carisinyal web banner retina

5 HP Xiaomi Terbaik di Bawah 1 Jutaan (Juli 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Memiliki dana hanya di kisaran 1 jutaan bukanlah hambatan Anda untuk memilih HP Xiaomi terbaik. Pasalnya, terdapat beberapa HP Xiaomi yang bisa Anda dapatkan dengan dana kurang dari 1 juta rupiah.

Meski terkesan murah meriah, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa HP Xiaomi dengan harga di bawah 1 jutaan. Penasaran? Langsung simak ulasan berikut ini sampai akhir ya!

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Redmi 10A

Redmi 10A
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ketika dirilis di Indonesia pada Mei 2022, Redmi 10A dihargai mulai dari Rp1,5 juta. Namun, sejak momen November 2023, harganya terjun bebas. Kini Anda bisa membelinya dengan harga di bawah Rp1 juta. Harganya yang murah menjadi satu poin menarik dari HP ini.

Selain murah, Redmi 10A tawarkan banyak hal menarik untuk sebuah HP di bawah Rp1 juta. Mulai dari layarnya yang luas, daya tahan baterai hingga 20 jam buat memutar video, dan sudah dibekali sensor pemindai sidik jari agar buka kunci layar jadi cepat.

Meski begitu, di harga Rp1 juta kurang, Anda belum bisa mendapatkan performa yang bagus. SoC Helio G25 yang mengisi dapur pacunya ideal untuk penggunaan ringan saja. Main gim masih bisa, asal bukan gim berat.

Catatan lain yang perlu Anda ketahui dari HP ini adalah ngecasnya butuh waktu lama dan masih pakai port microUSB. Lalu Redmi 10A cenderung agak tebal (9 mm) dan berat (194 gram). Dimensinya mungkin bakal jadi kendala buat orang yang memiliki telapak tangan tak lebar.

Buat saya, Redmi 10A perlu Anda pertimbangkan jika Anda mencari HP dari merek yang kredibel. HP ini cocok buat HP sekunder, serta cocok juga buat ponsel pintar pertama bagi anak-anak maupun orang tua.

2. Redmi A2

Redmi A2
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G36
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Banyak orang yang suka dengan HP Xiaomi. Hanya saja, sebagian dari mereka kurang suka karena antarmuka MIUI yang berat dan mengandung banyak iklan. Karena itulah Redmi A2 hadir. HP ini adalah ponsel seri paling murah dari Redmi yang pakai sistem operasi Android murni.

Android murni memiliki imbas yang besar buat HP dengan spesifikasi rendah seperti Redmi A2. Ia tidak membebani hardware, sehingga ponsel dapat bekerja dengan gegas. Ada beberapa hal lain yang saya suka dari HP dengan harga mulai Rp700 ribuan ini.

Pertama adalah penutup belakangnya yang punya tekstur mirip seperti kulit jeruk. Tekstur tersebut bikin pengalaman menggenggamnya jadi nyaman. Kedua, tangkapan kameranya lumayan bagus. Setidaknya layak untuk dipamerkan ke media sosial.

Ketiga, baterai 5000 mAh yang awet untuk pemakaian sehari penuh. Xiaomi mengeklaim, daya tahan baterai Redmi A2 bisa sampai 19 jam untuk memutar video. Di sisi lain, ada juga beberapa hal yang kurang saya sukai dari HP ini.

Beberapa hal itu seperti belum punya sensor pemindai sidik jari, tak memiliki sensor kompas, dan masih menggunakan port microUSB. Walau begitu, jika Anda hanya memerlukan HP untuk keperluan dasar seperti berkirim pesan, browsing, dan menonton video, Redmi A2 sudah lebih dari cukup.

3. Redmi A1

Redmi A1
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Semula dirilis dengan harga Rp1,09 jutaan, kini Redmi A1 sudah bisa Anda dapatkan di bawah Rp1 juta. Keunggulan utama HP ini terletak pada kemampuan kameranya yang sungguh "wah".

Saya sendiri pernah menyaksikan beberapa sampel fotonya, dan memang dibenarkan kalau detail yang ditangkap kamera cukup layak untuk di-share ke medsos. Desain modul kameranya pun mengingatkan saya akan Xiaomi Mi 11, HP flagship seharga Rp10 jutaan. Sungguh chic, dinamis, modern.

Desain tersebut turut dikemas dengan tekstur kulit imitasi yang bikin pengalaman genggam jadi lebih nyaman. Anda tidak perlu khawatir HP tergelincir dari tangan.

Dan yang lebih patut diapresiasi lagi, sisi software HP ini tidak lagi gunakan MIUI, melainkan Android 12 Go Edition. HP ini tidak lagi tawarkan bloatware (aplikasi pra-instal) yang umum dimiliki HP Redmi lainnya. Kini, pengguna dapat menginstal lebih banyak gim dan aplikasi berkat sisa space yang lebih lega.

HP ini cocok untuk menunjang keseharian penyenang fotografi, terlebih karena adanya 3 card slot agar hasil foto dan video bisa tersimpan pada microSD. Akan tetapi, absennya sensor pemindai sidik jari membuatnya kurang nyaman saat ingin buka kunci di kondisi gelap. Pasalnya, face unlock sering kali gagal mendeteksi wajah tanpa pencahayaan yang cukup.

4. POCO C40

poco c40_
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset JLQ JR510
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO C40 menawarkan performa cukup unggul dengan chipset JR51. Kendati kurang terdengar familiar, chipset ini tergolong nyaman saat dipakai aktivitas sehari-hari, terutama untuk kelas harga di bawah Rp1 juta. Performanya kurang lebih setara dengan chipset Helio G35 atau Snapdragon 450.

Perangkat ini disandingkan dengan RAM 4 GB yang dapat diperluas secara virtual dengan kapasitas 1 GB. Adapun penyimpanannya tergolong cukup luas yakni 64 GB. Yang bikin HP ini menarik, baterainya sangat awet dengan kapasitas 6.000 mAh. Sulit menemukan HP di bawah Rp1 juta yang pakai baterai sebesar ini.

Selain baterai awet, layar POCO C40 juga sangat menjanjikan untuk menunjang hiburan dengan nyaman. Berbekal layar luas 6,71 inci, layar ini juga cenderung tidak mudah baret berkat lapisan Gorilla Glass.

Ponsel ini juga dapat diandalkan di kala hujan, karena mendukung sertifikasi IP52 agar tahan dari percikan air dari sudut kurang dari 15 derajat dari arah vertikal. Kualitas hasil fotonya juga tergolong bagus, mengingat harganya sudah turun di bawah Rp1 juta.

HP ini bakalan cocok untuk anak-anak atau lansia yang memakai smartphone untuk pertama kalinya. Atau, dipakai sebagai HP kedua juga masih oke. Mengingat baterainya yang besar, HP ini bisa jadi cadangan yang layak ketika daily driver kehabisan baterai.

5. Redmi 9A

Xiaomi Redmi 9A
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Smartphone yang rilis di Indonesia pada tahun 2020 ini memiliki sederet fitur menggiurkan. Kini dengan harga di bawah Rp1 juta, Redmi 9A tampak istimewa membawakan panel layar IPS LCD dengan kecerahan tipikal hingga 400 nit. Otomatis, HP ini akan berikan keterbacaan yang baik di bawah terik matahari.

Dapur pacunya memang terasa kurang. Namun setidaknya, Helio G25 di HP ini masih sanggup berikan pengalaman browsing, chatting, dan medsos dengan relatif lancar. Dengan Bluetooth 5.0 yang termasuk versi paling modern, Anda pun bisa rasakan pengalaman TWS (earphone Bluetooth) tanpa jeda alias delay.

Adapun sisi kameranya pun cukup bagus. Berbekal sensor 13 MP yang dilengkapi PDAF (autofokus), hasil fotonya tergolong detail selama kondisi pencahayaan sekitar mencukupi. Ponsel ini juga tawarkan slot memori eksternal khusus, sehingga pengguna dapat menyimpan hasil jepretan dalam jumlah banyak.

Jika membutuhkan HP all-rounder yang unggul di sisi baterai, kecerahan layar, dan kamera, Redmi 9A ini sungguh layak dicoba.

Nah, itulah deretan HP Xiaomi harga di bawah 1 jutaan. Beberapa di antaranya bisa didapatkan dalam bentuk HP second. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih HP bekas yang akan dibeli. Anda lebih menginginkan HP Xiaomi yang mana?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram