Menarik, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan Tab Sketsa 2

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Sebagai pemain lokal, Advan senantiasa berusaha memberikan kualitas terbaik di harga yang begitu terjangkau pada setiap produknya. Bukan hanya smartphone, Advan pun memiliki seri tablet yang dikhususkan untuk pelaku kreatif maupun untuk penggunaan normal sehari-hari, dinamakan Advan Tab Sketsa.

Pada tahun 2022, Advan kembali merilis seri lanjutan yang dinamakan Advan Tab Sketsa 2, kini dengan peningkatan di sejumlah parameter, seperti chipset, memori internal, dan desain bodi. Advan Tab Sketsa 2 dinilai sebagai tablet berkualitas di harganya yang hanya 2 jutaan. Mau tahu kelebihan dan kekurangannya? Simak yang berikut ini.

Spesifikasi Advan Tab Sketsa 2

advan tab sketsa 2
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset UNISOC Tiger T310
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP ()
Baterai Li-Ion 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Advan Tab Sketsa 2

Punya tablet berkualitas tidak perlu keluarkan budget besar. Hal ini sudah dibuktikan dengan Advan Tab Sketsa 2 yang memiliki sejumlah kelebihan, yakni seperti yang berikut ini.

1. Memori Internal yang Lega

advan-tab-sketsa-2-1_

Produk tablet pada umumnya (terlebih pada segmen harga entry-level) tidak dibekali dengan ukuran RAM dan memori internal yang besar, Pasalnya, banyak yang menganggap tablet sebagai produk secondary yang penggunaannya tidak seintens smartphone utama.

Untungnya saja, Advan memutuskan untuk memberikan kapasitas cukup besar yakni RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Ukuran ini sudah terbilang cukup untuk tablet di harganya yang 2 jutaan, setidaknya alami peningkatan dibanding Advan Tab Sketsa pertama dengan memori internal 32 GB.

2. Casing Keyboard dan Stylus Termasuk dalam Paket Penjualan

advan-tab-sketsa-2_

Advan Tab Sketsa 2 memiliki fungsi yang dapat membantu produktivitas pengguna dalam hal kreativitas, seperti menggambar, menuliskan anotasi, ataupun membuat sketsa. Ia hadirkan layar yang mendukung penggunaan stylus, dan bahkan mendukung pula aksesoris keyboard magnetis yang bisa menyulapnya jadi laptop.

Menariknya lagi, aksesoris-aksesoris tersebut tidak membutuhkan Anda untuk mengeluarkan uang lebih banyak lagi karena sudah termasuk ke dalam boks penjualan. Dengan hanya membeli produk ini seharga Rp2.799.000,-, Anda sudah mendapatkan tablet beserta dua bonus berupa Stylus Pen Active dan Magnetic Keyboard Case yang totalnya senilai Rp600 ribu. Lumayan, bukan?

Penggunaan keyboard ini juga terbilang praktis. Dengan adanya fitur Auto Docking Connection, Anda bisa dengan mudah menempelkan tablet pada casing dan bisa langsung menggunakan keyboard yang tersedia untuk mengetik.

3. Memiliki Layar Lebar

layar advan tab sketsa 2

Sebagai produk yang dirancang untuk penggunaan stylus, Advan Tab Sketsa 2 menghadirkan layar seukuran 10,1 inci dengan resolusi HD atau 800 x 1200 piksel yang terbilang cukup luas untuk hadirkan imersi mendalam, baik itu saat melakukan navigasi dengan nyaman ataupun menonton konten hiburan.

Hadir dengan ukuran cukup luas, layar touchscreen Advan Tab Sketsa 2 juga sungguh mendukung kegiatan produktif dan juga multi-tasking dengan nyaman. Adapun untuk tingkat sudut keluasan yang ditawarkan, layar masih bisa terlihat jelas jika dilihat dari sudut kemiringan 178 derajat. Sehingga, pengguna pun bisa mengajak teman Anda untuk melihat isi konten layar dengan jelas.

4. Alami Peningkatan Chipset dengan Unisoc Tiger T310

unisoc-tiger-t310_

Sebagai tablet yang berada di segmen harga murah, Advan cukup menawarkan pilihan chipset yang bertenaga untuk menunjang keseharian pengguna. Kendati bukan SoC (system-on-chip) dari MediaTek ataupun Qualcomm, namun Unisoc Tiger T310 miliknya sudah lebih baik dibanding generasi pendahulu yang masih pakai Unisoc SC9863A.

Unisoc Tiger T310 merupakan chipset khusus smartphone dan tablet entry-level yang dirilis pada tahun 2019. Ia dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer dengan konfigurasi prosesor empat inti, atau yang biasa dinamakan quad-core.

Keempat inti tersebut terbagi dalam dua klaster yang berbeda. Klaster pertama mencakup dua inti berperforma tinggi berupa ARM Cortex A75 yang berjalan pada frekuensi 2.0 GHz, dan klaster kedua terdiri dari dua unit hemat daya ARM Cortex A55 berkekuatan 1.8 GHz. Sebagai kartu pengolah grafisnya, ia mendatangkan Mali G71 MP2 dengan frekuensi 770 MHz.

Performa dari Unisoc Tiger T310 sudah cukup baik untuk tablet di kelas harga 2 jutaan. Meski hanya mendatangkan konfigurasi quad-core, namun keberadaan ARM Cortex A75 membuatnya sanggup menjalankan berbagai game modern yang membutuhkan kemampuan grafis tinggi, sebut saja Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Unisoc Tiger T310 juga digunakan oleh sebuah smartphone bernama Umidigi Power 5S, dan sebuah video YouTube yang diunggah PCD Tech menunjukkan ponsel tersebut mampu memainkan Call of Duty Mobile dengan pengaturan grafis rendah. Hasilnya pun cukup memuaskan, gameplay berjalan dengan mulus tanpa hambatan yang berarti.

5. Mendukung Konektivitas LTE dan WiFi

advan tab sketsa 2

Unisoc Tiger T310 merupakan chipset yang berjalan pada konektivitas LTE/4G, menggunakan modem LTE-7 dengan maksimal kecepatan unduhan sebesar 300 Mb per detik dan kecepatan unggahan hingga 150 Mb per detik.

Berkat chipset ini, Advan Tab Sketsa 2 pun menghadirkan slot Micro SIM Card agar pengguna juga bisa terhubung dengan jaringan 4G dan tidak selalu bergantung pada WiFi. Anda pun bisa melakukan telepon dan SMS dengan tablet ini. Namun sayangnya ia tidak menyuguhkan Dual SIM Card seperti Advan i10, produk tablet entry-level lain dari Advan yang duluan hadir ke pasaran.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram