carisinyal web banner retina

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 6 Juni 2021

Produsen HP asal Indonesia, Advan, terus berjuang di tengah gempuran ponsel-ponsel Tiongkok. Mereka pun meluncurkan Advan G5 Elite 2021 sebagai senjata untuk bersaing di kelas entri. Advan G5 Elite 2021 merupakan suksesor dari Advan G5 yang diperkenalkan pada Mei 2020.

CEO Advan Chandra Tansri mengatakan, kehadiran Advan G5 Elite 2021 dimaksudkan untuk memberikan pengalaman hiburan terbaik buat masyarakat. Menurutnya, pengalaman terbaik menikmati hiburan itu bisa didapat dari kombinasi layar dan memori yang besar, hal itu ada dalam Advan G5 Elite 2021. Menariknya, konsumen tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik.

Pasalnya, Advan membanderol G5 Elite 2021 dengan harga yang ramah kantong, hanya Rp1.090.000! Sebagai HP buatan Indonesia, Advan G5 Elite 2021 tentu patut dipertimbangkan untuk dijadikan pilihan. Karena itu, mari simak kelebihan dan kekurangannya seperti yang sudah disiapkan Carisinyal berikut ini.

Spesifikasi Advan G5 Elite 2021

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 1
  • Layar: IPS LCD 6,1 inci HD+
  • Chipset: UNISOC SC9832E
  • CPU: Quad-core 1,4 GHz
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 3000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kelebihan Advan G5 Elite 2021

Dari spesifikasi kunci di atas, kamu tentu sudah menebak mana saja bagian menarik dari Advan G5 Elite 2021. Maka dari itu, langsung saja kita bahas satu per satu!

1. Desain Oke

advan g5 elite desain bodi

Advan G5 Elite 2021 punya desain yang enak dipandang meski harganya murah. Dilihat dari bagian depan, layarnya yang bergaya 'tetesan air' itu sudah memakai kaca lengkung 2,5 D. Hal itu membuat si ponsel lebih nyaman digenggam. Sudut-sudut lengkung juga diteruskan ke bagian pojok untuk menghilangkan kesan kaku.

Beralih ke bagian rangka, ada tombol volume dan power di sisi kanan, colokan micro USB dan jack audio 3,5 mm di atas, serta speaker di bawah. Posisi ini tepat, terutama untuk jack audio dan speaker. Secara ergonomis, jack audio yang ditempatkan di atas membuat pengguna akan lebih mudah mencolokkan headset untuk mendengarkan lagu atau siaran radio, apalagi ketika ponsel dikantongi di saku kemeja atau celana.

Sementara itu, speaker yang diletakkan di bawah membuat keluaran suara Advan G5 Elite 2021 lebih lantang dibanding ponsel lain dengan speaker yang ditaruh di belakang. Hal ini bisa terjadi seperti saat ponsel diletakkan di meja.

Balik ke belakang, ada kover polikarbonat dengan tipe warna glossy yang menarik. Advan memberi tiga pilihan warna: hitam, biru gelap, dan biru. Warna yang disebut terakhir adalah yang paling keren. Sebab, ada semacam bintik-bintik silver menyala. Tak disangka, kovernya juga bisa dilepas untuk mengakses baterai, dua kartu sim, dan satu microSD.

Desain seperti ini memang terkesan jadul karena ponsel zaman sekarang nyaris seluruhnya yang sudah menganut unibody. Namun, manfaatnya adalah, kamu tak perlu repot-repot ke tempat servis untuk membongkar ponsel saat baterainya perlu diganti. Tinggal beli saja baterai yang baru lalu pasang sendiri.

2. RAM Besar di Kelas Harganya

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 4

Ternyata masih ada ponsel baru yang menyertakan RAM hanya 2 GB, sebut saja Infinix Hot Play 10 dan Redmi 9A. Di rentang harga serupa, Advan berani memberi RAM yang lebih lega, yakni 3 GB, pada Advan G5 Elite 2021. Hadirnya RAM dengan kapasitas lebih besar tentu saja menjamin kelancaran penggunaan secara multitasking.

Hal ini tentu cocok buat sebagian orang Indonesia yang punya akun media sosial lebih dari satu. Serta suka berbelanja tidak di satu toko online. RAM 2 GB yang ada di dalam jeroan Advan G5 Elite 2021 disandingkan dengan memori internal 16 GB bertipe eMMC 5.1.

Di sisi lain, tim pemasaran Advan sepertinya harus belajar lebih untuk mengkomunikasikan salah satu aspek kelebihan dari produknya itu. Sebab, mereka menyebut kapasitas RAM 3 GB dengan istilah triple RAM. Istilah ini bisa menjadi rancu karena triple RAM lazim diasosiasikan dengan konfigurasi tiga keping RAM. Padahal yang tertanam di motherboard si HP adalah sekeping RAM berukuran 3 GB.

3. Layar Lumayan Lebar

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 6

Sejak kemunculan iPhone pada 2007, smartphone selalu mengalami peningkatan ukuran layar dari tahun ke tahun. Keputusan produsen untuk memperbesar ukuran layar sebanding dengan keinginan konsumen menyaksikan sebuah konten secara lebih. Advan pun tahu akan hal itu dengan merancang layar berukuran 6,1 inci berpanel IPS buat G5 Elite 2021.

Ukuran 6,1 inci sudah pas buat standar zaman sekarang. Malah sedikit lebih nyaman bila digunakan dengan satu tangan dibanding ponsel lain yang punya bentang layar 6,5 inci ke atas. Detail yang disajikan di layar ponsel ini juga dijamin oke karena mengusung resolusi HD+ (720 x 1560).

Hal menarik lain dari layarnya yakni mendukung sentuhan hingga 10 jari. Kemudian, kamu tak perlu melakukan pengaturan kecerahan layar secara manual. Pasalnya, Advan G5 Elite 2021 punya sensor cahaya yang otomatis menyesuaikan dengan kondisi. Hal ini penting ketika kamu menggunakan ponsel, misalnya dari luar menuju ke dalam ruangan yang agak gelap.

4. Kamera Cukup

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 8

Advan tidak memberi penjelasan secara spesifik mengenai konfigurasi kamera belakang maupun depannya. Hanya ada deskripsi resolusi 13 MP buat kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan. Beberapa kanal YouTube yang mengulas Advan G5 Elite 2021 bilang bahwa kualitas jepretan kamera belakangnya cukup baik.

Gambar yang dihasilkan punya warna natural dan detailnya oke. Hanya saja, penguncian fokusnya kadang bermasalah terutama saat menjepret gambar yang bergerak. Sedangkan kamera depannya cukup untuk kelas harganya. Untuk perekaman video, resolusi tangkapan yang bisa dihasilkan adalah 720p untuk kamera depan, dan 1080p buat kamera belakang. Adapun kamera depannya juga sudah tersemat fitur Face ID (pengenalan wajah) untuk sarana keamanan.

5. Lebih Lega dengan Tiga Slot

advan g5 elite face id

Memori internal 16 GB memang terasa pas-pasan, apalagi ukuran aplikasi kini sudah besar-besar. Untungnya, Advan G5 Elite 2021 tidak memakai konfigurasi slot hybrid. Ada dua slot kartu SIM plus satu kartu microSD (khusus) yang bisa diakses dengan membuka penutup belakangnya.

Konfigurasi seperti ini mememungkinkan pengguna memanfaatkan storage-nya hanya untuk menyimpan file aplikasi. Sedangkan file seperti dokumen, foto, lagu, video, dan lain sebagainya ditampung di dalam kartu microSD. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir memori ponsel lekas penuh. Sebagian file juga bisa kamu limpahkan ke flashdisk karena Advan G5 Elite 2021 mendukung USB On-The-Go.

Kekurangan Advan G5 Elite 2021

Ada beberapa catatan lain yang perlu diperhatikan dari Advan G5 Elite 2021, yaitu poin-poin kekurangannya. Gambaran secara menyeluruh sebuah ponsel tentu bisa didapat jika mengetahui kelebihan maupun kekurangannya. Berikut poin-poin kekurangan Advan G5 Elite 2021.

1. Ukuran Baterai

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 11

Advan mengklaim kapasitas baterai 3000 mAh cukup membuat Advan G5 Elite 2021 menyala seharian. Namun, jika dibandingkan dengan merek-merek lain, kapasitas tersebut jelas kurang. Rata-rata produsen ponsel sekarang paling tidak memberi baterai dengan ukuran 4000 mAh.

Ukuran 4000 mAh dinilai banyak pihak sudah menjadi standar minimal untuk menunjang aktivitas penggunaan ponsel yang kini semakin intens. Hal minor lain yang berkaitan dengan baterai adalah lama pengisiannya. Ponsel ini butuh waktu paling cepat 3,6 jam dari 0 sampai penuh jika dicas dengan adaptor 5 volt 1 ampere yang disertakan dalam paket penjualan.

2. Chipset Ketinggalan Zaman

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 13
(sumber: UNISOC | https://youtu.be/R1buC0KGV9E)

Ukuran baterai 3000 mAh bisa jadi terlihat semakin kurang lantaran dipadukan dengan chipset UNISOC SC9832E. Chipset bikinan produsen asal Tiongkok ini tergolong jadul. Bukan karena umurnya (muncul 2018), melainkan karena proses fabrikasinya yang masih cukup besar, 28 nm. Dewasa ini, chipset-chipset ponsel kelas entri sudah memakai arsitektur belasan, bisa 16, 14, 13, atau 12 nm.

Secara teori, semakin kecil desain litografi yang dipakai, semakin efisien pula daya yang dikonsumsi. Dalam hal ini UNISOC SC9832E kalah efisien dalam mengonsumsi daya. Selain itu, performa chipset empat inti 1,4 GHz ini juga kurang bertenaga. Pengguna mungkin tidak menemui masalah berarti jika ponsel digunakan untuk pemakaian kasual, seperti bermain sosial media, menonton video, dan berselancar di berbagai situs web.

Namun, ponsel ini jelas kurang mumpuni jika dipakai untuk memainkan gim berat. Beberapa kanal YouTube memang menyatakan bahwa Advan G5 Elite 2021 playable untuk gim seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Free Fire. Hanya saja, pengalamannya jelas akan jomplang bila dibandingkan dengan ketika memainkan gim seperti Subway Surfer atau Candy Crush.

3. Tidak Ada Pemindai Sidik Jari

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 15
(sumber: advandigital.com)

Tidak selamanya pemindai wajah bisa diandalkan untuk sarana keamanan. Misalnya, ketika kondisi pencahayaan kurang, kamera depan tentu akan kesulitan mengenali wajah si pemilik ponsel. Bahkan, beberapa ponsel bisa gagal mengenali wajah jika si pemilik sedang mengenakan masker.

Karena itulah sensor pemindai sidik jari mesti tetap ada. Entah itu ditaruh di belakang, di samping, atau di depan. Sayang, Advan G5 Elite 2021 belum menyertakan sensor pemindai sidik jari. Advan tentu bisa melakukan perbaikan dengan menghadirkan fitur ini di ponsel kelas entri mereka pada waktu mendatang.

4. Tidak Ada Sensor Kompas

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 17
(sumber: id.m.wikipedia.org)

Advan sudah bagus menyertakan sensor cahaya supaya layar G5 Elite 2021 melakukan autobrightness untuk menyesuaikan kondisi. Sensor akselerometer juga hadir yang membantu orientasi ponsel saat digunakan dalam mode portrait atau landscape. Hanya saja, sensor esensial lain yang mesti ada di HP masih absen, yaitu sensor kompas.

Kamu yang sering bepergian otomatis hanya bisa mengandalkan aplikasi peta seperti Google Maps untuk mengetahui arah mata angin. Itu pun harus terhubung dengan internet. Ketiadaan sensor giroskop bukanlah masalah serius buat ponsel ini, mengingat kegunaan utamanya bukan untuk bermain gim.

5. Bluetooth Lawas

Yuk, Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021! 19
(sumber: hub.yamaha.com)

Di saat beberapa ponsel lain sudah mengadaptasi teknologi Bluetooth 5.0 ke atas, Advan G5 Elite 2020 masih menggunakan versi 4.2. Jika digunakan untuk mentransfer data berukuran ringan seperti foto atau teks, Bluetooth 4.2 dan yang lebih baru mungkin tidak terasa bedanya. Perbedaan akan terasa bila ponsel digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan kemampuan lebih, seperti mendengarkan lagu dengan headset nirkabel.

Maka tak heran jika lagu yang kamu setel akan mengalami delay di ponsel ini. Hal ini bisa terjadi karena Bluetooth 4.2 punya kecepatan transfer maksimum 3 Mb/detik, atau setengah dari Bluetooth 5.0. Selain itu, radius jangkauannya juga 4x lebih sempit ketimbang Bluetooth 5.0 (61-244 meter).

Demikian ulasan soal kelebihan dan kekurangan Advan G5 Elite 2021. Dalam paket penjualannya, ponsel bersistem operasi Android 10 ini dilengkapi dengan kabel microUSB, adaptor, softcase, dan screen protector yang telah terpasang di layar. Di beberapa toko online, kamu bisa memperoleh ponsel ini dengan harga sekitar Rp900 ribuan saja, meskipun banderol resminya adalah Rp1.090.000.

Dengan harga tersebut, kamu mendapatkan ponsel dengan tampang keren. Namun, kamu juga mesti menoleransi faktor ketahanan baterai dan performa yang kurang mantap. Di kisaran harga sama, Advan G5 Lite 2021 harus bertarung dengan Redmi 9A, Infinix Hot 10 Play, hingga itel Vision 1 Plus. Pilihan ada di tangan kamu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram