carisinyal web banner retina

6 Aplikasi Chatting Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Apakah Anda seorang pengguna smartphone Android yang hobi chatting dengan teman yang sudah dikenal maupun teman baru? Mungkin Anda perlu mencoba deretan aplikasi chatting terpopuler yang ada di Android ini.

Pasalnya, berbagai aplikasi ini menyediakan beragam fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk chatting. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya!

1. WhatsApp Messenger

whatsapp

Rasanya, tidak ada yang tak kenal dengan WhatsApp. Aplikasi satu ini populer berkat fitur-fitur yang dibawanya.

WhatsApp Messenger memiliki fitur unggulan lain. Di antaranya adalah mendukung pengiriman multimedia (foto, video, dokumen, dan pesan suara), terdapat grup chat, wallpaper khusus dan suara notifikasi. Saya paling suka dengan fitur kirim foto sekali lihat, serta kemampuan untuk mengirim foto berkualitas HD.

Oh iya, pesan-pesan di WhatsApp juga dapat di-backup lewat akun Google dan iCloud. Jadi, kalau Anda ganti perangkat, pesan-pesannya tidak akan hilang. Saat berkirim pesan, Anda bisa menghapus dan mengeditnya sesuai kebutuhan. WhatsApp menjaga privasi pengguna dengan menggunakan enkripsi end-to-end.

WhatsApp hadirkan juga WhatsApp Web dan aplikasi versi desktop. Hal ini sangat membantu saya untuk mengakses WhatsApp lewat berbagai platform, seperti laptop, PC, dan MacBook.

Buat para pekerja, pelajar, atau bahkan antaranggota keluarga, ada grup WhatsApp yang membantu memfasilitasi percakapan lebih dari 10 pengguna. Kehadiran fitur seperti stiker dan emoji menambah seru obrolan di aplikasi chat ini.

Layaknya Facebook, Snapchat dan Instagram, saya juga bisa berbagi cerita setiap hari lewat Story di WhatsApp. Sayang, jika saya pakai HP Android, video dan foto dikompres sedemikian rupa sehingga kualitas video dan foto yang diunggah jadi buram.

Walau begitu, WhatsApp Messenger masih dianggap sebagai aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Aplikasi chatting milik Facebook ini gratis digunakan, sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Tak terkecuali saya sendiri. Unduh WhatsApp di Google Play Store.

Hal yang saya suka dari WhatsApp:

  • Privasi dan keamanan terjaga, ada enkripsi end-to-end
  • Bisa backup pesan di akun GMail dan iCloud
  • Ada fitur berbagi multimedia dengan kualitas HD
  • Hadirkan fitur untuk edit dan hapus pesan dalam chatroom
  • WhatsApp Group, fasilitasi komunikasi banyak pengguna sekaligus
  • Bisa arsipkan obrolan dengan mudah
  • Punya fitur berbagi lokasi yang akurat
  • Bisa kirim pesan ke nomor sendiri

Hal yang perlu diperhatikan dari WhatsApp:

  • Unggahan video dan foto di Story kadang buram (khusus Android)
  • Unggahan foto sekali lihat dan isi chatroom bisa di-screenshot tanpa sepengetahuan, tak ada notifikasi

2. Telegram

telegram-1

Telegram memungkinkan saya untuk berbagi pesan dengan mudah. Aplikasi ini juga punya fitur panggilan video, panggilan dan rekaman suara, serta video pendek. Di sini, kita juga bisa mengatur agar pesan yang kita kirim menghilang secara otomatis selama beberapa waktu.

Di Telegram, kita bisa membuat sebuah ID. Nah, ID yang dibuat nantinya bisa dicari oleh para pengguna Telegram lainnya. Jadi, untuk menambahkan teman ke Telegram, Anda hanya perlu mengetahui ID-nya dan langsung add sebagai teman.

Hal menarik yang ada di Telegram ini bukan soal penggunaan ID atau pun hanya sekedar chatting biasa. Pasalnya, di Telegram ini ada fitur berbagi pesan rahasia juga. Pesannya hanya diketahui oleh saya dan satu teman dalam obrolan.

Saya pun kerap menemukan grup yang bisa dimasuki oleh siapa saja. Grup Telegram biasa digunakan untuk sharing film atau bahkan berita terbaru. Dalam grup maupun chatroom dengan satu orang, saya bisa berbagi dokumen, foto, serta lokasi. Tingkat akurasi lokasinya juga bagus.

Berbeda dengan WhatsApp, Telegram hadirkan layanan Telegram Premium. Dengan berlangganan, saya bisa nikmati fitur unggulan Telegram. Sebut saja seperti bocoran last seen, Telegram Business, Telegram Story, cloud storage tanpa batas, kirim dokumen dalam jumlah banyak, serta konversi pesan suara ke teks.

Telegram dan WhatsApp sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau buat chat 'jalur pribadi', saya lebih suka Telegram. Bagaimana dengan Anda?

Hal yang saya suka dari Telegram:

  • Bisa atur durasi pesan di sebuah ruang obrolan
  • Ada fitur pesan rahasia
  • Hadirkan Telegram Premium dengan berbagai fitur unggulan
  • Menggunakan ID untuk mencari dan tambah teman
  • Ada fitur rekaman video pendek
  • Stiker lebih beragam
  • Bebas buat grup yang bisa dimasuki siapa saja
  • Pesan dan panggilan video serta telepon terenkripsi secara end-to-end

Hal yang perlu diperhatikan dari Telegram:

  • Perluasan cloud storage dan Telegram Story masuk dalam fitur premium
  • Tak dapat mengetahui last seen secara detail

3. Messenger

messenger

Pengguna Facebook pasti sudah akrab dengan aplikasi chatting ini karena sudah menjadi bagian dari aplikasi sosial media tersebut. Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Messenger menjadi salah satu aplikasi chatting populer.

Messenger menawarkan beberapa fitur, di antaranya teks, suara, panggilan video, dan obrolan video grup tanpa batas, mode gelap, mendukung multimedia, dan dapat digunakan lintas platform.

Sama seperti Telegram, Facebook Messenger juga punya fitur pesan rahasia. Saya suka Messenger karena ada fitur kustomisasi untuk tema chatroom, nama panggilan di chat, serta opsi read-receipts yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Karena terhubung dengan Facebook, login ke Messenger juga tak begitu ribet. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store.

Hal yang saya sukai dari Messenger:

  • Login langsung dengan Facebook, anti ribet
  • Bisa ganti tema chatroom seperti di Instagram
  • Ada opsi berbagi file dengan beragam ekstensi
  • Ada ruang obrolan rahasia
  • Gratis, tidak terbatas layanan premium

Hal yang perlu diperhatikan dari Messenger:

  • Hanya bisa login dengan akun Facebook yang aktif

4. LINE

LINE

LINE masuk dalam jajaran aplikasi chatting paling populer untuk pengguna Android. Saya sudah lama menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan orang-orang tersayang. Hal menarik dari LINE adalah opsi berbagi stiker-stiker lucu. Item ini bisa dibeli di toko stiker LINE. Stikernya bisa dibeli menggunakan koin LINE.

Menurut saya, hal yang paling menarik dari LINE adalah LINE VOOM. VOOM merupakan sarana berbagi kabar melalui postingan di timeline. LINE juga memungkinkan saya berbagi cerita melalui Story yang bisa diakses dari beranda LINE VOOM.

Kalau untuk perpesanan sendiri, sudah tak perlu dipertanyakan kembali. Di LINE, saya bisa menelepon lewat panggilan suara atau video, berbagi pesan suara, dan juga pesan teks. Semuanya dapat dilakukan tanpa membayar biaya sedikit pun. Saya juga bisa buat grup dengan banyak anggota di LINE.

Hal yang saya suka dari LINE:

  • Ada stiker-stiker lucu untuk digunakan saat chat
  • Antarmuka minimalis, ramah pengguna
  • Ada LINE VOOM dan Story, media untuk berbagi cerita
  • Tersedia opsi "Unsend" untuk menghapus pesan, seperti di Instagram

Hal yang perlu diperhatikan dari LINE:

  • Tidak bisa edit pesan di chatroom

5. Snapchat

snapchat

Snapchat cukup populer di kalangan pengguna HP Android. Terutama di Amerika Serikat. Dulu, aplikasi ini jadi pencetus munculnya fitur "Story" yang hilang dalam 24 jam. Snapchat masih banyak digunakan sampai saat ini, termasuk oleh saya sendiri.

Saya menyukai aplikasi chatting ini karena pesan yang kita kirim menghilang otomatis dalam 24 jam. Namun, saya masih bisa menyimpan pesan-pesan yang terkirim secara manual di dalam chatroom.

Di Snapchat, saya juga bisa berbagi foto yang dinamakan "Snap". Jika lawan bicara kita mengirim Snap juga, kita akan dapat snapscore dan streaks sebanyak 1 angka. Semakin banyak skor yang didapat, semakin keren pula si pengguna. Oh iya, Snap ini akan hilang juga dalam 24 jam. Kalau kita men-screenshot atau menyimpan fotonya, akan ada notifikasi yang dikirim ke Anda dan lawan bicara.

Di Snapchat, kita tidak menggunakan foro profil, melainkan avatar. Avatarnya bisa 'didandani' sedemikian rupa. Warna rambut, mata, bentuk hidung, bentuk wajah hingga pakaian; semua bisa disesuaikan.

Snapchat juga punya fitur Snap Map. Dengan fitur ini, kita bisa berbagi lokasi bareng teman, dan mengetahui kapan mereka terakhir aktif di Snapchat.

Hal yang saya sukai dari Snapchat:

  • Fitur Snapstory dan berbagi foto yang akan hilang dalam waktu 24 jam
  • Adanya Snap Map untuk mengetahui lokasi dan waktu aktif terakhir pengguna lain
  • Fitur stiker dan avatar yang keren
  • Ada fitur "Spotlight", mirip dengan FYP TikTok
  • Bisa mengetahui siapa yang melihat Story lebih dari satu kali dengan Snapchat Plus

Hal yang perlu diperhatikan dari Snapchat:

  • Fitur foto dan chat yang menghilang dalam 24 jam rawan disalahgunakan
  • Tidak bisa edit pesan di chatroom
  • Item avatar sebagian berbayar

6. Discord

DISCORD-_

Discord adalah aplikasi obrolan suara, video, dan teks gratis yang sejauh ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store. Orang-orang menggunakan Discord untuk membicarakan banyak hal, mulai dari proyek seni dan perjalanan keluarga hingga pekerjaan rumah dan dukungan kesehatan mental. Saya sendiri kerap menggunakan Discord untuk streaming game.

Di Discord, saya bisa buat server khusus. Server ini serupa dengan grup yang ada di aplikasi chatting lainnya. Saya bisa menambahkan pengguna Discord lain sebagai anggota dalam server.

Discord juga bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi via panggilan video atau suara, serta chat. Discord menawarkan opsi premium berbayar dengan Discord Nitro. Salah satunya adalah Nitro Basic; saya dapat akses ke stiker-stiker dan emoji eksklusif untuk chatting.

Hal yang saya suka dari Discord:

  • Tersedia opsi untuk chatting jalur pribadi, kualitas video call oke
  • Ada Discord Server, bisa bertemu lebih banyak teman
  • Bisa share-screen dengan teman, cocok untuk streaming game

Hal yang perlu diperhatikan dari Discord:

  • Stiker dan emoji ekslusif untuk chat masuk dalam layanan premium

Nah itu dia kumpulan aplikasi chatting yang cukup populer di Android dan memiliki pengguna yang cukup banyak dari berbagai belahan dunia. Mana aplikasi chatting yang jadi favorit Anda?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram