carisinyal web banner retina

13 Aplikasi Multiakun Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh Ananda Ganesha M
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Di era serba digital ini, kadang hidup dan pekerjaan sulit terpisahkan. Itu mengapa, sebaiknya gunakanlah nomor ponsel terpisah untuk urusan pekerjaan agar komunikasi personal dan pekerjaan tidak tercampur.

Masalahnya hanya satu, kebanyakan aplikasi perpesanan tidak mengizinkan pemakaian lebih dari satu akun sekaligus pada satu perangkat.

Alhasil, kamu harus bolak-balik berganti akun yang memakan waktu cukup lama. Untung saja, sekarang sudah ada yang namanya aplikasi multiakun, yakni aplikasi yang bisa mengkloning aplikasi lain agar bisa dimasukkan akun lain tanpa mengganggu aplikasi asli.

Sekarang ini, sudah banyak aplikasi multiakun yang bisa ditemukan di Google Play Store. Tapi, bagaimana kamu bisa tahu mana yang terbaik? Nah, oleh karena itu, silakan simak deretan aplikasi multiakun terbaik untuk Android yang tim Carisinyal rekomendasikan untuk kamu.

1. Whats Web – Multiple Accounts Clone App

whatsweb_

Agar dapat memisahkan akun WhatsApp pribadi dengan akun bisnis, kamu bisa gunakan Whats Web besutan Zee Code SCANNER. Aplikasi ini mungkin awalnya akan membuat kamu bingung, karena antarmukanya tidak memberikan instruksi apapun mengenai fitur-fiturnya.

Tapi setelah kamu pelajari, kamu akan menyadari betapa bergunanya aplikasi multiakun ini. Whats Web memiliki fitur bernama Whatscan yang memungkinkan kamu untuk menggunakan WhatsApp Web melalui aplikasi.

Yang kamu perlukan hanyalah memunculkan QR Code di layar ponsel, dan gunakan ponsel kedua untuk memindai QR barcode tersebut. Dan voila, kamu jadi bisa mengakses chat pada akun WhatsApp kedua. Persis seperti WhatsApp Web sungguhan.

Hal ini tidak menggangu akun WhatsApp utama yang terpasang pada aplikasi resmi. Dengan kata lain, kamu bisa memiliki dua akun WhatsApp sekaligus pada satu HP.

Tapi Whatscan ini ada kekurangannya. Karena pada dasarnya fitur tersebut menggunakan WhatsApp Web, koneksimu terhadap akun kedua tidak akan tersambung jika HP kedua habis baterai atau tidak terkoneksi ke internet.

Belum lagi, kamu akan menemukan banyak iklan di Whats Web, sehingga bisa mengharuskanmu untuk membeli versi Pro-nya.

2. Multiple Accounts (MA Team)

multiple accounts _

Tidak hanya bisa memunculkan akun kedua untuk WhatsApp, aplikasi multiakun ini mendukung hampir semua aplikasi yang terinstal di HP kamu. Beberapa contoh aplikasi yang didukung seperti Facebook, Gojek, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan berkat antarmukanya yang simpel. Saat pertama kali dibuka, aplikasi ini akan memunculkan opsi aplikasi-aplikasi media sosial yang bisa dikloning.

Jika aplikasi yang kamu inginkan tidak tersedia, tinggal ketuk tanda “+” untuk memilih sendiri aplikasi yang diinginkan. Proses Multiple Accounts ini sangatlah mudah dan cepat. Dalam hitungan detik, kamu sudah bisa melakukan setup akun kedua pada aplikasi. Unduh di Google Play Store.

3. Parallel App – Dual Accounts and Multiple Space (DuoPeak inc)

parallel app - duopeak_

Parallel App memiliki fitur utama ‘menggandakan aplikasi’. Dengan aplikasi satu ini, penggunanya memungkinkan untuk memakai satu aplikasi sama dalam satu HP saja. Ada beberapa jenis aplikasi yang didukung: e-commerce, media sosial, perpesanan hingga game

Nah, salah satu aplikasi perpesanan yang bisa digunakan di Parallel App adalah WhatsApp. Tak perlu repot mengunduh-pasang aplikasi, cukup tambahkan saja aplikasi WhatsApp ke Parallel App.

Mudah saja, tekan ikon bertanda tambah, lalu pilih aplikasi WhatsApp. Setelahnya, kamu langsung bisa memakai aplikasi WhatsApp yang telah digandakan di dalam Parallel App.

Mulanya, kamu diminta untuk mendaftar akun di aplikasi WhatsApp. Caranya pun tak jauh berbeda. Cukup masukkan nomor ponsel dan OTP yang dikirim ke nomor tadi. 

Selain ada layanan gratis, Parallel App menyediakan opsi akun premium dengan fitur yang lebih unggul; seperti jumlah aplikasi yang tak terbatas, sampai dukungan PIN untuk keamanan dan privasi kamu.

Meski dapat menggunakan aplikasi ganda dalam jumlah banyak, bukan berarti Parallel App bisa menjalankan semua jenis aplikasi, ya. Sayang, ketika kami coba dengan game PUBG dan Free Fire, keduanya tak dapat dimainkan. 

4. 2Accounts

2 Accounts 1-side_

Serupa dengan Parallel App, 2 Accounts - Dual App Space menyediakan layanan kloning berbagai jenis aplikasi. Tak terkecuali WhatsApp. Cara memakai WhatsApp lewat aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan Parallel App. Kamu hanya perlu menambahkan aplikasi WhatsApp di daftar 2 Accounts, kemudian mendaftar dengan nomor WhatsApp yang digunakan.

Selain WhatsApp, aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram pun bisa ditambahkan dan dikloning. Bukan cuma itu saja, kami mencoba menambahkan aplikasi game Android ringan seperti UNO ke dalam 2 Accounts. Hasilnya, game bisa dimainkan seperti biasa.

Sayangnya, kamu tak dapat menikmati fitur unggulan seperti PIN aplikasi, dan juga Private Space, fitur yang membuat aplikasi kamu tak bisa diakses orang lain. Tertarik untuk mencoba?

5. Clone App (Arty Product)

clone app arty 1-side_

Selanjutnya adalah aplikasi bernama Clone App yang hadirkan fitur-fitur berbeda. Fungsinya masih sama seperti aplikasi multiakun lainnya, yakni mengkloning aplikasi apa saja untuk dapat menyetel akun kedua.

Bedanya, aplikasi besutan Arty Product ini juga menyediakan Dark Mode dan Color Mode. Pada Color Mode, kamu bisa mengganti preset warna resmi pada aplikasi yang telah dikloning.

Alhasil, perbedaan warna ini akan buat Anda lebih mudah membedakan antara akun kantor dan akun pribadi. Saat menggunakan multiakun aplikasi, data progres akan tersimpan pada folder terpisah dari aplikasi resmi, sehingga tidak akan tumpah tindih.

Aplikasi ini menyediakan paket langganan VIP dengan akses fitur yang lebih lengkap. Tertarik gunakan aplikasi multiakun ini? Silakan unduh di Google Play Store.

6. Super Clone – App Cloner for Multiple Accounts

super clone_

Umumnya, kamu harus membeli paket VIP dulu untuk bisa memiliki fitur multiakun tak terbatas. Inilah kelebihannya Super Clone, karena kamu sudah dapat mengkloning aplikasi yang sama sebanyak apapun yang kamu mau secara gratis!

Untuk lebih menjaga privasi kamu, Super Clone juga menyediakan fitur keamanan seperti sidik jari dan pattern. Dengan begini, kamu bisa miliki akun kedua rahasia yang terpisah dari akun utama.

Oh iya, supaya lebih praktis, pengguna bisa membuat pintasan ke aplikasi di layar utama. Kalau kamu punya lebih dari satu kloningan, ada fitur Fast Switch supaya kamu bisa berpindah-pindah akun melalui bar notifikasi.

Walau tidak ada opsi berlangganan VIP, aplikasi ini tetap menyediakan opsi berbayar untuk menghilangkan iklan.

7. DO Multiple Accounts – Infinite Parallel Clone App

do parallel

Apakah kamu tidak menyukai batasan? Jika iya, kamu wajib coba DO Multiple Accounts – Infinite Parallel Clone App minimal sekali.

Seperti namanya, frekuensi untuk melakukan kloning pada satu aplikasi yang sama adalah infinite alias tidak terbatas. Tapi, kamu harus dapatkan lisensi VIP atau tonton iklan video pendek setiap akan menambah aplikasi cloning jika sudah lebih dari dua.

Selain hadirkan fitur kloning aplikasi, DO Multiple Accounts – Infinite Parallel juga bisa digunakan untuk membersihkan RAM dengan fitur DO Booster, serta tawarkan Privacy Locker agar kamu bisa menyembunyikan aplikasi kloning yang mengandung akun-akun rahasia.

Supaya tidak bingung membedakan aplikasi kloning yang satu dengan yang lain, kamu pun bisa melakukan kustomasi pada warna logo. Berminat mencobanya?

8. Multi Parallel – Multiple Accounts and App Clone

multi parallel_

Dengan fitur yang tidak berbeda jauh, Multi Parallel besutan pengembang Winterfell Applab merupakan aplikasi multiakun yang praktis untuk digunakan. Tanpa harus berganti-ganti HP, kamu bisa gunakan banyak akun dalam satu perangkat.

Selain dapat memisahkan antara akun bermain dan bekerja, kamu pun bisa menikmati fitur privacy locker, kustomisasi aplikasi dengan nama dan warna ikon berbeda, serta lokasi penyimpanan data yang terpisah antara aplikasi original dan aplikasi kloningan.

Seperti aplikasi lain pada daftar ini, Multi Parallel juga tersedia secara gratis. Akan tetapi, kamu bisa membeli lisensi VIP untuk menghilangkan iklan dan meningkatkan pengalaman pengguna. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa unduh Multi Parallel besutan Winterfell Applab.

9. Parallel Space (LBE Tech)

parallel space_

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi multiakun yang tidak terlalu membebani RAM dan memori internal, Parallel Space yang dikembangkan oleh LBE Tech ini patut dicoba, lho! Aplikasi multiakun ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali dan hanya memiliki ukuran sekitar 11 MB saja.

Berbagai kemudahan bisa turut dirasakan pengguna, seperti one-tap switch, kustomasi ikon, dan juga support terhadai lebih dari 24 bahasa.

Dibalut dengan interface yang ramah pengguna, pengoperasian aplikasi sungguh terasa cepat dan mulus. Adapun fitur Incognito Installation untuk menyembunyikan aplikasi rahasia serta fitur privasi untuk menyetel PIN/password dan sensor sidik jari.

Hampir semua aplikasi Android dapat didukung pada aplikasi multiakun ini, termasuk game-game populer, semua aplikasi messenger, medsos, dan lain-lain.

Jika ingin gunakan multiakun pada aplikasi seperti WhatsApp atau LINE, pastikan punya nomor HP kedua yang masih aktif karena akan ada OTP yang dikirimkan ke nomor ini.

10. Dual Space – Multiple Accounts and App Cloner

Dual space

Dual Space merupakan salah satu aplikasi multiakun yang begitu stabil dan tidak akan mudah crash. Untuk kamu yang senang berganti-ganti akun antara akun pekerjaan dan akun pribadi, Dual Space dapat memenuhi kebutuhanmu dengan praktis!

Tidak perlu lagi log out dan log in untuk pindah akun, kamu bisa berganti antar dua akun hanya dengan sekali tap saja berkat Dual Space. Walaupun kedua akun aktif di waktu yang sama, data ataupun penerimaan pesan maupun notifikasi akan ditangani secara terpisah.

Mengingat Dual Space adalah salah satu aplikasi multiakun pertama, sang pengembang juga sudah sejak lama memperbaiki berbagai bug untuk hadirkan jaminan stabillitas yang tidak dapat tersaingi.

Dual Space dilengkapi dengan fitur password juga. Namun sayang, fitur ini tidak dapat digunakan jika kamu tak berlangganan akun premium.

Jika berlangganan premium, iklan-iklan dalam aplikasi juga akan hilang. Aplikasi ini menampilkan cukup banyak iklan, bahkan hampir dalam setiap ketukan.

Tapi, kamu tak perlu khawatir, karena beberapa fiturnya tetap bisa dinikmati di layanan gratis Dual Space. Salah satu fiturnya adalah Speed Mode. Fitur ini akan mengoptimasi kecepatan aplikasi kloningan yang sedang berjalan, serta menghemat daya baterai HP.

11. Multi Space

multi clone 2-side_

Aplikasi multiakun lain yang bisa kamu coba adalah Multi Space. Fiturnya tak jauh berbeda dengan aplikasi serupa. Kamu dapat melakukan kloning pada banyak aplikasi, termasuk WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan lain-lain.

Kami pun mencoba memasukkan game Free Fire ke dalam daftar aplikasi kloningan. Sayangnya, data dari game tak dapat diunduh, sehingga Free Fire lagi-lagi tidak bisa dimainkan.

Kami mencoba versi gratis dari Multi Space, sehingga tiada biaya yang dikenakan. Selama kami menggunakannya, tidak ada iklan yang tampil di aplikasinya.

Oh iya, Multi Space juga tersedia dalam versi 32 bit. Memang, aplikasinya tak bisa digunakan untuk mengkloning game, tapi aplikasi lain seperti WhatsApp masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

12. Dual Apps

dual apps 1-side_

Serupa dengan aplikasi pesaingnya, Dual Apps menyediakan layanan kloning berbagai jenis aplikasi. Tak terkecuali WhatsApp. Cara memakai WhatsApp di Dual Apps tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menambahkan aplikasi WhatsApp ke daftar kloning di Dual Apps, lalu mendaftar dengan nomor WhatsApp seperti biasa.

Selain WhatsApp, aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram pun bisa ditambahkan dan dikloning sedemikian rupa. Yang membedakan aplikasi ini dengan pesaingnya adalah user interface yang mirip dengan ‘HP asli’. Tampilannya terlihat seperti pada gambar di atas.

Dual Apps juga memiliki drawer yang memuat seluruh aplikasi di HP kamu. Tinggal swipe layar ke atas untuk membukanya. Tekan aplikasi sebanyak dua kali untuk melakukan kloning.

Dual Apps memiliki opsi pengaturan yang cukup beragam jika dibandingkan dengan aplikasi lain. Kamu dapat melakukan screenshot dari aplikasi, mengatur notifikasi yang muncul, dan mengubah bahasa. Sayangnya, tak ada pilihan bahasa Indonesia di aplikasi ini.

Oh iya, Dual Apps menampilkan cukup banyak iklan dan tidak ada opsi berlangganan yang bisa dipilih. Bagaimana, kamu ingin mencoba aplikasi satu ini?

13. Whats Clone

whatsclone 2-side_

Selanjutnya, ada Whats Clone. Aplikasi ini menawarkan kemudahan untuk mengkloning banyak aplikasi dalam satu HP saja. Seperti biasa, cukup pasang aplikasi Whats Clone di HP Anda. Lalu, tambahkan aplikasi yang ingin digandakan. Sebagai contoh, di sini aplikasi yang harus ditambah adalah WhatsApp.

Selepas menambahkan aplikasi WA ke Whats Clone, cukup daftarkan akun WhatsApp kamu seperti biasa. Kalau sudah, kamu bisa langsung memakai aplikasi WA yang telah digandakan tadi. Kamu pun bisa menambahkan beberapa aplikasi lain, seperti Instagram, Facebook, YouTube, LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Serupa dengan aplikasi-aplikasi lainnya, Whats Clone dilengkapi dengan fitur menarik. Ada app drawer yang memuat seluruh aplikasi di HP Anda, ada juga pengubah ikon aplikasi dan fitur Privacy Locker untuk mengunci aplikasi kloningan.

Whats Clone bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Tidak heran, aplikasi ini mengandung iklan di dalamnya. Jika tertarik, unduh Whats Clone di Google Play Store.

Yap, sekarang karena kamu sudah mengetahui beragam aplikasi rekomendasi kami untuk gunakan lebih dari satu akun pada satu HP, kamu bisa manfaatkan salah satunya untuk mendapatkan work-life balance.

Miliki satu akun WA pribadi dan satu akun WA kantor, dan jalankan keduanya bersamaan. Mana yang lebih membuatmu tertarik?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram