carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Bagi yang menyukai dunia perkomputeran pasti sudah tahu kegunaan dari thermal paste. Untuk yang belum tahu, thermal paste itu punya fungsi menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink.

Tanpa bantuan thermal paste, transfer suhu dari prosesor ke HSF (Heatsink Fan) menjadi tidak sempurna. Sehingga hal itu bisa menyebabkan CPU cepat panas, dan ujung-ujungnya komputer mati sendiri jika sudah terlalu panas.

Saat ini sudah banyak varian thermal paste yang beredar di pasaran. Tentunya, hal itu bisa sedikit membingungkan untuk memilih mana yang terbaik untuk GPU, CPU, atau untuk perawatan komputer standar.

Bahkan, berbagai laptop dari yang murah ataupun yang harganya cukup mahal, jika sudah lama digunakan, sebaiknya dibongkar dan bagian prosesornya dirawat dan diperbarui dengan thermal paste.

Nah, untuk membantu menemukan thermal paste yang tepat, kali ini Carisinyal akan membahas tentang beberapa rekomendasi thermal paste terbaik untuk komputermu.

1. Grizzly

Thermal Grizzly Kryonaut

Grizly membutuhkan waktu setahun untuk mengembangkan dan mengklasifikasikan komposisi kimia, serta menganalisis produk pesaing hingga berhasil menyelesaikan produk pertamanya. Grizzly sendiri memiliki tujuan untuk melawan penurunan kinerja dan umur komponen elektronik melalui senyawa termal. Salah satu thermal terbaru yang dimiliki Grizzly adalah Thermal Grizzly Kryonaut extreme.

Thermal Grizzly Kryonaut extreme dirancang untuk pemakaian ekstrem dan cocok buat kamu yang gemar overclocking. Karena itu, thermal paste ini memiliki kinerja konduktivitas termal dan daya tahan luar biasa. Ia bisa bekerja pada temperatur -250 °C sampai 350 °C. Hal itu wajar lantaran unsur pembentuknya adalah nano aluminium oksida.

Kedua unsur itu membentuk senyawa yang mampu menyempurnakan perpindahan panas HSF. Thermal Grizzly Kryonaut extreme datang dengan alat bantu (sejenis spatula mungil) agar lebih mudah saat pengaplikasian. Thermal paste ini dijual lebih mahal dibanding kebanyakan produk yang beredar.

2. Cooler Master

Cooler Master MasterGel

Cooler Master telah menjadi standar pilihan dalam inovasi thermal saat ini, hal itu terjadi berdasarkan keinginan sederhananya untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Aspirasi untuk memberikan pendinginan yang lebih baik menjadi masalah preferensi pribadi yang terinspirasi dari kebebasan dan kesenangan dalam menciptakan sesuatu yang baru.

Produk terbaik milik Cooler Master adalah Cooler Master MasterGel Regular, yaitu pasta termal untuk komputer yang dirancang dengan penggunaan standar. Kelebihan Cooler Master MasterGel ada dua.

Pertama, lengkap karena ada kain pembersih yang mengandung alkohol dalam paket penjualan. Kain ini bisa Anda pakai untuk membersihkan GPU/CPU ketika akan mengganti pasta termal.

Kedua, desain jarum suntik flat-nozzle pada kemasannya memungkinkan orang untuk mengaplikasikan Cooler Master MasterGel Regular secara merata tanpa meluber ke mana-mana.

3. DEEPCOOL

DEEPCOOL z5

Deepcool didirikan dengan tujuan untuk membantu perangkat keras PC memiliki kinerja yang tinggi dan sebagai solusi thermal untuk para penggemar di seluruh dunia. Deepcool ini memiliki kantor pusat di Beijing yang telah menghasilkan produk pemenang dalam penghargaan yang dibangun di atas dedikasi perbaikan diri dan inovasi. Deepcool telah berkomitmen untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Salah satu produk terbaiknya adalah Deepcool Z5 yang cocok buat sistem pendinginan CPU dengan performa tinggi. Pasalnya, Deepcool Z5 memiliki konduktivitas 1.46 W/m.K (Watt per meter Kelvin) yang mengizinkan laju pembuangan panas secara cepat. Selain itu, thermal paste ini punya rentang temperatur operasional yang sangat lebar, -50°C sampai 300°C.

Deepcool Z5 dibekali sendok kecil dalam paket penjualannya. Namun, Anda juga bisa menggunakannya tanpa sendok kecil. Cukup dituang sedikit ke tengah-tengah CPU, lalu biarkan lapisan logam HSF yang meratakannya.

4. Kingpin

Kingpin KPx

Kingpin Cooling merupakan komponen pendingin PC ekstrem karena mampu bekerja dengan kinerja yang sangat baik, serta paling banyak digunakan untuk overclockers dan profesional industri di seluruh dunia. Kingpin Cooling ini menggunakan nitrogen cair dan Dry ice yang bisa digunakan untuk semua komponen perangkat keras termasuk CPU, GPU, chipset, dan memori.

Salah satu produk terbaiknya adalah Kingpin KPx yang merupakan pasta termal berperforma tinggi. Kingpin tidak menyebut bahan apa yang dipakai pada thermal paste ini. Namun, sejumlah pihak menyebut bahwa Kingpin KPx punya konduktivitas tinggi, yakni 13,8 W/m.K. Maka dari itu, ia cocok untuk melengkapi dipasangkan dengan beragam sistem pendinginan pada CPU/GPU.

Mulai dari pendingin udara (kipas), air, dry ice, hingga nitrogen. Dalam paket penjualannya, Kingpin KPx disertai spatula dan kain lap yang mengandung alkohol pembersih.

5. Noctua

Noctua NT H1

Thermal paste dari Noctua ini dikenal berkualitas. Mereka menggunakan sebuah kombinasi yang unik dari bermacam mikropartikel yang berbeda dalam filler-nya. Hal itu dilakukan agar bisa memberikan beberapa kemungkinan heat sinking terbaik. Salah satu produk yang dimiliki Noctua adalah Noctua NT-H1.

Kelebihan dari Noctua NT-H1 adalah berkinerja bagus dan awet (efektif mendinginkan komputer hingga kira-kira tiga tahunan). Selain itu, thermal paste ini juga dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa disimpan dalam jangka waktu hingga dua tahun untuk penggunaan selanjutnya. Kekurangannya yaitu akan sulit untuk dihilangkan.

6. Arctic

Arctic MX 4

Arctic merupakan salah satu produsen pendingin komponen PC dengan kebisingan rendah bahkan hingga senyap yang cukup terkemuka. Perusahaan ini memiliki tiga cabang sebagai pusatnya, yaitu Jerman, Hong Kong, dan Amerika Serikat.

Produknya telah banyak digemari oleh lebih dari 45 negara karena produknya yang inovatif, berkualitas tinggi, dan tetap dengan harga yang cukup terjangkau.

Salah satu produk terbaiknya adalah Arctic MX-4, salah satu thermal paste terbaik untuk CPU dan GPU komputer karena berkualitas tinggi. Kalangan overclocker, enthusiast, dan pengguna umum bisa memakainya. Kamu pun tidak perlu sering mengganti karena Arctic MX-4 punya usia pakai hingga delapan tahun.

Komposisi ARCTIC MX-4 terdari dari mikropartikel karbon yang sebenarnya melebihi pasta dengan filler logam atau silikon. Beberapa kelebihan thermal paste ini adalah tidak merusak sirkuit atau bagian halus lainnya jika terjadi kontak, daya tahan yang bagus, non-korosif, non-konduktif, serta non-kapasitif. Kekurangannya hanyalah akan sulit untuk dihilangkan.

7. ID_Cooling

thermal terbaik

Dengan bekerja sama bersama beberapa veteran dari industri PC, ID_Cooling secara resmi diumumkan kepada dunia pada 2013. ID_Cooling ini mengkhususkan diri ke dalam pendingin udara CPU, pendingin air CPU, pendingin VGA, kipas casing komputer, dan sebagainya.

ID_Cooling bergerak di bidang solusi thermal dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru dalam pembuatan heatsink terbaru. Berkat tekadnya selama bertahun-tahun, ID_Cooling mendapatkan banyak ide dengan mengembangkan pendingin baru, termasuk heatpipe, ruang uap, dan teknologi pelat dingin.

Salah satu produk terbaiknya adalah ID_Cooling Frost X25 yang terbuat dari bahan nano untuk melengkapi gap yang ada di antara prosesor dan heatsink. Frost X25 ini memiliki konduktivitas yang tinggi, yakni 10,5 W/m-K. Selain itu, thermal paste ini punya rentang temperatur operasional yang cukup lebar, yaitu -40°C sampai 180°C.

8. Thermalright

Thermalright Extreme Odyssey

Thermalright pertama kali hadir pada 2001 dengan selalu berusaha untuk membuat solusi pendingin terbaik untuk pasar komputer. Thermalright telah menerapkan perubahan di dalam industrinya, misalnya dengan menggunakan bahan bernilai konduktivitas thermal terbaik, heat pipes, base plate, dan bahan sirip yang lebih canggih.

Produk dengan standar yang tinggi merupakan sebuah desain dengan kualitas bahan premium dan telah melewati berbagai pengujian sebelum dirilis. Thermalright selalu menjaga hal tersebut agar mampu menghasilkan kualitas dan performa yang terbaik.

Salah satu produk terbaik milik Thermalright adalah Extreme Odyssey. Produk ini telah mengadopsi teknologi baru untuk memudahkan dalam penggunaannya. Bantalan Odyssey ini memiliki tegangan pengenal hingga 9,8 KV dan konduktivitas thermal sangat tinggi yaitu 12,8W/m-K.

9. Galax

thermal terbaik

Galax atau sebelumnya dikenal dengan Galaxytech pertama kali didirikan di Hong Kong pada 1994. Galax telah berkomitmen penuh untuk membawa perangkat keras komputer paling inovatif ke pasar dunia.

Seiring perkembangannya, Galax memiliki seri yang paling populer yaitu "Hall of Fame" yang didedikasikan untuk para penggemar overclocking dan gamer hardcore.

Bahkan pada 2011, HOF atau Hall of Fame ini berhasil memecahkan rekor dunia dan mendapatkan penghargaan bergengsi karena telah menjadi salah satu seri kartu grafis paling direkomendasikan dan terpercaya oleh para gamer dan penggemar PC.

Salah satu produk terbaiknya adalah Galax Thermal Grease (TG-001). Thermal tersebut diklaim mampu mencapai ketebalan garis ikatan yang sangat tipis untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Selain itu, resistansi thermal yang dimilikinya juga sangat rendah dan memiliki konduktivitas thermal yang tinggi.

10. Paradox

thermal terbaik

Paradox dikenal sebagai brand yang hadirkan aksesoris komputer. Produknya banyak ditemui di pasaran. Contohnya casing komputer, keyboard, mouse pad, cooler, power supply, dan thermal paste.

Untuk kategori thermal paste, Paradox punya produk bernama Thermal Paste Paradox RX-01. Thermal milik Paradox ini memiliki konduktivitas thermal yang cukup baik dan mudah untuk dirakit. Selain itu, thermal ini juga memiliki stabilitas yang cukup tinggi serta tidak akan mudah mengeras.

Itulah beberapa thermal paste terbaik untuk komputermu. Harga produk-produk di atas sangat bervariasi, tergantung pada beberapa kelebihannya. Kelebihan itu seperti bahan apa yang dipakai, nilai konduktivitasnya, serta kemudahan cara pengaplikasian.

Netto alias berat bersih thermal paste yang ada di dalam kemasan juga turut menentukan harga. Secara keseluruhan, thermal paste yang ada pada daftar di atas berada di kisaran harga Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram