carisinyal web banner retina

Cuman 1 Jutaan, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y01

vivo Y series tidak pernah lelah menghadirkan fitur-fitur unggul di harga yang terjangkau. Contohnya saja vivo Y01 yang hadir di tahun 2022. Terlepas dari harga rilisnya yang hanya Rp1,5 jutaan, ponsel ini sudah dapat berikan sejumlah kelebihan. Contohnya pada sisi ergonomika desain dan konektivitas.

vivo Y01 pun akan sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan perangkat untuk menunjang hiburan dan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Selain itu, kemampuan baterai vivo Y01 juga merupakan salah satu yang terbaik.

Harganya yang terjangkau membuatnya begitu layak diminati. Namun sebelum Anda membeli HP ini, disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari vivo Y01. Yuk, simak yang berikut ini!

Spesifikasi vivo Y01

vivo Y01
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y01

Tertarik untuk mengetahui seluk-beluk vivo Y01 secara lebih dekat? Mari mengenal 6 poin kelebihan yang dimiliki vivo Y01 sebagai berikut.

1. Mendukung WiFi Dual Band

wifi 5

vivo Y01 mendukung protokol WiFi 802.11 a/b/g/n/ac yang artinya, smartphone murah tersebut sudah dapat terhubung dengan jaringan WiFi 2,4 GHz maupun 5 GHz. Ini sungguh kontras dengan sebagian HP Rp1 jutaan lainnya yang hanya mendukung WiFi 802.11 a/b/g/n alias hanya dapat terkoneksi ke 2,4 GHz.

Jika Anda menggunakan router 5 GHz di rumah, maka vivo Y01 bisa terkoneksikan ke WiFi di rumah Anda. Sebaliknya, seandainya ponsel yang Anda gunakan tidak mendukung 5 GHz, smartphone hanya akan terhubung pada 2,4 GHz.

Inilah yang jadi salah satu alasan yang cukup umum HP Anda sulit terkoneksikan dengan WiFi publik, karena bisa jadi tempat publik tersebut menggunakan router 5 GHz yang suguhkan kecepatan internet lebih stabil.

Dengan internet yang lebih cepat, vivo Y01 akan merasakan kecepatan unduhan dan unggahan yang juga lebih tinggi ketimbang WiFi 2,4 GHz. Hal inipun berimbas pada pengalaman online gaming yang lebih baik, karena latensi yang didapat pun akan lebih kecil alias minim delay.

2. Bodi Ponsel Terbilang Ringan

vivo y01 bodi_

Cukup banyak produsen yang tidak begitu mementingkan unsur kerampingan bodi saat mengeluarkan ponsel kelas entry level. Inilah yang membuat vivo Y01 begitu istimewa karena hanya suguhkan ketebalan bodi sebesar 8,3 mm.

Bukan itu saja, vivo Y01 juga niscaya akan lebih nyaman digenggam ataupun dibawa ke manapun dengan lebih nyaman karena hanya suguhkan bobot 178 gram. Sekadar perbandingan, Redmi 10C punya bobot sebesar 190 gram dan Redmi 9C sebesar 196 gram, dua ponsel yang harganya mirip-mirip dengan vivo Y01.

3. Hadir dengan Sensor Kompas

vivo y01 2_

Apakah Anda seseorang yang kerap menggunakan Maps setiap berpergian? Jika iya, jangan ragu untuk membeli ponsel Rp1 jutaan dari vivo ini. Pasalnya, vivo Y01 sudah suguhkan sensor e-kompas yang mampu menyelaraskan posisi Anda menghadap saat berada di antarmuka Google Maps. Memudahkan Anda untuk menemukan rute yang tepat di kala tersasar.

4. Layar Lega dengan Bezel Tipis

vivo y01 layar_

Untuk menunjang aktivitas hiburan seperti menonton dan bermain gim, vivo Y01 juga dihadirkan dengan layar lebar berukuran 6,51 inci. Sayangnya, layarnya masih menggunakan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Namun, resolusi HD+ memang wajar untuk kelas harganya. Anda umumnya baru hanya mendapatkan Full HD+ di kelas harga Rp2 jutaan.

Layar vivo Y01 mengusung aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan sekitar 270 ppi. Berkat bezelnya yang dibuat tipis dengan desain kamera depan waterdrop notch, layar smartphone meraih rasio bodi-ke-layar yang cukup tinggi yaitu sekitar 83%.

Tidak ada laju penyegaran tinggi yang bisa Anda dapatkan di sini, hanya mendukung refresh rate standar 60 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz.

Kendati demikian, layar ini cukup layak untuk dijadikan sarana hiburan, terlebih jika Anda sedang menonton bersama teman di sebelah Anda. Sebab, layar mendukung sudut penglihatan hingga 178 derajat yang dirasa cukup tinggi.

5. Baterai Besar yang Awet Seharian

vivo y01 baterai_

vivo Y01 rupanya sudah dilengkapi dengan kekuatan baterai mumpuni. Bagaimana tidak? Tersemat kapasitas 5.000 mAh non-removable di dalam cangkangnya. Ini merupakan sebuah prestasi membanggakan, terlebih jika mengingat bodi vivo Y01 dirancang untuk tetap ramping dan ringan sekalipun hadirkan baterai besar.

Baterai ponsel ini diperkirakan bisa bertahan hingga dua hari setelah pengisian pertama, menurut yang dilansir dari Unite4buy. Sehingga, pengguna kini tidak perlu lagi sedikit-sedikit mencari stop kontak, ataupun senantiasa siapkan power bank setiap berpergian.

Tidak tersedia fitur fast charging sama sekali di HP ini, lagi-lagi menjadi sebuah hal yang patut dimaklumi untuk kelas harga entri. Uniknya, vivo Y01 punya fitur pengisian terbalik yang dapat mengisikan baterai HP lain melalui antarmuka OTG (on-the-go).

6. FunTouch OS yang Ringan, Kaya Fitur dan Menyenangkan

vivo y01 funtouch os_

Tahukah Anda? vivo Y01 ini dilengkapi dengan sistem operasi Android khusus untuk meningkatkan kinerja terlepas dari dapur pacu yang minim. Ya, vivo Y01 hadir dengan Android 11 Go Edition dengan antarmuka FunTouch 11.1 yang hadirkan optimasi berlebih untuk ponsel entry-level.

Disinyalir, kemampuan Android Go ini dapat membuka aplikasi dengan 30% lebih cepat ketimbang Android reguler. Menurut Blog.Google, Android 11 Go Edition juga mampu membuka aplikasi 20% lebih cepat ketimbang Android 10 Go Edition.

Secara fitur, sebenarnya tidak begitu berbeda dengan Android 11 biasa. Hanya saja, Anda disuguhkan aplikasi versi ringan, misalnya saja seperti Gmail Go, YouTube Go, Google Go, Maps Go, dan lain sebagainya. Anda pun sebenarnya masih bisa menginstal versi reguler dari aplikasi tersebut dengan mencarinya di Google Play Store.

Antarmuka FunTouch OS 11.1 miliknya juga memiliki fitur yang cukup intuitive dan membantu penggunaan sehari-hari. Misalnya saja, ada Multi-Turbo 3.0 untuk meningkatkan kinerja dalam gim dengan cara mengoptimalkan alokasi sumber daya CPU dan juga memori internal.

Begitu pun dengan fitur iManager yang sanggup menjaga kondisi ponsel agar senantiasa prima terlepas sudah digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Aplikasi iManager akan membersihkan memori internal dan mendeteksi adanya masalah, dan semua proses ini dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu aktivitas Anda di siang hari.

Kekurangan vivo Y01

Terlepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki vivo Y01, smartphone kelas terjangkau ini juga tak luput dari beberapa kekurangan seperti di bawah ini.

1. Performa Kalah Saing

MediaTek-Helio-P35-1000_-1Sumber: mediatek.com

Dari sisi dapur pacu, vivo Y01 ini dilengkapi dengan chipset Helio P35 dari MediaTek. Ini merupakan SoC (system on chip) yang ditujukan untuk kelas entri, dirilis pada penghujung tahun 2018. Helio P35 hadir dengan proses fabrikasi 12 nanometer dan TDP (Thermal Design Power) sebesar 5 W.

Helio P35 juga disusun dalam formasi prosesor octa core 4 + 4, berisikan empat unit ARM Cortex A53 berkekuatan 2.3 GHz dan empat inti hemat daya ARM Cortex A53 dengan frekuensi 1.8 GHz.

Tanpa menghadirkan Cortex A7x, menandakan bahwa chipset ini memang bukan ditujukan untuk aktivitas gaming yang berat, melainkan sekadar untuk penggunaan normal harian seperti multimedia, membuka aplikasi, dan sebagainya.

Pun pada kemampuan grafisnya, Helio P35 hanya mengandalkan GPU (Graphical Processing Unit) berupa IMG PowerVT GE8320 yang berlari pada kecepatan 680 MHz.

Dilansir dari NanoReview, chipset MediaTek Helio P35 dikatakan hanya mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 101.077 poin.

Adapun hasil pengujian Geekbench 5-nya sebesar 171 poin (single core) dan 976 poin (multi-core). Ini merupakan performa yang jauh dari kata ideal, terlebih bagi Anda yang hobi menggandrungi gim berat seperti PUBG Mobile ataupun Genshin Impact.

Ponsel inipun hanya dibekali dengan RAM 2 GB pada jenis LPDDR4x serta memori internal berstandar eMMC 5.1 dengan kapasitas 32 GB. Untungnya, tersedia slot microSD terpisah yang dapat mendukung kapasitas eksternal hingga 1 TB.

Menurut ulasan Unite4buy, kinerja HP ini cukup kuat untuk menangani aktivitas messenger, berselancar di peramban (browser), serta aktivitas lain yang setara.

Untuk memainkan gim ringan seperti World of Tanks Blitz atau PUBG di grafik terendah sebenarnya bisa-bisa saja, namun khusus PUBG M, Anda harus mewajarkan beberapa penurunan frame rate yang cukup mengganggu.

Bila mencari HP 1 jutaan yang lebih layak untuk bermain gim, Anda bisa pertimbangkan Advan GX dengan Unisoc Tiger T618 atau Redmi 10C dengan Snapdragon 680.

2. Setup Kamera yang Minim

vivo y01 kamera_

Tahun 2022 merupakan waktu perilisan vivo Y01 ke dunia. Dan di tahun tersebut, sungguh tidak wajar ada smartphone yang hanya dibekali dengan single camera, walaupun untuk seharga HP 1 jutaan. Itulah yang membuat vivo Y01 tampak kalah saing karena hanya suguhkan satu kamera 8 MP (f/2.2) dengan balutan LED Flash.

Kemampuan perekaman videonya pun seperti yang bisa Anda tebak, hanya terbatas pada resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS. Pada sisi kamera depannya, tersemat kamera seflie berkekuatan 5 MP pada bukaan f/2.2 dengan desain waterdrop notch alias tetesan air. Selain untuk fotografi selfie, kamera depan ini juga berfungsi sebagai Face Unlock.

Karena hanya suguhkan single camera, tentu tidak tersedia kamera depth sensor, kamera ultralebar, makro, dan lain sebagainya. Kendati begitu, kamera tetap mampu menghasilkan efek bokeh pada mode portrait, juga menyediakan mode lainnya seperti Face Beauty dan Time-Lapse.

3. Tanpa Sensor Sidik Jari

vivo y01 1_

vivo Y01 memiliki sensor kamera depan yang tak hanya untuk mengambil selfie melainkan juga Face Unlock. Namun, smartphone ini sama sekali tidak menyuguhkan sensor sidik jari, baik itu di belakang maupun di samping bodi.

Anda tentu dapat mengandalkan Face Unlock untuk membuka kunci secara praktis dan aman, namun Anda akan kehilangan beragam benefit yang ditawarkan fingerprint scanner.

Misalnya saja, Anda dapat menyetel lebih dari satu jari pada satu smartphone, sehingga memungkinkan dua orang berbeda untuk punya akses ke satu ponsel yang sama. Selain itu, Face Unlock tidak selamanya responsif, terlebih saat menggunakan kacamata ataupun masker.

4. Masih Pakai Port MicroUSB

vivo y01 microusb_

Jika mengharapkan port USB Type-C di vivo Y01, siap-siap dikecewakan. Ponsel ini nyatanya masih menghadirkan port microUSB 2.0 yang sedikit menyulitkan pengguna karena sifatnya yang tidak reversible. Dengan begitu, Anda kemungkinan akan sering melakukan salah colok.

Selain itu, microUSB 2.0 juga menyuguhkan kecepatan transfer data yang lebih lambat ketimbang USB Type-C, seperti ketika sedang menyalin data dari dan ke PC.

Sebagai catatan, kehadiran microUSB di HP Rp1 jutaan memang cukup diwajarkan. Kendati begitu, Anda masih bisa dapatkan beberapa opsi yang sudah hadirkan USB-C di harga segini, sebut saja Advan G9 Pro, Advan GX, Redmi 10, dan Infinix Note 10.

Simpulan

Jika mencari ponsel seharga Rp1 jutaan yang simply works untuk keperluan sehari-hari Anda, maka vivo Y01 cukup layak dipertimbangkan. Baterainya yang badag dan super awet tentu menjadi daya tarik, hadir pula dengan Android Go 11 Edition yang tak hanya ringan tapi juga punya fitur beragam.

Selain itu, vivo Y01 juga merupakan salah satu HP entry level dengan bodi teringan dan teramping yang bisa didapatkan, menjadikannya opsi yang pas untuk anak yang baru mengenal gadget ataupun lansia.

Layarnya pun cukup lebar untuk sekadar menunjang aktivitas menonton YouTube, scrolling TikTok, ataupun browsing. Dengan desain bodi yang tampilkan bezel tipis, vivo Y01 begitu handal dalam berikan imersi mendalam.

Beberapa hal yang mesti Anda ingat: ponsel ini tidak ditujukan untuk gaming kelas hardcore, tidak pula menghadirkan sensor sidik jari, serta memiliki sisi fotografi yang terbilang minim dibandingkan dengan HP lain di kelasnya. Tertarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram