carisinyal web banner retina

16 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp untuk Android dan iOS

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang sangat populer dan paling banyak diminati atau dipakai oleh pengguna smartphone. Alasan mengapa aplikasi ini menjadi sangat populer adalah tidak lain karena fitur yang ditawarkannya bisa dibilang sangat lengkap.

Fitur-fitur yang bisa digunakan yaitu mengirim pesan teks, gambar, video, dokumen, atau pesan suara. Selain itu, WhatsApp juga menyediakan fitur berupa panggilan suara dan video yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna smartphone. Bahkan, ada juga fitur seperti membuat variasi tulisan agar chat di WhatsApp menjadi lebih menarik.

Beberapa waktu ke belakang, WhatsApp sempat mengalami beberapa masalah mengenai isu keamanan yang menyangkut privasi para penggunanya. Tetapi, pihak WhatsApp telah mengonfimasi dan meyakinkan mengenai kerahasiaan privasi pengguna dengan fitur end-to-end encryption sebagai keaman yang dimiliki oleh WhatsApp.

Selain itu, masalah lainnya seperti server down sering dialami WhatsApp sehingga komunikasi menjadi sedikit terhambat. Untuk mengatasi apa pun kekhawatiran kalian mengenai aplikasi WhatsApp, kami akan merekomendasikan 15 aplikasi chat yang bisa digunakan sebagai alternatif selain WhatsApp.

Aplikasi-aplikasi alternatif berikut tidak kalah populer dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak daftarnya berikut ini, ya!

1. Line

LINE_

Aplikasi chatting sebagai alternatif dari WhatsApp yang pertama adalah Line. Aplikasi yang dikembangkan oleh LINE Corporation ini memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan WhatsApp. Selain fitur chat yang lengkap, Line juga memiliki stiker yang hanya dimiliki Line yang bisa digunakan agar obrolan terasa lebih interaktif dan menyenangkan.

Panggilan suara dan video juga bisa dilakukan menggunakan Line, bahkan pengguna bisa melakukan panggilan video sambil bermain game.

Fitur-fitur tambahan lainnya juga bisa digunakan dalam obrolan grup seperti pengambilan suara, kontak bot yang bermacam-macam, dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa mengunduh aplikasi Line melalui Google Play, App Store, atau Windows secara gratis.

2. Facebook Messenger

facebook messenger_

Aplikasi alternatif selanjutnya berasal dari perusahaan yang sama dengan WhatsApp yaitu Facebook Messenger. Fitur yang dimiliki oleh Facebook Messenger tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Selain mampu mengirim pesan teks, gambar, dan lainnya, keduanya juga bisa melakukan panggilan suara atau video.

Meskipun banyak fitur yang terlihat mirip, terdapat beberapa fitur yang dimiliki Facebook Messenger, yaitu pengguna tidak harus memiliki nomor telepon yang dituju untuk mengobrol tetapi hanya perlu tahu nama pengguna dari akun Facebook seseorang tersebut.

Selain itu, dalam Facebook Messenger pengguna bisa menonton video bersama sambil melakukan panggilan video.Facebook Messenger bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman Web secara gratis.

3. DM Instagram

what-to-post-on-Instagram_

Aplikasi Instagram tidak kalah populer dengan aplikasi lainnya pada saat ini. Tercatat sudah lebih dari 1 milyar pengguna Instagram secara global, bahkan banyak artis, aktor, atau orang-orang penting lain yang memiliki Instagram resminya.

Pada dasarnya, Instagram merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membagikan momen berupa foto atau video yang bisa disertai dengan keterangan di bawahnya. Meski begitu, Instagram memiliki fitur chat atau obrolan di dalamnya yang disebut Direct Message (DM) atau obrolan langsung.

DM memiliki fungsi seperti fitur chat pada umumnya, yiatu untuk mengirim teks, gambar, bahkan melakukan panggilan video. Instagram bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

4. Messages Twitter

twitter_

Tidak jauh berbeda dengan Instagram, Twitter juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan menge-tweet kepada semua orang secara global.

Tidak hanya itu, Twitter juga memiliki fitur chat bernama messages di dalamnya sehingga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Twitter lainnya secara pribadi. Jika tertarik untuk menggunakannya, Twitter bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

5. Telegram

Telegram 2_

Telegram menjadi salah satu aplikasi chat yang memiliki fitur cukup lengkap dengan tambahan fitur lainnya yang hanya dimiliki oleh aplikasi ini.


Sama seperti aplikasi chat lainnya, Telegram juga bisa digunakan untuk mengirim teks, gambar, file, dan lainnya, serta bisa melakukan panggilan suara atau video. Tidak hanya itu, stiker yang terdapat dalam Telegram juga sangat banyak dan bervariatif, sehingga obrolan bisa semakin menarik.

Fitur tambahan lainnya yang hanya dimiliki oleh Telegram adalah, para pengguna bisa memainkan game melalui chat bot yang tersedia, misalnya Werewolf, Family 100, UNO dan sebagainya.

Selain itu, pengguna Telegram juga bisa menonton film kesukaan yang ada dengan mudah dan gratis. Aplikasi Telegram bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

6. Google Hangout

google hangout_

Google Hangout memiliki fitur chat seperti aplikasi lainnya misalnya bisa mengirim teks, gambar, file, dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga bisa melakukan panggilan suara atau video dengan pengguna lain.

Namun, terdapat perbedaan yang dimiliki oleh aplikasi ini, yaitu pengguna Google Hangout hanya bisa melakukan obrolan dengan pengguna lainnya yang memiliki akun Gmail. Aplikasi Google Hagout bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

7. Snapchat

snapchat_

Snapchat menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling seru dan menarik, selain hanya bisa mengirim teks, gambar, file, atau yang lainnya, Snapchat memiliki fitur filter yang banyak dan lucu.

Filter tersebut bisa digunakan dan dibagikan dalam cerita atau kepada teman secara pribadi. Selain itu, masih banyak fitur-fitur yang dimiliki Snapchat yang bisa digunakan. Snapchat bisa diunduh melalui Google Play atau App Store secara gratis.

8. Discord

Discord_

Discord menjadi aplikasi chatting yang sangat populer terutama bagi seorang gamer. Aplikasi ini bisa dipakai menggunakan smartphone atau PC dan bisa digunakan sambil bermain game.

Selain itu, masih banyak fitur-fitur keren yang dimiliki aplikasi ini yang bisa digunakan untuk mencari teman yang memiliki hobi sama dalam bermain game berjenis apa pun. Discord bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

9. Skype

Skype For Business_

Skype merupakan aplikasi panggilan video yang paling populer dan banyak digunakan. Selain itu , aplikasi ini juga memiliki fitur chat pada umumnya, misalnya mengirim teks, gambar, video, file, bahkan melakukan panggilan suara.

Skype menjadi aplikasi yang sangat cocok sebagai alternatif dari WhatsApp yang bisa digunakan melalui smartphone atau pun PC. Skype bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

10. Viber Messenger

Viber_

Sama halnya seperti aplikasi WhatsApp, untuk melakukan obrolan menggunakan Viber Messenger juga harus menggunakan nomor telepon untuk menyambungkannya. Selain mengirim teks, terdapat GIF atau stiker lucu yang bisa digunakan.

Viber Messenger juga memiliki fitur unik yaitu fitur secret chat yang akan terhapus otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan. Viber Messenger bisa diunduh melalui Google Play atau App Store  secara gratis.

11. WeChat

wechat_

Aplikasi chatting ini sangat populer terutama untuk negara China. Untuk mendaftar ke aplikasi WeChat juga mirip dengan aplikasi WhatsApp yaitu dengan menggunakan nomor telepon, lalu pengguna juga bisa menghubungkannya dengan email atau Facebook untuk menemukan teman baru.

Fitur unik lain yang dimilikinya adalah Nearby People yaitu fitur, yang bisa menemukan seseoran yang berada di sekitar dengan cara menggoyangkan smartphone yang dimiliki. WeChat bisa diunduh melalui Google Play, App Strore, atau Windows secara gratis.

12. KakaoTalk

kakaotalk_

Mirip dengan aplikasi sebelumnya, KakaoTalk juga menggunakan nomor telepon dan kode verifikasi untuk mendaftar.

Aplikasi chatting inimemiliki fitur yang lengkap yaitu mengirim teks, foto, video, file, dan lainnya sebanyak apa pun. Pengguna bisa mengirimkan berbagai file hingga 100MB melalui PC. KakaoTalk bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.

13. IMO

imo_

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, IMO juga memiliki beberapa fitur, misalnya mengirim teks, gambar, video, dan lainnya secara gratis. IMO juga dapat melakukan panggilan suara dan video, bahkan IMO menyediakan panggilan video dengan kualitas yang baik meski sinyal pada smartphone tidak penuh.IMO bisa diunduh melalui Google Play atau App Store secara gratis.

14. Kik

kik_

Aplikasi Kik menjadi aplikasi chatting paling aman dalam daftar ini. Hal itu disebabkan karena pengguna tidak harus memasukkan nomor telepon pada aplikasi ini, melainkan hanya nama saja yang akan teridentifikasi.

Aplikasi ini juga sangat cocok untuk berinteraksi di dalam grup dengan orang banyak menggunakan stiker atau emoji yang tersedia. Aplikasi Kik bisa diunduh melalui Google Play atau App Store secara gratis.

15. Signal

signal_

Signal merupakan salah satu aplikasi chatting dengan tingkat keamanan yang tinggi. Hal itu didiukung dengan fitur yang dimilikinya yaitu fitur untuk menghapus secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan. Bahkan, aplikasi Signal ini sempat dipromosikan oleh orang-orang ternama termasuk Elon Musk. Signal bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau Windows secara gratis.

16. BAND

band_

Aplikasi chatting terakhir yang kami rekomendasikan adalah BAND. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengobrol santai, tetapi bisa dijadikan sebagai tempat diskusi perihal pekerjaan.

Hal itu dibantu dengan fitur-fitur yang ada misalnya kalender untuk mengatur kegiatan, pengambilan suara, dan video atau foto yang bisa disimpan dengan rapi. BAND bisa diunduh melalui Google Play, App Store, atau laman web secara gratis.        

Itulah beberapa aplikasi chatting alternatif yang bisa digunakan selain WhatsApp secara gratis, baik itu untuk Android, iOS, atau melalui Laman Web dan Windows.

Sama seperti WhatsApp, aplikasi-aplikasi tersebut juga sangat menjamin keamanan para penggunanya, sehingga tidak perlu merasa khawatir ketika mencoba menggunakannya.

Jika kamu memiliki rekomendasi aplikasi chatting lainnya, atau memiliki kritik dan saran yang ingin disampaikan, silakan bagikan kepada kami melalui kolom komentar yang tersedia.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram