carisinyal web banner retina

Ketahui 6 Perbedaan HP 1 Jutaan, Redmi 9a dan Redmi 10a

Xiaomi Redmi terkenal memiliki varian ponsel yang cukup beragam, sebut saja Redmi 9, Redmi 9c dan Redmi 9a. Untuk varian dengan tambahan huruf a dibelakang, biasanya hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah dibanding varian lainnya. Ini dihadirkan Xiaomi agar pengguna ponsel dapat memilih produk Xiaomi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Xiaomi sendiri memiliki Redmi 9a yang terbilang sukses penjualannya. Di 2022, Xiaomi menghadirkan seri penerus Redmi 9a yakni Redmi 10a.

Menariknya, meski dipasarkan di kelas ponsel entry-level, Redmi 10a hadir dengan sejumlah upgrade yang membuat ponsel ini layak dipilih diantara jajaran ponsel Android murah lainnya. Sebut saja desain baru dan kamera belakang baru yang diklaim lebih baik. Yang unik, ada beberapa spesifikasi dari Redmi 10a yang mirip dengan Redmi 9a.

Nah, seperti apa perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a? apakah upgrade yang dihadirkan sesuai dengan yang diharapkan? Atau justru Redmi 9a masih lebih baik dari Redmi 10a.

Spesifikasi Redmi 9a

Xiaomi Redmi 9A
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.250.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Redmi 10a

Redmi 10A
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.545.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Perbedaan Spesifikasi Redmi 9a dan Redmi 10a

Sebagai pesaing di pasar HP Android murah, Xiaomi Redmi 9a dibekali dengan spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. Xiaomi menghadirkan layar HD+ yang jernih serta mesin dengan pilihan RAM yang beragam. Redmi 10a juga tidak kalah upgrade.

Ponsel Android terbaru ini sudah dibekali sistem Android yang baru dan pilihan RAM dan memori internal yang berbeda. Ini tentu membuat konsumen seperti kamu akan bimbang memilih yang terbaik diantara keduanya.

Biar tidak semakin bimbang, simak perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a berikut ini.

1. Layar

redmi 10a layar_

Semenjak dirilis, Redmi 9a memang dipersiapkan Xiaomi untuk kaum muda Indonesia. Hal ini tampak dari desain layar luas yang ditawarkan. Layar luas membuat kamu bisa lebih leluasa bermain game dan menonton video. Sektor ini tampaknya masih dianggap mumpuni oleh Xiaomi. Alhasil Redmi 10a juga menggunakan spesifikasi layar yang sama dengan Redmi 9a.

Kedua HP Android ini masih percaya diri menggunakan layar panel IPS dengan luas berukuran 6,53 inci ini nyaman bagi pengguna kala mengetik dan bermain game. Apalagi, layar ini sudah menggunakan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Tampilan pun akan lebih jelas dan detail.

Spesifikasi layarnya memang tidak terlalu tinggi. Namun, kedua layar HP Xiaomi ini dirasa sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone saat ini.

Layar Redmi 10a yang luas tentu akan memberikan pengalaman yang lebih baik dibanding ponsel Android murah lain yang masih mengandalkan layar 5,5 inci. Apalagi, layar Redmi 10a sudah dibekali pelindung anti gores Corning Gorilla Glass 3.

2. Baterai

baterai redmi 9a

Seperti sudah menjadi hal umum saat ini, ponsel entry–level sudah dibekali kapasitas baterai besar guna menyesuaikan kebutuhan pengguna akan ponsel yang tahan lama digunakan. Maka Xiaomi menghadirkan baterai berkapasitas besar pada kedua HP Redmi ini. Redmi 9a dan Redmi 10a dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Baterai berkapasitas besar ini diharapkan mampu mendukung kebutuhan pengguna saat ini. Xiaomi mengklaim, dukungan baterai ini membuat HP bisa bertahan lama meski ponsel digunakan browsing, menonton video atau bermain gim.

Redmi 9a dan Redmi 10a juga sama–sama dilengkapi fitur pengisian cepat atau fast charging. Fitur ini membuat baterai pada ponsel Xiaomi terbaru bisa terisi lebih cepat dibanding Redmi seri lama. Sayangnya, xiaomi hanya membekali fitur pengisian cepat 10W saja di kedua HP murah ini. 

Untuk menghubungkan hp ke charger, Redmi 9a dan Redmi 10a masih menggunakan port micro USB. Yang membedakan pada Redmi 9a sudah ada fitur USB On The Go. 

3. Resolusi Kamera

redmi 10a kamera_

Menengok ke bagian kamera, Xiaomi memang menyiapkan seri Redmi dengan sektor kamera berkualitas meski ponsel ini dipasarkan dengan harga murah. Keduanya hanya mengandalkan satu kamera belakang dan satu kamera depan saja. Perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a di bagian ini ialah redmi 10a mengusung sensor yang lebih baru sehingga hasil foto dan video lebih tajam dan jelas.

Xiaomi Redmi 9a dilengkapi kamera utama 13 MP f/2.2 saja, sedangkan Redmi 10a dibekali kamera utama 13 MP dan kamera depth 2 MP. Selain itu, Redmi 9a menggunakan teknologi PDAF dan Redmi 10a menggunakan teknologi AF (auto focus) biasa. 

Beralih ke kamera depan, kedua HP Xiaomi ini juga dibekali kamera depan yang mumpuni untuk foto dan video selfie. Meski hanya 5MP, kamera depan ini sudah mampu menampilkan foto dan video yang lebih jelas dibanding ponsel Android murah lainnya. Apalagi, Redmi 9a sudah menggunakan lensa wide di kamera depan 5 MP f/2.2. 

4. Mesin

helio g25_

Ketika membandingkan sektor mesin, Redmi 9a dan Redmi 10a sama-sama menggunakan mesin entry-level yang tidak lemot. Dalam bodi HP Redmi ini terpasang chipset Mediatek Helio G25 dengan fabrikasi 12nm. Chipset ini terdiri dari prosesor octa-core disokong GPU PowerVR GE8320. Kedelapan core tersebut terdiri dari 4 buah Cortex A53 berfrekuensi 2,0 Ghz dan 4 buah Cortex A5 berfrekuensi 1,5 Ghz.  

Perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a berikutnya justru tampak pada sektor RAM dan memori internal. Redmi 9a mengusung RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Ada juga varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Sedangkan Redmi 10a menghadirkan RAM 3GB dengan dua opsi memori internal, yakni 32 GB dan 64 GB. 

Pilihan memori internal ini memang terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel saat ini khususnya yang gemar menyimpan foto dan video. Walaupun demikian, kamu dapat menambahkan microSD berkapasitas 1TB di Redmi 10a dan kapasitas 512 GB di Redmi 9a.

Untuk sistem operasi, Redmi 10a sudah menggunakan Android 11, sedangkan Redmi 9a masih mengandalkan Android 10.  

5. Desain

redmi 9a no fingerprint

Menyasar pengguna dari kawula muda, Redmi menggunakan desain 3D Unibody yang premium dengan teknologi anti-licin pada bagian bodi belakangnya. Untuk desain depan, kedua ponsel Android murah ini tidak berbeda jauh. 

Perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a muncul pada bagian bodi belakang, dimana Redmi 9a menggunakan modul kamera belakang mirip pil yang memanjang ke bawah. Sedangkan. Redmi 10a menggunakan modul kamera belakang berbentuk persegi. Dalam modul ini terdapat kamera, lampu flash, hingga sensor sidik jari.

Bagian bodi belakang ponsel Xiaomi terbaru ini tampak lebih rapi. Ini disebabkan pemindai sidik jari sebagai fitur keamanan diletakkan pada kotak kamera. Berbeda dengan Redmi 9a tidak memiliki pemindai sidik jari.

Untuk dimensi, redmi 9a dan redmi 10a sama -sama tampil lebih tipis dan ringan. Ini dimaksudkan agar pengguna ponsel dapat lebih nyaman menggenggam dan membawa ponsel ini beraktivitas.

6. Harga

Xiaomi Redmi 9A

Bicara harga, perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a memang mencolok. Redmi 9a dipasarkan dalam 2 versi yakni RAM 2GB dan memori internal 32GB seharga Rp1.249.000 serta RAM 3 GB dan memori internal 32 GB seharga Rp1.399.000

Untuk Redmi 10a dipasarkan dengan harga Rp1.499.000 untuk versi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Ada juga versi RAM 3 GB dan memori internal 64 GB seharga Rp1.599.000 

Simpulan

Upgrade yang dihadirkan Xiaomi pada Redmi 10a memang cukup terasa secara desain. Meski produk entry-level, Redmi 10a dibekali desain yang cukup mewah dan nyaman digunakan. Selain itu, sektor kamera juga mengalami ubahan yang tajam sehingga ponsel kamera ini kian menarik pengguna anak muda tanah air. 

Hanya memiliki pilihan memori internal 32 GB saja, Redmi 9a memang terasa kurang meski spesifikasinya tak jauh berbeda dari Redmi 10a. Untungnya, Xiaomi memberikan pilihan RAM 2 GB sehingga ponsel ini cocok untuk kamu yang mencari produk HP murah berkualitas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram