carisinyal web banner retina

Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan Tab A8 (2022)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Advan terus berinovasi dalam menghadirkan perangkat-perangkat menarik. Inovasi mereka kian gencar sekalipun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Advan tampaknya melihat pandemi sebagai peluang, alih-alih stagnan dari persaingan.

Beragam produk yang mendukung aktivitas belajar online pun mereka tawarkan. Salah satunya adalah Advan Tab A8 (2022) yang mereka rilis pada Juni 2022. Tablet ini menarik karena dibanderol dengan harga hanya 1 jutaan.

Akan tetapi, bukan cuma harga terjangkau yang jadi daya tarik Advan Tab A8. Beragam daya tarik sang tablet akan coba kami paparkan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Advan Tab A8 ini. Simak pembahasannya sampai akhir!

Spesifikasi Advan Tab A8 (2022)

advan tab a8
Layar IPS LCD 8 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Advan Tab A8 (2022)

Harga miring bukan alasan bagi produsen untuk menciptakan produk asal-asalan. Advan Tab A8 pun menjadi bukti bahwa tablet 1 jutaan cukup menarik. Alasannya karena tablet ini memiliki berbagai kelebihan seperti berikut.

1. Desain Standar Tapi Ergonomis

advan tab a8

Desain tablet di level 1 jutaan memang tidak ditujukan untuk mengejar sisi estetika. Itulah mengapa Advan Tab A8 masih memiliki bingkai layar yang cukup tebal. Material bodi tablet ini juga bukan aluminium, melainkan plastik polikabonat.

Sektor desain pada Advan Tab A8 lebih ditujukan untuk memenuhi hal yang fungsional: ergonomika. Bagian tepi dan rangka membulat memberi jaminan kenyamanan genggam bagi penggunanya.

Selain itu, penutup belakang tablet ini memiliki tekstur garis-garis dan finishing matte yang membuatnya tidak licin saat dicengkeram. Penutup belakang tersebut juga memiliki pola garis selang-seling, sehingga penampilannya tidak monoton.

Adapun Advan Tab A8 memiliki ukuran 211 x 124 x 9.7 mm. Advan tidak memberi keterangan mengenai bobot tablet ini. Varian warna yang tersedia buat tablet ini ada dua: abu-abu dan biru.

2. Tampilan Cukup Oke untuk Sekelasnya

advan tab a8

Advan Tab A8 dibekali layar berpanel IPS dengan bentang 8 inci. Layar tersebut memiliki resolusi HD+ alias 1280 x 800 piksel. Panel IPS memberikan tampilan dengan kualitas warna dan sudut pandang yang baik.

Maka tablet ini sudah pas dipakai buat menonton film, mengikuti rapat jarak jauh, hingga belajar online. Terlebih bentang layarnya cukup lebar. Keunggulan selanjutnya dari layar Advan Tab A8 ada pada responsivitasnya.

Layar tablet dengan baterai 4000 mAh ini cukup responsif karena mendukung sentuhan hingga lima jari. Memainkan gim seperti Guitar Hero dan sejenisnya akan nyaman ketika layar perangkat mendukung sentuhan lebih dari dua jari.

3. Dapur Pacu yang Cocok untuk Penggunaan Harian

advan tab a8

Jeroan Advan Tab A8 diperkuat oleh chipset UNISOC (Spreadtrum) SC9832E. Chipset keluaran 2018 ini memiliki empat core CPU Cortex A53 dengan clock speed 1,4 Ghz. UNISOC SC9832E juga mengandung GPU Mali T820 MP1 untuk urusan olah grafis.

UNISOC SC9832E jelas bukan chipset yang kencang karena masih quadcore, tidak punya core performa, dan dibikin dengan fabrikasi 28 nm yang jadul. Namun, chipset ini masih sanggup menghadirkan performa harian yang lancar.

Pasalnya, Advan mengawinkannya dengan RAM 3 GB dan sistem operasi Android 11 murni. RAM 3 GB akan memberikan keleluasaan untuk membuka lebih banyak aplikasi, sehingga multitasking dapat berjalan lancar.

Sementara itu, sistem operasi Android murni memiliki ukuran yang ringan karena tidak diutak-atik atau dilapisi antarmuka tambahan. Sistem operasi ringan tentu dapat dijalankan dengan baik oleh hardware yang biasa-biasa saja.

4. Mendukung Dual Sim Card

advan tab a8

Internet kabel - yang kemudian disalurkan melalui jaringan WiFi - masih jadi pilihan utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Internet jenis ini memiliki koneksi stabil, kencang, dan biayanya murah karena ditanggung oleh beberapa pengguna.

Namun, apa jadinya kalau listrik mati? WiFi tentu lumpuh dan seluruh aktivitas yang memanfaatkan internet akan berhenti. Hal yang seperti itu bisa ternyata diantisipasi oleh Advan Tab A8.

Pasalnya, selain mendukung WiFi, tablet ini dapat tersambung ke jaringan seluler 4G dari seluruh operator yang ada di Indonesia. Dukungan jaringan seluler buat tablet ini juga penting, lebih-lebih jika penggunanya tinggal di tempat yang belum berlangganan internet kabel dengan instalasi WiFi.

Kehadiran dual SIM ini tergolong patut diapresiasi. Pasalnya, masih cukup banyak tablet di kelas harga murah yang hanya mendukung jaringan WiFi saja.

5. Colokan dan Slot SIM

advan tab a8

Biasanya HP dan tablet di harga 1 juta lebih sedikit masih memakai port microUSB. Namun, Advan Tab A8 lain daripada yang lain. Tablet ini sudah menggunakan port USB C yang mutakhir.

Posisi port USB C tablet ini ada di sisi atas dalam orientasi portrait. Port USB C jauh lebih fleksibel ketimbang microUSB karena bisa dicolok bolak-balik. Selain port USB C, Advan Tab A8 juga memiliki jack audio 3,5 mm untuk earphone.

Sementara itu, karena tablet ini mendukung jaringan seluler, otomatis slot SIM tersedia. Dua kartu SIM bisa ditampung sekaligus pada slot tersebut. Namun, jika Anda ingin memasang kartu microSD, hanya satu kartu SIM yang bisa ditampung. Artinya, slot SIM tablet ini bersifat hibrida.

6. Paket Penjualan yang Lengkap

advan tab a8

Paket penjualan Advan Tab A8 terhitung lengkap. Anda akan memperoleh charger 10W, kabel USB C, SIM ejector, dan screen protector yang sudah terpasang pada layar.

Tak hanya situ, sebab flip case dan kartu perdana Smartfren juga ada. Anda tak perlu pusing lagi mencari aksesori buat Advan Tab A8.

Sebagai informasi, flip case yang disertakan dalam paket penjualan dapat dijadikan sebagai penyangga ketika tablet dalam orientasi landscape.

Sementara itu, kartu perdana Smartfren tersebut memiliki bonus kuota 17 GB per bulan selama dua tahun. Adapun Advan Tab A8 mendapat garansi resmi selama 12 bulan.

Kekurangan Advan Tab A8 (2022)

Advan Tab A8 tidak diciptakan untuk semua orang. Karena itu, Anda mesti memperhatikan poin-poin di bawah ini. Anda bisa saja menganggap poin-poin berikut sebagai kekurangan, tapi bisa juga tidak.

1. Posisi Kamera Depan dan Tombol-Tombol

advan tab a8

Tablet bukanlah smartphone yang layarnya diperbesar, sehingga pengoperasian dengan satu tangan tidak memungkinkan. Perangkat yang satu ini memiliki cara pakai yang berbeda. Ia akan lebih sering digunakan dalam orientasi landscape - mirip layar laptop.

Karena itu, idealnya sebuah tablet memiliki kamera depan yang ditaruh di tepi sisi terpanjangnya. Sayang, Advan Tab A8 belum seperti itu. Kamera depan 2 MP tablet ini masih dipasang di bezel atas (dalam orientasi potret), layaknya sebuah smartphone.

Posisi kamera depan yang kurang ideal itu membuat Anda harus melakukan penyesuaian agar wajah masuk ke frame dalam posisi tepat. Hal ini wajib Anda lakukan, misalnya saat melakukan pertemuan online pada aplikasi Zoom, Google Meet, dan sejenisnya.

Jika Anda mencari tablet Advan dengan posisi kamera yang ideal, pilihlah Advan Tab Sketsa 2 atau Advan Tab VX. Hanya, harga kedua tablet itu berada jauh di atas Advan Tab A8.

Hal yang kurang ideal lagi dari tablet ini adalah tombol power dan tombol pengatur volume. Posisi dua tombol itu bukan di sisi kanan tablet (dalam orientasi potret), melainkan di sisi kiri.

Posisi tersebut membuat pengguna tak bisa melakukan pengaturan volume, khususnya saat tablet dalam orientasi landscape dengan memakai flip case-nya.

2. Tidak Adanya Dukungan Stylus

advan tab a8

Advan Tab A8 pada dasarnya tidak mendukung pena stylus. Fitur tersebut umumnya memang ada di tablet-tablet mahal. Maka wajar bila Advan Tab A8 dan tablet lain di level 1 jutaan tak punya dukungan stylus.

Namun, Anda bisa menemukan banyak stylus universal di berbagai toko online. Hanya saja, akurasi dan kompatibilitasnya dipertanyakan. Bisa jadi Anda membeli stylus yang tak enak dipakai buat Advan Tab A8.

3. Performa Gaming

advan tab a8

Chipset UNISOC SC9832E dapat menghadirkan performa yang cukup lancar buat Advan Tab A8, terlebih RAM yang dipasangkan cukup lepang. Sistem operasinya pun Android murni yang ringan. Tugas esensial seperti browsing, streaming, dan berkirim pesan, dapat dijalankan dengan lancar oleh tablet ini

Namun, UNISOC SC9832E bukan diciptakan untuk menangani gim berat. Karena itu, performa gaming Advan Tab A8 bisa dibilang pas-pasan. Kalau gim yang dijalankan sekadar Mobile Legends, tablet ini bisa menghadirkan performa yang lumayan.

4. Sensor

advan tab a8

Satu-satunya fitur keamanan biometrik yang dipunyai tablet ini adalah pemindai muka. Benar, Advan Tab A8 ini tidak punya sensor pemindai sidik jari. Meski demikian, sensor pemindai sidik jari memang bukan sesuatu yang mesti ada buat sebuah tablet, utamanya tablet terjangkau.

Sensor kompas juga absen di tablet ini. Namun, sensor kompas juga tak wajib ada mengingat tablet akan lebih sering digunakan sebagai perangkat diam. Ia tidak mobile seperti smartphone yang dibawa ke mana-mana oleh penggunanya.

Adapun sensor yang dimiliki Advan Tab A8 ada dua, yaitu akselerometer dan proksimitas. Akselerometer berguna untuk mendeteksi orientasi tablet, sedangkan proksimitas berfungsi untuk mematikan layar saat tablet dipakai telepon.

Simpulan

Buku pelajaran, buku tulis, dan pulpen merupakan benda yang wajib dimiliki oleh pelajar. Namun, pelajar masa kini juga memerlukan perangkat pendukung seperti tablet agar proses belajar terasa menyenangkan.

Advan Tab A8 pun menjadi contoh tablet yang patut dipertimbangkan oleh orang tua di seluruh Indonesia. Harga yang terjangkau menjadi daya tarik utama tablet ini. Namun, Advan Tab A8 mempunyai daya tarik lain yang tak bisa ditawarkan pesaingnya.

Mulai dari RAM yang lega, dukungan jaringan WiFi dan seluler, port USB C, hingga paket penjualan yang lengkap! Desain dan layar Advan Tab A8 juga oke.

Meski begitu, di level harga 1 jutaan, Advan Tab A8 belum memiliki posisi kamera depan yang ideal. Tablet ini juga kurang cocok untuk main gim berat.

Setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, bagaimana penilaian Anda, apakah tablet ini menarik untuk dimiliki? Tulis pendapat Anda soal Advan Tab A8 di kolom komentar.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram