carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 10 September 2021

Banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan seseorang ketika akan membeli PC, entah itu komputer desktop atau laptop. Bisa jadi orang bakal melihat apa mereknya, lalu komponen apa saja yang dirangkaikan, serta berapa kecepatan atau kapasitas dari komponen tersebut.

Ketiga hal tersebut dapat menentukan keputusan akhir pembelian PC, di samping juga harganya. Nah, sebenarnya ada satu hal lagi yang bisa dijadikan pertimbangan. Adalah skor yang diperoleh dari aplikasi benchmark PC. Reviewer atau pengulas tentu tidak akan melewatkan sajian skor dari aplikasi benchmark PC ketika mengulas suatu produk.

Misalnya saja, kamu belum puas dengan hasil tes dari pengulas. Apalagi setelah beli PC, ada beberapa komponen yang kamu ganti atau upgrade. Kalau sudah begitu, kamu perlu mengetesnya sendiri guna mengetahui skor benchmark (tolok ukur) terbaru dari PC-mu.

Ada banyak sekali aplikasi benchmark PC yang bisa kamu coba. Namun, dalam artikel ini, Carisinyal akan memilihkan beberapa yang terbaik dan paling banyak digunakan oleh pengulas. Apa saja nama aplikasinya? Berikut akan kami jelaskan satu per satu nama beserta fungsinya.

1. CPU-Z

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 1

Sekumpulan ahli software identifikasi hardware mendirikan kelompok pengembang CPUID di Prancis berdiri pada 2007. Salah satu karya mereka yang paling populer adalah aplikasi CPU-Z. CPU ID mengklaim, aplikasinya itu sangat populer karena diunduh 1,5 juta kali tiap bulan.

Fungsi CPU-Z sebetulnya untuk mengenali komponen apa saja yang tertancap di suatu PC. Mulai dari CPU, motherboard, RAM, dan kartu grafis. Aplikasi ini akan menjelaskan mereknya, jenisnya, kecepatannya, dan detail-detail lain.

Akan tetapi, CPU-Z punya fitur "Bench" yang khusus untuk melakukan pemeringkatan CPU. Fitur ini akan mengetes prosesor dalam skenario singlethread maupun multithread. Hasilnya kemudian dibandingkan dengan beberapa contoh prosesor referensi yang dijadikan acuan.

Aplikasi ini cukup ringan (file instalasi sekitar 2 MB), dan dapat dijalankan pada sistem operasi 32 bit maupun 64 bit. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui situs resminya di sini.

2. Speccy

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 3Sumber: ccleaner.com

Sudah sering memakai CCleaner? Itu, lho, aplikasi yang berfungsi untuk membersikan file sampah. Nah, jika sudah familier dengan aplikasi tersebut, kamu tentu tahu siapa pengembangnya. Ya, pengembangnya adalah Piriform Ltd., yang punya kantor di London, Inggris.

Piriform punya banyak aplikasi yang bisa dinikmati secara cuma-cuma untuk utilitas komputer. Selain CCleaner, kamu akan menemui Speccy yang tampilannya sama-sama sederhana. Speccy akan menampilkan seluruh komponen yang terpasang di suatu PC.

Aplikasi ini memang tidak memiliki fitur untuk membandingkan kemampuan suatu komponen dengan komponen lain, berikut pemeringkatannya. Sebagai gantinya, kamu dapat memantau kondisi beberapa komponen.

Misalnya, berapa temperatur CPU, persentase ruang RAM yang terpakai, dan bagaimana status kesehatan hardisk atau SSD. Data-data yang disajikan secara real-time tersebut bisa disimpan dalam bentuk notepad atau XML. Untuk mencoba Speccy, kamu bisa mengunduhnya dari sini

3. HWMonitor

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 5

Seperti dijelaskan di poin CPU-Z, ada banyak aplikasi yang dibikin CPUID, bukan cuma CPU-Z. Salah satu yang lain adalah HWMonitor. Aplikasi ini secara khusus menampilkan temperatur, tegangan, dan konsumsi daya setiap komponen.

Selain itu, frekuensi dan persentase kinerja suatu komponen turut dipantau secara realtime. Komponen yang dipantau aplikasi ini mulai dari prosesor, hardisk atau SSD, kartu grafis, adaptor, sampai baterai.

Seluruh data yang ditampilkan bisa disimpan dalam bentuk notepad. Lantas apa sih kegunaan data-data tersebut? Untuk kamu yang tukang overclock, data-data dari aplikasi ini penting untuk melihat seberapa stabil performa setelah kemampuan suatu komponen ditingkatkan.

Nah, buat kamu yang merupakan pengguna kasual, data tersebut juga penting untuk melihat apakah suatu komponen bekerja dengan baik. Misalnya, kalau tahu prosesornya mengalami overheat, tandanya kipas harus dibersihkan atau thermal paste sudah saatnya diganti. Aplikasi HWMonitor dapat diunduh gratis di sini.

4. GeekBench

Di HP Android, kita mengenal GeekBench untuk mengetahui sejauh mana kemampuan singlecore dan multicore suatu chipset. Skor singlecore menggambarkan kemampuan HP dalam membuka aplikasi, sedangkan multicore berkaitan dengan kemampuan multitasking.

Di versi PC, fungsi GeekBench juga sama. Namun, kamu juga bisa menguji kemampuan CPU dan GPU dengan berbagai skenario. Skenario itu seperti rendering HTML5, enkripsi, ray tracing (sejenis rendering), dan lain sebagainya. Kemampuan RAM ketika menangani pekerjaan berat juga bisa dilihat via aplikasi ini.

Pada dasarnya, Geekbench adalah aplikasi yang berbayar. Namun, kamu bisa mencoba versi trial-nya (uji coba) terlebih dahulu. Link unduh aplikasi ini dapat diakses dari sini.

5. 3DMark

Sejak masih dibawah naungan Futuremark (perusahaan Finlandia), 3DMark sudah sangat populer dipakai untuk pengujian kemampuan GPU. Di bawah induk perusahaan baru, Underwriters Laboratories, popularitas 3DMark tetap terjaga.

3DMark singkatnya adalah aplikasi yang fungsinya memberi beban kerja pada GPU, untuk melihat seperti apa efeknya. Nah, efek yang dipantau itu macam-macam. Mulai dari clock speed, frame rate, temperatur, dan lain sebagainya. Beban kerja yang diberikan pun ada banyak macamnya.

Yang menarik, kamu bisa menyimpan, memvalidasi, dan membandingkan skor pengujian tersebut dengan perangkat lain secara online. 3D Mark punya dua versi, demo dan berbayar. Versi yang berbayar tentu punya fitur lengkap. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba versi demo dengan mengunduhnya di Steam.

6. Cinebench

Jika 3DMark milik Underwriters Laboratories adalah salah satu aplikasi paling populer untuk menguji GPU, lain halnya dengan CPU. Banyak orang di seluruh dunia percaya pada Cinebench bikinan Maxon untuk mengevaluasi kemampuan CPU-nya.

Ya, aplikasi akan 'menghajar' CPU komputermu dengan skenario rendering gambar 3D dan 4D, berdasarkan kondisi nyata. Baik itu secara single-thread maupun multithread. Lama pengujian bervariasi, bisa 5-10 menit, tergantung kemampuan CPU dan dipengaruhi RAM.

Setelah uji selesai, keluarlah skor benchmark dan peringkatnya. Cinebench pun bisa menguji kemampuan rendering dari CPU saja, atau kombinasi CPU dan GPU. Kabar baiknya, aplikasi ini gratis. Pengguna sistem operasi Windows dapat mengunduhnya di alamat ini. Sedangkan kamu yang memakai MacOS bisa mengunduhnya di sini.

7. Crystal Disk Mark

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 13

Komponen yang tak kalah penting untuk diketahui kecepatannya adalah hardisk atau SSD. Pasalnya, hardisk atau SSD juga menentukan waktu memuat suatu file, ketika kamu membuka aplikasi apa pun. Proses booting juga dipengaruhi oleh kecepatan hardisk atau SSD. Begitu juga dengan kemampuan copy-paste dan memindahkan file.

Beberapa produsen hardisk atau SSD memang mencantumkan kecepatan tulis dan baca produknya. Namun, untuk kecepatan itu di kondisi nyata, kamu butuh aplikasi seperti Crystal Disk Mark.

Ya, melaui aplikasi ini, kamu akan mengetahui kecepatan baca dan kecepatan tulis sekuensial. Skor kecepatan dalam satuan MB/detik ditampilkan setelah hardisk atau SSD melewati pengujian selama beberapa menit.

Crystal Disk Mark statusnya gratis dan punya tiga edisi: Standar, Shizuku Edition, dan Tsukumo Tokka. Edisi pertama paling ringan, sedangkan dua edisi yang disebut terakhir berat karena menampilkan karakter yang akan menyambut pengguna ketika aplikasi dibuka. Kamu bisa mengunduh Crystal Disk Mark via alamat ini.

8. AIDA64

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 15

Dulu orang mengenal aplikasi ini dengan Lavalyst Everest. Sejak perusahaan software bernama Finelwire mengakuisisi Lavalyst, Everest berubah nama menjadi AIDA64. Ada tiga edisi AIDA64 buat PC: Extreme, Business, dan Engineer. Untuk pengguna rumahan, pilih saja yang Extreme.

Informasi yang diberikan AIDA64 benar-benar lengkap. Ada informasi mengenai sistem operasi, temperatur, daya, voltase, driver, dan tentu saja seluruh komponen yang terpasang di komputer.

Mengenai tool benchmark-nya, AIDA64 berfokus pada uji kemampuan CPU. Ada banyak mode stressing yang disediakan. Selain itu, ada pula uji kemampuan RAM. Menggunakan AIDA64 sebenarnya menyenangkan.

Tinggal klik "Start", tak lama kemudian muncul skor dan langsung ditampilkan peringkatnya. Masalahnya adalah, aplikasi ini berbayar. Versi gratis diberikan hanya selama 30 hari. Penasaran? unduh AIDA64 via link ini.

9. Unigine

Unigine Corp adalah nama developer software yang tak perlu diragukan lagi. Aplikasi bikinannya dipercaya untuk menguji performa hardware komputer. Seperti power supply, sistem pendinginan, dan khususnya kartu grafis.

Pengujian dengan aplikasi bikinan Unigine tidak hanya mengetes sejauh mana kemampuan suatu hardware. Namun, ia juga menguji stabilitasnya. Aplikasi Unigine akan mencatat kemampuan rendering pada sebuah scene secara real time, berikut dengan fps yang dihasilkan.

Ada dua edisi aplikasi Unigine yang dapat kamu coba: Heaven untuk pengguna kasual, dan Valley untuk pengujian kelas berat yang mendalam. Menariknya, keduanya gratis. Aplikasi Unigine bisa kamu unduh dari sini.

10. MemTest86

Aplikasi benchmark untuk menguji RAM memang tidak sepopuler aplikasi pengetesan CPU, GPU, atau bahkan hardisk dan SSD. Namun, untuk overclocker, aplikasi benchmark RAM penting.

Sekadar info, pengubahan frekuensi dan waktu (latensi) RAM bakal memengaruhi kestabilan frame rate yang diperoleh saat bermain gim. Sekalipun kamu bukan overclocker, memilih RAM dengan frekuensi lebih tinggi juga penting, bukan cuma soal ukurannya.

Nah, aplikasi MemTest86 bisa kamu coba untuk mengetahui kemampuan RAM yang terpasang di PC. MemTest86 tidak hanya akan mencatat kemampuan RAM ketika diberi beban kerja. Namun, ia juga mengecek apakah ada gejala tertentu (eror) selama pengujian. Aplikasi MemTest86 bisa kamu unduh di sini.

Itulah 10 aplikasi benchmark PC populer yang bisa kamu coba. Tidak semuanya gratis memang, tapi beberapa developer memberi kesempatan untuk menguji cuma-cuma dalam periode tertentu. Jika ada aplikasi lain yang menurutmu menarik, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram