carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC 2022

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 23 September 2021

Bagi yang menyukai dunia perkomputeran pasti sudah tahu kegunaan dari thermal paste, yaitu untuk menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink. Tanpa bantuan thermal paste, transfer suhu dari prosesor ke HSF (Heatsink Fan) menjadi tidak sempurna. Sehingga hal itu bisa menyebabkan CPU cepat panas, dan ujung-ujungnya komputer mati sendiri jika sudah terlalu panas.

Saat ini sudah banyak varian thermal paste yang beredar di pasaran. Tentunya, hal itu bisa sedikit membingungkan untuk memilih mana yang terbaik untuk GPU, CPU, atau untuk perawatan komputer standar. Nah, untuk membantu menemukan thermal paste yang tepat, kali ini Carisinyal akan membahas tentang beberapa rekomendasi thermal paste terbaik untuk komputermu.

1. Arctic MX-4

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Arctic MX-4 adalah salah satu thermal paste terbaik untuk CPU dan GPU komputer karena berkualitas tinggi. Kalangan overclocker, enthusiast, dan pengguna umum bisa memakainya. Kamu pun tidak perlu sering mengganti karena Arctic MX-4 punya usia pakai hingga 8 tahun.

Komposisi ARCTIC MX-4 terdari dari mikropartikel karbon yang sebenarnya melebihi pasta dengan filler logam atau silikon. Beberapa kelebihan thermal paste ini adalah tidak merusak sirkuit atau bagian halus lainnya jika terjadi kontak, daya tahan yang bagus, non-korosif, non-konduktif, serta non-kapasitif. Kekurangannya hanyalah akan sulit untuk dihilangkan.

2. Thermal Grizzly Kryonaut

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Thermal Grizzly Kryonaut dirancang untuk pemakaian ekstrem dan cocok buat kamu yang gemar overclocking. Karena itu, thermal paste ini memiliki kinerja konduktivitas termal dan daya tahan luar biasa. Ia bisa bekerja pada temperatur -250 °C sampai 350 °C. Hal itu wajar lantaran unsur pembentuknya adalah nano-aluminium dan seng-oksida.

Kedua unsur itu membentuk senyawa yang mampu menyempurnakan perpindahan panas HSF. Thermal Grizzly Kryonaut datang dengan alat bantu (sejenis spatula mungil) agar lebih mudah saat pengaplikasian. Thermal paste ini dijual lebih mahal dibanding kebanyakan produk yang beredar.

3. DEEPCOOL Z5

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 5

Deepcool mengklaim bahwa produknya yang satu ini cocok buat sistem pendinginan CPU dengan performa tinggi. Pasalnya, Deepcool Z5 memiliki konduktivitas 1.46 W/m.K (Watt per meter Kelvin) yang mengizinkan laju pembuangan panas secara cepat. selain itu, thermal paste ini punya rentang temperatur operasional yang sangat lebar, -50°C sampai 300°C.

Deepcool Z5 dibekali sendok kecil dalam paket penjualannya. Namun, Anda juga bisa menggunakannya tanpa sendok kecil. Cukup dituang sedikit ke tengah-tengah CPU, lalu biarkan lapisan logam HSF yang meratakannya.

4. Cooler Master MasterGel Regular

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 7

Cooler Master MasterGel Regular adalah pasta termal untuk komputer yang dirancang dengan penggunaan standar. Kelebihan Cooler Master MasterGel ada dua. Pertama, lengkap karena ada kain pembersih yang mengandung alkohol dalam paket penjualan.

Kain ini bisa Anda pakai untuk membersihkan GPU/CPU ketika akan mengganti pasta termal. Kedua, desain jarum suntik flat-nozzle pada kemasannya memungkinkan orang untuk mengaplikasikan Cooler Master MasterGel Regular secara merata tanpa meluber ke mana-mana.

5. Noctua NT-H1

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 9

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Thermal paste dari Noctua ini dikenal berkualitas. Mereka menggunakan sebuah kombinasi yang unik dari mikropartikel-mikropartikel yang berbeda dalam filler-nya. Hal itu dilakukan agar bisa memberikan beberapa kemungkinan heat sinking terbaik.

Kelebihan dari Noctua NT-H1 adalah berkinerja bagus dan awet (efektif mendinginkan komputer hingga kira-kira tiga tahunan). Selain itu, thermal paste ini juga dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa disimpan dalam jangka waktu hingga dua tahun untuk penggunaan selanjutnya. Kekurangannya yaitu akan sulit untuk dihilangkan.

6. DEEPCOOL Z3

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 11

Deepcool punya thermal paste lain yang harganya lebih terjangkau ketimbang Deepcool Z5. Thermal pasta itu adalah Deepcool Z3 yang punya nilai konduktivitas sedikit lebih rendah, 1.134 W/m.K. Meski lebih rendah, pasta termal ini tetap punya suhu operasional di rentang -50°C hingga 300°C.

Selain itu, Deepcool Z5 juga diklaim tidak akan menyalurkan listrik alias dialektrik. Sehingga pasta termal ini aman digunakan karena tidak akan menyebabkan korslet.

7. Kingpin KPx

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 13

Kingpin KPx merupakan pasta termal berperforma tinggi. Kingpin tidak menyebut bahan apa yang dipakai pada thermal paste ini. Namun, sejumlah pihak menyebut bahwa Kingpin KPx punya konduktivitas tinggi, yakni 13,8 W/m.K. Maka dari itu, ia cocok untuk melengkapi dipasangkan dengan beragam sistem pendinginan pada CPU/GPU.


Mulai dari pendingin udara (kipas), air, dry ice, hingga nitrogen. Dalam paket penjualannya, Kingpin KPx disertai spatula dan kain lap yang mengandung alkohol pembersih.

8. Cooler Master MasterGel Pro

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 15

Cooler Mater punya pasta termal yang 'serius'. Serius dalam hal ini bisa membantu penyaluran panas lebih baik pada komputer berkinerja tinggi. Pasta termal yang dimaksud adalah Cooler Master MasterGel Maker, dengan konduktivtas 8 W/m.K. Makin tinggi angka konduktivitasnya, maka makin baik suatu thermal paste menyalurkan panas ke heat sink.

Aplikasi pasta termal ini juga tidak ribet karena Anda tak usah meratakannya dengan spatula. Cukup bersihkan CPU/GPU dengan lap beralkohol yang disediakan, lalu tuangkan Cooler Master MasterGel Maker secara perlahan. Hal ini bisa terjadi karena mulut kemasan pasta termal ini dirancang pipih memanjang .

9. Cooler Master MasterGel Maker

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 17

Jika Cooler Master MasterGel Pro masih kurang efektif, Anda bisa mencoba Cooler Master MasterGel Maker. Secara teori, thermal paste ini lebih keren karena punya nilai konduktivitas 11 W/m.K. Cooler Master tidak menjelaskan secara rinci bahan apa yang dipakai.

Namun, mereka bilang bahwa bahan yang dipakai masuk dalam kategori skala nano dan anti-erosi. Sehingga, pasta termal ini diklaim aman digunakan untuk jangka waktu lama karena tidak menyebabkan korosi.

10. Noctua NT-H2

10 Rekomendasi Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC [year] 19
sumber: noctua.at

Noctua NT-H2 adalah salah satu pasta termal terbaik karena telah memenangi banyak penghargaan. Alasan kenapa thermal paste ini bisa jadi salah satu yang terbaik adalah karena ia tidak memerlukan prakondisi selama break in-period untuk mencapai performa tertinggi.

Sejak pertama kali diaplikasikan, Noctua NT-H2 langsung bisa membantu penyaluran panas secara prima. Adapun pasta termal anti korosif ini bekerja pada rentang temperatur -50 -- 200°C. Ia awet disimpan selama 3 tahun, dan bisa dipakai (di CPU) hingga 5 tahun.

Itulah beberapa thermal paste terbaik untuk komputermu. Harga produk-produk di atas sangat bervariasi, tergantung pada beberapa kelebihannya. Kelebihan itu seperti bahan apa yang dipakai, nilai konduktivitasnya, serta kemudahan cara pengaplikasian.

Netto alias berat bersih thermal paste yang ada di dalam kemasan juga turut menentukan harga. Secara keseluruhan, thermal paste yang ada pada daftar di atas berada di kisaran harga 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram