carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Rekomendasi Software Pencari Update Driver Terbaik

10 Rekomendasi Software Pencari Update Driver Terbaik

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 25 Desember 2020

Bayangkan Anda baru membeli laptop, tapi ternyata suaranya tidak keluar. Atau, bisa jadi malah laptop tidak bisa terkoneksi ke Wi-Fi. Wah, mengapa bisa terjadi ya? Jangan buru-buru kembalikan laptop ke toko, karena hal ini bisa diatasi dengan menginstal driver.

Nah, kalau laptop atau PC yang Anda miliki baru datang dari toko, kemungkinan Anda harus mengunduh banyak sekali driver untuk berbagai peripheral seperti network, speaker, VGA, dan lain sebagainya.

Daripada bingung cari-cari driver secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi peng-update driver yang bisa mencarikan, mengunduh, dan menginstal driver secara praktis. Sekalipun Anda seorang expert yang sudah bisa menginstal masing-masing driver secara manual, aplikasi-aplikasi seperti ini dijamin bisa berguna untuk memangkas waktu.

1. DriverTalent

driver talent

Ada kalanya mencari driver satu per satu terasa lama dan menjengkelkan. Nah, ada solusinya yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan DriverTalent. Awalnya aplikasi ini bernama DriveTheLife, dan setelah perpindahan namanya aplikasi ini terasa semakin kece dengan menonjolkan fitur-fiturnya yang memudahkan urusan Anda.

Tidak hanya menyediakan link unduhan untuk masing-masing driver, aplikasi ini juga menyediakan fitur download yang terintegrasi di dalamnya. Namun yang cukup disayangkan, di versi gratisnya, Anda tidak dapat mengunduh semua driver dalam sekali klik. Ya, fitur bulk download ini hanya tersedia pada versi Pro.

2. Driver Pack Solution

driverpack solution

Salah satu fungsi aplikasi peng-update software memang untuk membuat segalanya lebih mudah bagi pengguna. Namun, dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainnya, Driver Pack Solution merupakan salah satu yang paling serius menyasar orang-orang awam.

Selain dari mode Expert, Driver Pack Solution juga menawarkan mode Novice alias pemula. Di mode Novice ini, aplikasi akan secara otomatis memindai dan mengunduh driver sekaligus.

Malahan, aplikasi ini juga bisa menginstal driver sekalipun dalam kondisi tanpa internet. Untuk Anda yang lebih ingin mendapatkan kebebasan dalam memilih, bisa menggunakan mode Expert untuk menentukan driver mana yang ingin diinstal. Aplikasi ini tersedia secara gratis, dan sudah digunakan oleh setidaknya 40 juta orang di seluruh dunia.

3. Snappy Driver Installer

snappy driver installer

Dilihat dari sisi antarmukanya, nampaknya Snappy Driver Installer ini tidak terlalu terlihat profesional karena terkesan kuno. Tapi jangan lihat dari cover-nya saja, karena aplikasi ini menyimpan segudang fitur menarik.

Salah satu keunggulan yang ditonjolkannya adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini untuk bisa menggunakannya. Ya, tinggal perlu menyimpannya di flash disk dan Anda bisa menginstal driver di komputer mana saja yang Anda inginkan.

Walaupun gratis, aplikasi ini sungguh tidak membatasi kecepatan unduh sehingga Anda dijamin tidak akan frustasi karena proses pengunduhan yang lemot. Well, tentu saja harus dibarengi dengan kualitas ISP yang bagus.

4. AVG Driver Updater

avg driver update

Siapapun yang pernah berkutat dengan dunia antivirus harusnya sih pernah mendengar nama AVG setidaknya sekali. Ya, selain menyediakan software untuk menjaga PC dari virus berbahaya, perusahaan ini juga punya aplikasi peng-update driver yang mutakhir yang dinamakan AVG Driver Updater.

Nama AVG sudah lama dikenal, dan aplikasi ini pun sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 vendor ternama lainnya seperti Microsoft, NVIDIA, Intel, dan sebagainya. Jadi, driver yang Anda instal dari aplikasi ini dijamin legit dan tidak berbahaya. Sayangnya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dan mengharuskan Anda mengeluarkan kocek sebesar $39,99.

5. Driver Identifier

driveridentifier

Yang satu ini merupakan aplikasi yang juga menyediakan versi portable. Sehingga, bisa digunakan di mana saja tanpa harus diinstal. Tidak menghadirkan pilihan konfigurasi yang berbelit-belit, Driver Identifier termasuk salah satu aplikasi update driver termudah yang bisa Anda gunakan.

Namun sayangnya, Anda harus menginstal masing-masing driver secara manual di browser. Ya, aplikasi ini hanya memindai dan memberitahukan perangkat mana yang harus diinstal driver-nya, serta menyediakan link unduhan.

Aplikasi ini bisa memindai secara offline dan menampilkan file HTML lokal berisikan daftar seluruh peripheral dan hardware yang terpasang, serta memberitahukan apakah masing-masing sudah memiliki driver terkini. Jika belum, akan ada tulisan Update yang bisa diklik. Lalu, Anda akan terbawa ke daftar driver yang memiliki versi berbeda-beda. Lumayan untuk aplikasi gratisan dengan ukuran yang begitu ringan.

6. Smart Driver Care

smart driver care

Ada kalanya driver yang diinstal malah justru membuat kondisi PC makin runyam. Hal itu memang kadang terjadi walaupun jarang. Untuk mengantisipasinya, Smart Driver Care menawarkan fitur backup yang bisa menyimpan seluruh driver sebelum di-update.


Supaya, kalau setelah di-update kondisi PC makin parah, Anda bisa mengembalikannya ke kondisi semula hanya dengan sekali klik saja. Ditambah lagi, Smart Driver Care ini bisa digunakan untuk update software, lho!

7. DriverHub

driverhub

Kalau yang satu ini, DriverHub dijamin bisa lebih memuaskan lagi dengan fitur-fitur otomatisnya. Anda sungguh bisa merasakan kemudahan menginstal driver secara otomatis dan juga mendukung bulk download.

Selain itu, semua driver bisa diinstal dari dalam aplikasinya, tidak perlu repot-repot mengunjungi browser. Tersedia juga mode pemula dan mode Advanced yang bisa cater ke dua tipe audiens yang berbeda. Sebagai aplikasi yang gratis, DriverHub ternyata punya fitur yang sekelas dengan versi premium aplikasi lain.

8. Free Driver Scout

freedriverscout

Instal aplikasi ini pada PC, dan Anda pun bisa membiakan Free Driver Scout bekerja secara otomatis. Mulai dari memindai secara berkala, mengunduh, hingga menginstal driver, semua bekerja secara otomatis tanpa perlu intervensi dari Anda.

Aplikasi ini juga punya fitur penjadwalan update, sehingga hanya akan melakukan tugasnya pada waktu-waktu tertentu yang telah Anda tetapkan. Cukup menarik sih ini, karena fitur serba otomatis begini biasanya hanya dimiliki oleh aplikasi berbayar atau lisensi Pro. Tapi dengan Free Driver Scout, fitur-fitur tadi sudah bisa dinikmati tanpa membayar sepeserpun.

9. Device Doctor

device doctor

Sesuai namanya, Device Doctor memang bisa berperan sebagai "dokter" untuk pengadaan driver di komputer Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan punya user interface yang nyaman di mata dan mudah dioperasikan. Sayangnya aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis, karena ada lisensi Pro yang bisa dan sebaiknya Anda pilih.

Pasalnya, Device Doctor hanya mengizinkan pengunduhan satu driver per hari kalau Anda pakai versi gratisnya. Keuntungan dari Device Doctor, ia bisa digunakan secara portabel dan bisa digunakan untuk versi OS dari Windows XP hingga Windows 10. Device Doctor Pro bisa Anda dapatkan dengan membayarkan Rp99.500,- per bulan atau Rp360.000,- per tahun.

10. IObit Driver Booster

driver booster 8

IObit Driver Booster, seperti kebanyakan aplikasi lain pada daftar ini, tersedia pada dua versi yakni versi gratis dan juga versi Pro. Untuk versi Pro-nya, Anda juga masih bisa menikmati masa free trial tanpa harus memasukkan informasi kartu kredit.

Sekarang, mari kita bahas fitur-fiturnya. IObit Driver Booster menjanjikan bahwa seluruh driver yang diunduh datang dari situs resmi pabrikannya, dan sudah melewati pengujian Microsoft WHQL dan pengujian IObit. Jadi, jangan khawatir driver yang diinstal akan membawa virus ataupun malware. Untuk harganya sendiri. versi Pro dari IObit Driver Booster dibanderol dengan harga $22,95 selama setahun untuk tiga buah PC.

Itu tadi 10 aplikasi update driver yang dijamin bisa memudahkan hari Anda. Beberapa di antaranya hadir dengan versi free trial ataupun versi gratis. Malahan, ada aplikasi seperti Free Driver Scout yang menyediakan fitur-fitur kelas premium sekalipun ia merupakan aplikasi gratisan.

Beberapa aplikasi tersebut bisa saja kena false positive jika Anda menggunakan antivirus tertentu. Jangan khawatir, semua aplikasi yang kami tampilkan aman, kok! Jika kendala itu terjadi, masukkan saja folder unduhan ke whitelist atau matikan sementara real protection di antivirus Anda. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram