carisinyal web banner retina

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Maret 2021

SD card atau secure digital card merupakan sebuah format kartu memori flash yang sangat penting di masa sekarang. Kartu mungil ini biasanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan file berupa foto atau video dalam alat portabel seperti kamera digital, ponsel, dan lainnya.

Nah, salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna kartu SD adalah tidak bisa diformat. Gejala tersebut bisa jadi merupakan indikasi bahwa kartu telah terinfeksi virus. Namun, kamu tidak usah cemas pasalnya kondisi kartu yang menolak untuk diformat masih bisa dipulihkan.

Penyebab SD Card Tidak Bisa Diformat

Terdapat beberapa penyebab SD card tidak bisa diformat, di antaranya sebagai berikut.

1. Virus

Virus sering kali menjadi tersangka utama ketika terjadi kerusakan dalam kartu SD. Keberadaan virus di dalam SD card bisa terjadi karena sembarangan mendownload file musik atau video dari situs tertentu atau bisa jadi SD card-mu terkena virus ketika mentransfer file dari perangkat yang terinfeksi.

Ketika virus masuk ke dalam kartu memori itu pertanda kartu perlu penanganan khusus. Sebab kalau kamu abai dengan keberadaan virus di dalam sana, semua file akan terancam hilang. Selain merusak data, virus juga dapat mengumpulkan informasi pribadi atau membuat pembelian yang tidak sah yang bisa merugikan.

2. Komponen SD Card Rusak

Kemungkinan lain SD card tidak bisa diformat disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen di dalamnya. Ini bisa terjadi karena perlakuan yang ceroboh dan kurang perawatan sehingga merusak komponen. Perilaku yang menyebabkan kartu SD rusak adalah seperti terbentur, sering bongkar pasang kartu atau bisa pula karena kartu penyimpanan tersebut terkena air sehingga merusak bagian dalamnya.

3. Kartu SD Usang

Penggunaan SD card yang terlalu lama pun dapat menyebabkan performa SD card tidak sebaik dulu. Lebih buruk lagi, SD card sering ‘ngadat’ karena saking lamanya digunakan. Seiring waktu penurunan performa kartu memori penyimpanan tersebut biasanya muncul pada kartu SD yang abal-abal. Sementara SD card yang asli cenderung lebih tahan lama dan awet.

4. SD Card Kotor

Layaknya benda-benda lain, SD card berpotensi kotor dan berdebu jika tidak dibersihkan. Partikel debu halus yang masuk dapat merusak kerja SD card. Selain itu cairan yang bersifat minyak pun bisa merusak komponen dalamnya.

Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat

Apabila SD card mengalami gangguan dalam proses formatting data, jangan terburu-buru membuangnya ya. Mungkin saja kerusakan yang dialami tidak begitu parah sehingga masih bisa diselamatkan. Ketika SD card mengalami hal semacam itu, coba beberapa cara berikut untuk memulihkannya.

1. Menggunakan Aplikasi

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 1
*Sumber: APK Support

Langkah pertama untuk mengatasi SD card yang tidak bisa diformat adalah dengan menggunakan aplikasi. Cara ini lebih praktis sebab kamu tidak perlu melakukan perubahan pada gawai. Saat ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam mengatasi SD card yang eror. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia Google Play Store, misalnya seperti Junk Scanner, Helpful Tips, dan Fast & Can.

2. Menggunakan Ponsel Lain

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 3
*Sumber: The Droid Guy

Cara kedua untuk mengatasi SD card yang tidak bisa diformat bisa kamu lakukan dengan bantuan ponsel lain. Caranya hanya dengan memasukkan SD card yang akan kamu format pada ponsel lain. Jika kartu memori tersebut telah terdeteksi, lakukan segera proses format. Namun jika tidak terdeteksi itu tandanya SD card sudah tidak dapat digunakan sehingga kamu tidak bisa melakukan format data atau merubah data di dalamnya.

3. Menggunakan PC Windows

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 5
*Sumber: Lifewire

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam memformat SD card secara manual langsung dari ponselmu, sebaiknya kamu coba memformatnya melalui PC atau komputer. Cara ini bisa dilakukan menggunakan kabel data atau card reader. Pilih sesuai ketersediaan dan kemudahan pengoperasiannya.

Jika kamu menggunakan kabel data, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa ponsel Android kamu berada dalam kondisi developer. Kamu bisa mengeceknya di dalam menu pengaturan dan lihat status Android kamu di sana.

Memformat SD card dengan menggunakan PC caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu mengeluarkan kartu memori dari dalam slotnya dan hubungkan dengan menggunakan kabel data atau card reader.

Jika SD card terbaca, klik kanan, pilih format dan akan muncul tampilan format SD card. Kemudian pilih FAT32 pada bagian sistem file, klik start dan tunggu sampai proses format selesai. Setelah proses selesai seluruh data yang ada di dalam SD card akan terhapus dan SD card akan menjadi bersih seperti semula.

4. Memformat SD Card dengan Perintah CMD

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 7
*Sumber: Recover It

Cara memformat SD card selanjutnya sebenarnya hampir mirip dengan cara format menggunakan PC karena sama-sama membutuhkan komputer dan kabel data atau card reader. Langkah-langkahnya pun tak kalah serupa.

Langkah pertama adalah klik menu Start pada komputer, lalu ketik command prompt. Kamu bisa juga menggunakan Window + R. Setelah itu ketik CMD pada tampilan Run. Setelah muncul interface Smd, ketik format (nama drive):FS:FAT32 lalu tekan Enter.

Kemudian, tunggu beberapa saat hingga proses format selesai dan data terhapus. Terakhir, perhatikan SD card-mu apakah data telah seluruhnya terhapus atau tidak.

Perlu diingat bahwa tidak selamanya proses format dengan menggunakan kode FAT32 berhasil. Pasalnya ada beberapa PC yang menggunakan kode NTFS FAT saja sehingga kamu harus menyesuaikan sistem file PC-mu.

5. Menggunakan Anti Virus dan Anti Malware AVG

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 9
*Sumber: Quality Index

Apabila SD card kamu tidak bisa diformat atau digunakan, umumnya itu disebabkan oleh virus atau malware yang menyerang SD card. Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat menggunakan anti virus atau anti malware yang punya reputasi baik seperti AVG.

Ada baiknya periksa terlebih dahulu rating anti virus atau anti malware yang akan kamu gunakan. Anti virus atau anti malware yang banyak digunakan menandakan ia memiliki performa yang baik dalam mengatasi masalah kerusakan yang dialami oleh SD card.

Langkah awal untuk memformat SD card dengan menggunakan anti virus adalah dengan cara memasukan SD card ke laptop atau PC. Gunakan kabel data atau card reader untuk menghubungkannya. Tekan tombol Window + E atau klik kanan pada menu Start dan klik Explore.

Klik kanan pada drive SD card. Lalu, pilih Scan With AVG dan tunggu proses pemindaian selesai. Jika SD card ada bahaya di dalam SD card, lanjutkan dengan mengklik Review and Take Action. Pilih Remove All atau Remove Selected.

6. Menggunakan MacBook

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 11
*Sumber: Moultrie Feeders

Bagi pengguna MacBook, langkah memformat SD card akan berbeda dengan memformat SD card dengan menggunakan komputer Windows. Langkah yang digunakan untuk memformat kartu SD menggunakan MacBook lebih panjang.

Langkah awal adalah menghubungkan SD card ke MacBook. Setelah itu backup data terlebih dahulu sebelum formatting data. Klik finder dan tombol go. Setelah itu pilih utilities dan double klik disk utility. Klik nama drive SD card.

Klik nama drive SD card yang akan kamu format, lalu klik format dan opsi formating-nya. Langkah selanjutnya adalah klik erase untuk menghapus semua datanya.

Pada pengguna OS X, proses formatting SD card punya beberapa perintah yang berbeda. Misalnya pada Extended (journaled), Mac OS Extended (journaled encrypted), Mac OS Extended Case-Sensitive Journaled, MS-DOS (FAT) dan ExFAT.

Dari semua tipe OS X hanya MS-DOS (FAT) dan ExFAT saja yang bisa digunakan baik di Windows dan di Mac. Jadi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis opsi formatting MacBook sebelum format SD card-nya agar proses formating-nya tepat dan SD card selamat.

7. Lewat Kamera DSLR

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 13
*Sumber: Camera Jabber

Kamera DSLR tidak hanya dapat kamu gunakan untuk membuat karya visual yang cantik, loh. Alat perekam video dan pembuat gambar ini bisa pula kamu gunakan untuk mengatasi SD card yang tidak bisa diformat. Caranya mudah dan praktis. Pertama, masukan SD card ke dalam adaptor, kemudian masukan slot SD card kamera DSLR. Lalu, cari menu format di dalam kamera dan tunggu beberapa saat sampai proses formatting data pada SD card selesai.

8. Menggunakan Software PC SD Formatter

Ini Dia 8 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Bisa Diformat 15
*Sumber: Guides.co

Bentuk kerusakan SD card yang ditandai dengan kegagalan memformat SD card bisa kamu tangani dengan menggunakan software SD Formatter di komputer kamu. Namun, terlebih dahulu kamu harus mengunduh aplikasi SD Memory Card Formatter.

Setelah itu ekstrak file hasil download. Masuk ke folder, setelah itu install aplikasinya yang bernama SD Card Formatter 5.0.0 setup.exe pada komputer kamu. Setelah itu jalankan aplikasi tersebut.

Pastikan SD card dapat terdeteksi oleh aplikasi. Setelah itu pilih formatting option, sesuaikan dengan kebutuhan. Selanjutnya, tekan tombol format, maka proses formatting SD card akan dimulai. Proses formatting ini akan memakan waktu beberapa saat. Tunggu sampai proses selesai.

Setelah proses formatting selesai selanjutnya pasang kembali SD card pada ponselmu. Pastikan setelah ini SD card terdeteksi oleh perangkat ponselmu.

Jadi, itu dia cara mengatasi SD card yang tidak bisa diformat. Jika memang sudah tidak bisa lagi dihapus data dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa secara perlahan bersihkan SD card dengan penghapus dan ulangi prosesnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram