15 HP Advan Terbaru Beserta Spesifikasinya (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Advan merupakan salah satu brand smartphone yang cukup ternama di Indonesia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, brand ini berhasil menempati posisi 5 besar dalam hal penjualan unit terbanyak di Indonesia.

Prestasi tersebut tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Advan selalu merilis smartphone yang berkualitas meski dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli salah satu smartphone buatan Advan ini, kali ini Carisinyal akan mengulas daftar smartphone terbaru yang dirilis oleh Advan. Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. Advan NASA Pro

Advan NASA Pro
Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Meski harganya cuman 1 jutaan, namun HP Advan yang satu ini rupanya sudah gunakan port USB Type-C alih-alih microUSB. Advan NASA Pro juga merupakan varian yang fitur-fitur kameranya cukup layak diandalkan, dengan hasil foto cerah dan akurasi warna baik selama pada kondisi pencahayaan cukup.

Layarnya mendapatkan peningkatan cukup drastis dibandingkan Advan NASA Plus yang jadi pendahulunya, terlebih karena kini sudah diusung dengan desain waterdrop notch yang lebih terbaru ketimbang Full View.

Advan NASA Pro juga hadirkan pengalaman sistem operasi yang unik, karena nyaris tidak dapat ditemukan bloatware di dalamnya. Sehingga, kapasitas internal yang ditawarkan murni untuk menampung aplikasi atau file yang Anda hendaki saja.

Jika perlu HP murah namun tidak murahan yang cocok untuk aktivitas Netflix, YouTube, ataupun sekadar bermedsos ria, HP ini sungguh tidak akan mengecewakan.

2. Advan G9 Perfecto

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (depth) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Harga Advan G9 Perfecto ketika pertama kali diluncurkan adalah Rp1.299.000, tetapi kemudian turun jadi Rp1,1 jutaan. Banderol ini tentu lebih murah daripada pendahulunya, yakni Advan G9. Sang pendahulu punya harga Rp1,49 juta saat pertama kali diedarkan.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk meminang Advan G9 Perfecto, apalagi desainnya kece. Selain itu, Advan meningkatkan resolusi kamera utamanya dari 13 MP menjadi 16 MP. Untuk penggunaan sehari-hari, HP ini mampu memberi performa yang lancar. Baik itu browsing, menyetel video, atau berkirim pesan.

Kelancaran performa didapat berkat pemakaian sistem operasi Android murni. Anda pun masih bisa memakai HP ini untuk memainkan gim seperti Mobile Legends dan PUBGM. Syaratnya, Anda tidak mengubah setelan grafik ke tingkat tertinggi. Selengkapnya mengenai HP ini bisa disimak di artikel kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto.

3. Advan G5 Plus

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 3500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Advan G5 Plus hadir buat kalian yang doyan berlama-lama menatap layar ponsel. Entah untuk menonton film, belajar secara daring, atau menggulir-gulir lini masa media sosial. Layar HP ini cukup lebar, 6,6 inci, dengan resolusi HD+. Ukuran yang lebar membuat pengguna akan nyaman, apalagi gambar yang muncul tajam.

Masalah performa, HP ini cukup bisa diandalkan untuk melahap beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu alias multitasking. Hal itu bisa dilakukan karena Advan G5 Plus punya RAM yang cukup, yaitu 3 GB. Soal kapasitas memori internal, 32 GB mungkin pas-pasan untuk standar zaman sekarang.

Namun, Anda dapat memanfaatkan slot microSD untuk menambah kapasitas simpan HP ini hingga 128 GB. File-file media bisa dialihkan ke microSD, sehingga memori internal jadi lebih lapang. Adapun Advan G5 Plus dirilis dengan sistem operasi Android 11, dan dilepas ke pasaran dengan banderol Rp1 jutaan. Tertarik meminangnya?

4. Advan GX

Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Pada Juli 2021, Advan meluncurkan HP yang layak untuk diapresiasi. HP yang dimaksud adalah Advan GX, smartphone seharga Rp1 jutaan. HP ini patut diapresiasi karena memiliki performa yang bisa bersaing dengan merek luar negeri. Hal itu tidak mustahil karena Advan GX memakai SoC UNISOC Tiger T618.

SoC keluaran 2019 ini dibuktikan oleh beberapa penguji mampu mendongkrak performa Advan GX. Jagat Review misalnya, mereka membuktikan bahwa HP ini mampu memainkan gim berat Genshin Impact dengan frame rate sekitar 25-35 fps. Kalau Genshin Impact saja bisa, berarti gim lain seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile pasti lancar.

Tak hanya tangguh, Advan GX juga terbukti punya daya tahan baterai sip. Menonton video streaming di YouTube hanya bikin baterainya berkurang 4 persen, menurut Gadgetin. Hanya saja, urusan hasil jepretan masih harus ditingkatkan lagi. Bukan masalah hardware-nya, tetapi software post processing gambar.

Memperbaiki software tentu akan meningkatkan kualitas foto secara signifikan. Ketajamannya makin baik, komposisi warnanya pas, dan kian terhindar dari blur.

5. Advan G5 Elite 2021

Advan G5 Elite 2021 Carisinyal
Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 3 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 13 MP ()
Baterai Li-Po 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Advan mengawali kuartal 1-2021 dengan menghadirkan perangkat terbarunya yang diberi nama Advan G5 Elite 2021. Ponsel ini adalah versi teranyar dari pendahulunya, Advan G5 Elite. Kendati demikian, perangkat ini datang ke pasaran membawa perbedaan di beberapa aspek.

Salah satu yang menonjol ada pada sektor kameranya, Advan G5 Elite 2021 menyematkan konfigurasi kamera yang jauh lebih besar. Pada kamera belakangnya punya resolusi berukuran 13 MP, sementara untuk kamera depan berukuran 5 MP.

Ponsel dengan chipset Unisoc SC9832E ini disuntikan dengan daya berkapasitas 3000 mAh. Dioperasikan oleh Android 10, per unit Advan G5 Elite 2021 dipatok Rp1,09 juta. Sebuah ponsel murah dengan spesifikasi yang oke, punya rencana untuk membawa pulang Advan G5 Elite 2021?

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram