carisinyal web banner retina

10 HP Xiaomi dengan Kamera Terbaik (Mei 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Saat ini banyak konsumen yang menjadikan kamera sebagai pertimbangan utama sebelum membeli ponsel pintar. Xiaomi paham betul mengenai hal tersebut sehingga vendor ternama asal Tiongkok ini meluncurkan beberapa HP dengan kamera terbaik dan paling bagus di kelasnya.

Nah, kali ini Carisinyal akan memaparkan 10 HP Xiaomi dengan kamera terbaik di tahun ini. Apa sajakah HP tersebut? Langsung saja cek daftarnya berikut ini.

1. Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra
Layar AMOLED 6.81 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 48 MP (periscope telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Bisa memotret selfie pakai kamera belakang, punya konfigurasi triple camera yang berkualitas serta tampilan layar yang menakjubkan."

Xiaomi Mi 11 Ultra hadir sebagai salah satu HP flagship Xiaomi yang paling premium, sudah tidak perlu lagi diragukan kualitas dari spesifikasinya. Selain dari performanya yang gahar berkat Snapdragon 888, Xiaomi Mi 11 Ultra juga punya setup Triple Camera dengan hasil foto terbaik.

Triple Camera 50 MP, Ada Periskop Telefoto, Bisa Rekam Hingga 8K

Sebagai lensa utama, ponsel menyuguhkan sensor wide Samsung ISOCELL berkekuatan 50 MP. Lensa tersebut memiliki ukuran sensor 1/1.12″ dengan apertur f/2.0 dan focal length 24mm. Kamera utama ini juga menyuguhkan beberapa fitur seperti Dual Pixel PDAF, Laser AF, dan juga Optical Image Stabilization.

Untuk lensa kedua, merupakan sensor telefoto periskop beresolusikan 48 MP yang mampu melakukan zoom optik sebanyak 5 kali. Dan tentu saja, sensor ini juga turut dilengkapi fitur OIS agar tetap stabil walau di-zoom.

Terakhir adalah lensa ketiga yang merupakan sensor ultralebar 48 MP, memiliki field of view seluas 128 derajat. Sementara bagi Anda yang ingin merekam video, ponsel mendukung resolusi 8K pada frame rate 24 FPS.

Berdasarkan ulasan dari DxOMark, Xiaomi Mi 11 Ultra ini sungguh unggul di semua sisi, seperti kemampuan zoom-nya, performa dalam menghadirkan akurasi warna, tekstur, autofokus, penghilangan noise, hingga kemampuan stabilisasi. Karena hal tersebut, HP ini mendapatkan skor 141 yang terdiri dari kemampuan zoom 142, bokeh 75, dan video 138.

Layar Cover untuk Tampilkan Preview Selfie

Sebenarnya Xiaomi Mi 11 Ultra sudah hadir dengan kamera depan yang kece. Resolusinya adalah 20 MP dengan kemampuan perekaman 60 FPS di 1080p untuk menunjang aktivitas vlogging dengan nyaman.

Namun, jika Anda ingin hasilkan rekaman video atau jepretan foto selfie yang setara kamera belakang, Anda bisa pergunakan layar sekunder berukuran 1,1 inci yang terletak di belakang bodi.

Layar mungil ini dapat berfungsi untuk tampilkan proses charging, notifikasi panggilan telepon, serta informasi jam (always on display). Selain itu, layar ini juga bisa menampilkan preview atau viewfinder saat menggunakan kamera belakang, berfungsi sebagai cermin saat melakukan pemotretan selfie pakai kamera utama.

Kualitas Layar Utama Memukau Mata, Tersertifikasi DisplayMate A+

Tak hanya unggul karena berikan layar belakang yang unik, Xiaomi Mi 11 Ultra juga bawakan kualitas layar utama yang menarik dari segi visual. Pasalnya, ia sudah tersertifikasi DisplayMate dengan nilai A+ sehingga kualitas ketajaman dan kecerahannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Layar smartphone mengusung resolusi 2K yang membuatnya lebih tajam dari mayoritas perangkat lain dengan layar Full HD+ 1080p. Serta, layar sudah terjamin ketahanannya berkat lapisan Gorilla Glass Victus, salah satu varian kaca pelindung paling kuat yang ada di dunia.

Performa Tinggi, Baterai Mantap, tapi Bobot Bodinya Berat

Ini adalah HP varian Ultra alias versi tertinggi di serinya, sehingga wajar jika bodinya sangat berat. Diketahui bahwa Xiaomi Mi 11 Ultra punya bobot hingga 234 gram, melampaui threshold 200 gram sebagai indikator kalau HP ini terlalu berat untuk kenyamanan sehari-hari.

Yang kurang di bagian berat, Xiaomi mengompensasikannya dengan performa tinggi dari Snapdragon 888 yang mampu raih frame rate tinggi pada setiap gim Android. Ya, Snapdragon 888 memang bukan sesuatu yang baru di tahun 2023 ketimbang Snapdragon 8 Gen 2, tapi tetap dipungkiri kalau kinerjanya masih tergolong salah satu yang terbaik di era sekarang.

Karena sesi fotografi banyak memakan daya, maka Xiaomi Mi 11 Ultra pun ditopang dengan baterai tahan lama guna aktivitas foto yang lebih lancar. GSM Arena mencatatkan endurance rating sebesar 95 jam dengan durasi telepon selama 28 jam 5 menit, aktivitas browsing pakai Wi-Fi selama 11 jam 3 menit, serta pemutaran video luring selama 15 jam 10 menit.

Baterai habis? Tenang, fast charging 67 W miliknya mampu cas HP dari kosong hingga penuh dalam waktu 37 menit saja. Xiaomi Mi 11 Ultra adalah paket lengkap fotografi yang Anda butuhkan, entah untuk mengabadikan momen atau sebagai sarana bikin konten. Keberadaan layar sekundernya membuat aktivitas fotografi jadi lebih fleksibel.

2. Xiaomi 13 Ultra

Xiaomi 13 Ultra
Layar LTPO3 AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Xiaomi 13 Ultra menjadi alat buas yang tak hanya unggulkan keindahan hasil foto, tapi memperlancar kegiatan kreasi konten dari awal sampai akhir."

Xiaomi 13 Ultra hadir pada kuartal pertama 2023 sebagai varian tertinggi di Xiaomi 13 Series. Hal ini terlihat dari embel-embel "Ultra" yang dimilikinya sekaligus sebagai penanda bahwa HP ini memiliki spesifikasi dan kemampuan paling tinggi di serinya.

Anda juga bisa langsung menyadarinya dari tampilan modul kamera di bagian belakangnya. Modul tersebut berusaha memberi tahu bahwa HP ini memiliki kualitas kamera yang sangat tinggi.

Dukungan Kamera Leica 50 MP dengan Ukuran Sensor 1 Inci

Xiaomi 13 Ultra dibekali empat kamera di bagian belakangnya sebagai hasil kerja sama dengan LEICA. Mulai dari kamera utama, periskop telefoto, telefoto, dan ultrawide. Menariknya, keempat kamera tersebut memiliki resolusi yang sama yaitu masing-masing 50 MP. Lebih gilanya lagi, kamera utama, periskop telefoto, dan telefotonya sudah dibekali fitur OIS sebagai stabilisasinya.

Xiaomi 13 Ultra juga bisa dibilang menjadi salah satu HP yang mampu menghasilkan gambar bagus meski objeknya cukup jauh. Hal ini disebabkan karena terdapat dua kamera yang mampu melakukan optical zoom cukup tinggi. Misalnya periskop telefoto yang mampu melakukan oprical zoom hingga 5x, sedangkan telefotonya mencapai 3,2x.

Kamera utama ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX 989 pada resolusi 50 MP yang sudah mengusung ukuran sensor 1 inci. HP flagship dengan ukuran sensor setinggi ini masih jarang di industri smartphone, memiliki kualitas pencahayaan yang lebih baik untuk aktivitas night photo hunting.

Perekaman videonya juga berada di atas rata-rata. Kamera belakangnya ini mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas 8K dengan 24 fps atau 4K dengan 60 fps. Terdapat dukungan fitur unggul yang membuat kualitas videonya makin tinggi seperti gyro-EIS dan Dolby Vision HDR 10-bit untuk kualitas 4K dengan 60 fps.

Tidak akan ada habisnya jika berbicara soal kemampuan kamera dari Xiaomi 13 Ultra. Bahkan, berdasarkan DxOMark, Xiaomi 13 Ultra menempati posisi tiga teratas sebagai HP Xiaomi dengan kamera terbaik. Skor yang diraihnya untuk kemampuan kamera secara keseluruhan adalah 140 poin. Jika diperinci, poin tersebut berdasarkan kemampuan foto 138, zoom 147 poin, bokeh 65 poin, dan video 137 poin.

Tingkatkan Pengalaman Menjepret dengan Aksesoris Grip Tambahan

Paket penjualan Xiaomi 13 Ultra sudah lengkap karena mencakup charger 90 W di dalamnya. Selain itu, tersedia juga paket terpisah bernama Xiaomi 13 Ultra Professional Camera Bundle untuk meningkatkan pengalaman memotret.

Salah satu aksesoris di dalam bundle tersebut adalah semacam grip tambahan yang memberikan akses jalan pintas menuju perintah di kamera, misalnya untuk melakukan pembesaran dan juga shutter.

Xiaomi 13 Ultra Tawarkan Fungsi Post-Processing yang Menawan

Sehabis hasilkan foto indah secara profesional, Anda mungkin ingin langsung menggunakannya sebagai aset grafis untuk material desain. Tak usah repot, Xiaomi 13 Ultra bisa dihubungkan ke monitor eksternal melalui antarmuka DisplayPort via USB-C 3.2.

Anda bisa memindahkan file foto ke monitor besar dan langsung melakukan pengeditan selayaknya PC, misanya untuk memperbaiki pencahayaan pakai Lightroom atau memasukkannya ke After Effect, Filmora, atau CapCut untuk hasilkan video konten berkualitas dengan workflow yang nyaman.

Cocok untuk Fotografi Profesional, tapi Ada Sedikit Catatan pada Pengalaman Vlogging

Xiaomi 13 Ultra menawarkan alur kerja fotografi profesional yang unggul dari awal sampai akhir. Dari mulai proses pemotretannya, hingga proses edit bak PC menggunakan DisplayPort. Cocok untuk Anda yang butuh perangkat andal untuk menunjang karier di industri kreatif.

Namun, kemampuan vlogging pada Xiaomi 13 Ultra cukup terbatas dibandingkan rivalnya. Di saat HP lain sudah bawakan resolusi 4K di kamera depan, HP ini hanya mentok di 1080p saja.

3. Xiaomi 13 Pro

Xiaomi 13 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50.3 MP (wide) 50 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4820 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Mendukung kamera 1 inci dan tuning-an Leica, Xiaomi 13 Pro menjadi jawara fotografi yang worth it dimiliki"

Beberapa fitur pada Xiaomi 13 Pro tentu tidak sebaik Ultra, namun sejumlah kelebihannya tetap dipertahankan pada versi yang lebih murah ini.

Masih menjalin kerja sama dengan Leica, Xiaomi 13 Pro layak dijadikan sarana fotografer profesional dengan hasil foto yang setara DSLR. Bahkan sensornya pun turut mengusung ukuran 1 inci yang membuatnya menonjol ketimbang flagship lainnya.

Kamera Lengkap dengan Ultrawide dan Telefoto, Fitur Perekaman 8K untuk Aktivitas Videografi Profesional

Kamera utama ini tentu tidak sendiri, karena masih ada dua kamera pendamping lainnya yakni sensor telefoto 50 MP dengan jarak fokus 10 cm hingga tak terbatas serta sensor 50 MP ultrawide dengan bidang pandang 115 derajat yang disertai autofokus.

Xiaomi menjalin kerja sama dengan perusahaan lensa ternama di dunia yaitu Leica, sehingga menghasilkan tuning-an kamera dengan kualitas bak DSLR profesional. Agar dapat menghasilkan konten YouTube atau TikTok yang mudah diedit, Xiaomi 13 Pro memiliki opsi footage dengan resolusi hingga 8K di 24 FPS pada standar HDR.

Smartphone yang dirilis di Cina pada Desember 2022 ini meraih skor DxOMark sebesar 136 poin, terbagi menjadi dua skor yang lebih spesifik yaitu 136 poin pada foto dan 129 poin pada video.

Berbagai keunggulan pada kamera HP ini terletak pada kualitas foto yang bagus pada zoom, exposure yang cerah dan detail lengkap pada foto dan video, hingga rentang dinamis yang sangat baik pada kondisi minim cahaya.

Konektivitas Lengkap, tapi Tidak Dukung DisplayPort

Beda dengan versi Ultra, varian Pro ini dikemas dengan port USB-C 2.0 ketimbang USB 3.0. Alhasil tidak hanya waktu transfernya yang jadi lama melainkan jadi tidak bisa disematkan dengan fitur DisplayPort.

Walau begitu, konektivitas Xiaomi 13 Pro sebenarnya terbilang lengkap karena sudah memiliki in-display fingerprint scanner, face unlock, NFC untuk isi saldo eMoney, dan fitur infrared port yang mulai hilang di industri smartphone.

Pada bagian jaringannya HP ini sudah disematkan 5G dengan pita jaringan yang kompatibel di Indonesia, serta protokol Wi-Fi 6E yang bisa terhubung ke pita jaringan 6 GHz.

Kegiatan Multimedia Asyik, Punya Kualitas Audiovisual dan Performa Menarik

Dirilis pada akhir tahun 2022, Xiaomi 13 Pro tergolong salah satu flagship pertama yang dibekali Snapdragon 8 Gen 2. Kinerjanya jelas meningkat dari Snapdragon 8 Gen 1, kini mendukung ray tracing yang sebelumnya hanya dimiliki konsol gim dan PC.

Layar smartphone juga berada di atas rata-rata flagship lain, mengusung LTPO 4.0 Samsung E6 AMOLED dengan perubahan refresh rate dinamis antara 1 Hz hingga 120 Hz. Resolusinya pun tinggi di angka 1440p, di saat pesaingnya masih nyaman-nyaman saja menawarkan resolusi 1080p.

Kehadiran stereo speaker dengan suara yang jernih dan mantap jelas menjadi peluang untuk menikmati hiburan menonton. Didukung dengan sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+, siap-siap merasakan pengalaman bioskop untuk memanjakan indra visual Anda.

Xiaomi 13 Pro adalah opsi smartphone yang layak dimiliki jika Anda prioritaskan kualitas kamera, layar, performa, namun dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Ultra.

4. Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi 12S Ultra
Layar LTPO2 AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50.3 MP (wide) 48 MP (periscope telephoto) 48 MP (ultrawide) MP (ToF)
Baterai Li-Po 4860 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"HP Xiaomi perdana dengan kamera 1 inci, tetap relevan di tahun 2023 kendati merupakan HP keluaran lama"

Xiaomi 12S Ultra memang bukan HP pertama di dunia yang tawarkan sensor 1 inci, karena sebelumnya sudah ada Sony Xperia Pro-I dan Sharp Aquos R6 dengan konsep kamera serupa. Namun, Xiaomi 12S Ultra adalah smartphone besutan Xiaomi pertama yang gunakan kamera sensor 1 inci.

Apa saja benefit dari kamera 1 inci? Beberapa di antaranya adalah kemampuan low light photography yang lebih baik serta kemampuan hasilkan bokeh yang lebih creamy dan memukau.

Sensor Sony IMX989 dengan Dukungan Leica, Hasil Foto Enak Dipandang

HP ini dibekali kamera hasil kerja sama dengan produsen kamera ternama asal Jerman yaitu Leica Summicron. Xiaomi 12S Ultra dibekali tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP menggunakan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci.

Kamera utama ini memiliki fitur HyperOIS dan memiliki kemampuan perekaman video hingga kualitas 8K. Selain itu, terdapat kamera ultrawide 48 MP dan telefoto 48 MP yang didukung fitur OIS untuk menghasilkan rekaman video yang lebih stabil.

Beralih ke bagian depan, Xiaomi 12S Ultra memiliki kamera selfie yang tersimpan di dalam sebuah punch hole dengan resolusi 32 MP. Kamera depan ini memiliki fitur yang cukup menarik yaitu mendukung HDR, panorama, serta perekaman video hingga 1080p dan menampilkan konten HDR10+.

Jika berdasarkan ulasan dari DxOMark, Xiaomi 12S Ultra ini mendapatkan skor yang cukup tinggi untuk kamera keseluruhan yaitu 136 poin. Poin tersebut didapatkan dari kemampuan skor foto mencapai 137 poin, zoom 136 poin, dan video 129 poin.

Tawarkan Snapdragon 8+ Gen 1, Layar Colorful, dan Bodi Premium Bak Kamera DSLR

Tawarkan Snapdragon 8+ Gen 1, HP ini sudah lebih baik dari segi performa dan efisiensi daya dibanding Snapdragon 8 Gen 1 reguler. Sebelumnya sempat beredar kabar kalau Xiaomi 12 Ultra akan rilis pada Maret atau April 2022 dengan Snapdragon 8 Gen 1 reguler, tapi dibatalkan. Sebagai gantinya, lahirlah Xiaomi 12S Ultra yang lebih bagus.

Untuk urusan gaming berat selama berjam-jam, Xiaomi 12S Ultra dapat lebih terhindar dari isu panas dan throttle, cocok untuk memainkan Genshin Impact semalaman suntuk.

Xiaomi 12S Ultra juga kini mengusung desain bodi lebih cakep dengan modul kamera segede gaban yang memenuhi 50 persen permukaan bodi belakang. Sontak, tampilannya jadi mirip dengan kamera-kamera DSLR atau mirrorless yang sering dipakai fotografer profesional.

Itu tadi keindahannya dari bodi belakang, bagaimana dengan bodi depan? Jelas sama menariknya. Layar mengusung color depth 10 bit dengan standar DCI P3 serta menawarkan rasio kontras setinggi 8 juta banding 1.

Selain tawarkan tampilan warna yang vibrant alias menyala-nyala, layar ponsel juga mampu mencapai kecerahan 1000 nit saat gunakan mode Sunlight Display.

Menurut saya, layar sama pentingnya dengan kamera saat melakukan hunting foto. Anda perlu memastikan hasilnya bagus sebelum lanjut ke pose berikutnya, dan ini memerlukan layar terang kendati dilihat di bawah terik matahari.

Videografi Kamera Depan Bukan yang Terbaik

Buat yang berniat hasilkan rekaman tokcer dengan kamera depan, sebaiknya pilih flagship lain. Sebab, Xiaomi 12S Ultra hanya bisa hasilkan video vlogging pada resolusi 1080p di 30 FPS. Ini jelas kontras dengan sejumlah flagship lain yang sudah dukung 4K atau setidaknya 60 FPS di 1080p di kamera selfie.

Di luar itu, Xiaomi 12S Ultra cocok buat Anda yang tidak masalah menggunakan HP keluaran lama. Mengingat sudah ada Xiaomi 13 Ultra, saya rasa tidak sulit bagi Anda menemukan Xiaomi 12S Ultra dengan harga lebih murah dari MSRP. Cocok untuk yang ingin hemat budget tapi tetap ingin rasakan pengalaman fotografi flagship.

5. Xiaomi 13

Xiaomi 13
Layar AMOLED 6.36 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"HP flagship dengan bodi kompak yang pas masuk kantong, tapi kualitas fotografinya tidak kalah."

Xiaomi 13 reguler hadir untuk pengguna yang menginginkan flagship berbodi mungil. Dengan ukuran layarnya yang hanya 6,36 inci pada resolusi Full HD+, hal ini pun menjadi pembeda yang kentara ketimbang Xiaomi 13 Pro.

Ditopang dengan chipset tergahar di 2023, Snapdragon 8 Gen 2 di ponsel ini siap untuk menjajal semua aktivitas gaming, multimedia, atau rendering grafis seberat apa pun.

Tidak Lagi Pakai Kamera 1 Inci, tapi Kualitas Foto tetap Oke

Meski sama-sama menggunakan kalibrasi dari Leica, varian reguler ini punya kemampuan kamera yang tidak seunggul Pro. Kamera utama HP masih gunakan resolusi yang sama yaitu 50 MP, namun ukuran sensornya lebih kecil yaitu 1/1.49 inci.

Dua kamera pendampingnya pun agak berbeda, di mana kamera telefoto memiliki resolusi 10 MP dan sensor ultrawide-nya berada di resolusi 12 MP pada sudut keluasan 120 derajat. Untungnya, fitur perekaman video masih sama-sama mendukung hingga 8K di 24 FPS.

DxOMark pun memberikan skor keseluruhan kamera sebesar 130 poin pada Xiaomi 13, dengan skor 131 poin pada kinerja fotografi dan 121 poin pada kemampuan video. Anda bisa melihat tekstur dan detail yang bagus pada segala sesi pemotretan, serta mendapatkan kecerahan yang layak pada pemotretan siang hari dan di kondisi dalam ruangan.

Kendati begitu, Xiaomi 13 juga dikatakan memiliki rentang dinamis yang cukup terbatas pada kondisi minim cahaya dan indoor, dan autofokus pada perekaman videonya terkadang tidak berfungsi dengan baik.

Layar 6,36 Inci Kurang Cocok untuk Menonton, tapi Pas Masuk Tas Kecil

Untuk yang pakai Xiaomi 13, mungkin harus rela pengalaman menontonnya kurang imersif karena layarnya yang cuman 6,36 inci. Walau tidak luas, kualitas tampilannya sendiri sebenarnya sudah sangat layak di kelas flagship, contohnya seperti keberadaan Dolby Vision dan HDR10+ serta kecerahan puncak hingga 100 nit.

Bagian bodinya mengusung bobot 185 gram atau 189 gram, tergantung dari varian warna mana yang dipilih. Dengan panjangnya yang hanya 152,8 mm serta lebar 71,5 mm, Xiaomi 13 cocok menemani Anda ke undangan dengan cara dimasukkan ke tas kecil.

Mungil tapi Banyak Fungsi, Beragam Konektivitas dan Fitur Charging Unggul Dimilikinya

Perangkat tentunya mendukung fitur NFC agar dapat mengisi eMoney tanpa ribet, disertai dengan sensor sidik jari di layar yang responsif, Wi-Fi 6E untuk kemudahan berinternet pada ekosistem smart home, serta port infrared yang bisa mengubah saluran TV bagaikan remote.

Kapasitas baterainya mesti di-trim menjadi 4.500 mAh dari yang normalnya 5.000 mAh, fungsinya untuk membuat bodi tetap compact dan ringan.

Tapi jangan salah sangka dulu, banyak fitur charging yang unggul di HP ini agar produktivitas bisa cepat kembali berlanjut, seperti fast charging 67 W, pengisian nirkabel 50 W, dan reverse wireless 10 W untuk cas perangkat lain seperti pada adegan drakor.

6. Xiaomi 12T Pro

Xiaomi 12T Pro
Layar AMOLED 6.66 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 200 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Performa dan kemampuan kamera kelas dunia dengan 200 MP, tapi variasi kameranya kalah saing."

Ketika peluncurannya, Xiaomi 12T Pro ini banyak menuai perhatian terutama dari para penggemar Xiaomi. Pasalnya, HP ini hadri dengan spesifikasi kamera di atas rata-rata, tepatnya pada kamera utama.

Di bagian belakang HP ini terdapat tiga kamera dengan kamera utama beresolusi 200 MP (f/2.2). Kamera ini memiliki ukuran sensor 1/3.47" yang didukung oleh PDAF dan OIS.

Dengan resolusinya tersebut, Xiaomi 12T Pro menjadi HP Xiaomi pertama yang memiliki kamera beresolusi 200 MP. Selain kamera utama, terdapat kamera ultrawide 8 MP yang memiliki ukuran sensor 1/4" dan bukaan f/2.2. Kamera ini memiliki sudut pandang luas hingga 120 derajat. Kemudian dilengkapi dengan kamera makro 2 MP dengan bukaan f/2.4).

Berkat resolusinya yang sangat besar tersebut, kemampuan perekaman video yang dimilikinya juga berada di atas rata-rata. Kualitas dari hasil rekaman video HP ini sudah mampu mencapai 8K dengan 24 fps dan 4K dengan 60 fps. Sayangnya, perekaman video ini tidak didukung oleh gyro-EIS atau OIS, tetapi hanya HDR10+ saja.

Berdasarkan ulasan dari DxOMark, Xiaomi 12T ini mendapatkan skor yang cukup tinggi untuk kamera secara keseluruhan yaitu 129 poin. Poin tersebut didapatkan dari skor fotonya yaitu 130, kemampuan zoom 101, bokeh 70, dan video 134.

Tanpa Telefoto, Cukup Disayangkan di Kelas Harganya

Sebagai salah satu HP flagship di rentang harga Rp10 juta, Xiaomi 12T tidak dibekali dengan telefoto. Padahal kamera telefoto sering dimiliki oleh pesaingnya, mampu pertahankan kualitas foto kendati melakukan pembesaran (lossless).

Sebagai gantinya, Xiaomi 12T menawarkan kamera 200 MP yang bisa menjaga detail cukup baik meski telah mengalami proses cropping. Saya pernah melihat hasil foto HP ini setelah di-crop sebanyak 600 persen.

Detailnya memang tidak sebaik tanpa zoom, tapi kualitasnya secara keseluruhan masih terbilang layak. Apalagi crop 600 persen itu bukan angka yang sedikit, membuat pengguna seolah sedang melakukan pemotretan jarak jauh.

Performa Tangguh, namun Bodinya Ada Kekurangan

Jika Anda tidak berniat pakai HP ini untuk gaming, performa tetap jadi salah satu aspek krusial di industri kreatif. Kabar baiknya, kemampuan Snapdragon 8+ Gen 1 sudah sangat andal dalam melakukan rendering grafis pada aplikasi pengolah foto dan video.

Skor AnTuTu v9 yang didapatnya adalah di angka 1 jutaan poin. Gim open world sekelas Genshin Impact pun terbukti lancar jaya pada pengaturan highest dengan frame rate stabil 60 FPS. Di kamus saya, kalau HP sudah bisa memainkan Genshin Impact tanpa kendala, maka ia siap untuk segala jenis aktivitas berat lainnya.

Ketangguhan performa ini namun tidak semerta-merta membuat HP jadi tahan banting. Build quality HP ini termasuk bagus, tapi layarnya tidak dilapisi Gorilla Glass Victus untuk menegah baret atau retak akibat terjatuh dari ketinggian tertentu.

Selain itu, absennya IP68 di HP ini perlu membuat Anda was-was saat menggunakan HP di area perairan, misalnya seperti sungai, danau, atau kolam.

7. Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Salah satu flagship dengan kemampuan kamera terbaik di masanya, bawakan pemotretan malam hari yang jernih"

Xiaomi 12 Pro yang memang menyambangi gelar "Pro" hadir sebagai varian yang lebih ditingkatkan lagi ketimbang reguler. HP ini juga merupakan salah satu yang punya kemampuan kamera terbaik versi DxOMark. Ponsel ini mendapatkan skor keseluruhan 129 poin yang terbagi menjadi 136 poin untuk foto, 102 poin untuk zoom, dan 125 poin untuk video.

Tingginya kinerja kamera tersebut lantaran memiliki konfigurasi Triple Camera yang begitu premium. Keempat lensa tersebut mencakup sensor utama 50 MP dengan ukuran 1/1.28 inci dan apertur f/1.9, dilengkapi dengan Dual Pixel PDAF dan juga OIS untuk stabilisasinya.

Dua lensa lainnya adalah kamera ultrawide 50 MP dan juga sensor telefoto 50 MP. Kamera belakang juga mendukung hingga perekaman video beresolusi 8K pada kecepatan 24 FPS.

Kemampuan kamera HP ini dipuji karena punya stabilisasi yang begitu kuat, bahkan ketika menghadapi gerakan-gerakan yang cukup ekstrem. Selain itu, kamera juga diketahui dapat meminimalisir keberadaan noise pada segala kondisi, dan menghasilkan exposure yang memadai pada situasi minim cahaya.

Desain Simpel, Layar Berkelas, Performa Memukau - Xiaomi 12 Pro Hampir Memiliki Segalanya

Terkadang, smartphone bisa tampil mewah hanya dengan tawarkan desain bodi yang minimalis. Dan inilah yang saya rasakan saat melihat bodi belakang Xiaomi 12 Pro.

Modul kamera dengan rounded edge yang punya tone selaras dengan warna bodi keseluruhan, peletakan tiga kamera dengan satu lensa menonjol dan dua lainnya disusun berjajar, sisanya kosong tanpa ada elemen visual apa pun.

Terdapat dua varian bahan material yang digunakan, yaitu kaca dan kulit imitasi. Sensasi sentuhan saat digenggam memberikan rasa nyaman selayaknya HP yang layak menyandang nama "flagship".

Di sisi depan, layar mendapatkan skor A+ pada penilaian DisplayMate. Bukan tanpa alasan, panel AMOLED E5 miliknya mendukung resolusi 1440p sehingga tidak hanya berikan kecerahan di atas rata-rata, melainkan bisa tampilkan konten gambar dan video secara lebih tajam.

Sebagai HP rilisan tahun 2022, Xiaomi 12 Pro memang masih ditopang dengan Snapdragon 8 Gen 1. Digabung dengan fitur Speed Mode, Anda bisa atur sendiri mode performa sesuai dengan beban kerja yang dihasilkan pada aktivitas tertentu.

Tanpa IP Rating, Hati-Hati saat Memotret di Wilayah Perairan

Saya cukup sering melihat flagship yang dikemas dengan IP68. Saking banyaknya, justru HP flagship tanpa IP68 lah yang jarang saya temukan. Xiaomi 12 Pro sayangnya jadi satu dari segelintir HP yang tidak dibekali IP Rating sama sekali.

Xiaomi 12 Pro juga bukan tanpa kekurangan lainnya, memiliki kamera ultrawide dengan FOV yang lebih sempit dari model sebelumnya, kamera depan yang belum bisa merekam 4K, serta adanya pembatasan performa saat memainkan gim.

Dari perspektif tertentu, Xiaomi 12 Pro bisa dikatakan sebagai salah satu HP flagship yang nyaris sempurna. Kemampuan stabilisasinya yang mantap juga memungkinkan pengguna hasilkan konten Reels memukau. Pun dengan layar cerah dan tajam yang dapat melengkapi aktivitas fotografi agar menjadi lebih menyenangkan.

8. Xiaomi Mi 11 Pro

Xiaomi Mi 11 Pro
Layar AMOLED 6.81 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Hadirkan desain bodi yang fluid dan dinamis, Xiaomi 11 Pro juga termasuk salah satu HP keluaran 2021 dengan kualitas foto terbaik di masanya."

Baik varian Pro dan Ultra dari Xiaomi Mi 11 sama-sama menawarkan konfigurasi Triple Camera, namun dengan resolusi yang agak berbeda. Untuk kamera utamanya, perangkat masih dibekali lensa 50 MP yang sama seperti Mi 11.

Berbeda dengan kedua lensa lainnya, di mana Xiaomi Mi 11 Pro menghadirkan kamera 8 MP untuk telefoto periskop, serta lensa 13 MP ultra lebar. Kendati resolusi telefotonya berbeda, Mi 11 Pro juga tetap bisa melakukan zoom optik sebanyak 5 kali.

Dibanding dengan varian regulernya, versi Pro ini punya kemampuan lebih dalam menghadirkan gambar dengan kontras dinamis yang lebih baik. Juga, tingkatan noise pada bagian-bagian yang kurang terpapar cahaya juga hanya sedikit. Itulah yang digambarkan oleh Gizmochina.

Begitu pun dengan pemotretan malam hari, dikatakan bahwa versi Pro punya pengalaman yang lebih mulus saat memotret dengan kondisi minim pencahayaan. Bahkan tanpa harus mengaktifkan mode malam pun, hasil foto tetap terlihat bagus.

Berdasarkan ulasan dari DxOMark, Xiaomi Mi 11 Pro ini berhasil meraih skor 124 untuk kamera secara keseluruhannya poin. Skor tersebut terdiri dari beberapa bagian yaitu skor foto 118 poin, zoom 117 poin, bokeh 70 poin, dan video 132 poin.

Desain Fluid yang Estetik, tapi Sayangnya Bobotnya Kurang Ringan

Sekali lihat saja saya langsung terpukau dengan cara Xiaomi membentuk modul kamera di belakang. Tidak ada lagi modul persegi rigid yang biasa saya jumpai pada ponsel lain.

Dengan ujung-ujungnya yang dibuat lebih membulat, memberikan kesan unik dan berbeda sekaligus memberikan vibe modern. Namun perlu diakui kalau bobot 208 gramnya masih tergolong cukup berat, sehingga kurang cocok untuk portabilitas.

Mengecek Hasil Foto di Layar Jadi Menyenangkan Berkat Layar yang Lega

Salah satu penyebab bobot yang tinggi bisa jadi karena layarnya yang super jumbo di 6,81 inci. Imbas baiknya, menampilkan hasil foto di layar kini jadi lebih leluasa. Pengguna pun bisa lebih jeli untuk menemukan eror atau kesalahan angle dan pose saat sesi berfoto.

Layar di HP turut mendukung resolusi 1440p yang sering saya temukan di HP flagship besutan Xiaomi lainnya. Berkat dukungan 1 miliar warna di layar, hasil foto atau video yang telah ditangkap bisa diolah dengan lebih cermat untuk memastikan hasil karya yang lebih sempurna.

9. Xiaomi 12T

Xiaomi 12T
Layar AMOLED 6.66 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Resolusi kamera besar di 108 MP, namun resolusi perekaman videonya menurun."

Tidak jauh berbeda dengan versi "Pro"-nya, Xiaomi 12T ini juga menawarkan spesifikasi kamera yang mumpuni di kelasnya. Xiaomi 12T ini mengandalkan kamera utama di bagian belakangnya yang memiliki resolusi 108 MP.

Kamera ini memiliki ukuran sensor 1/1.67" dengan bukaan f/1.7 dan focal length 24mm. Agar hasilnya lebih memuaskan, HP ini menawarkan fitur PDAF dan OIS untuk kamera utama.

Tidak hanya itu, Xiaomi 12T ini dibekali tiga kamera di bagian belakangnya. Dua kamera lainnya adalah ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang memiliki sudut pandang luas yaitu 120 derajat. Sebagai pelengkapnya, HP ini juga memiliki kamera makro 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Kemampuan perekaman video yang dimiliki oleh Xiaomi 12T ini memang tidak setinggi dari versi "Pro"-nya. Namun, dengan kualitas video yang sudah mencapai 4K dengan 30 fps sudah cukup baik dimiliki oleh HP ini. Perekaman video yang dimilikinya tersebut didukung oleh fitur HDR agar hasilnya lebih jernih dan berwarna.

Berdasarkan spesifikasi yang dimilikinya, DxOMark memberikan skor 115 poin untuk kamera secara keseluruhannya. Jika dibagi kembali, poin itu berasal dari skor foto 120 poin, zoom 67 poin, bokeh 65 poin, dan video 127 poin.

Tidak Mendukung Perekaman 8K

Terlepas dari skor tinggi yang ia dapatkan dari DxOMark, Xiaomi 12T mengalami penurunan kemampuan pada perekaman videonya. Ya, kamera belakang hanya bisa rekam hingga 4K di 30 FPS, tidak seperti Xiaomi 12 dengan kemampuan 8K.

Untuk penggunaan normal sehari-hari, 4K sebenarnya sudah cukup. Namun jika Anda ingin rasakan pengeditan video dengan lebih fleksibel atau berniat menampilkannya di TV besar, resolusi 8K cukup diperlukan.

Desain Bodi Menawan, Konektivitas Lengkap, Fast Charging Ngebut dengan 120 W

Tidak ada elemen visual yang unik pada desain bodi Xiaomi 12T, tapi ini justru membuatnya terlihat lebih simpel dan elegan. Kendati hadir dengan rangka bangun curved, pengalaman grip yang didapat tetap kokoh dan tidak mudah tergelincir dari tangan.

Ada penurunan bahan material pada frame Xiaomi 12T, tidak lagi gunakan aluminium seperti model sebelumnya, ponsel ini hanya gunakan bahan plastik. Jenis kaca pelindung yang digunakan juga kini Gorilla Glass 5, bukan Victus seperti pada Xiaomi 11T.

Tapi kabar bagusnya, Xiaomi 12T masih pertahankan kelengkapan sensor dan konektivitas yang menjadi ciri khas Xiaomi. Infrared port jelas masih dipertahankan, memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengganti volume suara pada TV. Sensor sidik jarinya pun kini sudah lebih baik karena terletak di layar alih-alih di samping seperti pendahulunya.

Di sektor baterai, Xiaomi 12T dikemas dengan fast charging 120 W yang termasuk salah satu daya terbesar di industri smartphone. Hanya butuh sekitar 30 menit untuk isi daya ponsel dari kosong hingga penuh.

10. Xiaomi 12

Xiaomi 12
Layar Super AMOLED 6.28 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

"Untuk penyuka HP flagship berukuran mungil, Xiaomi 12 hadir untuk berikan hasil fotografi kece tanpa membuat ribet masalah logistik"

Urusan logistik adalah hal yang cukup krusial bagi fotografer profesional. Begitu banyak gear dan alat-alat penunjang fotografi seperti ring light, kamera DSLR, gimbal, dan tripod yang mesti dibawa ke tempat syuting atau hunting foto.

Xiaomi mengerti akan hal ini dan tidak mau pengguna kesulitan dengan barang bawaan, maka dari itu lahirlah Xiaomi 12 dengan kemampuan fotografi andal namun dengan desain bodi yang lebih compact.

Bobotnya sangat ringan, dengan dimensi bodi yang kecil sehingga lebih mudah dimasukkan ke dalam saku, tas, atau kontainer lainnya. Keberadaan kaca pelindung

Rentang Dinamis Foto yang Seimbang, Dukung Perekaman Video Profesional, Detail Tetap Terjaga Meski Di-Zoom

Meski tidak sebaik Pro, kemampuan kamera Xiaomi 12 juga tidak bisa dianggap remeh. Ia menghadirkan kombinasi tiga lensa di belakangnya yang terdiri atas sensor wide-angle 50 MP (f/1.9) dengan ukuran 1/1.56 inci, focal length 26 mm, OIS, dan PDAF.

Ada juga sensor ultrawide 13 MP (f/2.4) dengan ukuran sensor 1/3.06 inci dan focal length 12 mm, dan kamera makro 5 MP dengan focal length 50 mm.

Kemampuan perekaman videonya mencapai resolusi 8K pada kecepatan 24 FPS, ini cukup penting untuk Anda yang berniat melakukan pengeditan besar-besaran pada hasil video. Pasalnya, video dengan resolusi besar lebih mudah diedit sembari pertahankan kualitas aslinya.

Jika menilik pada pengujian DxOMark, Xiaomi 12 jelas jadi salah satu HP dengan kamera terbaik lantaran mencapai skor keseluruhan 113 poin. Skor ini dapat di-breakdown hingga tiga aspek yaitu 118 poin pada foto, 72 poin pada zoom, dan 121 poin pada video.

Kamera perangkat flagship ini sangat unggul dari sisi produksi white balance yang baik pada kondisi terang dan di dalam ruangan. Bahkan ketika melakukan zoom, ponsel ini mampu menghasilkan exposure yang stabil dengan white balance yang seimbang.

Ukuran Layar di Bawah Rata-Rata, tapi Bikin Bobotnya Menyusut

Xiaomi 12 adalah salah satu kasus di mana ukuran yang mungil tetap bisa menampilkan fitur menawan. Layarnya memang hanya 6,28 inci yang mungkin bisa membuat pengalaman menonton jadi kurang baik.

Tapi, pengalaman visual tetap ditingkatkan berkat hadirnya sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+ serta kecerahan puncak yang mencapai 1100 nit. Ketika menonton konten HDR di YouTube, rentang dinamisnya memberikan tampilan yang estetik dan memanjakan indra visual.

Selain itu, bobot ponsel pun terlampau ringan di angka 179 gram. Ini adalah salah satu bobot teringan yang bisa Anda dapatkan pada HP flagship, memudahkan Anda bepergian ke tempat hunting foto tanpa bikin ransel semakin berat.

Ketahanan bodinya pun sangat dipikirkan dengan matang, mendukung salah satu jenis kaca pelindung terkuat di dunia bernama Gorilla Glass Victus .

Itulah 10 HP Xiaomi dengan kamera terbaik yang bisa Anda pilih di tahun ini. Meskipun kualitas kameranya sangat baik, namun beberapa di antaranya hanya dijual dengan harga yang terjangkau. Apakah Anda tertarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram