carisinyal web banner retina

Yuk Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tidak puas dengan hanya sekadar meluncurkan OPPO Reno8 4G di pasaran, kini perusahaan asal Tiongkok ini pun menawarkan OPPO Reno8 T 4G. Meski masih sama-sama gunakan jaringan 4G, namun huruf "T" ini memiliki makna topped up. Jadi, konsumen bisa mengharapkan peningkatan dari sisi spesifikasi dan fitur.

Ponsel yang jadi pelengkap seri OPPO Reno8 series ini telah membawakan SoC populer di rentang harga menengah yaitu Helio G99. Kamera utamanya pun ditingkatkan lagi agar dapat menangkap detail bagus ketika hasil akhir di-zoom.

Layar dan ketahanan baterainya juga terbilang unggul untuk memuaskan kebutuhan penggunanya. Agar lebih paham, sebaiknya poin-poin kelebihan dan kekurangan OPPO Reno8 T 4G di tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Performa Buas, Hadirkan Chipset Helio G99
Tanpa Sertifikasi Tahan Air
Tampilan Layar AMOLED yang Maksimal
Tidak Mendukung Perekaman 4K dan 1080p di 60 FPS
Peningkatan Signifikan di Resolusi Kamera
Jaringan 4G di Kelas Harganya Jadi Hal yang Perlu Diperhatikan
Lengkap dengan NFC dan Fitur Konektivitas Lainnya
Ketahanan Baterai yang Memadai
Tampilan Bodi yang Fresh, Ada Varian Fiberglass Leather
Hadir dengan Stereo Speaker
Sudah Dirilis dengan Android 13
Ada Jaminan Tetap Lancar setelah Dipakai 4 Tahun

Membaca poin-poinnya saja tentu tidak akan memberikan gambaran yang cukup tentang seluk-beluk HP ini. Oleh karena itu, yuk lanjut ke pembahasan di bawah, ya.

Spesifikasi OPPO Reno8 T

OPPO Reno8 T
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 100 MP (wide) 2 MP (microscope) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO Reno8 T

Setidaknya ada sembilan poin kelebihan yang mesti Anda ketahui mengenai OPPO Reno8 T ini. Ada apa saja? Jangan lewatkan yang berikut ini.

1. Performa Buas, Hadirkan Chipset Helio G99

helio g99_

Jika Anda peminat dunia smartphone gaming, tentu sudah tidak asing dengan kinerja yang ditawarkan Helio G99. SoC besutan MediaTek ini sanggup mencuri banyak perhatian dunia gadget sejak dipopulerkan oleh Tecno POVA 4 Pro di Indonesia.

Memiliki fabrikasi 6 nm, ini merupakan kali pertama pada Helio G series ada chipset dengan litografi sekecil itu. Ponsel yang menggunakannya jadi sanggup mempertahankan performa teratas pada durasi lebih panjang, karena cenderung tidak mudah panas dan tidak mudah throttling.

Helio G99 yang jadi sumber kekuatan OPPO Reno8 T ini dikemas dengan konfigurasi delapan inti prosesor yang mencakup klaster high performance dan klaster hemat daya. Di dalamnya, terdapat dua unit Cortex A76 berkekuatan 2.2 GHz yang bekerja secara efektif dalam menawarkan performa gaming yang layak.

Menemani inti tersebut adalah enam unit hemat daya Cortex A55 dengan frekuensi 2.0 GHz untuk menangani aktivitas yang sifatnya lebih ringan. Untuk kian mendongkrak kegiatan berat, terutama yang berhubungan dengan grafis, SoC didukung dengan graphical processing unit (GPU) berupa Mali G57 MC2.

Helio G99 ini juga disertai dengan kapasitas RAM LPDDR4x yang memadai yaitu 8 GB. Untuk menampung file dan aplikasi, smartphone ini menyediakan satu varian kapasitas internal yakni 256 GB pada standar UFS 2.2.

Pada sistem operasi yang digunakannya, ColorOS 13 juga menawarkan fitur unik Dynamic Computing Engine yang dapat meningkatkan performa lebih jauh lagi. Melibatkan urusan software dan hardware di dalamnya, teknologi ini konon bisa mengatur alokasi sumber daya lebih baik lagi, sehingga ponsel bisa bekerja dengan lebih stabil sekaligus hemat baterai.

Terlihat pada video yang diunggah ke kanal YouTube GadgetIn, OPPO Reno8 T bahkan sanggup melibas Genshin Impact dengan nyaman pada pengaturan grafis Lowest. Jumlah frame rate rata-rata yang dicapai adalah 45 FPS, yakni frame rate yang cukup halus untuk membuat pengalaman gim jadi nyaman.

Otomatis, karena sudah sanggup bermain Genshin Impact, HP besutan perusahaan di bawah naungan BBK Electronics ini tentu mendukung gim-gim populer lainnya dengan lancar, seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

OPPO Reno8 T 4G ini juga diketahui mencapai skor AnTuTu v9 cukup besar yaitu 360 ribuan. Angka ini sudah sesuai dengan sejumlah ponsel mid-range lain yang menggunakan chipset yang sama.

2. Tampilan Layar AMOLED yang Maksimal

oppo reno8 t 4g layar_

OPPO Reno8 T 4G jelas tidak mau ketinggalan menghadirkan pengalaman layar terbaik, karena sudah menawarkan panel AMOLED berkualitas yang mendukung refresh rate 90 Hz.

Layar ponsel tersebut tentu mengusung resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel pada dimensi diagonal 6,43 inci, yang memastikan ketajaman tampilan layar. Diketahui, layar tersebut berada pada aspek rasio yang cukup umum yaitu 20:9 dengan kerapatan piksel sekitar 409 ppi.

OPPO menyebutkan layar bisa meraih kecerahan tipikal hingga 430 nit serta kecerahan puncak mencapai 800 nit. Dalam arti lain, layar OPPO Reno8 T 4G ini tidak akan membuat pengguna kesulitan melihat isi layar di luar ruangan pada siang hari.

Tidak lupa, OPPO turut menyematkan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga layar dapat terhindar dari risiko kerusakan akibat terjatuh ataupun tergores benda tajam. Namun, tidak untuk dijatuhkan secara sengaja, ya. Bagaimana pun ketahanan HP ini masih lebih terbatas dibandingkan HP khusus outdoor dengan bodi rugged.

Diketahui melalui review dari video GadgetIn di YouTube, layar ponsel ini sanggup menampilkan warna yang begitu terlihat oke. Malahan sisi depannya pun terlihat ciamik karena menggunakan desain punch hole sebagai rumah bagi kamera selfie.

Sayangnya, sisi dagu masih terlihat agak tebal dengan sisi atas yang terlihat tipis. Ini siapa tahu bisa memicu sisi OCD dalam diri pengguna yang tidak kuat melihat hal-hal yang asimetris. Tapi sebenarnya mayoritas orang bisa memaklumi hal tersebut, sih. Soalnya 'kan bukan cuman HP ini saja yang sisi depannya seperti itu.

3. Peningkatan Signifikan di Resolusi Kamera

oppo reno8 t 2_

Di saat OPPO Reno8 sudah menggunakan kamera dengan resolusi besar 64 MP, perusahaan kian mendongkrak angka tersebut jadi lebih tinggi lagi pada OPPO Reno8 T. Bayangkan saja, resolusinya kini menjadi 100 MP! Ini jelas salah satu resolusi kamera terbesar di kelas harga Rp4 jutaan.

Kamera 100 MP tersebut memiliki standar bukaan f/1.7 dengan focal length 26 mm dan pastinya sudah dibekali autofokus. Pada kamera pendampingnya, smartphone ini dibekali dengan sensor mikroskop 2 MP dengan bukaan f/3.3 serta kamera depth 2 MP f/2.4.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, "buat apa resolusi kamera besar-besar?". Begini. Kamera dengan resolusi besar memang tidak menjamin hasil akhir fotonya jadi lebih bagus. Karena ini kembali lagi ke ukuran sensor, kemampuan chipset, serta tuning-an dari HP-nya itu sendiri.

Belum lagi, mode kamera full resolution akan menghasilkan foto dengan ukuran file segede gaban, sehingga lebih banyak makan memori. Apalagi ketika dibandingkan antara mode Auto dengan mode resolusi penuh, tidak banyak perbedaan kualitas yang terlihat.

Tapi, memotret menggunakan kamera beresolusi besar ada keuntungannya tersendiri. Bagi smartphone yang tidak memiliki kamera telefoto, Anda tetap bisa memotret dari jarak jauh dengan detail yang cukup lengkap. Caranya adalah dengan memotret tanpa melakukan zoom pada viewfinder, baru nanti hasilnya di-crop sesuai keinginan.

Karena resolusinya yang besar, foto condong tetap terlihat tajam dan detail meski sudah di-crop besar-besaran. Cara ini menguntungkan pada sejumlah skenario penggunaan, seperti saat sedang menonton konser di kejauhan, ingin memotret satwa liar, atau sekadar ingin mengetahui menu restoran fast food tanpa perlu beranjak dari kursi.

David dari kanal YouTube GadgetIn juga mengungkapkan bahwa detail foto pada mode 100 MP memang lebih mantap meski sudah di-zoom habis-habisan. Walau begitu, menurutnya, kualitas hasil foto pada mode 12 MP cenderung kurang berwarna dan rentang dinamisnya pun tidak begitu luas untuk di kelas harga Rp4 jutaan. Cek beberapa sampel fotonya berikut ini.

oppo reno8 t kamera_
Mode Auto 12 MP
oppo reno8 t 4g kamera ultra night mode_
Ultra Night Mode

Disebutkan pula bahwa fitur mode malamnya kurang nyaman digunakan. Anda harus menjaga ponsel tetap stabil karena OPPO Reno8 T 4G cenderung rentan terhadap guncangan. Melihat dari penjelasan tadi, aman diasumsikan kalau HP ini belum dibekali dengan stabilisasi gyro-EIS.

Ponsel ini juga menghadirkan kamera selfie dengan resolusi 32 MP pada bukaan f/2.4. Sama seperti kamera belakang, kamera depan juga hanya dapat merekam hingga resolusi 1080p saja di 30 FPS.

4. Lengkap dengan NFC dan Fitur Konektivitas Lainnya

oppo reno8 t 3 5 mm_

OPPO Reno8 T 4G memang belum mendukung jaringan seluler 5G, sesuai namanya. Namun, HP ini sebenarnya memiliki varian 5G dengan tajuk OPPO Reno8 T 5G. Kalau memang butuh jaringan seluler kekinian, Anda bisa saja memilih versi 5G tersebut.

Tapi bukan berarti varian 4G-nya tidak layak, loh. HP ini punya beragam fitur konektivitas yang membuat hidup pengguna lebih praktis, sebut saja NFC yang dapat mengecek/mengisikan saldo eMoney.

Lalu, OPPO Reno8 T 4G juga memiliki dukungan Bluetooth versi 5.3 yang merupakan salah satu versi tertinggi di industri smartphone. Berkat versi modern tersebut, penggunaan TWS dan aksesoris nirkabel lainnya lebih terhindar dari delay.

Adapun untuk protokol jaringan wireless-nya menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual band alias bisa terhubung ke pita jaringan 2,4 GHz dan juga 5 GHz. Ponsel juga sudah dikemas dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar atau yang biasa disebut underdisplay fingerprint.

5. Ketahanan Baterai yang Memadai

oppo reno8 t 4g baterai_

Seperti HP kelas menengah pada umumnya, OPPO Reno8 T 4G juga dikemas dengan kapasitas baterai 5.000 mAh. Ponsel ini juga disertai dengan fitur penghematan daya yang tokcer di kala ingin mengirit daya ketika sedang digunakan.

Berbekal chipset dan layar yang efisiensi dayanya tinggi, HP ini niscaya bisa bertahan hingga seharian penuh dalam penggunaan kondisi normal. Sumber HungryGeeks.com.ph mengatakan bahwa OPPO Reno8 T 4G meraih durasi ketahanan 14 jam pada benchmark PCMark Work 3.0, pada volume dan pencahayaan layar sedang.

Ponsel ini sudah menyediakan charger dari boks penjualan, menyuguhkan fast charging SuperVOOC 33 W yang bisa memangkas durasi pengisian daya secara signifikan. Konon, menurut pengujian dari sumber yang sama, hanya dibutuhkan waktu sedikit di atas 60 menit untuk isi daya dari 1-100%.

6. Tampilan Bodi yang Fresh, Ada Varian Fiberglass Leather

oppo reno8 t 4g desain_

Tampilan ponsel ini terlihat bak ponsel flagship, karena menawarkan desain bodi dengan tampilan yang tidak biasa. Di belakangnya terdapat dua bulatan besar yang berjejer secara vertikal. Bulatan pertama mencakup kamera utama 100 MP, sedangkan bulatan kedua berisikan kamera-kamera pendamping beserta lampu LED Flash.

Ini membuatnya terlihat begitu minimalis dan rapi tanpa ada lubang-lubang kamera yang berserakan. Untuk membuat tampilannya semakin keren, dimunculkannya lah bidang berbentuk lonjong yang memanjang dari atas ke bawah, mengenai 60% permukaan bagian sisi atas.

OPPO juga diketahui mengombinasikan gabungan antara desain OPPO Reno dengan varian warna Sunset Orange yang gunakan bahan fiberglass leather. Bahan kulit imitasi ini semula hanya ada di HP flagship, tapi kini bisa dirasakan pada HP kelas menengah. Memiliki tekstur dengan finishing matte, panel belakang tidak mudah dihinggapi noda sidik jari.

Sedangkan pada varian warna lainnya yaitu Black Starlight, menggunakan bahan material plastik polikarbonat di sisi punggung bodinya. OPPO Reno8 T 4G juga diketahui punya dimensi bodi yang tidak begitu bongsor yaitu panjang kali lebar kali tebal sebesar 160.8 x 73.8 x 7.8 mm.

Dengan bobotnya yang hanya sekitar 180 gram untuk varian fiberglass, OPPO Reno8 T 4G terbilang tidak terlalu berat untuk kenyamanan pengguna sehari-hari. Ada fitur desain yang cukup fungsional yaitu Orbit Light, mengelilingi lensa kamera dan akan menyala saat menerima notifikasi, melakukan proses charging, atau menerima panggilan telepon.

7. Hadir dengan Stereo Speaker

oppo reno8 t speaker_

Ingin memiliki HP OPPO dengan kualitas suara yang bagus? OPPO Reno8 T 4G tentu bisa dijadikan pilihan lantaran punya stereo speaker. Artinya, jumlah speaker di HP ini ada dua, diletakkan di bawah dan atas bodi smartphone.

Hasil suaranya pun tidak mengecewakan. Anda bisa mendengar separasi elemen audio yang cukup jelas dan kentara, ditambah dengan volume, bass, dan kekencangan suara secara keseluruhan baik. Tidak akan bikin pengguna buru-buru menyambar earphone.

Tentunya tidak lengkap jika tidak menghadirkan 3.5 mm jack audio port di HP ini. Anda bisa mencolokkan kabel earphone ke ponsel tanpa perlu adapter tambahan.

8. Sudah Dirilis dengan Android 13

oppo reon8 t 4g__1

OPPO Reno8 T 4G dirilis dengan Android 13 berselimutkan antarmuka ColorOS 13. Ini tentu jadi sebuah hal yang unik karena masih ada beberapa HP mid-range yang masih dirilis dengan Android 12.

ColorOS 13 ini juga termasuk salah satu antarmuka yang tampilannya cantik, serta punya fitur yang menguntungkan pengguna. Misalnya, HP bisa menampilkan always on mode dengan fitur yang ditingkatkan, bisa mengontrol media music player meski layar dalam kondisi terkunci.

Ada juga fitur-fitur keamanan canggih yang dapat secara otomatis membuat bagian di layar menjadi blur untuk menjaga kerahasiaan data pengguna, serta tempat khusus menyimpan file sensitif dengan keamanan berstandarkan AES.

9. Ada Jaminan Tetap Lancar setelah Dipakai 4 Tahun

oppo reno8 t 4g empat tahun_

OPPO Reno8 T 4G adalah smartphone yang cocok digunakan dalam jangka panjang hingga bertahun-tahun lamannya. Ya, ponsel diklaim akan tetap lancar digunakan meski sudah digunakan selama 48 bulan alias 4 tahun.

Lancar di sini adalah bisa menavigasikan antarmuka tanpa delay, membuka aplikasi dengan sama cepatnya seperti pada tahun pertama pemakaian, serta performa gim. Di kelasnya, termasuk jarang ada brand HP lain yang bisa menjanjikan hal serupa.

Kekurangan OPPO Reno8 T

Anda juga perlu mengetahui dua kekurangan OPPO Reno8 T jika berniat ingin membelinya. Yuk baca pembahasannya di bawah!

1. Tanpa Sertifikasi Tahan Air

oppo reno8 t 4g_

Meski layar HP ini sudah dilapisi Gorilla Glass 5 agar lebih tahan ketika terjatuh, tapi HP ini tidak disertai dengan sertifikasi tahan air mana pun. Tidak ada IP68 yang membuatnya bisa bertahan di dalam air selama 30 menit pada kedalaman 1,5 meter.

Tidak ada juga sertifikasi IP53 atau IP54 yang membuatnya cenderung kuat meski terkena tumpahan air hujan atau air minum. Jadi, berhat-hatilah saat memakai OPPO Reno8 T 4G di daerah dengan curah hujan tinggi.

2. Tidak Mendukung Perekaman 4K dan 1080p di 60 FPS

oppo reno8 t 4g 2_

Resolusi kamera HP ini boleh jadi besar, bahkan peningkatannya nyaris dua kali lipat dibandingkan OPPO Reno8 4G. Akan tetapi, varian topped up ini terasa kurang nyaman untuk aktivitas kreasi konten. Bagaimana mau puas? Perekamannya saja hanya mentok di 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Semestinya sih minimal bisa rekam hingga 60 FPS jika memang tidak menyediakan perekaman 4K. Frame rate tinggi cukup penting jika berniat mengunggah video ke TikTok atau Instagram. Dikhawatirkan, video akan jadi patah-patah jika diunggah dalam frame rate 30 FPS, dikarenakan proses kompresi algoritma platform yang bisa menurunkan kualitas.

3. Jaringan 4G di Kelas Harganya Jadi Hal yang Perlu Diperhatikan

OPPO Reno8 T cover

Dari penamaan sudah jelas kalau laptop ini hanya mendukung jaringan 4G. Ini tidak masalah sebenarnya mengingat jaringan 5G pun tidak merata. Tetapi untuk sebuah HP Rp4 jutaan di 2023, tentu akan lebih baik jika cip atau SoC yang digunakan sudah mendukung jaringan 5G. 

Kalaupun masih pakai cip 4G, mungkin harganya bisa lebih diturunkan.

Simpulan

Harga yang dibanderol pada OPPO Reno8 T 4G di Indonesia adalah Rp4.899.000,-. HP ini sudah bisa didapatkan sejak 7 Februari 2023. Di harganya yang membuatnya masuk ke kategori mid-range, OPPO Reno8 T 4G tergolong layak untuk aktivitas gaming, fotografi, dan produktivitas.

Terdapat kamera mikroskop yang fungsinya lebih ke seru-seruan saja, dapat menangkap serat kecil pada permukaan objek. Kamera utamanya yang sebesar 100 MP, meski bukan yang terbaik di kelasnya, namun sudah cukup layak diunggah ke medsos. Apalagi jika Anda berniat melakukan fotografi jarak jauh, mode Full Resolution akan sangat membantu.

Tapi kalau berniat bikin konten TikTok di HP ini, kemungkinan tidak akan maksimal karena tidak ada tidak ada perekaman 60 FPS. Kamera pun rentan terkena efek goyangan sehingga mesti menggunakan gimbal supaya lebih stabil.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram