carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aksesoris / 10 Merk MicroSD Terbaik untuk Android, Kamera, & Drone 2021

10 Merk MicroSD Terbaik untuk Android, Kamera, & Drone 2021

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Maret 2021

Kecil tapi sangat bermanfaat, itulah microSD. Meskipun demikian, tetapi keberadaan microSD ini amat sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki smartphone Android atau perangkat lainnya seperti kamera aksi, DSLR, hingga drone. MicroSD akan memberikan ruang penyimpanan ekstra pada perangkat yang Anda gunakan serta banyak manfaat lainnya.

Ada banyak sekali jenis microSD yang ada di pasaran. Produk dengan kualitas terbaik umumnya dijual dengan harga tinggi. Namun, tentu mereka dibekali dengan banyak fitur yang nantinya akan sangat berguna terutama bagi kalangan pro. Berikut ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi microSD terbaik yang bisa Anda miliki saat ini.

1. Lexar Professional 2000x

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah microSD yang cocok untuk kalangan profesional. Dengan harga jutaan rupiah, Lexar Professional 2000x menawarkan performa kelas atas dengan kecepatan transfer baca hingga 300 MB per detik! Ini pastinya sangat bisa diandalkan untuk mengambil dan transfer foto kualitas tinggi serta video Full-HD dan 4K yang diperpanjang. Kartu ini tersedia dalam kapasitas 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Kecepatan tulis kartu ini dapat mencapai 260 MB per detik. Ini artinya Anda bisa dengan mudah menangani mode burst berurutan dan RAW plus JPEG, sehingga Anda tidak akan melewatkan satu bidikan. Lexar Professional 2000x juga memanfaatkan teknologi UHS-II (UHS Speed ​​Class 3 (U3)) untuk kinerja kecepatan tinggi, sehingga Anda dapat menyelesaikan pascaproduksi dengan transfer file super cepat dari kartu ke komputer.

Di sisi lain, Lexar Professional 2000x diracang untuk durabilitas agar data berharga Anda dapat terjaga dengan baik. Kartu ini dibuat tahan air, tahan suhu, tahan guncangan, tahan getaran, dan tahan sinar-X. Sementara untuk keserbagunaan, kartu ini juga kompatibel dengan perangkat UHS-I dan juga berfungsi dengan perangkat non-UHS-I yang lebih lama, dengan performa pada kecepatan Kelas 10.

2. Kingston Canvas React Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kingston Canvas React Plus juga termasuk microSD yang cocok untuk kelangan profesional. Kartu ini mampu memberikan kinerja yang andal dan tahan lama untuk profesional yang merekam video 4K / 8K dan foto resolusi tinggi tanpa harus khawatir tentang frame yang jatuh dan kecepatan lambat. Kartu ini tersedia dalam ukuran 64 GB, 128 GB, dan 256 GB dengan harga mulai Rp 900 ribuan.

Canvas React Plus dirancang dengan standar UHS-II terbaru dan kelas kecepatan U3 dan V90 terbaik, sehingga kompatibel dengan drone HD profesional dan kamera aksi standar industri. Kartu ini memiliki kecepatan menulis hingga 165 MB per detik, sehingga membidik bidikan mode burst berurutan dan merekam video dalam kualitas sinematik Ultra-HD bisa dilakukan dengan nyaman.

Di sisi lain, React Plus mendukung A1 Application Performance Class untuk mempercepat alur kerja dengan kinerja aplikasi yang lebih cepat di smartphone dan tablet. Ini disertakan dengan pembaca microSD Kingston MobileLite Plus dengan kecepatan transfer hingga 285MB per detik untuk meningkatkan alur kerja pasca produksi dan efisiensi, serta UHS-I SD Adapter untuk kompatibilitas perangkat yang nyaman.

3. Sandisk Extreme PRO UHS-II

Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-II

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kartu microSD dari Sandisk yang ini mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 275 MB/detik. Anda juga bisa menggunakan reader USB 3.0 yang sudah termasuk dalam paket penjualan untuk transfer yang mudah dan nyaman serta untuk menghindari hambatan bahkan saat Anda ingin menikmati video berkualitas 4K!

Bagi Anda yang suka berpetualang dengan kamera aksi, drone, kamera atau smartphone berperforma tinggi, maka Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-II adalah salah satu kartu memori terbaik yang perlu Anda miliki. Hal itu karena produk ini sangat ideal untuk membuka video 4K UHD dari perangkat-perangkat tadi.

Selain itu, kartu memori ini juga sudah didesain untuk dapat digunakan di lingkungan-lingkungan yang ekstrim (shockproof, temperature-proof, waterproof, dan X-ray-proof). Extreme PRO microSDXC UHS-II juga datang dengan software RescuePRO® Deluxe yang mampu memulihkan file yang telah terhapus secara tidak sengaja.

Terdapat dua pilihan kapasitas untuk microSD ini, yaitu 64 GB dan 128 GB. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan.

4. Lexar Professional 1667x

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dijual mulai Rp 500 ribuan untuk kapasitas 64 GB, Lexar Professional 1667x juga mampu menghadirkan performa kelas profesional. Kartu ini memungkinkan Anda mengambil dan mentransfer foto berkualitas tinggi dengan cepat, termasuk video 1080p Full-HD, 3D, dan 4K, dengan kecepatan transfer baca hingga 250 MB per detik. Dengan memanfaatkan teknologi UHS-II (UHS Speed ​​Class 3 (U3)), Lexar Professional 1667x dapat membantu mempercepat alur kerja Anda dari awal hingga akhir.

Lexar Professional 1667x menawarkan keserbagunaan karena kompatibel dengan perangkat UHS-I, yang bekerja hingga ambang batas maksimum kemampuan kecepatan UHS-I. Selain itu, kartu ini juga berfungsi dengan perangkat non-UHS-I yang lebih lama, dengan performa pada kecepatan Kelas 10. Selain kapasitas 64 GB, Lexar Professional 1667x juga tersedia dalam kapasitas 128 GB dan 256 GB.

5. Kingston Canvas Go! Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kingston Canvas Go! Plus hadir dalam empat varian kapasitas, yaitu 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Harganya sendiri mulai Rp 200 ribuan untuk kapasitas paling kecil. Dengan kecepatan baca hingga 170 MB per detik, kartu ini bisa diandalkan untuk mempercepat alur kerja dan efisiensi sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengabadikan momen pada petualangan berikutnya.

Kingston Canvas Go! Plus hadir dengan kecepatan U3 dan V30 yang memungkinkan Anda untuk merekam video 4K Ultra-HD tanpa khawatir tentang kecepatan lambat dan penurunan gambar, atau mengambil foto gerakan cepat yang mulus dan konsisten. Ini membuat Canvas Go! Plus ideal untuk kamera aksi dan drone. Selain itu, kartu ini mendukung kelas performa aplikasi A2 untuk mempercepat alur kerja Anda dengan performa aplikasi yang lebih cepat.

6. SanDisk Extreme A2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan kapasitas hingga 1 TB, kartu SanDisk Extreme A2 memungkinkan Anda merekam video 4K UHD dan Full HD tanpa gangguan dengan peringkat UHS Speed ​​Class 3 (U3) dan Video Speed ​​Class 30 (V30). Kartu ini hadir dengan peringkat A2, sehingga Anda bisa mendapatkan kinerja aplikasi yang cepat untuk pengalaman ponsel pintar yang luar biasa.


SanDisk Extreme A2 menawarkan kecepatan baca hingga 160 MB per detik yang memungkinkan Anda mentransfer 1000 foto resolusi tinggi dan 30 menit video 4K (24 GB) dalam waktu kurang dari 3 menit. Dan dengan kecepatan tulis hingga 90 MB per detik (untuk varian 128 GB - 1 TB), kartu ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto aksi cepat atau rekam video 4K UHD lebih banyak dan lebih cepat.

7. Samsung EVO Plus

Samsung EVO Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Samsung juga memiliki kartu memori terbaik di kelas 10 UHS-I U3 yang bernama Samsung EVO Plus. Hal ini tentu membuat produk microSD ini sangat cocok untuk kegiatan merekam video 4K Ultra HD. Selain itu, dengan kecepatan membaca dan menulis masing-masing 95 MB/detik dan 90 MB/detik Anda bisa memindahkan file dan data tanpa hambatan.

Sebagai salah satu produk kelas atas, microSD Samsung EVO plus telah dibuat tahan banting serta bergaransi 10 tahun. Kartu ini bisa tahan terhadap air sampai 72 jam di laut, tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan melalui mesin X-ray dan medan magnetik sekelas scan MRI. Kartu memori ini tersedia dengan kapasitas mulai dari 16 GB hingga 512 GB dengan harga sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 2 jutaan.

8. SanDisk Ultra

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

MicroSD dengan kecepatan baca hingga 120 MB per detik ini diklaim mampu memindahkan hingga 1000 foto hanya dalam waktu 1 menit. Varian kapasitasnya juga terbilang lengkap – dari 16 GB, 32 GB, 64 GB hingga yang paling tinggi 1 TB. Dengan demikian Anda bebas menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.

SanDisk Ultra adalah kartu berperingkat A1 yang dioptimalkan untuk aplikasi, membuat aplikasi lebih cepat saat diluncurkan, dan meningkatkan kinerja yang memberikan pengalaman smartphone yang lebih baik.

Selain itu, tersedia juga aplikasi Memory Zone Sandisk yang dapat membuat file salinan pada microSD Anda secara otomatis dan berkala. Dengan begini, data pun aman dan Anda bisa menikmati berbagai kemudahan yang hadir saat memindahkan data.

9. Transcend High Endurance

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Transcend High Endurance adalah kartu microSD yang umumnya ditujukan untuk perekam video mobil, kamera keamanan, dan sistem pengawasan. Kartu ini dibuat dengan chip flash MLC NAND berkualitas tinggi yang dirancang agar dapat bertahan hingga 12.000 jam perekaman video Full HD serta memberikan daya tahan yang tahan lama. Kartu ini tersedia dalam kapasitas 16 GB, 32 GB, dan 64 GB dengan kecepatan baca hingga 95 MB dan tulis hingga 45 MB.

Selain itu, kartu ini juga disebutkan telah melewati pengujian ekstensif dalam kondisi yang sulit untuk diverifikasi kedap air, tahan suhu, tahan statis, tahan sinar-X, dan tahan guncangan. Ini membuat Transcend High Endurance mampu memberikan kinerja perekaman yang stabil dalam jangka waktu yang lama di lingkungan yang keras, seperti pada kamera keamanan dan sistem pengawasan termasuk kamera IP dan kamera keamanan rumah.

10. Samsung PRO Endurance

Samsung-PRO-Endurance

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Anda ingin memiliki microSD yang bisa tahan dipakai bertahun-tahun? Samsung PRO Endurance lah solusinya. MicroSD yang memiliki desain warna putih pada bagian depan membuat benda kecil ini mudah ditemukan jika terjatuh. Soal ketahanan, Samsung mengklaim bahwa microSD ini dapat dipakai hingga 5 tahun lamanya.

Tak hanya itu, kecepatan yang diusung pada kartu memori berkelas U1 ini juga cukup cepat, yakni 100 MB/detik untuk kecepatan membaca dan 30 MB/detik untuk kecepatan tulis. Kecepatannya memang masih kalah jika dibandingkan beberapa microSD lain pada daftar ini, tapi tetap cocok untuk dipakai sebagai memori internal smartphone dan tablet. Bahkan masih bisa untuk merekam video resolusi 4K.

Soal kapasitas, Anda bisa memiliki Samsung PRO Endurance dalam varian 32 GB, 64 GB, dan yang paling tinggi 128 GB. Memang, tidak ada varian kapastias yang lebih besar, tapi awetnya kartu memori inilah yang membuatnya worth it. Kalau rusak sebelum masa pemakaian 5 tahun, Anda tinggal ajukan saja garansi dan Samsung akan menggantinya dengan yang baru (garansi terbatas).

Itulah daftar microSD card terbaik versi Carisinyal. Semoga bahasan ini bisa membantu Anda menemukan produk kartu memori mikro yang sesuai dengan perangkat dan pekerjaan Anda (dan juga budget Anda).

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram