Inilah 7 Perbedaan Advan G9 dan Advan GX, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Salah satu merek smartphone lokal ternama, Advan, sedang menjadi pusat perhatian pencinta gadget pada Juli 2021. Pasalnya, Advan akhirnya mengeluarkan sebuah produk yang bisa bersaing dengan HP keluaran luar negeri.

Ya, pada Juli 2021 inilah Advan GX resmi diluncurkan, membawakan sejumlah kelebihan yang apik dari segi ukuran layar, performa gaming, dan lain-lain. Hal inipun sontak membuat sejumlah orang penasaran apa yang membuatnya berbeda dengan Advan G9, ponsel entry-level yang merupakan satu generasi sebelumnya.

Pada saat Advan G9 diluncurkan pun, beberapa orang memuji perangkat ini karena sudah tawarkan RAM besar di harganya yang 1 jutaan. Nah, manakah di antara keduanya yang lebih layak disebut raja entry-level? Temukan jawabannya pada artikel perbedaan Advan G9 dan Advan GX ini.

Spesifikasi Advan G9

Advan G9 4K Power
  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 32 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi Advan GX

Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Advan G9 dan Advan GX

Mau tahu apa saja perbedaan kedua ponsel Advan ini? Tidak perlu bingung, karena Carisinyal sudah merangkum poin-poin perbedaannya untuk Anda, yakni sebagai berikut.

1. Unisoc SC9863A vs. Unisoc Tiger T618

Kehadiran Advan GX merupakan angin segar bagi industri smartphone Tanah Air, karena ia menyuguhkan chipset berperforma tinggi yang membuatnya mampu menyaingi brand-brand luar negeri. Ponsel canggih tersebut didatangkan dengan dapur pacu Unisoc Tiger T618 pada fabrikasi 12 nm FinFET.

Chipset entry level tersebut mengusung konfigurasi octa-core, hadir dengan kombinasi dua buah ARM Cortex A75 (2 GHz) sebagai performance core-nya, serta ARM Cortex A55 (1,8 GHz) sebagai efficiency core-nya.

SoC Unisoc yang dulunya dinamakan Spreadtrum ini turut mendatangkan GPU terintegrasi ARM Mali G52 MP2, sama seperti GPU yang dimiliki MediaTek Helio G80. Alhasil, performa dari Unisoc Tiger T618 memang setara dengan chipset MediaTek tersebut.

Ini artinya, dari segi performa, Advan GX sudah berada di kelas yang sama dengan Infinix Note 8, Redmi 9, Samsung Galaxy A22 4G dan Samsung Galaxy A32. Sebuah prestasi yang membanggakan, bukan?

Advan GX bahkan mampu dimainkan game seberat Genshin Impact dengan cukup lancar, meskipun pada pengaturan rendah 30 FPS. Masih sempat terasa lag di beberapa bagian, tapi bukan hal yang game-breaking sama sekali.

Seperti Advan GX, ponsel terjangkau lainnya bernama Advan G9 juga menggunakan chipset Unisoc, tapi seri yang berbeda. Advan G9 hadir dengan SoC Unisoc SC9863A yang gunakan proses manufaktur 28 nm.

Prosesor ini juga menawarkan dukungan pengolah grafis berupa Imagination PowerVR GE8322, dengan kombinasi delapan inti yang terdirikan atas empat inti ARM Cortex A55 (1,2 GHz) dan empat inti ARM Cortex A55 (1,6 GHz).

Melihat dari skor AnTuTu v8 dari chipset ini (74,470 poin), posisi Unisoc SC9863A masih di bawah MediaTek Helio G25 yang mendapatkan skor benchmark 88,530 poin. Dalam arti lain, Advan G9 memang belum cukup untuk mengangkat Genshin Impact. Tapi, performanya masih terbilang oke untuk penggunaan harian.

2. Ukuran Layar

Perbedaan lainnya antara Advan G9 dan Advan GX adalah dari segi ukuran layarnya, Seperti yang bisa ditebak, Advan GX lagi-lagi lebih unggul karena menawarkan layar IPS berukuran 6,82 inci sementara Advan G9 hanya dibekali dengan layar 6,6 inci.

Sayangnya, kedua ponsel tersebut masih dilengkapi dengan resolusi HD Plus. Wajar mengingat harganya yang masih berada di kisaran 1 jutaan. Sementara layar Advan G9 memiliki resolusi 720 x 1600 piksel (rasio 19,5:9), Advan GX sedikit lebih tinggi di angka 720 x 1640 piksel (rasio 20:9).

3. Resolusi Kamera

Agar dapat bersaing di kelas harga entry-level, Advan GX dan Advan G9 menyuguhkan persenjataan Quad Camera untuk pengalaman fotografi yang lebih mantap. Kendati demikian, Advan G9 sebenarnya hanya menyuguhkan sensor utama 13 MP, dan tiga lensa pendampingnya merupakan sensor VGA.

Barulah pada Advan GX, Anda dapat merasakan pengalaman Quad Camera sesungguhnya dengan masing-masing lensanya memiliki fungsi sendiri-sendiri untuk hadirkan mode foto yang beragam. Pada sensor utamanya, disediakan kamera berkekuatan 48 MP f/1.8 wide-angle, lensa 8 MP ultrawide, sensor 2 MP makro, serta 0,3 MP kedalaman.

Advan GX juga memiliki sensor kamera depan dengan resolusi 25 MP, jauh lebih tinggi dibandingkan Advan G9 yang hanya punya resolusi kamera depan 5 MP saja.

4. Kapasitas RAM dan Memori Internal

advan g9 pro baterai

Ingin menyimpan banyak file dan juga menginstal aplikasi-aplikasi berat? Advan GX memiliki kapasitas memori internal yang cukup mendukung di kelas harganya, yakni sebesar 64 GB. Kapasitas ini dua kali lipat lebih besar dibandingkan Advan G9 yang hanya 32 GB.

Tidak hanya memori internalnya saja yang berbeda, melainkan RAM-nya juga. Sudah pasti, Advan GX yang lebih siap menunjang kebutuhan gaming dihadirkan dengan RAM 6 GB. Selain bisa menunjang kegiatan multitasking yang lebih lancar, RAM yang lebih besar juga akan memberikan peningkatan pada game.

Advan G9 yang memang harganya lebih murah hanya menyuguhkan RAM 4 GB. Walau begitu, RAM 4 GB untuk HP seharga 1 jutaan tetap saja merupakan prestasi.

5. Harga

advan g9 pro desain bodi

Melihat dari spesifikasinya, siapapun bisa menebak kalau Advan GX punya harga yang lebih tinggi dibanding Advan G9. Untuk diketahui, harga ritel dari Advan GX adalah Rp1.999.000,-. Sedangkan untuk Advan G9, Anda bisa membawa pulang ponsel ini dengan mengeluarkan dana Rp1.399.000,-.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram