carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Remote Desktop untuk Akses PC Jarak Jauh

10 Aplikasi Remote Desktop untuk Akses PC Jarak Jauh

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 25 Desember 2020

Biasanya, ada dua tipe orang yang membutuhkan aplikasi remote desktop. Yang pertama ingin punya akses secara jauh untuk mengontrol PC di rumah secara jarak jauh saat berpergian. Yang kedua, adalah mereka yang tergabung dalam sebuah tim dan menginginkan sistem kolaborasi secara remote yang mudah.

Dengan aplikasi remote desktop, Anda bisa menggunakan PC di rumah seolah-olah sedang berada di depan PC tersebut, terlepas dari kenyataan bahwa Anda sedang berada di stasiun, di pantai, atau di mana saja. Malahan, beberapa aplikasi remote desktop juga sudah mendukung cross platform supaya Anda bisa mengendalikan PC hanya menggunakan smartphone. Ya, jadi mirip-mirip dengan remote TV.

Banyak sekali aplikasi remote desktop yang sudah tersedia. Tapi daripada Anda harus repot pilih-pilih sendiri, lebih baik pertimbangkan saja aplikasi yang terbaik berikut ini.

1. Remote PC by iDrive

remotepc by idrive

Remote PC by iDrive menyediakan fitur-fitur kunci yang berguna untuk mengontrol PC secara jarak jauh dengan praktis. Anda bisa mengakses komputer kolega di tempat yang berbeda hanya dengan melalui browser saja.

Sehingga, pengguna Remote PC by iDrive ini bisa mengakses komputer secara jarak jauh bahkan melalui perangkat smartphone ataupun tablet. iDrive mengerti betul bahwa terkadang privasi itu juga perlu. Itu mengapa, selain akses Always On yang memungkinkan komputer diakses secara remote kapan saja, mereka juga menawarkan One Time Access.

Artinya, dengan hanya membagikan Access ID dan Key yang hanya berlaku untuk satu kali akses, Anda bisa mengakses komputer rekan secara sementara saja. Hal ini untuk mencegah seseorang untuk terus-terusan menggunakan fitur remote PC tanpa diundang.

Remote PC by iDrive juga pilihan yang sangat mendukung kegiatan berkolaborasi, memungkinkan Anda untuk melakukan chat, bertukar file melalui antarmuka drag and drop, dan menyediakan fitur whiteboard saat sesi remote PC sedang berlangsung.

Ini adalah salah satu aplikasi remote PC dengan fitur terlengkap di dunia, yang sayangnya tidak dapat Anda gunakan secara gratis. Remote PC by iDrive menyediakan paket berlangganan mulai dari harga $22,12 (Consumer) untuk tahun pertama, dan yang paling mahal adalah paket Enterprise dengan harga $374,62 untuk tahun pertama.

2. LogMein Pro

logmein pro

Jika Anda punya budget, LogMein Pro bisa jadi salah satu bentuk investasi yang bagus untuk perusahaan Anda. Beragam fiturnya cocok untuk mengakomodir kebutuhan kolaborasi, terutama bagi perusahaan dengan jumlah anggota yang sangat banyak. Pasalnya, LogMein Pro memang mendukung jumlah pengguna yang tidak terbatas sehingga pertukaran file ataupun screen sharing bisa dilakukan ke siapa saja.

Semua paket penjualan LogMein Pro juga menawarkan bonus berupa lisensi LastPass Premiun untuk manajemen password yang lebih terpadu dan universal. Setiap akun beserta password-nya akan dengan mudah diakses secara online dan dibagikan ke rekan-rekan Anda.

Ingin mengakses PC Anda ketika sedang dalam perjalanan? Bisa banget, karena LogMein Pro juga punya fitur MobileAcess sehingga Anda bisa mengontrol PC dari perangkat Android maupun iOS. LogMein Pro menyediakan masa percobaan gratis, dan paket penjualannya dimulai dari harga $30 per bulan hingga yang termahal adalah $129 per bulan.

3. Zoho Assist

zoho assist

Dengan Zoho Assist, Anda sungguh bisa merasakan kebebasan mengontrol PC di tempat lain seakan sedang berada di sana. Zoho Assist bisa menunjang kebebasan yang melegakan, bahkan bisa melakukan restart pada PC remote tanpa membuat sesi terputus.

Menariknya lagi, Zoho Assist juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol PC jarak jauh walau tanpa kehadiran tenaga manusia lainnya di seberang sana. Sekalipun PC lain berada dalam kondisi yang sudah dimatikan, Anda juga bisa menyalakan PC tersebut dengan menggunakan fitur Wake on LAN. Tentunya, si komputer lawan harus disetel dulu dengan sumber listrik yang menunjang fitur ini.

Anda juga bisa memperkuat brand Anda dengan cara menempelkan nama perusahaan pada aplikasi ini. Sehingga, baik itu anggota tim, shareholder, maupun pelanggan akan melihat logo dan identitas perusahaan Anda saat menggunakannya.

Kira-kira paket termurahnya berada di kisaran berapa ya? Jawabannya adalah: nol. Ya, ada paket gratisan fulltime di mana Anda bisa menggunakan Zoho Assist tanpa dibatasi waktu. Dan lagi, fitur akses remote tanpa pengawalan (unattended remote access) bisa dinikmati pada paket yang gratis ini. Untuk versi berbayarnya, paling murah dibanderol dengan harga $8 saja. Cukup murah bukan?

4. Chrome Remote Desktop

chrome remote desktop

Kalau Anda tidak mau ribet menginstal aplikasi tambahan dan merupakan pemakai setia Google Chrome, extension yang satu ini pasti cocok untuk Anda. Secara teknis, Chrome Remote Desktop bukan lah aplikasi karena ia berupa extension yang bisa diinstal pada peramban Google Chrome secara gratis.

Alhasil, perangkat yang jadi guest dan perangkat jarak jauh (host) harus sama-sama memiliki Google Chrome yang sudah terinstal. Chrome Remote Desktop merupakan pilihan dengan fitur yang cukup minimalis. Tidak ada dukungan chat ataupun pemindahan data antar dua perangkat. Tapi setidaknya, Chrome Remote Desktop mendukung pengontrolan perangkat dari smartphone Android dan iOS.

5. Microsoft Remote Desktop

microsoft remote desktop

Tidak hanya Chrome Remote Desktop saja yang gratis, Microsoft Remote Desktop juga bisa Anda gunakan sebagai solusi cuma-cuma untuk mengontrol PC dari kejauhan. Dibandingkan dengan Chrome Remote Desktop, Anda tidak perlu wajib instal Google Chrome.


Microsoft Remote Desktop kompatibel dengan Windows 8 dan 10. Hanya saja perlu diperhatikan versi mana yang Anda gunakan. Kalau Anda pakai Windows 8 atau 10 Home Edition, Anda bisa melakukan kontrol jarak jauh pada PC kedua, asalkan PC kedua ini berjalan pada Windows 8 atau 10 Pro/Enterprise Edition.

Tidak seperti Chrome Remote Desktop, platform satu ini memungkinkan Anda untuk mengakses file di PC kedua. Jadi saat Anda berada di luar kota atau negeri sekalipun, Anda bisa mencetak file yang ketinggalan di PC rumah.

Microsoft Remote Desktop juga mendukung lintas perangkat, tapi sayangnya, jika Anda mengakses sebuah PC dari jarak jauh, orang yang di ujung sana akan secara otomatis ter-logout. Secara keseluruhan, Microsoft Remote Desktop merupakan pilihan yang solid untuk pengguna Windows.

6. TeamViewer

teamviewer

Yang satu ini juga terbilang cukup populer. Beberapa fiturnya mungkin tidak se-fancy aplikasi lain di daftar ini, tapi hal itu karena TeamViewer memang menawarkan fitur-fiturnya secara gratis selama tidak dipergunakan untuk alasan komersil.

Dengan TeamViewer, Anda bisa merasakan pengalaman yang solid untuk mengontrol PC secara remote, baik itu dari PC mengontrol PC ataupun smartphone mengontrol smartphone. TeamViewer cocok untuk berpartisipasi pada rapat online, membantu teman yang punya masalah teknis tanpa harus bertemu, dan masih banyak lagi.

TeamViewer sudah tersedia untuk segala platform, seperti Linux, Mac, Raspberry Pi, Android, iOS, dan tentu saja Windows. Menariknya lagi, TeamViewer juga tersedia dalam versi portabel. Jadi, cukup taruh file di flash disk dan PC langsung bisa mengakses remote PC tanpa harus ada proses instalasi sama sekali.

7. Connectwise Control

connectwise control

Connectwise Control mungkin punya sisi antarmuka yang cukup rumit, tapi aplikasi remote desktop ini dibekali dengan konfigurasi setup yang simpel dan beragam fitur screen sharing yang bisa membuat pelanggan atau kolega Anda merasa puas.

Aplikasi ini berbayar, namun pengguna diperbolehkan untuk melalui masa uji coba selama 7 hari tanpa harus memasukkan informasi kartu kredit. Tinggal perlu buat akun secara gratis, unduh aplikasinya, dan Connectwise Control pun siap untuk menunjang kegiatan akses jarak jauh.

Ada dua sub-produk yang bisa dipilih, yakni Support dan juga Access. Support lebih ditujukan untuk staf IT yang bisa menyelesaikan masalah teknis untuk karyawan non-IT. Sedangkan untuk Access, pengguna bisa mengontrol PC atau smartphone dari jarak jauh tanpa perlu bantuan orang lain.

Kekurangan dari Connectwise Control ini terletak pada performa yang tidak sebagus aplikasi lainnya, juga antarmuka web yang terbilang rumit untuk pengguna awam. Kelebihannya, Connectwise Control punya keleluasaan maksimal dalam menentukan role dan perizinan, serta menggunakan level keamanan yang serupa dengan yang dipakai di institusi perbankan dan pemerintahan.

8. Splashtop

splashtop

Sama seperti Connectwise Control, aplikasi bernama Splashtop ini juga terbagi menjadi dua antara remote desktop untuk bisnis atau perseorangan, dan juga untuk IT support team. Splashtop punya fitur keamanan TLS dan  256-bit AES, ditambahkan pula two steps verification supaya data-data bisa terenkripsi, menyulitkan hacker untuk mencuri informasi sensitif.

Business Access punya banderol harga mulai dari $5 per bulan untuk satu orang, menawarkan fitur-fitur dasar seperti multi monitor ke multi monitor, chat, manajemen user, print secara jarak jauh, dan pertukaran file.

Sedangkan untuk Remote Support, barulah Anda bisa menggunakan fitur unattended access dan kemampuan menyalakan PC dari jarak jauh, selama PC tersebut terhubung dengan internet.

9. Remote Utilities

remote desktop software

Kalau mau menjadi guest, Anda bisa mengunduh aplikasi Remote Utilities secara portable agar tidak perlu repot menginstal aplikasi. Remote Utilities juga menyediakan aplikasi yang bisa diinstal di banyak PC host supaya pengguna bisa melakukan remote access tanpa pengawalan pihak seberang.

Versi gratisan dari Remote Utilities mengizinkan pengguna untuk mengakses 10 komputer secara remote. Aplikasi ini tidak menawarkan biaya berlangganan tapi menyediakan lisensi seumur hidup yang harganya mulai dari $99. Secara value, Remote Utilities ini justru terbilang murah ketimbang aplikasi lain yang pakai sistem pembayaran subscription.

10. Remote Desktop Manager

remote desktop manager

Kalau mau punya aplikasi remote desktop yang menawarkan jumlah sesi tidak terhingga pada sekali waktu, Remote Desktop Manager ini bisa jadi pilihan yang tepat. Uniknya lagi, para anggota tim tidak bisa sembarangan mengakses komputer yang bukan jadi bagiannya. Ada fitur role-based access yang menentukan bagian-bagian ini.

Remote Desktop Manager terbilang cukup mahal, membuka harga $199 per tahun untuk satu pengguna. Akan tetapi, aplikasi ini juga tersedia secara gratis walau versi ini tidak menawarkan fitur role-based access.

Rupanya banyak juga aplikasi remote desktop yang oke punya. Selain bisa memudahkan Anda dalam mengontrol PC bawahan, aplikasi remote desktop yang punya fitur unattended access juga bisa digunakan untuk mematikan PC di rumah.

Kalau ada file tertinggal, Anda bisa mengaksesnya secara jarak jauh tanpa meminta orang rumah untuk mengontrol PC. Jadi, yang mana saja yang sudah Anda coba? Bagikan di kolom komentar ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram