carisinyal web banner retina

Menyibak Kelebihan dan Kekurangan Advan Tab Belajar Elite

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa proses pembelajaran bagi siswa saat ini masih berlangsung secara daring atau online dikarenakan pandemik yang tidak kunjung reda.

Sistem belajar online di rumah ini diharapkan dapat mengurangi terjadinya penyebaran virus secara luas. Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kesehatan peserta didik agar tidak terpapar virus.

Akan tetapi, sayangnya kebijakan ini tidak ditopang dengan teknologi yang memadai. Banyak masyarakat khususnya orang tua siswa yang merasa terbebani karena anaknya tidak mempunyai perangkat yang mumpuni untuk kegiatan belajar di rumah.

Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, Advan, perusahaan ponsel pintar asal Indonesia hadir menawarkan solusinya. Solusi yang ditawarkan Advan adalah dengan mengeluarkan produk terbaru bernama Advan Tab Belajar Elite.

Tab garapan Advan ini memungkinkan siswa dapat menyelesaikan tugas sekolah di rumah dengan suguhan spesifikasi menarik. Perangkat yang dirilis pada Februari 2021 tersebut muncul dengan harga terjangkau yaitu sekitar Rp 1,39 jutaan saja.

Dengan harga yang ramah di kantong tersebut, Advan Tab Belajar Elite tidak kalah keren dengan produk lain. Apalagi dengan gelar 'Elite' di belakang namanya, Tab berwarna hitam ini pasti memiliki kualitas oke di kelasnya. Untuk mengetahui spesifikasi dari Advan Tab Belajar Elite, kamu bisa membaca sampai tuntas berikut ini:

Spesifikasi Advan Tab Belajar Elite

Advan Tab Belajar Elite
  • Rilis: Februari 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif IPS LCD, 8 inci
  • Chipset: Unisoc SC9832E (28 nm)
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Advan Tab Belajar Elite

Setelah kamu membaca spesifikasi di atas, sudah kamu bertemu dengan kelebihan dari Advan Tab Belajar Elite? Ets, tidak perlu risau jika kamu belum menemukan keunggulan dari perangkat Advan ini karena Carisinyal dengan senang hati akan membeberkannya. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

1. Dirancang dengan Layar yang Luas

Advan Tab Belajar Elite Carisinyal B

Sudah tabiatnya kalau sebuah tablet digarap dengan layar berukuran luas sebesar 8 inci. Layar yang memiliki resolusi HD ini disertai oleh ketajaman gambar sebanyak 189 ppi, menjanjikan kenyamanan bagi mata pengguna khususnya para siswa atau anak-anak saat menatap layar.

Lalu, layar dari Advan Tab Belajar Elite mengusung panel berteknologi IPS LCD yang dipercaya punya kecerahan dan sudut pandang apik di kelasnya. Selain itu, panel tersebut diklaim tidak akan mengkonsumsi daya baterai banyak alias irit. Desain dari tab ini terbilang ramping dan ringan yang bobot sebesar 364 gram dengan dimensi berukuran 211 x 124 x 9,7 mm.

2. Daya Baterai yang Awet

Advan Tab Belajar Elite Carisinyal Baterai

Kadang kita suka kesal kalau tiba-tiba perangkat mendadak mati atau baterainya mulai sekarat. Namun, kejadian tersebut tidak akan terjadi pada Advan Tab Belajar Elite karena sudah diberkati oleh sistem baterai yang mumpuni. Pengguna dari tablet ini akan disuguhkan oleh daya baterai Li-Po tanam berkapasitas 4.300 mAh.

Dengan sistem manajemen power yang jempolan, baterai dari Advan Tab Belajar Elite dipercaya dapat menemani para siswa belajar dengan anteng. Begitupun di saat penggunannya ingin bersantai dengan membuka berbagai konten hiburan, dijamin baterainya akan awet sepanjang hari.

3. SoC Beroperasi Mulus

unisoc

Aspek lain yang bisa dibanggakan dari Advan Tab Belajar Elite adalah System on Chips (SoC). Dapur pacunya mampu melaju gesit sesuai kelasnya, hal ini tidak lepas dari dukungan chipset Unisoc SC9832E yang didasarkan pada proses 28 nanometer.

Untuk mendongkrak kinerjanya, perangkat ini memakai CPU Quad-core yang memiliki clock speed 1.4 GHz. Dipadukan oleh Mali-T820 MP1 sebagai GPU-nya supaya tablet Advan ini mampu memproduksi tampilan visual yang optimal.

Tatkala semakin ngebut karena punya ruang penyimpanan lumayan memadai dalam kombinasi 3/16 GB, juga bisa ditingkatkan menggunakan microSDXC.

Saat dirilis tablet pintar ini berjalan di atas sistem operasi Android 10 yang menghadirkan sejumlah fitur terbaru meliputi Sound Amplifier, Smart Reply, mode Focus, Live Caption, mode gelap, hingga family link.

Gabungan dari jeroan tersebut mampu menghasilkan performa yang mulus dan pastinya akan membuat pengguna khususnya para siswa bersemangat untuk belajar.

4. Fitur Konektivitas Dapat Diandalkan

bluetooth 4.2

Terdapat beberapa fitur konektivitas yang bisa diandalkan dari perangkat di kelas pemula ini seperti USB bertipe microUSB 2.0 dan USB On-The-Go, sistem navigasi A-GPS, Wifi, dan Bluetooth versi 4.2.

Pengguna akan dimudahkan dengan kehadiran USB On-The-Go karena dengan begitu dapat membaca flashdisk dan melakukan pertukaran file (edit, baca atau kirim) dengan mudah.

Kemudian, sistem navigasi berkolaborasi dengan perusahaan A-GPS yang berasal dari Amerika. Sistem navigasi ini bisa dibilang akurat dalam menentukan posisi atau lokasi karena menerapkan metode berbasis pada waktu.

Sementara, fitur WLAN-nya terdiri dari Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan hotspot yang dapat terhubung dengan jaringan internet dengan cepat.

Beralih pada teknologi Bluetooth-nya yang mengung edisi 4.2, diklaim akan menyuguhkan keamanan yang tinggi dengan kecepatan unduhnya yang mencapai 2.6 kali lebih cepat. Tentunya sensor-sensor yang dihadirkan pada Advan Tab Belajar Elite dipercaya dapat menunjang proses pembelajaran siswa secara online.

Kekurangan Advan Tab Belajar Elite

Sama halnya perangkat elektronik lain di luaran sana, Advan Tab Belajar Elite juga menyimpan kekurangan pada dirinya dalam beberapa aspek. Bagi kamu yang penasaran mengenai kekurangan apa saja yang dimiliki oleh Advan Tab Belajar Elite, Carisinyal akan menguraikannya ke dalam beberapa poin berikut ini:

1. Minimnya Suguhan Sensor

Sidik jari

Sepertinya kamu harus memasang keamanan pola, kata sandi atau sejenisnya pada perangkat Advan ini. Pasalnya, tablet elit ini tidak menyelipkan teknologi pemindai sidik jari pada tubuhnya.

Padahal saat ini banyak sekali tablet-tablet mulai dari kelas pemula hingga andalan yang mengimplementasikan sidik jari sebagai menyokong tingkat keamanan yang lebih ketat.

Lalu, sensor apa yang ada di tablet belajar ini? Setelah ditelisik dari spesifikasinya, Advan Tab Belajar Elite hanya menghadirkan sensor akselerometer yang memiliki tugas untuk mengukur kecepatan suatu objek. Selain itu, fungsinya untuk membantu perangkat untuk mengubah layar dari landscape ke portrait atau portrait ke landscape.

Jadi, bagi kamu yang berharap tablet ini memiliki sensor kompas, gyro, atau proksimiti sebaiknya untuk memikirkan kembali untuk mengangkutnya. Namun, untuk menunjang proses pembelajaran siswa di rumah kehadiran sensor akselerometer sudah cukup.

2. Modul Kamera Terbilang Kecil

Advan Tab Belajar Elite Carisinyal A

Advan Tab Belajar Elite tampaknya kurang menyoroti aspek fotografi maupun videografinya. Ini terlihat pada konfigurasi kamera belakangnya yang hanya membawa satu sensor berukuran 5 MP dengan pemanfaatan teknologi Autofocus.

Selain itu, fiturnya juga hanya terdiri dari satu yang tidak lain adalah LED flash, berguna saat ingin membidik gambar di tempat minim cahaya.

Perangkat ini juga terbilang pelit dalam memberikan resolusi untuk para pengguna pada kamera depannya. Dikarenakan sensornya hanya sebesar 2 MP tanpa ditemani satu fitur pun. Sedangkan, untuk keahlian merekamnya melampirkan resolusi video berukuran 720p dengan jumlah frame setiap detiknya mencapai 30fps.

Mengingat sekarang banyak pengguna khususnya siswa yang sering melakukan pembelajaran lewat video group call. Maka seharusnya pada sektor kamera dan kemampuan merekamnya perlu ditingkatkan, sedangkan faktanya konfigurasi pada kamera Advan Tab Belajar Elite berukuran kecil.

3. Tidak Dilengkapi dengan Pen

Tablet Pen

Saat membeli Advan Tablet Belajar Elite, sebaiknya kamu harus menurunkan ekspektasi jika menginginkan pen khusus tablet. Bukan tanpa alasan, perangkat garapan anak bangsa ini tidak disertai dengan pensil atau pen khusus pendamping tablet.

Selain itu, visi dari kehadiran tablet ini adalah untuk mendampingi siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah bukan untuk aktivitas mendesain gambar yang dikhususkan seorang profesional. Jadi, sebelum membeli perangkat elit ini ketahui terlebih dahulu preferensi dan tujuanmu.

Simpulan

Bagi kamu yang sedang mencari tablet murah dengan kualitas oke untuk keperluan belajar, Advan Tab Belajar Elite dapat menjadi solusinya. Perangkat ini punya keunggulan dalam aspek layar yang lebar dengan kerapatan piksel mencukupi, SoC yang beroperasi lancar, baterai yang awet sepanjang hari, dan fitur konektivitas yang dapat diandalkan.

Walaupun begitu, Advan Tab Belajar Elite juga menyimpan beberapa kekurangan dalam beberapa aspek seperti tidak memiliki pensil khusus, sensor yang minim, dan konfigurasi kamera yang kurang tinggi. Menurutmu apakah ada lagi kekurangan dari tablet pintar ini?

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Advan Tab Belajar Elite, semoga dapat memberikan pencerahan mengenai seluk-beluk dari perangkat ini. Jangan lupa untuk pantau terus Carisinyal setiap waktu agar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai teknologi dan ponsel pintar, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram