carisinyal web banner retina

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Advan G9 Perfecto

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 6 September 2021

Advan Indonesia merilis satu ponsel baru pada Agustus 2021. Ponsel yang dirilis dengan harga Rp1 jutaan tersebut adalah Advan G9 Perfecto. Kehadiran HP ini melengkapi dua HP Advan G9 Series lain yang telah dirilis pada November 2020, yaitu Advan G9 dan Advan G9 Pro.

Secara harga, Advan G9 Perfecto adalah yang paling murah ketimbang saudaranya. Pasalnya, G9 Perfecto dirilis dengan harga normal Rp1.299.000. Sementara itu, saat diluncurkan pertama kali, Advan G9 dihargai Rp1,49 juta, sedangkan Advan G9 Pro Rp1,65 juta.

Banderol harga yang lebih murah ini tentu menjadi satu hal menarik dari Advan G9 Perfecto. Lantas adakah hal-hal menarik lain yang dimiliki ponsel ini? Untuk mengetahuinya, mari kita bahas bersama dalam artikel kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto ini!

Spesifikasi Advan G9 Perfecto

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Advan G9 Perfecto 1
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,6 inci HD+
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: Power VR Rogue GE8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus) hingga 128 GB
  • Kamera Belakang: 16 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Advan G9 Perfecto

Advan G9 Perfecto membawa banyak hal yang semestinya dimiliki oleh ponsel kelas entri. Namun, ia juga punya beberapa hal yang istimewa untuk kelasnya. Penjelasan mengenai dua hal itu ada dalam poin-poin kelebihan di bawah ini.

1. Desain Keren

Advan G9 Perfecto memberikan perbedaan yang sangat kentara jika dibandingkan dengan si kembar Advan G9 dan G9 Pro. Perbedaan itu khususnya ada pada desain penutup belakangnya.

Penutup belakang plastik Advan G9 Perfecto mempunyai efek hologram yang menampilkan huruf "X" yang keren. Efek ini tampak ketika cahaya menerpa penutup belakangnya. Sementara itu, penutup belakang Advan G9 dan G9 Pro menimbulkan efek seperti pancaran cahaya ke segala arah, yang dimulai dari modul kamera.

Menurut pemilik kanal YouTube GontaGantiHape, Irfan Hilmy, polesan yang diberikan pada penutup belakang Advan G9 Perfecto berjenis matte, bukan glossy. Imbasnya, berkas sidik jari tidak mudah menempel.

Selain penutup belakang, ciri desain yang dipunyai Advan G9 Perfecto sama dengan G9 dan G9 Pro bersaudara. Hal itu yakni penempatan tombol, port, lubang speaker dan mikrofon, hingga layar yang bergaya ala tetesan air.

Dimensi HP ini pun sama dengan Advan G9 dan G9 Pro, yakni 165 x 76,3 mm x 9,5 mm. Bobotnya 191 gram, terbilang tidak berat mengingat baterai yang digendongnya 5200 mAh dengan bentang layar 6,6 inci.

2. Tampilan

Sektor tampilan Advan G9 Perfecto diperkuat oleh layar IPS LCD dengan bentang 6,6 inci dan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Rasio yang dipakai sudah kekinian (20:9).

Bezel kiri, kanan, dan atas sudah tampak tipis, sedangkan bagian bawahnya masih agak tebal. Bezel bawah yang agak tebal bukanlah sebuah masalah buat mereka pengguna navigasi gestur. Sebab, bezel bagian bawahnya membuat ibu jari jadi punya landasan untuk melakukan usapan ke atas. Begitu menurut kanal YouTube GontaGantiHape,

Sementara itu, ukuran layar yang 6,6 inci masuk kategori luas. Sebagian orang akan menyukainya karena dapat memberikan kepuasan. Lebih-lebih jika si ponsel digunakan untuk menonton film, main game, hingga video conference saat seminar atau belajar online.

Menurut Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, kualitas layar Advan G9 Perfecto cukup baik karena masih nyaman dipakai di luar ruangan. Konten yang ditampilkan masih terlihat jelas kendati dilihat dari berbagai sudut pandang.

Adapun layar Advan G9 Perfecto mampu mendeteksi sentuhan hingga lima jari. Selain itu, Advan telah memasang lapisan antigores pada permukaan layar si ponsel sebagai perlindungan.

4. RAM Besar

Advan G9 Perfecto membawa konfigurasi memori 32 GB ruang simpan dan 4 GB RAM. Ukuran ini memang tidak jauh lebih besar ketimbang Advan G9 Pro yang punya storage 64 GB dengan RAM 6 GB.

Namun, RAM 4 GB masih oke untuk pemakaian standar ala masa kini. RAM 4 GB juga termasuk jarang ditemui pada smartphone di kisaran harga Rp1 juta lebih sedikit. Advan G9 Perfecto pun memanen manfaat akibat dari kapasitas RAM-nya yang besar.

RAM 4 GB membuat performa multitasking Advan G9 Perfecto baik-baik saja, berdasarkan pengalaman para penguji. Selain RAM besar, faktor lain yang memengaruhi kelancaran pemakaian adalah sistem operasi yang ringan. Ya, Advan G9 Perfecto memakai Android 10 murni yang bersih iklan dan tanpa kostumisasi.

5. Slot, Port, dan Speaker

Memori internal 32 GB untuk standar masa kini bisa dibilang pas-pasan. Dengan ukuran tersebut, pengguna mungkin akan lebih cermat memilih aplikasi mana yang harus dipasang dan tidak. Mereka juga mesti rajin melihat apakah file yang disimpan sudah membuat memori internal HP penuh atau belum.

Untungnya, Advan G9 Perfecto memiliki sebuah laci dengan tiga slot: dua untuk kartu SIM dan sisanya khusus buat kartu microSD. Adanya slot microSD khusus bisa Anda manfaatkan untuk menambah ruang simpan, khususnya untuk menyimpan file dokumen atau media.

Memasang kartu microSD pun menjadi solusi agar memori internal si ponsel lebih lega, sehingga aplikasi yang bisa dipasang lebih banyak. Selain menggunakan microSD, pengguna juga bisa mengalihkan sebagian file ke flashdisk.

Advan G9 Perfecto dapat membaca isi flashdisk karena port USB C yang dimilikinya mendukung USB On-The-Go. Posisi port USB C ada di atas, bersebelahan dengan jack audio 3,5 mm.

Sementara itu, HP ini memiliki speaker khusus yang letaknya ada di rangka bawah. Posisi di rangka bawah ini tentu merupakan sebuah benefit. Pasalnya, saat ponsel ditaruh di atas meja, suara yang dikeluarkan tidak akan terpendam seperti speaker yang lubangnya ada di penutup belakang.

Adapun keberadaan speaker khusus merupakan keistimewaan buat Advan G9 Perfecto. Pasalnya, ada HP lain di kelas harganya yang tidak memiliki speaker khusus. HP tersebut hanya punya earpiece yang juga difungsikan sebagai speaker.

Kualitas suara speaker khusus umumnya lebih lantang daripada earpiece yang merangkap tugas sebagai speaker. Menurut kanal YouTube TeknoLoGue dan GontaGantiHape, suara yang dikeluarkan speaker Advan G9 Perfecto cukup baik. Tidak cempreng, tidak pecah, meskipun elemen bassnya terdengar samar-samar.

6. Baterai

Sektor daya merupakan kelebihan selanjutnya yang dimiliki Advan G9 Perfecto. Alasannya, baterai berkapasitas 5200 mAh yang ia miliki termasuk besar. Kapasitas baterai sebesar itu membuat pemakaian ponsel selama satu hari lebih sangat memungkinkan, apalagi resolusi layarnya hanya HD+ dan sistem operasinya adalah Android 10 murni.

Durasi pemakaian satu hari lebih bisa diraih jika Anda menggunakan si ponsel secara wajar. Menurut pengujian kanal YouTube TeknoLoGue, baterai Advan G9 Perfecto hanya berkurang 9% setelah dipakai streaming YouTube selama 1 jam. Selama pengujian, HP tersambung pada koneksi WiFi, sedangkan kecerahan layarnya ada di level 50%.

Kekurangan Advan G9 Perfecto

Banyak hal menarik yang dibawa oleh Advan G9 Perfecto. Meski begitu, ada beberapa hal yang menurut kami patut dikoreksi. Hal-hal tersebut bersifat subjektif. Anda boleh setuju, tapi boleh juga tidak. Berikut penjelasannya.

1. Chipset Jadul

Advan G9 Perfecto memakai chipset keluaran 2018, Unisoc SC9863A. Chipset ini bisa dibilang jadul bukan karena tahun perilisannya. Namun, karena ia masih menggunakan fabrikasi 28 nm. Fabrikasi yang besar cenderung membuat HP lebih boros makan daya.

Selain itu, manajemen panasnya juga kurang baik, dan performa yang dikeluarkan tidak wah. Walau begitu, chipset ini memang dirancang tidak untuk mengejar performa tinggi. Hal itu terlihat dari tidak adanya core dengan arsitektur Cortex A7x.

Ya, CPU Unisoc SC9863A memakai delapan core dengan arsitektur Cortex A55. Empat core disetel pada frekuensi maksimal 1,6 GHz, sedangkan empat core lain mentok berjalan pada frekuensi 1,2 Ghz. Adapun chipset ini memiliki GPU PowerVR GE8322.

Dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube Riswan Zone, Advan G9 Perfecto bisa menjalankan gim Mobile Legends pada setelan grafik high. Namun, gambar yang tersaji tidak begitu lancar. Karena itu, sangat disarankan untuk menurunkan setelan grafik hingga level low.

Sementara itu, kanal YouTube TeknoLoGue dapat memainkan gim PUBG Mobile di HP ini pada setelan grafik smooth medium (default). Performa gaming yang biasa-biasa saja mengonfirmasi skor AnTuTu 8 Advan G9 Perfecto yang sekitar 98 ribuan. Terlepas dari itu, pemakaian sehari-hari ponsel ini masih tetap lancar.

2. Kamera Ultrawide Belum Ada

Advan G9 Perfecto merupakan versi peningkatan dari Advan G9. Peningkatan terlihat dari resolusi kamera yang digunakannya lebih besar.

Advan G9 Perfecto didukung dengan kamera utama dengan resolusi 16 MP, dengan bukaan f/2.2. Resolusinya naik 3 MP dari Advan G9. Kamera utama tersebut didampingi tiga kamera lain yang terdiri atas beauty camera, bokeh camera, dan kamera AI.

Ada satu lampu flash yang ditaruh di sisi buritan untuk menemani empat kamera belakang tersebut. Adapun resolusi maksimal video yang bisa dihasilkan kamera utamanya adalah Full HD (1080p pada 30fps).

Sementara itu, kamera swafoto Advan G9 Perfecto memiliki resolusi 8 MP, dengan aperture f/2.2. Kamera swafoto ini juga mengalami kenaikan resolusi 3 MP dibanding kamera depan Advan G9. Video yang bisa dihasilkan dari kamera ini punya resolusi maksimal HD (720p pada 30fps).

Berdasarkan pengamatan kami, kualitas jepretan HP ini cukup baik dengan catatan cahaya lingkungan mendukung. Ketersediaan cahaya yang cukup menentukan ketajaman foto dan kepekatan warna.

Mode HDR bisa dapat digunakan untuk menolong kamera ponsel mendapatkan rentang dinamis yang bagus. Misalnya, objek dengan tingkat kecerahan yang berbeda seperti rumah, pepohonan, dan langit dalam satu frame.

Namun, menurut pengalaman kanal YouTube TeknoLoGue, mode HDR membuat waktu pengambilan gambar jadi lama. Karena itu, pengguna harus bersabar dan berusaha meminimalkan getaran agar gambar yang diambil tidak blur.

Sementara itu, hasil rekaman video kamera Advan G9 Perfecto juga akan bagus saat cahaya lingkungan cukup. Detail yang diperoleh masih terlihat, penguncian fokus oke. Namun, fitur peredaman getaran belum ada.

Hal yang disayangkan mungkin adalah belum adanya kamera ultrawide dari barisan kamera belakang. Tiga kamera pendukung bisa dibilang hanya gimmick. Tanpa tiga kamera tersebut, kamera utama Advan G9 Perfecto tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Akan lebih baik apabila tiga kamera itu diganti dengan satu kamera ultrawide yang barangkali lebih sering dipakai. Hanya saja, absennya kamera ultrawide adalah hal yang masih bisa dimaklumi jika melihat lagi banderol harga si ponsel.

3. Pengisian Daya dan Sensor

Advan sudah keren dengan memberikan port USB C. Port USB ini mendukung sebuah ponsel untuk disisipi teknologi pengisian cepat. Meski begitu, teknologi Advan belum memberikan teknologi tersebut pada Advan G9 Perfecto.

Hal ini terlihat dari kepala charger yang disertakan dalam paket penjualan yang hanya memiliki output 10 W (5 Volt, 2 Ampere). Berdasarkan pengujian kanal YouTube TeknoLoGue, mengecas baterai HP ini sampai penuh butuh waktu 3 jam lebih. Lumayan lama.

Fitur penting selain teknologi pengisian cepat yang belum ada pada HP ini adalah sensor kompas. Ketiadaan sensor kompas membuat Anda tak bisa menentukan arah mata angin lewat Advan G9 Perfecto dalam keadaan offline. Adapun sensor yang dimiliki HP ini meluputi, akselerometer (G-sensor), proksimitas, dan cahaya.

4. OS Bukan yang Terbaru

Keputusan Advan untuk menyematkan sistem operasi Android murni patut diapresiasi. Pasalnya, Android murni yang tidak diutak-atik tampilannya cukup ringan. Ia tidak boros makan RAM, tidak pula memberi beban kerja lebih pada chipset. Imbasnya, HP bisa digunakan dengan lancar dan baterai jadi lebih awet.

Sayang, sistem operasi yang masih Android 10, belum Android 11. Kemudian, beberapa penguji yang mengecek mendapati bahwa security patch HP ini sudah lama tidak diperbarui. Di dalam menu pengaturan, tertulis bahwa security patch yang terpasang adalah rilisan Agustus 2020.

Pemakaian sistem operasi yang lawas mungkin tidak terlalu masalah, sebab HP hanya akan ketinggalan fitur terbaru. Namun, yang krusial adalah security patch karena hal ini terkait keamanan ponsel, termasuk keamanan data pengguna.

Simpulan

Advan G9 Perfecto mempertahankan apa yang sudah bagus pada Advan G9. Hal itu seperti RAM dan baterai yang besar, port USB C, dan adanya speaker khusus. Keunggulan tersebut belum tentu dimiliki HP dari brand lain di kelas harga serupa.

HP ini juga makin menarik karena dilepas dengan banderol yang lebih miring ketimbang Advan G9, mendapatkan peningkatan resolusi kamera, dan punya desain yang fresh. Selain itu, HP ini memakai Android murni yang relatif mudah dioperasikan.

Berbagai kelebihan yang dimiliki itu membuat Advan G9 Perfecto sulit disingkirkan dari daftar layak beli. Hanya saja, Anda mesti terima dengan lapang dada bahwa HP ini tidak cocok untuk aktivitas gaming berat. Beberapa komponen yang absen seperti teknologi pengisian cepat, kamera ultrawide, dan sensor kompas juga patut jadi catatan.

Ketika ditanya, untuk siapa HP ini diciptakan, jawabannya adalah untuk mereka yang merupakan pengguna simpel. Contohnya adalah pelajar yang butuh perangkat untuk mendukung kegiatan belajar online.

Pekerja seperti admin online shop dan driver ojek online juga dapat mempertimbangkan HP ini. Namun, seluruh isi dalam artikel ini hanyalah kumpulan pengalaman pakai dari para penguji, bukan rekomendasi mutlak. Karena itu, pilihan akhir tetap ada di tangan Anda!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram