14 HP Realme yang Support NFC Terbaru (September 2022)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Teknologi memang selalu mengalami perkembangan. Dulu, smartphone yang sudah punya mobile banking sungguh terasa canggih. Sekarang, bahkan banyak ponsel sudah bisa dipakai untuk mengisikan saldo kartu eMoney hanya dengan cara menempelkannya ke bodi HP. Tapi, ini hanya berlaku untuk ponsel yang punya fitur NFC.

Singkatnya, NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication adalah fitur untuk melakukan pembayaran secara digital dan wireless. Pernahkan Anda memakai kartu untuk membuka kunci kantor atau apartemen? Nah, kartu ini pakai teknologi NFC. Kalau ponsel Anda punya fitur NFC, ponsel bisa menggantikan fungsi kartu untuk membuka pintu. Sungguh praktis, bukan?

NFC juga berguna untuk bertukar data antar dua smartphone. Namun, kecepatan transfernya masih kalah dengan Bluetooth. Keunggulan NFC adalah Anda tidak perlu melakukan pairing, dan dua perangkat bisa langsung terhubung dalam waktu beberapa detik saja. Soal penggunaan NFC ini bisa disimak pada artikel berjudul "Cara Memakai NFC". atau bisa juga cek di artikel berjudul "Fungsi-fungsi NFC".

Sayangnya fitur NFC ini tidak tersedia di semua smartphone. Salah satu merek yang hadirkan fitur NFC di produk mereka adalah realme. Produsen ini hadirkan produk smartphone murah yang pakai NFC, sehingga Anda yang menggandrungi gaya hidup ibukota bisa menikmati fitur NFC tanpa membuat kantong jebol. Yuk, simak beberapa pilihan HP realme terbaru yang support NFC berikut ini!

1. realme GT Neo3

realme GT Neo3
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme GT Neo3 merupakan salah satu ponsel dengan value for money terbaik. Dengan harga di bawah Rp8 juta, HP ini menawarkan berbagai kelebihan sebagaimana HP kelas flagship. Mulai dari desain, kualitas layar, performa, kamera, hingga pengisian daya.

Bahkan konektivitas pun tidak luput dari perhatian. realme menjejalkan dukungan jaringan seluler 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.3, dan NFC buat ponsel yang satu ini. Khusus untuk NFC, realme GT Neo3 memiliki area sensor 5x lebih luas ketimbang NFC biasa.

Jangkauannya pun diklaim 20% lebih kuat dibanding NFC pada umumnya. realme menyebut NFC realme GT Neo3 dengan NFC 360 derajat. Teknologi ini membuat seluruh bodi ponsel efektif menjalankan fungsi NFC, seperti pembayaran non-tunai atau mengisi saldo e-money.

2. realme GT Neo 3T

realme GT Neo 3T
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme GT Neo 3T membawa banyak hal keren yang bikin orang merasa puas ketika mengeluarkan dana Rp5 jutaan. Hal-hal keren itu adalah desain ikonis ala mobil balap, bentuk ponsel yang tipis dan ringan, performa Snapdragon 870 yang kencang, serta ketahanan baterai yang prima.

HP ini juga mendukung teknologi pengisian cepat 80W yang berada di atas rata-rata. Selain itu, kamera realme GT Neo 3T bisa diandalkan untuk segala macam kondisi pencahayaan. Tidak cuma itu, realme menghadirkan jenis konektivitas yang lengkap buat ponsel ini.

Jaringan seluler 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.2, dan NFC multifungsi ada. Untuk NFC multifungsi, fitur ini membuat realme GT Neo 3T dapat difungsikan sebagai alat pembayaran non-tunai. HP ini pun dapat melakukan emulasi kartu akses untuk membuka kunci kamar hotel atau apartemen.

3. realme GT2 Pro

realme gt2 pro ergonomis_
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 3 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Pada Maret 2022, realme Indonesia kembali merilis HP flagship-nya yaitu realme GT2 Pro. HP satu ini banyak dinanti oleh pengguna yang mencari fitur NFC di dalam HP gahar. Fitur NFC telah menjadi daya tarik tersendiri, terlebih jika berada di dalam HP yang memiliki kualitas tinggi. HP ini digadang-gadang akan menjadi HP dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 paling murah, yakni 9,9 jutaan.

Selain menggunakan chipset kelas tinggi, keunggulan lain dari HP flagship satu ini adalah layar yang sudah menggunakan AMOLED dengan ukuran 6,7 inci, refresh rate 120 Hz, resolusi mencapai Full HD+, dan sudah terproteksi Corning Gorilla Glass Victus. Pengalaman dalam menggunakan HP ini akan menjadi sangat baik dan terjamin kenyamanannya.

Di sisi memori, HP ini hadir dengan RAM 12 GB dan ROM 256 yang sudah sangat cukup untuk menggunakan aplikasi bahkan games-games berat sekali pun. Tidak hanya itu, baterai yang tertanam adalah Li-Po 5000 mAh dengan fitur fast charging 65W, yang diklaim bisa penuh 100% dalam waktu 33 menit.

Di sisi kamera, smartphone ini hadir dengan triple camera, yaitu kamera utama 50 MP, ultrawide 50 MP, dan macro 3 MP. Fitur-fitur canggih yang tersemat pada smartphone ini seperti Omnidirectional PDAF, OIS, Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama, hingga perekaman Video 4K.

4. realme 9 Pro+

realme 9 Pro Plus
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Punya budget terbatas tidak perlu menghalangi Anda untuk merasakan kualitas smartphone realme flagship sejati. Anda bisa gunakan realme 9 Pro+ yang juga telah dibekali NFC Multifunctions, mampu memasuki area dengan pintu elektronik dengan menyulap ponsel menjadi kartu akses.

Ponsel dengan banderol harga rilis 5 jutaan ini juga telah mengantongi sensor flagship Sony IMX 766 sebagai kamera utamanya, sehingga kemampuan kameranya bisa setara dengan OPPO Find X3 Pro yang kebetulan memakai sensor serupa.

Dengan sensor tersebut yang memiliki resolusi 50 MP, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang lebih cemerlang dari HP 5 jutaan lainnya. Menghadirkan fitur Street Photography Mode 2.0, Anda dijamin bisa mengambil foto dengan exposure yang lebih baik, dengan detil yang lebih jelas, serta noise yang jauh lebih sedikit.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram