Carisinyal / Aplikasi Tools / 15 Aplikasi Keyboard Terbaik di Smartphone Android

15 Aplikasi Keyboard Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap smartphone layar sentuh sudah dibekali keyboard yang cukup nyaman. Akan tetapi, selalu ada permasalahan yang membuat Anda butuh sebuah aplikasi keyboard tambahan.

Misalnya, Anda terbiasa mengetik dengan keyboard QWERTY, tetapi smartphone Anda menggunakan keyboard 3×4 atau non-QWERTY. Nah, bagi Anda yang kurang puas dengan keyboard bawaan dari smartphone, maka Anda wajib mencoba aplikasi keyboard pihak ketiga.

1. Gboard – the Google Keyboard

aplikasi keyboard terbaik Gboard - the Google Keyboard

Siapa yang bisa menolak keyboard yang dikembangkan oleh Google ini? Perangkat dari Nexus tentu saja sudah menggunakan Gboard – the Google Keyboard. Namun, bila Anda menggunakan perangkat lain, Anda tetap bisa mengunduh aplikasi keyboard yang cukup ‘ringan’ ini. Mengapa kami menyebut aplikasi ini ‘ringan’? Karena Gboard – the Google Keyboard menawarkan tampilan yang simple, tidak rumit, dan luas.

Gboard – the Google Keyboard juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti gesture typingsentence gesture typing, dan emoji (pada perangkat Android KitKat ke atas). Hampir semua yang Anda butuhkan dalam sebuah keyboard ada pada aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 500 juta kali ini. Gboard – the Google Keyboard bisa segera didownload secara cuma-cuma melalui Google Play Store.

2. Microsoft SwiftKey Keyboard

Microsoft SwiftKey Keyboard

Salah satu aplikasi keyboard Android terbaik ini memiliki beberapa fitur yang berbeda dari aplikasi sejenis lainnya. SwiftKey memiliki statistik tentang seberapa efisien Anda saat mengetik. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan beberapa tema yang bisa dipilih oleh penggunanya.

Simple dan praktis nampaknya menjadi ciri khas dari aplikasi yang sudah dipasang sebanyak 3 juta kali di perangkat Android ini. Terdapat pula pilihan keyboard tablet dan opsi memindahkan keyboard ke satu sisi untuk digunakan pada perangkat yang lebih besar.

Secara sederhana, SwiftKey merupakan keyboard terbaik untuk perangkat Android Anda. Kabar gembira bagi Anda yang ingin segera memasang SwiftKey karena SwiftKey Keyboard bisa diunduh secara gratis pada perangkat Android Anda.

3. GO Keyboard

GO Keyboard

Aplikasi ini memiliki stigma yang sama dengan aplikasi besutan GO lainnya. Pasalnya, ada sejumlah orang yang menyukai aplikasi keyboard ini, tetapi ada pula orang-orang yang membencinya. GO Keyboard menawarkan dok keyboard yang sedikit rumit, tetapi cukup membuat Anda leluasa dalam mengetik. Jika Anda ingin keyboard yang terlihat ‘sibuk’, GO Keyboard merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk Anda.

Aplikasi ini menawarkan beberapa tema yang bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, GO Keyboard juga sudah dilengkapi dengan emoji. GO Keyboard sudah dipasang sebanyak 100 juta kali oleh Android user dan Anda juga bisa turut mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

4. Kika Keyboard

Kika Keyboard

Keyboard yang satu ini hadir dengan inovasi yang cukup kreatif. Dengan Kika Keyboard, penggunanya bisa mengubah bentuk, warna, hingga tipe tulisan sesuai selera. Selain itu, Kika Keyboard bisa mengubah background keyboard menggunakan foto apapun yang ada di galeri HP Anda. Yang tentunya tidak kalah menarik adalah kumpulan emoticon yang lengkap dan lucu!

5. ❤️Emoji keyboard

Emoji keyboard

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih menonjolkan fitur emoji yang ada di keyboardnya. Tercatat, ada lebih dari 5000 emoji yang bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan apapun, baik yang ada di WA, email, bahkan SMS biasa.

Tapi, selain lengkap dengan emojinya, aplikasi ini juga punya keragaman tema yang menarik. Dengan tema yang bermacam-macam, Anda tidak akan bosan melihat tampilan keyboard yang itu-itu saja. Tertarik? Unduh di sini.

6. Fleksy

Fleksy

Butuh mengetik dengan cepat di smartphone Anda? Cobalah untuk menginstall Fleksy, karena pengembangnya mengklaim bahwa ini adalah aplikasi keyboard tercepat di dunia. Mungkin Fleksy adalah satu-satunya aplikasi yang memungkinkan Anda mengirim gambar dalam format GIF. Selain itu, sama seperti beberapa aplikasi sejenis lainnya, Anda juga bisa mengubah tema keyboard Anda saat menggunakan Fleksy.

Semua aktivitas mengetik Anda jadi lebih mudah saat menggunakan Fleksy. Tak cukup sampai di situ saja, aplikasi cerdas ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan perbendaharaan kata-kata ke dalam kamus. Satu lagi keunggulan yang ditawarkan oleh Fleksy adalah bahwa aplikasi ini bisa diunduh secara gratis.

7. Chrooma Keyboard

Chrooma Keyboard

Dengan lebih dari 1 juta unduhan, Chrooma Keyboard adalah aplikasi papan ketik pihak ketiga lainnya yang layak Anda coba. Aplikasi yang diklaim ringan ini menawarkan papan ketik emoji yang mengadaptasi tema warnanya ke aplikasi yangdigunakan.

Beberapa fitur lain yang ditawarkan oleh Chrooma Keyboard antara lain seperti tab GIF khusus untuk mencari dan mengirim semua GIF yang diinginkan, pengetikan multibahasa, pengetikan gestur, hingga mode malam.

Aplikasi keyboard yang satu ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan mode satu tangan untuk mengetik lebih cepat hanya dengan satu ibu jari. Unduh Chrooma Keyboard di sini.

8. Grammarly Keyboard

Grammarly Keyboard

Grammarly adalah salah satu aplikasi tata bahasa yang paling populer di dunia. Untuk menghadirkan pengalaman mengetik yang nyaman, Grammarly juga menyediakan aplikasi papan ketik pihak ketiga yang bernama Grammarly Keyboard.


Keyboard Grammarly membantu penggunanya menulis tanpa kesalahan ketik dalam aplikasi apa pun yang digunakan. Hal itu karena aplikasi ini menyediakan ratusan pemeriksaan dan fitur, bersama dengan integrasi tanpa batas.

Jika Anda seorang admin sebuah perusahaan yang sering bertugas mengirim email ke klien, Anda dapat mencoba menggunakan Grammarly Keyboard untuk membantu Anda menulis tanpa salah ketik. Unduh aplikasi ini di sini.

9. Multiling O Keyboard + emoji

Multiling O Keyboard + emoji

Multiling O Keyboard + emoji adalah aplikasi yang cukup menyita perhatian sebagian besar pencari aplikasi keyboard untuk Android. Ya, meskipun aplikasi ini belum bisa menyaingi popularitas SwiftKey dan Swype, tetapi Multiling O Keyboard + emoji menawarkan beberapa fitur seperti support 130 bahasa, floating keyboard, tema, built-in kalkulator, beberapa pilihan layout, dan gesture typing.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Honso ini memperoleh respon yang cukup positif dari pengguna Android. Hal tersebut bisa dilihat dari review mereka di Google Play Store. Multiling O Keyboard + emoji bisa didownload secara gratis di Google Play Store.

10. GIF Keyboard by Tenor

GIF Keyboard by Tenor

Jika Anda hobi mengirim GIF kepada teman-teman, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi papan ketik GIF Keyboard by Tenor ini. Dengan Keyboard GIF Tenor, Anda dapat menemukan GIF atau video yang tepat untuk meringkas secara visual apa yang ingin Anda katakan, langsung dari keyboard Anda.

Aplikasi papan ketik ini menyediakan jutaan GIF dan video Tenor untuk menemukan yang sesuai dengan momen Anda. Anda juga dapat mencari berdasarkan emoji. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi berdasarkan kategori seperti reaksi, trending topik, dan banyak lagi. Unduh aplikasi GIF Keyboard by Tenor di sini.

11. Rockey Keyboard

Rockey Keyboard

Kalau Anda mencari aplikasi keyboard untuk HP yang unik dan menarik, coba pakai aplikasi Rockey Keyboard. Aplikasi ini dibekali dengan segudang fitur dan juga tools. Di aplikasinya, tercatat ada sekitar lebih dari 1000 wallpaper dengan lebih dari 500 emoticon yang bisa Anda gunakan secara gratis. Nah, di antara 1000 wallpaper tersebut, Anda juga akan menemukan wallpaper dengan gambar 3D yang keren lho.

Tidak cukup sampai di situ, Rockey Keyboard punya fitur yang bisa membuat tampilan background keyboard Anda menjadi transparan. Cukup keren, kanOh iya, selain lengkap dengan fiturnya, Rockey Keyboard juga ini tergolong aplikasi yang ringan, hanya memakan 27MB saja.

12. My Photo Keyboard

My Photo Keyboard

Tema keyboard HP dengan menampilkan foto Anda? Tentu bisa dilakukan dengan salah satu aplikais keyboard Android terbaik satu ini. My Photo Keyboard, selain sebagai aplikasi keyboard terlengkap yang kaya akan fitur-fiturnya, aplikasi ini juga menyodorkan keunggulannya dengan mampu menyematkan foto Anda sebagai tema keyboard.

Para penggunanya juga dapat puas menggonta-ganti lebih dari 500 emoticon juga stiker. Terdapat pula lebih dari 50 font style yang bisa Anda gunakan kapanpun dan dimanapun. Tak hanya itu saja, bahkan lebih dari 50 bahasa dari seluruh dunia pun tersedia lho di My Photo Keyboard. Mau? Download aplikasinya di sini.

13. Smart Keyboard Pro

Smart Keyboard Pro

Satu lagi aplikasi Keyboard terbaik pilihan kami, yakni Smart Keyboard Pro. Di dalam aplikasinya, Smart Keyboard Pro ini menawarkan keragaman fitur yang bagus, contohnya Anda bisa menikmati fitur voice input.

Bukan hanya itu saja, di Smart Keyboard Pro juga terdapat fitur lainnya, seperti T9 & Compact Language, Custom Text, Emoji, Self-Learning Smart Dictionary, Auto Correct, dan masih banyak fitur lainnya. Jika tertarik, Anda bisa beli aplikasi ini seharga Rp 28.000 di sini.

14. XR NEW PHONE Keyboard

XR NEW PHONE Keyboard

Mau punya keyboard ala iPhone XR? Kalau begitu, Anda bisa coba aplikasi XR NEW PHONE Keyboard ini. Di sini, aplikasinya menawarkan tampilan yang persis sama dengan keyboard yang ada di iPhone XR. Selain tampilannya yang cukup simpel, aplikasi ini juga termasuk menawarkan fitur yang kaya lho.

Adapun fitur-fitur yang dimaksud berupa gesture typing, next word suggestion, auto correction, sticker suggestion, hingga voice input. Selain fiturnya yang cukup lengkap, aplikasi ini juga tergolong super ringan dan tidak banyak makan tempat. Di storage, aplikasi ini hanya membutuhkan ruang 4MB saja lho! Tertarik? Download di sini.

15. Classic Big Keyboard

Classic Big Keyboard

Bagi Anda yang tidak terlalu tertarik dengan tema-tema di keyboard, maka Anda bisa gunakan Classic Big Keyboard. Sesuai dengan namanya, keyboard yang satu ini akan ditampilkan secara klasik hanya ada warna hitam, putih dan abu-abu saja.

Meskipun terkesan jadul, tapi Classic Big Keyboard juga tergolong punya emoji yang lengkap lho. Semua emoji yang ada di aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis!

Nah, itu tadi beberapa aplikasi keyboard Android terbaik rekomendasi dari Carisinyal. Semoga bisa membantu Anda untuk menemukan aplikasi keyboard yang tepat sehingga Anda bisa mengetik dengan nyaman di perangkat Android Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Alfania Ester Hariyanto berkata:

    Aplikasi keyboard apa yang bisa layar nya sama sepeti warna dan tema keyboard nya?

  2. Alfania Ester Hariyanto berkata:

    Aplikasi keyboard apa yang bisa layar nya sama seperti warna dan tema pada keyboard nya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *