carisinyal web banner retina

Baca 8 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 T 5G, Sebelum Putuskan Beli

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tidak cukup hanya mengeluarkan OPPO Reno8 ke pasaran, perusahaan smartphone asal Tiongkok ini juga mengeluarkan varian alternatif dengan desain bodi dan jeroan yang lebih fresh, diberi tajuk OPPO Reno8 T 5G.

Jangan terkecoh karena namanya yang mirip. Nyatanya, OPPO Reno8 T 5G benar-benar sebuah ponsel yang berbeda ketimbang OPPO Reno8 5G yang lebih dulu dirilis. Sama-sama mendukung 5G, kedua HP ini menggunakan chipset yang berbeda, berada pada kelas harga yang tidak sama, dan juga punya fitur kamera yang variatif.

Dilihat dari makna huruf "T" yang merupakan singkatan dari topped up, semestinya OPPO Reno8 T 5G membawakan sejumlah peningkatan yang membuatnya lebih menggiurkan dibanding varian biasa. Yuk, lihat dulu sneak peek poin-poin kelebihan dan kekurangan di tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Performa memukau dengan Snapdragon 695 5G
Tanpa sertifikasi tahan air
Layar memukau dengan Curved Design alias layar lengkung
Tidak ada kamera ultrawide, fitur perekaman video cukup minim
Hadir dengan slot memori eksternal terpisah
Kamera utama punya resolusi 108 MP
Membawakan stereo speaker
Baterai unggulan dengan SuperVOOC 67 W
Desain bodi kece, bobot super ringan
Ada jaminan kelancaran setelah masa pakai 48 Bulan

Menilik tabel di atas, setidaknya sudah ada gambaran bahwa tidak sepenuhnya fitur pada OPPO Reno8 T 5G ini lebih unggul. Untuk lebih lengkapnya lagi, sebaiknya simak penjabaran kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

OPPO Reno8 T 5G
Layar OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (microscope)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO Reno8 T 5G

Jangan lewatkan mengetahui beberapa kelebihan di bawah ini. Pasalnya, OPPO Reno8 T 5G memang menawarkan segudang fitur menarik dan teknologi canggih yang menggiurkan.

1. Performa Memukau dengan Snapdragon 695 5G

Snapdragon 695

Sebagai varian ponsel yang gunakan varian 5G, smartphone ini memiliki chipset Snapdragon 695 5G besutan Qualcomm. Dihadirkan dengan fabrikasi 6 nm, ini membuatnya memiliki efisiensi daya yang tinggi sekalipun menawarkan performa gegas.

Chipset ini membawakan konfigurasi prosesor delapan inti yang mencakup Kryo 660 Gold berbasiskan Cortex A78 sebanyak dua inti, memiliki clock speed hingga 2.2 GHz. Kemudian, SoC juga mencakup enam unit hemat daya Kryo 660 Silver berbasiskan Cortex A55 yang punya frekuensi 1.7 GHz.

Snapdragon 695 5G juga didukung oleh GPU Qualcomm Adreno 619 yang bisa mengolah pemrosesan grafis dengan baik. Terdapat juga sejumlah komponen lainnya seperti ISP Spectra 346T untuk memroses pengerjaan penangkapan foto, fitur Qualcomm Quick Charge 4+, serta clock speed memori 2133 MHz.

SoC Qualcomm ini juga diketahui memiliki kompatibilitas yang baik terhadap sinyal 5G mmWave atau Sub-6 berkat dukungan modem 5G X51 Modem-RF System. Modem tersebut juga bisa terhubung dengan mode stand-alone dan non-stand-alone, DSS, FDD, dan juga TDD.

Snapdragon 695 5G yang mengotaki OPPO Reno8 T 5G sanggup meraih skor benchmark 399.762 poin pada pengujian AnTuTu v9, dilansir dari Nano Review. Ponsel ini juga mengandalkan konfigurasi penyimpanan internal bertipe UFS 2.2 serta RAM LPDDR4x. Untuk kapasitasnya sendiri, tersedia dalam opsi RAM 8/128 GB dan RAM 8/256 GB.

Dengan kinerja yang tinggi tersebut, tentu saja OPPO Reno8 T 5G berhasil mengangkat gim seberat Genshin Impact pada pengaturan low dengan nyaman. Seperti yang terlihat pada video pengujian lctfix.net di YouTube, sama sekali tidak ada frame drop ketika memainkan gim open world tersebut.

Frame rate-nya cenderung stabil di angka 38 hingga 47 FPS. Namun jika dimainkan dalam pengaturan Highest 60 FPS, frame rate bisa turun hingga 22 FPS. Untuk mendapatkan pengalaman seimbang dari sisi frame rate dan kualitas grafis, sebaiknya pilih High atau Medium saja.

Jika memainkan Genshin Impact saja sudah mampu, artinya ponsel ini juga lancar memainkan berbagai gim populer lainnya seperti Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile. Bisa dibilang, OPPO Reno8 T 5G tidak hanya unggul di sisi fotografi saja, melainkan cocok dijadikan sarana gaming yang bikin nyaman.

2. Layar Memukau dengan Curved Design alias Layar Lengkung

oppo reno8 t 5g layar_

OPPO Reno8 T 5G kini lebih unggul dengan refresh rate 120 Hz. Ini menjadi sebuah perbedaan yang cukup signifikan ketimbang OPPO Reno8 5G reguler ataupun OPPO Reno8 T 4G, di mana keduanya masih menggunakan refresh rate 90 Hz.

Dengan laju penyegaran lebih tinggi, layar dapat menampilkan pergeseran animasi yang dua kali lipat lebih mulus ketimbang 60 Hz konvensional. Anda pun bisa menikmati pengalaman gaming dengan performa yang terlihat lebih licin.

Layar ponsel mengusung panel AMOLED yang menawarkan kecerahan dan kualitas tampilan warna lebih baik dibandingkan IPS LCD. Di saat varian OPPO Reno8 biasa dan Reno 8T 4G masih punya ukuran layar 6,4 inci, Anda bisa temukan panel layar berdimensi lebih besar yaitu 6,7 inci.

Berjalan pada resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel) di aspek rasio 20:9, layar dengan kerapatan piksel 394 ppi ini memberikan kualitas ketajaman, reproduksi warna, serta rentang dinamis yang sangat baik di kelasnya.

Layar smartphone memiliki dukungan tampilan 1,07 miliar warna yang dikaim 64 kali lipat lebih banyak dari mayoritas HP lain. Layar juga sanggup mencapai tingkat pencerahan tipikal hingga 500 nit, pencerahan HBM hingga 800 nit, serta kecerahan puncak 950 nit. Tidak perlu lagi khawatir saat berada di bawah terik matahari, karena tulisan di layar akan tetap terbaca.

Layar yang dirancang dalam bentuk melengkung ini juga memberikan pengalaman menonton yang baik, menyisakan bezel yang begitu tipis pada setiap sisinya. Tidak heran, rasio bodi ke layarnya mencapai hingga 93%.

OPPO Reno8 T 5G juga sungguh memerhatikan kenyamanan indra visual saat melihat layar dalam waktu lama. Oleh sebab itu, ia menghadirkan sistem AI adaptive protection yang melibatkan fitur anti-flickering PWM berfrekuensi 2160 Hz.

3. Hadir dengan Slot Memori Eksternal Terpisah

oppo reno8 t 5g slot memori_

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, OPPO Reno8 T 5G hadir dengan opsi penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB pada standar UFS 2.2. Agar semua storage-nya dapat dialokasikan khusus untuk menampung gim dan aplikasi, Anda bisa menaruh file multimedia seperti lagu, gambar, dan video pada memori eksternal.

Ya, ponsel ini menyediakan slot microSD khusus agar pengguna dapat menyelipkan memori eksternal tanpa harus bergantian dengan kartu SIM 2. Dengan begini, file dapat tersimpan dengan aman di memori eksternal dan bisa dipindah-pindahkan antar perangkat dengan mudah.

4. Kamera Utama Punya Resolusi 108 MP

oppo reno8 t 5g kamera_

Bagian yang satu ini tampaknya akan menjadi alasan utama orang-orang memilih OPPO Reno8 T 5G. Bagaimana tidak? Perangkat dikemas dengan resolusi kamera super besar 108 MP yang dapat menangkap cahaya lebih banyak.

Fungsi utama dari resolusi kamera besar adalah untuk menjaga keutuhan detail sekalipun hasil jepretannya di-zoom hingga beberapa kali. Jika tidak ingin menggunakan mode resolusi penuh, Anda pun bisa memotret dengan mode reguler yang menghasilkan output 12 MP.

Ini dikarenakan ponsel mengusung teknologi 9-in-1 pixel binning, alias menyatukan sembilan piksel berdekatan menjadi satu piksel raksasa. Dengan demikian, jumlah cahaya yang diserap oleh lensa jadi lebih banyak dan mampu meningkatkan kualitas tampilan foto secara keseluruhan, seperti detail yang lebih kaya, noise lebih minim, dan pencahayaan yang lebih terang.

Kamera 108 MP tersebut memiliki ukuran sensor besar 1/1.67 inci dengan peningkatan penangkapan cahaya sebanyak 96% lebih besar dari generasi sebelumnya. Adapun untuk ukuran pikselnya adalah sebesar 1,92 mikron setelah proses binning.

Beragam fitur pemotretan turut hadir untuk meningkatkan pengalaman fotografi, seperti AI Portrait Retouching, Selfie HDR, Bokeh Flare Portrait, AI Colour Portrait, dan masih banyak lagi. Perangkat ini juga bawakan fitur AI Portrait Super Resolution yang diklaim dapat mengurangi noise dan buram pada wajah, dan meningkatkan hasil akhir ketika memotret dalam gelap.

Pada kamera keduanya juga terdapat sensor microlens dengan resolusi 2 MP, mampu melakukan pembesaran hingga 40 kali demi menghasilkan foto close-up pada subjek, bahkan hingga memperlihatkan serat-serat tekstur selayaknya mikroskop.

Rentang dinamis pada hasil foto di atas terlihat begitu bagus. Warna langit begitu terlihat dan memiliki separasi yang baik terhadap warna awan. Hal ini pun ditampilkan tanpa mesti membuat warna gedung menjadi gelap, yang mana sering terjadi pada HP terjangkau (terkena isu backlight).

Begitu pun dengan foto portraitnya yang dapat memperlihatkan efek bokeh memukau. Latar belakangnya benar-benar terasa ngeblur namun menyisakan fokus yang cukup tajam pada subjek utama.

5. Membawakan Stereo Speaker

oppo reno8 t 5g stereo speaker_

Kini tidak perlu lagi mencari-cari earphone di dalam tas ketika menemukan konten menarik di TikTok. Pasalnya, HP ini sudah dilengkapi konfigurasi stereo speaker, alias satu speaker di atas dan satu speaker di bawah bodi.

Fitur ini jelas patut diapresiasi, karena OPPO Reno8 5G pun hanya menyediakan mono speaker. Jadi, bisa dibilang fitur ini merupakan peningkatan lainnya yang dihadirkan pada seri topped up.

Pengguna juga dapat menambahkan tingkatan volume suara melebihi batas maksimal, yakni hingga 200 persen. Fitur ini memastikan Anda selalu siap mendengarkan pesan suara penting meski sedang di tengah keramaian.

6. Baterai Unggulan dengan SuperVOOC 67 W

oppo reno8 t 5g baterai_

Pengguna dapat merasakan durasi penggunaan smartphone yang panjang, karena OPPO Reno8 T 5G dilengkapi dengan kapasitas baterai 4.800 mAh. Sedikit lebih rendah dari rata-rata HP lain dengan baterai 5.000 mAh, tapi tetap menawarkan masa pakai yang awet.

Menilik dari video YouTube dari lctfix.net, baterai OPPO Reno8 T 5G hanya berkurang dari 73% ke 67% ketika memainkan Genshin Impact selama 15 menit. Mengingat pengaturan grafisnya bervariatif dari Lowest ke Highest, cukup impresif baterai hanya berkurang 7%.

Perangkat OPPO tersebut turut dibekali dengan fitur pengecasan SuperVOOC 67 W, disertai dengan charger dan kabelnya dari boks penjualan. Dilansir dari Lim Reviews, OPPO Reno8 T 5G mampu mencapai baterai 100% dalam waktu 44 menit saja.

OPPO Reno8 T 5G disertai dengan teknologi Battery Health Engine yang membuat kesehatan baterainya tidak mudah degradasi meski sudah digunakan setelah beberapa tahun. Konon baterai HP ini dapat bertahan hingga 1600 siklus pengisian daya, menggunakan kontrol pengecasan cerdas untuk meminimalisir kemungkinan kematian litium.

7. Desain Bodi Kece, Bobot Super Ringan

oppo reno8 t 5g desain_

Bodi smartphone OPPO Reno8 T 5G menganut konsep desain dual micro-curved yang kece, memiliki sisi ergonomika yang membuatnya nyaman di genggaman. HP ini bahkan hanya memiliki bobot bodi 171 gram, sehingga menjadi salah satu smartphone dengan bodi teringan di kelas harga menengah.

Ketebalan ponsel ini pun diketahui tidak lebih dari 7,7 mm, membuatnya begitu nyaman digunakan oleh anak-anak dan juga lansia. Bodi dengan layar yang melengkung dirancang agar memberikan pengalaman grip yang nyaman.

HP ini juga begitu tampil kemilau dengan konsep rancang bangun OPPO Glow, menyediakan tampilan modul kamera berbentuk pil berisikan dua lingkaran besar berisikan susunan kamera dan LED Flash. Anda bisa memilih varian warna Sunrise Gold dan juga Midnight Black.

8. Ada Jaminan Kelancaran setelah Masa Pakai 48 Bulan

oppo reno8 t 5g lancar masa pakai 48 bulan_

OPPO Labs telah melakukan berbagai pengujian ketat yang dapat memastikan HP ini berjalan normal meski setelah digunakan selama 48 bulan, alias 4 tahun. Setiap teknologi umumnya akan mengalami penyusutan setelah penggunaan jangka panjang.

Berbeda dengan OPPO Reno8 T 5G yang diklaim akan memiliki kinerja yang senantiasa terasa baru saat membuka aplikasi dan menavigasikan antarmuka. Ini cocok untuk Anda yang cenderung jarang gonta-ganti HP dan cenderung mempertahankan HP yang sedang dipakai selama belum rusak.

Kekurangan OPPO Reno8 T 5G

Tidak ada satupun teknologi yang sempurna. Maka dari itu, tidak lengkap jika hanya fokus pada kelebihan yang dimiliki OPPO Reon8 T 5G. Sebaiknya simak juga poin kekurangan di bawah agar informasi yang didapat menjadi lebih lengkap.

1. Tanpa Sertifikasi Tahan Air

oppo reno8 t 5g_

Keberadaan desain cantik pada OPPO Reno8 T 5G rupanya tidak dibarengi dengan ketahanan terhadap percikan air. Saat sejumlah ponsel sudah hadir dengan sertifikasi tahan air (seperti POCO X5 Pro dengan IP53 atau Samsung Galaxy A52s dengan IP67), HP ini tidak dibekali IP Rating sama sekali.

2. Tidak Mendukung Kamera Ultrawide, Fitur Perekaman Video Cukup Minim

oppo reno8 t 5g 2_

Bagi yang menginginkan pengalaman memotret pemandangan maksimal, mungkin akan kecewa dengan kekurangan yang satu ini. Ya, OPPO Reno8 T 5G rupanya tidak dihadiahkan dengan kamera ultrawide sama sekali, sehingga memiliki field of view terbatas saat melakukan pemotretan.

Ponsel ini juga rupanya tidak seperti OPPO Reno8 5G yang memiliki fitur perekaman video lengkap. Pada varian reguler tersebut, sudah tersedia fitur stabilisasi gyro EIS pada kamera belakang dan depan sehingga bisa merekam tanpa terasa efek goyang. OPPO Reno8 5G reguler juga diketahui punya dukungan 4K recording dan 1080p pada 60 FPS.

Di sisi lain, OPPO Reno8 T 5G hanya dapat merekam hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS. Di saat lagi marak-maraknya platform video pendek vertikal, tentu dibutuhkan fitur perekaman yang lengkap. Ini guna menghindari penurunan kualitas video setelah diunggah.

Simpulan

OPPO Reno8 T 5G merupakan salah satu HP mid-range dengan kualitas fotografi yang boleh diadu. Kamera dengan resolusi 108 MP merupakan salah satu yang pertama menyambangi OPPO Reno series, membuka kemungkinan lebih lebar pada saat melakukan aktivitas fotografi.

Harganya saat dirilis di Vietnam adalah 10 juta Dong, atau yang jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp6,3 juta. Di harga segini, ada sejumlah fiturnya yang membuat HP menjadi worth it, yaitu jaminan penggunaan awet hingga 4 tahun dengan performa yang terasa seperti baru. Jarang loh ada brand yang berani buat klaim begini, apalagi untuk HP yang bukan flagship.

Performanya pun dinilai cukup lihai untuk gim populer yang umumnya bisa bikin ponsel mana pun ngos-ngosan. Bahkan untuk gim seberat Genshin Impact, ponsel ini masih bisa memainkannya pada pengaturan selain Lowest dengan frame rate lancar.

Kalau butuh HP 5G dari OPPO yang tidak cuman jago fotografi tapi juga punya performa gesit, saya bisa rekomendasikan OPPO Reno8 T 5G dengan percaya diri. Hanya saja, ponsel memang kurang layak untuk membuat konten TikTok atau vlogging. Bagaimana pendapat Anda? Buy or bye?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram