Harga 1 Jutaan, Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10A

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Redmi 10A jadi ponsel menarik. Daya tarik utama yang ditawarkannya adalah harganya yang begitu murah. Dengan banderol harga mulai dari Rp1,5 juta, ini merupakan ponsel yang pas dimiliki oleh siapapun yang terpentok budget. Namun menginginkan smartphone berkualitas dari Xiaomi.

Ini juga merupakan lanjutan tradisi dari Xiaomi yang senantiasa hadirkan tiga varian berbeda untuk Redmi seri angka, contohnya Redmi 10 reguler, Redmi 10C dan Redmi 10A.

Masing-masing dari ketiga ponsel ini sama-sama memiliki harga mulai dari Rp1 jutaan. Sedikit pengecualian bagi Redmi 10 yang sebenarnya sudah masuk ke rentang 2 juta (Rp1.999.000,-). Kurangi harga tersebut sebesar 100 ribu dan Anda akan menemukan harga rilis Redmi 10C di angka Rp1,8 jutaan.

Lantas, bagaimana dengan Redmi 10A? Well, mengingat ini merupakan varian paling sederhana dibanding kedua kakaknya, harga rilis di Indonesia hanya sebesar Rp1.499.000,- untuk varian RAM 3 GB dan internal 32 GB, serta Rp1.599.000,- untuk varian 3/64 GB.

Nah, bagi Anda yang kepo dengan smartphone kelas entry-level yang hadir pada Mei 2022 ini, Carisinyal telah persiapkan sejumlah poin kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan mengetahui seluk-beluk HP ini, Anda bisa menentukan apakah Redmi 10A akan cocok sebagai daily driver berikutnya atau tidak.

Spesifikasi Redmi 10A

redmi 10a__1
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Redmi 10A

Sudah siap menyambut ponsel Redmi 10A di genggaman Anda? Eits, tunggu dulu! Sebaiknya ketahui dulu poin-poin kelebihan berikut sebelum membeli.

1. Hadir dengan Sensor Pemindai Sidik Jari

redmi 10a sensor sidik jari_

Redmi 10A memang tidak memiliki banyak peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi 9A. Meski begitu, ada fitur tambahan yang Xiaomi persembahkan untuk seri entry-level ini yakni sensor pemindai sidik jari.

Sebelumnya, Redmi 9A tidak memiliki sensor tersebut dan hanya mengandalkan Face Unlock untuk membuka kunci layar. Cukup wajar, karena harganya pun sekitar Rp300ribu lebih murah dari Redmi 10A.

Sensor fingerprint scanner pada Redmi 10A terletak di belakang alih-alih di samping. Namun jangan khawatir, keberadaannya tidak begitu menganggu estetika bodi belakang karena warnanya melebur dengan modul kamera. Sehingga, Anda pun dapat melakukan mix and match dengan casing HP dengan lebih mudah.

2. Layar IPS LCD Berukuran Besar

redmi 10a layar_

Untuk Anda yang sekadar ingin menonton film di smartphone, Redmi 10A sudah hadirkan ukuran layar yang cukup menunjang. Berada di bentang layar 6,53 inci, layar smartphone mengusung resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dengan aspek rasio 20:9.

Dengan kerapatan piksel di angka 269 ppi, layar ponsel terbilang cukup baik dari sisi ketajamannya untuk di kelas harga entry-level. Meski begitu, ini merupakan spesifikasi layar yang cukup standar dan tidak ada keistimewaannya sama sekali.

Bagian depannya pun masih tampilkan kamera berdesain waterdrop notch seperti Redmi 9A, menandakan bahwa Xiaomi memang tidak memunculkan peningkatan apa-apa dari sisi layar dibanding pendahulunya.

Tidak ada opsi laju penyegaran tinggi, layar Redmi 10A memberikan refresh rate 60 Hz standar tanpa adanya 90 Hz ataupun 120 Hz. Dengan begitu, Anda pun bisa ekspektasikan efek transisi layar dengan kemulusan yang biasa-biasa saja.

Redmi 10A juga memiliki layar yang tersertifikasi TUV Rheinland yang dapat meminimalisir emisi cahaya biru yang dapat membahayakan mata. Hasilnya, layar akan cenderung lebih nyaman di mata dan tidak cepat membuat lelah.

Tingkat kecerahan layar yang dimilikinya adalah 400 nit (tipikal) yang akan membantu Anda membaca konten di siang hari. Jika kesulitan membaca isi layar saat berada di bawah terik matahari, tersedia pula Sunlight Mode yang dapat meningkatkan kecerahan.

Layar juga memiliki Reading Mode yang akakn membuat layar ponsel lebih nyaman untuk aktivitas membaca artikel, novel, jurnal, ataupun ebook lainnya. Intinya sih, layar ponsel masih cukup layak untuk penggunaan sehari-hari.

3. Baterai 5.000 mAh yang Awet Seharian

redmi 10a baterai_

Satu hal yang bisa diandalkan dari brand Xiaomi adalah fitur baterainya yang mumpuni, bahkan untuk produk di kelas harga termurah sekalipun. Meski cuman Rp1 jutaan, rupanya Redmi 10A ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang niscaya bisa bertahan sampai seharian penuh.

Sayangnya, baterai ini tidak dibekali dengan kemampuan fitur pengisian cepat (fast charging) karena hanya mendukung pengecasan dengan daya 10 watt saja. Untungnya saja, kepala casan 10 watt tersebut masih disertakan dalam boks penjualannya.

Kemampuan baterai HP ini diklaim Xiaomi sanggup bertahan hingga 745 jam pada mode siaga (stand-by), mengengarkan lagu selama 148 jam, pemutaran video hingga 20 jam, dan membaca konten 30 jam.

4. Desain Bodi Belakang yang Unik

redmi 10a desain_

Ada sebuan peningkatan yang cukup drastis di sisi desain, terlebih ketika dibandingkan dengan Redmi 9A. Ya, bagian belakangnya menunjukkan bentuk modul kamera yang cukup unik dan jarang dapat ditemukan pada ponsel lainnya.

Modul kamera menunjukkan adanya empat kamera, walau sebenarnya hanya dua lensa saja yang berfungsi. Yang lainnya adalah satu bulatan LED Flash dan satu bulatan "lensa" dekoratif saja.

Di luar dari inti modul kamera, tersedia juga bilah persegi yang luasnya memanjang hingga ke lokasi sensor pemindaian sidik jari.

Entah apa maksud asli dari Xiaomi untuk menghadirkan elemen desain seperti ini. Namun jika kami menduga, tujuannya demi menyembunyikan penampakkan ceruk atau lekukan (indentation) yang menjadi sensor fingerprint scanner.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram