Carisinyal / Aksesoris PC / 10 Merk Thermal Paste untuk Mendinginkan PC Terbaik 2019

10 Merk Thermal Paste untuk Mendinginkan PC Terbaik 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Bagi yang menyukai dunia perkomputeran pasti sudah tahu kegunaan dari thermal paste, yaitu untuk menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink. Tanpa bantuan thermal paste, transfer suhu dari prosesor ke HSF menjadi tidak sempurna sehingga bisa menyebabkan CPU cepat panas dan ujung-ujungnya komputer mati sendiri jika sudah terlalu panas.

Saat ini sudah banyak varian thermal paste yang beredar di pasaran dan bisa sedikit membingungkan untuk memilih mana yang terbaik untuk GPU, CPU, atau untuk perawatan komputer standar. Nah, untuk membantumu menemukan thermal paste yang tepat, kali ini Carisinyal akan membahas tentang beberapa rekomendasi thermal paste terbaik untuk komputermu.

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik

1. Arctic Silver 5 AS5-3.5G Thermal Compound & Arctic MX-4

Arctic Silver 5 AS5-3.5G Thermal Compound

Bisa dibilang Arctic Silver 5 adalah thermal paste terbaik saat ini untuk pengaplikasian pada GPU dan CPU komputer. Senyawa termal ini adalah 99,9% micronized silver yang tidak konduktif seperti kebanyakan senyawa perak. Penggunaan thermal paste ini dijamin tidak akan morat-marit, sehingga membuat serkuit komputer jadi lebih aman.

Arctic Silver 5 ini mudah diaplikasikan dan juga mudah dihilangkan. Walaupun banyak orang merasa khawatir akan keamanan sirkuit-sirkuit mereka karena menggunakan filler perak, namun para teknisi yang sudah paham pasti akan merekomendasikan produk ini sebagai thermal paste untuk komputermu.

Sedangkan Arctic MX-4 adalah salah satu thermal paste terbaik untuk GPU komputer karena berkualitas tinggi dan kamu tidak perlu sering menggantinya. Komposisi ARCTIC MX-4 terdari dari mikropartikel karbon yang sebenarnya melebihi pasta dengan filler logam atau silikon.

Beberapa kelebihan thermal paste ini adalah tidak merusak sirkuit atau bagian halus lainnya jika terjadi kontak, daya tahan yang bagus, non-korosif, non-konduktif, serta non-kapasitif. Kekurangannya hanyalah akan sulit untuk dihilangkan.

2. Noctua NT-H1

Noctua NT-H1

Thermal paste dari Noctua ini dikenal berkualitas. Mereka menggunakan sebuah kombinasi yang unik dari mikropartikel-mikropartikel yang berbeda dalam filler-nya. Hal itu dilakukan agar bisa memberikan beberapa kemungkinan heat sinking terbaik. Kelebihan-kelebihan dari Noctua NT-H1 adalah berkinerja bagus dan awet (efektif mendinginkan komputer hingga kira-kira tiga tahunan).

Selain itu, thermal paste ini juga dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa disimpan dalam jangka waktu hingga dua tahun untuk penggunaan selanjutnya. Kekurangannya yaitu akan sulit untuk dihilangkan. Bisa beli produknya di Bukalapak lewat link ini.

3. IC Diamond “7 Carat”

 IC Diamond “7 Carat”

IC atau Innovation Cooling Diamond “7 Carat” adalah thermal paste terbaik lainnya yang mampu bekerja secara efektif. Akan tetapi, tidak disebutkan apa bahan baku dari filler thermal paste ini. Yang pasti, di dalamnya terdapat bubuk intan yang dianggap sebagai konduktor berkualitas tinggi.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh thermal paste ini adalah memiliki nilai konduktivitas termal 4,5W / m-K, memiliki ketahanan panas 25oC-cm2 per W, memiliki filler intan yang unik, tahan lama, dan juga efektif. Kekurangannya sendiri disebutkan bahwa IC Diamond 7 Carat memiliki racun dan tentunya akan sulit untuk dihilangkan.

4. Thermaltake TG-7 Extreme Performance

Thermaltake TG-7 Extreme Performance

Ini adalah salah satu produk thermal paste terbaik dari Thermaltake untuk komputermu. Bubuk intan yang ada dalam filler-nya memberikan peningkatan yang signifikan pada konduktivitas termalnya dibandingkan dengan produk Thermaltake lainnya. TG-7 Extreme Performance adalah thermal paste solusi jangka panjang yang mampu memaksimalkan kontak serta meminimalisir celah-celah udara.

5. Wigbow Ice Mountain No 1

Wigbow Ice Mountain No 1

Thermal paste yang ini adalah salah satu solusi heatsink terbaik untuk komputermu. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mendapat produk berkualitas dengan kinerja yang bagus untuk digunakan pada CPU, GPU, dan bagian komputer sensitif panas lainnya yang memerlukan sebuah heatsink.

Beberapa kelebihan dari produk ini adalah sangat mudah digunakan, benar-benar efektif untuk heat sinking dan transferensi karena terbuat dari karbon polisintetik, non-korosif, non-toxic (tidak beracun), non-volatil, serta anti api. Selain itu, thermal paste yang ini akan sulit untuk dihilangkan.

6. Cooler Master High Performance Thermal Paste (HTK-002-U1)

Cooler Master High Performance Thermal Paste (HTK-002-U1)

Salah satu kelebihan dari Cooler Master High Performance Thermal Paste ini adalah jarum suntiknya yang didesain untuk memberi kemudahan saat mengeluarkan pastanya. Kamu juga bisa menakar dengan baik seberapa banyak pasta yang dibutuhkan. Kelebihan thermal paste HTK-002-UI antara lain, seperti cocok untuk berbagai pengaplikasian, heatsink yang efektif, serta harga terjangkau. Karena thermal paste ini berminyak, hati-hatilah saat menggunakaannya jika ingin tidak morat-marit.

7. Gelid Solutions GC-Extreme

Gelid Solutions GC-Extreme

Dengan konduktivitas termal sebesar 8,5W / mK, Gelid Solutions GC-Extreme bukanlah pilihan yang buruk jika kamu perlu mengganti heatsink yang lama atau memasang gear baru seperti pendingin CPU. Thermal paste ini sangat mudah digunakan karena datang dengan sebuah alat bantu (semacam spatula).

Salah satu kelebihan dari produk ini adalah konduktif non-listriknya yang mampu membuat sirkuit atau komponen lain komputermu tetap aman. Harga Gelid Solutions GC-Extreme terbilang mahal dibanding produk yang sejenis. Tertarik untuk membelinya? Bisa beli di Bukalapak lewat link ini.

8. Prolimatech PK-3 Nano

Prolimatech PK-3 Nano

Thermal paste ini datang dengan bentuk syringe yang nyaman dan mudah digunakan. Prolimatech PK-3 Nano ini bersifat non-korosif dan mampu bertahan lebih lama. Prolimatech Pk-3 Nano ini menawarkan impedansi termal yang sangat rendah, tetapi thermal paste ini juga mempertahankan konduktivitas termal sebesar 11.2W / m-Celcius.

Walaupun dijual dengan isi 5 gram (lebih banyak dari kebanyakan paket thermal compound), namun harga yang ditawarkannya cukup mahal dibanding produk yang sejenis.

9. Coollaboratoty Liquid Ultra

Coollaboratoty Liquid Ultra

Coollaboratoty Liquid Ultra adalah salah satu thermal paste logam terbaik yang didesain untuk memberikan hasil yang optimal serta mudah dalam pengaplikasian. Karena dibuat lebih basah dibanding thermal paste normal, kamu bisa menggunakan thermal paste ini secara tepat dan rapi.

Coollaboratoty Liquid Ultra terbuat dari 100% logam dan mampu menurunkan suhu secara drastis. Perlu kamu ketahui bahwa produk thermal paste tidak cocok diaplikasikan pada pendingin berbahan aluminium.

10. Thermal Grizzly Kryonaut

Thermal Grizzly Kryonaut

Produk ini datang dengan alat bantu (sejenis spatula mungil) agar lebih mudah saat pengaplikasian. Thermal paste ini dijual lebih mahal dibanding kebanyakan produk yang beredar, namun thermal paste ini memiliki peningkatan pada kinerja dan daya tahannya. Beberapa kelebihan produk ini adalah konduktif non-listrik serta konduktivitas termalnya mencapai 12,5W/mK.

Kelemahan dari Thermal Grizzly Kryonaut adalah mampu merusak heatsink non-tembaga. Beli produknya di toko online link iniBukalapak lewat .

Itulah beberapa thermal paste terbaik untuk komputermu. Harga produk-produk di atas bervariasi tergantung dengan keunggulannya masing-masing (umumnya di atas Rp100 ribu). Komposisi yang mereka gunakan juga berbeda-beda, jadi kamu bisa memilih mana yang paling cocok untuk kamu gunakan. Sebagai informasi tambahan, daftar thermal paste terbaik ini disusun oleh situs The Tech Lounge yang bisa kamu baca secara lebih lengkap di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar