carisinyal web banner retina

Simak 10 Kelebihan & Kekurangan Advan GX

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 29 Juli 2021

Banyak orang berharap Advan jadi brand lokal yang mampu bersaing dengan produsen ponsel luar. Sayangnya kiprah Advan terlihat masih setengah-setengah. Produk mereka memang cukup laku laris di pasaran karena ada segmen pasar tertentu. Hanya saja kualitas produknya sering kali membuat para geek memandang sebelah mata.

Advan jelas perlu berbenah. Hal itu pun ia lakukan dengan gesit saat hadirkan Advan GX, sebuah ponsel penerus dari Advan G9 dan Advan G9 Pro. Nama Advan GX sendiri cukup menarik karena bisa dibaca GX dengan alfabet atau "G Ten" atau "G 10", karena X biasanya melambangkan angka 10.

Terlepas soal penamaan, mari fokus saja soal kelebihan apa yang ditawarkan ponsel ini? Benarkah menarik? Adakah kekurangan yang dimiliki ponsel dengan harga Rp1,9 jutaan ini? Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasannya berikut ini.

Spesifikasi Advan GX

Advan GX
  • Layar: IPS LCD 6.6 inches
  • Chipset: Unisoc Tiger T618 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1,8 GHz Cortex-A55 & 4×2,0 GHz Cortex-A75)
  • GPU: ARM Mali-G52 MP2
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 25 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Advan GX

Karena bisa dibilang punya peningkatan, kelebihan yang ditawarkan ponsel ini cukup banyak. Berikut ini adalah poin-poin kelebihan dari Advan GX.

1. Chipset Lebih Modern

UNISOC T618

Satu hal yang membuat banyak menantikan Advan GX adalah chipset yang ditawarkannya. Chipset ponsel ini masih memakai Unisoc, merek chipset yang bayak dipakai juga di ponsel Advan lainnya. Bedanya, Unisoc yang tertanam di ponsel ini merupakan Unisoc Tiger T618.

Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 12 nm FinFET di TSMC. Di dalam chipset ini, tersemat dua core Cortex A75 berkecepatan 2 GHz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 1,8 GHz. Sementara untuk pengolah grafis, tersemat Mali G52MP2.

Karena dibuat dengan fabrikasi 12 nm, chipset ini tentu menawarkan performa yang unggul. Hal tersebut juga terbukti dari nilai Antutu dari Advan GX yang memakai chipset tersebut. Skor Antutu yang dicapai adalah 232 ribu poin.

Antutu Advan GX
Sumber: https://youtu.be/Fszu_2Pwd8g (GontaGantiHape)

Nilai Antutu memang bukanlah patokan performa. Namun, banyak reviewer yang sudah mengulasi Advan GX mengatakan jika performa ponsel ini benar-benar bagus. Contohnya dari David dari kanal Youtube GadgetIn. Ia menyebut bahwa ponsel ini memberi kesan positif soal performa yang ditawarkan.

Saat main gim, contohnya Mobile Legends, pengaturan grafis bisa diatur sampai tinggi, dengan frame rate Ultra. Saat main PUBG Mobile, pengaturan grafis juga bisa smooth ultra. Kedua gim tersebut dapat dimainkan di fps yang cukup nyaman. Dan yang paling penting, stabil. Hal ini jelas menunjukan jika ponsel ini punya performa yang tergolong oke.

2. Ukuran RAM dan Memori Internal yang Besar

Advan GX

Ukuran RAM seringkali menjadi sorotan bagi penikmat gadget, karena besarnya RAM memengaruhi kelancaran smartphone dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Karena itu, Advan GX menawarkan RAM besar yakni 6GB, RAM yang tergolong besar untuk kelas harganya.

Jika menilik berbagai ponsel kelas harga Rp1 jutaan, umumnya hanya mentok di 4 GB bahkan tidak jarang yang hanya menawarkan 2 sampai 3 GB saja. Dengan begini, berganti-ganti aplikasi akan terasa tidak berat menggunakan Advan G9 Pro.

Di bagian memori internalnya pun Anda akan dipuaskan secara maksimal. Pasalnya, ponsel murah ini menyuguhkan penyimpanan 64 GB yang dapat diperluas lagi menggunakan microSD hingga 128 GB.

3. Baterai Berkapasitas Besar

Advan GX

Dengan performa yang oke, seharusnya kapasitas baterai yang ditawarkan juga tinggi. Untungnya, Advan GX masih menawarkan bateria besar. Kapasitas baterai ponsel ini adalah 5.200 mAh yang membuatnya tahan seharian. Kapasitas baterai ini sama dengan Advan G9 Pro.

Daya tahannya sendiri tergolong oke. Digunakan untuk main Mobile Legends selama 20 menit, baterainya hanya berkurang 5%. Setidaknya itu pengalaman dari David GadgetIn. Dari pengalaman tersebut, tampak kalau daya tahan baterai ponsel ini patut diapresiasi.

4. Ada Peningkatan Kamera

Advan GX

Advan seringkali menghadirkan kamera banyak yang hanya sekadar giimick. Bianya jumlah kamera ada 4, tetapi kamera lainnya sekadar pelengkap saja. Hal yang sama sebenarnya terjadi di Advan GX. Ponsel ini punya empat kamera. Namun, hanya dua diantaranya yang tampak berguna, yakni kamera utama 48 MP dan kamera ultrawide 8 MP.

Kehadiran kamera ultrawide ini patut diapresiasi mengingat di seri sebelumnya, Advan jarang membenamkan kamera ultrawide. Selain itu, kamera depan juga mengalami peningkatan. Kamera depannya kini dilengkapi sensor 25 MP. Advan menyebutnya sebagai 25 MP AI Selfie Camera.

5. Android 11 dan Antarmuka Bawaan

Advan GX

HP Advan identik dengan tampilan antarmuka IDOS yang merupakan antarmuka buatan Indonesia. Antarmuka ini bukan tidak diapresiasi tetapi seringkali tidak memberikan pengalaman yang baik. Malah banyak pengguna Advan yang mengeluhkan soal antarmuka IDOS ini.

Di Advan GX, tidak ada lagi IDOS. Advan GX hadirkan Android tanpa perubahan tampilan antarmuka, alias Android bawan atau Android murni. Dengan membawa Android murni, tentu bisa memberikan optimasi yang lebih baik pada sistem. Yang lebih menarik, Advan GX menawarkan OS Android 11 alias yang paling baru saat ponsel ini rilis.

6. Sensor Cukup Lengkap

Advan GX

Biasanya HP Rp1 jutaan seringkali tidak punya sensor yang lengkap. Seringkali ada sensor yang tidak dihadirkan, contohnya gyroscope maupun sensor sidik jari. Hal berbeda ditawarkan Advan GX. Ponsel ini justru menawarkan sensor yang lengkap. Sensor pengenalan wajah dan sensor sidik jari yang ada di bagian belakang jelas hadir di ponsel ini.

Selain itu, ponsel ini menawarkan sensor seperti Gyroscope, G-sensor, P-Sensor, L-Sensor, dan E-Compass. Hadir pula fitur pelengkap seperti A-GPS dan OTG.

7. Peningkatan dari Sisi Desain

Advan GX

Desain ponsel ini sebenarnya cenderung biasa. Desain yang ditawarkan cenderung umum. Namun, menilik ponsel Advan seri G sebelumnya, desain yang ditawarkan ponsel ini punya peningkatan. Setidaknya balutan warna dan tampilan lebih kekinian. Hal ini bisa membuat desain ponsel dari Advan naik kelas karena desain yang ditawarkan tidak lagi ketinggalan zaman.

Kekurangan Advan GX

Seperti smartphone pada umumnya, Advan GX tentu tidak luput dari kekurangan. Terlebih mengingat harganya yang berada di rentang Rp1 jutaan.

1. Hasil Kamera Belum Maksimal

Advan GX

Advan GX memang punya konfigurasi kamera yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Sayangnya, hasil tangkapan kameranya masih kurang optimal. Setidaknya saat ponsel ini dirilis pertama kali.

Menurut David GadgetIn, hasil tangkapan kamera Advan GX ini bisa dibilang kurang konsisten. kadang sesuai saat memotret di kondisi terang di kelas harganya. Sayangnya, hasil tangkapan kamera ini punya kemungkinan 50 persen bagus dan 50 persen lainnya warnanya terlihat agak aneh, kadang terlalu pucat, atau terlalu terang.

Untuk kondisi di dalam ruangan, apalagi di kondisi kurang cahaya, hkualitas foto cenderung menurun. Hal ini jelas menunjukan bahwa Advan GX masih kurang optimal untuk urusan fotografi. Resolusi dan kameranya patut diapresiasi karena meningkat dibandingkan seri sebelumnya. sayangnya hasil fotonya kurang optimal. Begitu juga dengan hasil perekaman video.

2. Layar Tidak Terlalu Tajam

Advan GX

Advan GX hadirkan bentang layar berukuran 6,6 inci. Layarnya memang bukan punya resolusi tinggi alias FHD hanya HD+ saja. Namun, setidaknya layar HD+ bisa menawarkan tampilan yang oke. Sayangnya, layar yang lega ini kalau menurut David GadgetIn tidak mampu hadirkan layar yang tajam. Di satu sisi, layar HD ini memberikan keuntungan pada baterai yang lebih awet.

3. Charger Masih 10 Watt

Advan GX

Hal yang patut diapresiasi dari Advan belakangan adalah hadirnya port USB Tipe C. Hal ini sudah dilakukan Advan sejak Advan G9 Pro. Sayangnya, soal pengisian daya masih terasa kurang optimal. Dukungan pengisian daya ponsel ini masih 10 watt. Dengan daya tersebut, ponsel membutuhkan waktu pengisian sampai 2 jam untuk terisi penuh. Tentu jika lebih cepat akan membuat Advan GX lebih menarik.

Simpulan

Kami percaya kalau Advan GX merupakan ponsel yang menarik. Kehadiran ponsel ini bisa membuat Advan sebagai brand lokal naik pamor. Berbagai keunggulan menarik ditawarkan di ponsel ini. Daya tarik sebenarnya jelas ada di chipset ponsel ini. Kekurangan masih ada tapi masih bisa dimaklumi. Mungkin bisa diperbaiki nanti agar lebih meningkat jika Advan berniat menghadirkan seri Pro.

Yang perlu diperhatian, Advan GX ini bakal bersaing dengan ponsel lain di kelas harga yang sama. Ada banyak ponsel menarik di kelas harga ini seperti realme Narzo 30A, realme Narzo 20, Redmi 9 dan lainnya. Tertarik membeli Advan GX?

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram