Carisinyal / Aksesoris PC / 10 Merk Thermal Paste untuk Mendinginkan PC Terbaik 2020

10 Merk Thermal Paste untuk Mendinginkan PC Terbaik 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi yang menyukai dunia perkomputeran pasti sudah tahu kegunaan dari thermal paste, yaitu untuk menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink. Tanpa bantuan thermal paste, transfer suhu dari prosesor ke HSF menjadi tidak sempurna sehingga bisa menyebabkan CPU cepat panas dan ujung-ujungnya komputer mati sendiri jika sudah terlalu panas.

Saat ini sudah banyak varian thermal paste yang beredar di pasaran dan bisa sedikit membingungkan untuk memilih mana yang terbaik untuk GPU, CPU, atau untuk perawatan komputer standar. Nah, untuk membantumu menemukan thermal paste yang tepat, kali ini Carisinyal akan membahas tentang beberapa rekomendasi thermal paste terbaik untuk komputermu.

1. Arctic Silver 5 AS5-3.5G Thermal Compound

Arctic Silver 5 AS5-3.5G Thermal Compound

Cek Harga di Shopee

Bisa dibilang Arctic Silver 5 adalah thermal paste terbaik saat ini untuk pengaplikasian pada GPU dan CPU komputer. Senyawa termal ini adalah 99,9% micronized silver yang tidak konduktif seperti kebanyakan senyawa perak. Penggunaan thermal paste ini dijamin tidak akan morat-marit, sehingga membuat serkuit komputer jadi lebih aman.

Arctic Silver 5 ini mudah diaplikasikan dan juga mudah dihilangkan. Walaupun banyak orang merasa khawatir akan keamanan sirkuit-sirkuit mereka karena menggunakan filler perak, namun para teknisi yang sudah paham pasti akan merekomendasikan produk ini sebagai thermal paste untuk komputermu.

2. Noctua NT-H1

Noctua NT-H1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Thermal paste dari Noctua ini dikenal berkualitas. Mereka menggunakan sebuah kombinasi yang unik dari mikropartikel-mikropartikel yang berbeda dalam filler-nya. Hal itu dilakukan agar bisa memberikan beberapa kemungkinan heat sinking terbaik. Kelebihan-kelebihan dari Noctua NT-H1 adalah berkinerja bagus dan awet (efektif mendinginkan komputer hingga kira-kira tiga tahunan).

Selain itu, thermal paste ini juga dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa disimpan dalam jangka waktu hingga dua tahun untuk penggunaan selanjutnya. Kekurangannya yaitu akan sulit untuk dihilangkan.

3. Arctic MX-4

Arctic MX-4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Arctic MX-4 adalah salah satu thermal paste terbaik untuk GPU komputer karena berkualitas tinggi dan kamu tidak perlu sering menggantinya. Komposisi ARCTIC MX-4 terdari dari mikropartikel karbon yang sebenarnya melebihi pasta dengan filler logam atau silikon.

Beberapa kelebihan thermal paste ini adalah tidak merusak sirkuit atau bagian halus lainnya jika terjadi kontak, daya tahan yang bagus, non-korosif, non-konduktif, serta non-kapasitif. Kekurangannya hanyalah akan sulit untuk dihilangkan.

4. Thermal Grizzly Conductonaut

Thermal Grizzly Conductonaut

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah salah satu produk thermal paste terbaik dari Thermal Grizzy yang telah dikembangkan agar memiliki tingkat efisiensi yang tinggi untuk mengatasi panas, terlihat dari daya konduksinya yang sebesar 73 W/mk. Thermal Grizzy Conductonaut adalah thermal paste yang direkomendasikan untuk para ahli yang ingin memiliki solusi pentransferan suhu panas yang baik pada jarak suhu di atas 8 derajat celsius.

Ia pun mudah diaplikasikan pada permukaan karena hadir dalam bentuk suntikan sintetis. Niscaya, komponen pada PC Anda akan lebih awet dalam jangka waktu yang panjang.

5. Cooler Master MasterGel Maker Thermal Paste

Cooler Master MasterGel Maker Thermal Paste

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda menginginkan produk thermal paste yang aman dari bahaya korsleting, MasterGel Maker dari brand Cooler Master ini bisa jadi pilihan yang tepat. Ia sudah hadir dengan kemampuan konduktifitas non-electrical dan non-curing sehingga CPU, GPU, dan chipset Anda lebih terjaga.

Selain itu, berkat teknologi nano diamond partikel yang diusungnya, berat materialnya sangat ringan serta mudah untuk diaplikasikan tanpa membuat komponen komputer tererosi. Ini adalah salah satu produk thermal paste yang mampu menjaga kondisi komponen dalam jangka waktu yang lama.

6. Thermal Grizzly Hydronaut

Thermal Grizzly Hydronaut

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meski agak mahal, konduktifitas termal serta tingkat kelekatannya sangat OK untuk mengaplikasikan produk ini pada komponen PC. Thermal Grizzly Hydronaut memiliki daya konduktifitas sebesar 11,8 W/mk serta tingkat viscosity sebesar 140-190 Pas.

Hadir dengan spatula kecil, Anda bisa dengan mudah mengaplikasikannya dan mengoleskannya dengan mudah. Hydronaut memang memilik keunggulan dari segi kemudahan dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan seri Kryonaut. Meski begitu, kinerja antara keduanya tidak begitu jauh. Oh iya, seri Hydronaut juga cukup solid untuk Anda yang melakukan overclock pada komponen.

7. Gelid Solutions GC-Extreme

Gelid Solutions GC-Extreme

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan konduktivitas termal sebesar 8,5W / mK, Gelid Solutions GC-Extreme bukanlah pilihan yang buruk jika kamu perlu mengganti heatsink yang lama atau memasang gear baru seperti pendingin CPU. Thermal paste ini sangat mudah digunakan karena datang dengan sebuah alat bantu (semacam spatula).

Salah satu kelebihan dari produk ini adalah konduktif non-listriknya yang mampu membuat sirkuit atau komponen lain komputermu tetap aman. Harga Gelid Solutions GC-Extreme terbilang mahal dibanding produk yang sejenis. Tertarik untuk membelinya?

8. Arctic Silver Ceramique

Arctic Silver Ceramique

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Thermal paste kali ini berbasiskan bahan keramik dengan kepadatan yang tinggi, cocok untuk CPU modern, water-cooling system, dan yang lainnya.

Arctic Silver Ceramique juga terdiri dari lapisan bahan yang memiliki daya konduktifitas cukup tinggi, yakni partikel sub-mikron aluminium oksida, boron nitrida dan seng oksida. Hal ini membuatnya berkinerja lebih baik ketimbang thermal compound lain. Ia pun mudah dibersihkan menggunakan alkohol isopropil atau bahan pembersih tertentu lainnya.

9. Coollaboratoty Liquid Ultra

Coollaboratoty Liquid Ultra

Coollaboratoty Liquid Ultra adalah salah satu thermal paste logam terbaik yang didesain untuk memberikan hasil yang optimal serta mudah dalam pengaplikasian. Karena dibuat lebih basah dibanding thermal paste normal, kamu bisa menggunakan thermal paste ini secara tepat dan rapi.


Coollaboratoty Liquid Ultra terbuat dari 100% logam dan mampu menurunkan suhu secara drastis. Perlu kamu ketahui bahwa produk thermal paste tidak cocok diaplikasikan pada pendingin berbahan aluminium.

10. Thermal Grizzly Kryonaut

Thermal Grizzly Kryonaut

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk ini datang dengan alat bantu (sejenis spatula mungil) agar lebih mudah saat pengaplikasian. Thermal paste ini dijual lebih mahal dibanding kebanyakan produk yang beredar, namun thermal paste ini memiliki peningkatan pada kinerja dan daya tahannya.

Beberapa kelebihan produk ini adalah konduktif non-listrik serta konduktivitas termalnya mencapai 12,5W/mK. Kelemahan dari Thermal Grizzly Kryonaut adalah mampu merusak heatsink non-tembaga.

Itulah beberapa thermal paste terbaik untuk komputermu. Harga produk-produk di atas bervariasi tergantung dengan keunggulannya masing-masing (umumnya di atas Rp100 ribu). Komposisi yang mereka gunakan juga berbeda-beda, jadi kamu bisa memilih mana yang paling cocok untuk kamu gunakan. Sebagai informasi tambahan, daftar thermal paste terbaik ini disusun oleh situs The Tech Lounge yang bisa kamu baca secara lebih lengkap di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *