM. Dengan begitu, Anda bisa pasang dua kartu SIM bersamaan dengan kartu microSD. Kapasitas kartu microSD yang bisa dipasang adalah 1 TB.

Hal esensial selanjutnya adalah audio jack 3.5 mm. Letak colokan ini ada di sisi bawah ponsel. Dengan adanya colokan ini, Anda bisa menancapkan earphone kabel untuk mendengarkan musik dengan lebih mantap.

Terakhir soal jumlah sensor yang cukup lengkap. OPPO tidak pelit untuk urusan ini karena menyematkan banyak sensor buat OPPO A18. Sensor-sensor itu mulai dari akselerometer, proksimitas, cahaya sekitar, kompas, dan pemindai sidik jari yang letaknya di tombol power.

Hanya sensor giroskop yang absen dan itu masih bisa dimaklumi untuk sebuah HP kelas pemula.

7. Paket Penjualan Ada Charger-nya

OPPO A18Sumber: CHANG LIFE

OPPO merupakan salah satu produsen yang tetap hadirkan smartphone dengan paket penjualan lengkap. Hal itu juga tercermin dalam boks penjualan OPPO A18. Tidak cuma unit ponsel yang ada di dalam boks HP ini.

Namun, ada juga kabel USB, kepala charger 10 Watt, ejector kartu SIM, dan case pelindung. Kelengkapan aksesori yang disertakan sudah mencukupi. Kalau ingin menambah, pengguna cuma perlu membeli tempered glass supaya layar ponsel lebih aman.

Kekurangan OPPO A18

Supaya harganya murah, OPPO A18 mesti mengalami pemangkasan fitur di sana-sini. Mungkin pemangkasan itu kurang Anda sukai, mungkin juga tidak. Saya memasukkan pemangkasan yang ada pada HP ini sebagai kekurangan.

1. RAM-nya Mepet

OPPO A18

Kapasitas RAM 4 GB mungkin sudah cukup bagi sebagian orang. Pasalnya, ponsel dengan kapasitas RAM segitu masih oke untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Sejumlah gim pun masih cukup lancar dimainkan pada perangkat dengan RAM 4 GB.

Namun, kalau dibandingkan dengan kompetitor RAM 4 GB di OPPO A18 jelas kalah saing. Sudah banyak HP dari jenama lain tawarkan RAM 6 GB atau 8 GB yang jauh lebih lega.

Kalau sudah begitu, RAM 4 GB pun terlihat mepet. HP dengan RAM 4 GB juga riskan untuk pemakaian jangka panjang. Sebab aplikasi Android dari waktu ke waktu meminta sumber daya yang makin besar dari RAM.

2. Belum Ada NFC, Kaca Proteksi, dan Pengisian Cepat

oppo a18

Status OPPO A18 adalah HP paling murah dari A Series keluaran 2023. Ia lebih rendah dari OPPO A38, OPPO A58, dan OPPO A78. Dengan harga yang murah, otomatis OPPO A18 mengalami penyesuaian fitur.

Ada beberapa yang dipangkas. Di antaranya adalah NFC, kaca proteksi, dan pengisian cepat. Jika Anda suka naik KRL ataupun sering melintasi jalan tol, OPPO A18 jelas bukan HP yang cocok karena tak punya NFC.

Kalau kaca proteksi yang absen sih bisa ditanggulangi dengan memasang tempered glass. Namun, tidak dengan absennya fitur pengisian cepat. Alhasil Anda hanya bisa bersabar untuk menanti baterai ponsel ini penuh saat dicas.

3. Belum Punya Kamera Ultrawide dan Speaker Stereo

OPPO A18

Mencari kamera ultrawide di HP OPPO A Series memang sulit. Bahkan, semua HP OPPO A Series keluaran 2023 tak punya kamera jenis ini. Kalau di OPPO A18, absennya kamera ultrawide masih bisa dimaklumi.

Hal itu bisa dipandang sebagai salah satu upaya OPPO untuk menekan harga jual produk. Demikian juga dengan absennya speaker stereo. Namun, kalau Anda menginginkan HP murah yang punya speaker stereo, silakan alihkan bidikan ke HP lain seperti OPPO A58.

Simpulan

Kemunculan OPPO A18 adalah salah satu upaya OPPO untuk memperbanyak pilihan dalam katalog produk entri mereka. Pilihan yang banyak di satu sisi bisa membingungkan. Namun, sisi positifnya orang jadi bisa lebih selektif terhadap produk yang mereka mau.

OPPO A18 jelas bukan untuk pengguna tingkat lanjut yang memerlukan fitur neko-neko seperti NFC, speaker stereo, pengisian cepat, hingga kamera ultrawide. Namun, HP ini adalah opsi terjangkau untuk para pengguna kasual.

Hal yang membuat OPPOA 18 menarik adalah performanya mumpuni. Setidaknya OPPO sudah menjamin HP ini bakal lancar minimal 36 bulan pasca dibeli. Selain itu, HP ini siap menghadapi cuaca lantaran punya sertifikasi IP54.

Layarnya yang cerah, hasil tangkapan oke, dan dibekali dengan paket penjualan yang lengkap juga menjadi daya tarik OPPO A18. Lantas apakah HP ini benar-benar ponsel yang Anda idamkan?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram