carisinyal web banner retina

Yuk, Ungkap Perbedaan Advan G9, G9 Pro, dan G9 Perfecto!

Advan sadar bahwa situasi pandemi memaksa sebagian besar orang untuk beraktivitas di rumah saja. Entah itu bekerja, belajar, atau sekadar menyalurkan hobi, semuanya mesti dilakukan dari kediaman sendiri. Atas dasar kondisi tersebut, Advan meluncurkan Advan G9 Series yang diawali dengan Advan G9 dan Advan G9 Pro.

Kedua ponsel dirancang untuk bisa menunjang berbagai kegiatan dan bisa dijangkau oleh banyak kalangan. Tak heran bila banderol harganya ketika dirilis hanya Rp1 jutaan. Advan rupanya belum puas meski sudah meluncurkan dua HP tersebut.

Maka datanglah Advan G9 Perfecto sebagai model paling baru dalam keluarga Advan G9 Series. Advan G9 Perfecto meluncur ke pasaran per Agustus 2021. Ponsel ini juga memiliki banderol harga serupa dengan dua saudaranya.

Kalau dari segi harga mirip, lalu apa sih yang menjadi perbedaan ketiganya? Pertanyaan tersebut akan terjawab dalam artikel perbedaan Advan G9, Advan G9 Pro, dan Advan G9 Perfecto ini. Untuk memulai pembahasan, silakan berkenalan dulu dengan ketiga smartphone lewat sajian spesifikasi ringkas berikut ini.

Spesifikasi Advan G9

Yuk, Ungkap Perbedaan Advan G9, G9 Pro, dan G9 Perfecto! 1
  • Rilis: November, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi Advan G9 Pro

Advan G9 Pro
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (AI) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.649.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Advan G9 Perfecto

Yuk, Ungkap Perbedaan Advan G9, G9 Pro, dan G9 Perfecto! 4
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (depth) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Advan G9, Advan G9 Pro, dan Advan G9 Perfecto

Ketiga ponsel besutan Advan ini rupanya memiliki beberapa perbedaan spesifikasi meski berada pada kisaran harga yang sama. Apa saja itu? Simak penjelasannya satu per satu!

1. Resolusi Kamera

1. Kamera Advan G9 Pro

Advan merancang ketiga ponsel agar siap untuk aktivitas gaming pada gim-gim populer. Meski begitu, sektor fotografi sama sekali tidak dikesampingkan. Dimulai dari Advan G9 yang memiliki konfigurasi empat kamera belakang dan satu kamera swafoto.

Kamera belakang Advan G9 terdiri atas kamera utama 13 MP dengan bukaan f/2.2 (auto focus), dan tiga kamera pendamping yang masing-masing beresolusi 0,3 MP. Empat kamera tersebut ditemani satu lampu flash. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 5 MP fixed focus.

Lanjut ke dua HP lain, yaitu Advan G9 Pro dan Advan G9 Perfecto, dua hp ini ternyata punya konfigurasi kamera yang sama dengan Advan G9. Hanya saja, kedua HP mendapat peningkatan resolusi pada kamera utama dan kamera swafoto.

Kamera utama yang semula 13 MP ditingkatkan menjadi 16 MP, sedangkan kamera swafotonya kini naik resolusinya menjadi 8 MP. Adanya peningkatan ini membuat Advan G9 Pro dan Advan G9 Perfecto secara teori sedikit lebih mumpuni ketimbang Advan G9.

Meski begitu, ketiga ponsel sama-sama menghadirkan fitur yang mampu memberi efek bokeh pada latar belakang dan membuat wajah sebagai titik fokusnya. Untuk kamera depan menyuguhkan efek selfie yang tampak alami dan detail sehingga hasilnya tidak terlalu berlebihan.

2. Konfigurasi Memori

Advan G9 Pro

Mengangkat topik RAM dan ruang penyimpan internal, jelas memiliki pengaruh yang besar. Terutama untuk pemasangan aplikasi yang banyak dan penyimpanan berkas-berkas berukuran besar seperti dokumen, foto atau gambar di ponsel. Beruntung ketiga HP punya RAM dan memori internal yang cukup lapang.

Advan G9 Pro adalah yang paling lapang dengan RAM 6 GB plus memori internal 64 GB. Sementara itu, Advan G9 dan Advan G9 Perfecto sama-sama dibekali RAM 4 GB dan memori internal 32 GB.

Untuk zaman sekarang, RAM 4 GB adalah standar minimal agar sebuah HP bisa lancar menjalankan aktivitas multitasking. Khususnya jika HP tersebut menjalankan sistem operasi Android reguler, bukan versi Go (ringan).

Adapun 32 GB mungkin terbilang cukup untuk menyimpan beberapa aplikasi dan file. Beruntung ada slot microSD khusus buat ketiga ponsel. Slot ini sangat berguna, khususnya buat Advan G9 dan Advan G9 Perfecto yang ruang simpan internalnya lebih kecil.

Dengan memasang kartu microSD, kamu bisa memaksimalkan potensi ruang di dalam memori internal untuk instalasi aplikasi. Kartu microSD akan jadi tempat penyimpanan file media dan dokumen. Adapun kartu microSD paling besar yang bisa dipasang adalah 128 GB.

3. Desain

4. Warna Advan G9 Pro

Kamu mungkin tidak akan bisa membedakan Advan G9, Advan G9 Pro, dan Advan G9 Perfecto jika melihatnya dari sisi depan. Pasalnya, ketiga ponsel ini memakai layar IPS LCD dengan bentang yang sama, yaitu 6,6 inci. Selain itu, ketiganya juga menganut layar dengan desain ala "tetesan air" sebagai tempat kamera swafoto.

Posisi tombol dan port di sisi-sisi rangka pun tidak ada bedanya. Ketiga HP serempak menaruh port USB C dan jack audio 3,5 mm di sisi atas; tombol volume di sisi kanan; speaker dan mikrofon di sisi bawah; serta laci dua kartu SIM dan kartu microSD di sisi kiri.

Bahkan, dimensi ketiga HP pun sama-sama 165 x 76,3 x 9,5 mm. Lalu, adakah perbedaan di antara ketiganya? Ada yaitu desain penutup belakang.

Sebagai ponsel kembar, Advan G9 dan Advan G9 Pro memiliki penutup belakang yang mampu memunculkan efek hologram ketika terkena terpaan cahaya. Bentuk efek ini berupa sorot cahaya yang terpencar ke segala arah dengan permulaan dari modul kamera belakang.

Nah, Advan G9 Perfecto lain. Efek yang ditimbulkan penutup belakangnya berupa huruf "V" pada empat sisi (atas, bawah, kiri, dan kanan). Tatanan "V" tersebut menciptakan ruang kosong di tengah dan membentuk huruf "X".

Perbedaan selanjutnya dalam aspek desain adalah opsi warna dari masing-masing ponsel pintar ini. Variasi warna yang disajikan untuk Advan G9 ada tiga: biru, hitam, dan hijau. Sementara itu, untuk Advan G9 Pro hadir dengan dua warna, yaitu hijau dan biru. Adapun Advan G9 Percecto tersedia dalam warna Gold Blue dan Green Blue.

4. Harga Rilis

Yuk, Ungkap Perbedaan Advan G9, G9 Pro, dan G9 Perfecto! 9

Kendati diluncurkan dengan banyak kesamaan, tidak berarti ketiga ponsel pintar ini dibanderol dengan harga yang juga sama. Namun, tidak perlu khawatir, Advan G9, Advan G9 Pro, dan Advan G9 Perfecto dijual dengan harga rilis yang tidak berjauhan.

Saat dirilis pada November 2020, Advan G9 dijual dengan harga ritel Rp1,49 juta, sedangkan Advan G9 Pro Rp1,65 juta. Harga tersebut merupakan harga normal. Sementara itu, Advan banting harga ketika meluncurkan Advan G9 Perfecto pada Agustus 2021. G9 Perfecto dihargai Rp1.199.000 juta (promo) dengan banderol normal Rp1.299.000.

Simpulan

Mari kita ambil benang merah dari pembahasan mengenai perbedaan ketiga ponsel pintar ini. Ketiga ponsel ini sekilas dari tampilannya memang sama, tetapi di dalamnya ada perbedaan mulai dari resolusi kamera, RAM, ruang penyimpanan. Selain itu, ada pula perbedaan desain, warna dan harga rilis.

Bagi kamu yang fokus mencari ponsel dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan yang luas, maka Advan G9 Pro bisa menjadi jawaban. Begitu juga, jika ingin mendapatkan kualitas gambar dan hasil rekaman yang lebih tajam

Namun, beda jika preferensi kamu dilihat dari segi warna sebaiknya untuk mempertimbangkan Advan G9 karena hadir variasi warna yang lebih banyak yaitu biru, hitam, dan hijau. Juga soal harga Advan G9 lebih terjangkau.

Sementara itu, Advan G9 Perfecto hadir dengan harga paling terjangkau dengan kualitas kamera setara Advan G9 Pro. Desain penutup belakangnya pun paling beda. Ponsel ini jadi pilihan menarik buat kamu yang suka jepret gambar.

Itulah tadi perbedaan antara Advan G9, Advan G9 Pro, dan Advan G9 Perfecto yang sebaiknya kamu ketahui sebelum membelinya. Jika, dikasih pilihan, kamu mau pilih Advan G9, Advan G9 Pro, atau Advan G9 Perfecto? Coba tuliskan alasannya di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram