Carisinyal / HP 2020 / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan G9

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan G9

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lagi-lagi Advan mengeluarkan ponsel dengan spesifikasi cukup layak dengan harga yang bersahabat. Jika sebelumnya Anda telah membaca kelebihan dan kekurangan Advan G5, tidak ada salahnya mengetahui Advan G9 yang merupakan generasi penerusnya.

Hadir pada 3 November 2020, Advan G9 dicanangkan sebagai ponsel khusus gaming yang bisa menunjang kegiatan anak muda untuk melepas penat. Dengan baterai yang lebih besar dan beberapa peningkatan di beberapa speknya, Advan G9 cukup terbilang mampu menghadirkan suatu hal yang berbeda dari predesornya.

Penasaran dengan ponsel karya anak bangsa yang dibanderol dengan harga Rp1.399.000,- ini? Mari ikuti penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Adan G9.

Spesifikasi Advan G9

Advan G9 4K Power
  • Layar: IPS LCD 6.6 inches
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5200 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Advan G9

Advan selaku salah satu merk ponsel Tanah Air selalu berusaha menghadirkan yang terbaik di pasar harga entry-level, termasuk pada Advan G9 yang kelebihannya bisa Anda simak berikut ini.

1. Ukuran Layar yang Lebar

advan g9 layar

Jangan dulu langsung remehkan Advan meskipun merk lokal, pasalnya Advan G9 ini sudah tidak lagi mengusung layar berbezel melainkan sudah mempunyai bentuk poni tetesan air. Smartphone ini punya layar bertipe IPS LCD yang ukurannya mencapai 6,6 inci. Cukup terbilang besar untuk ukuran tahun 2020.

Kendati demikian, resolusi layarnya memang hanyalah HD Plus (720 x 1600 piksel) dan bukan Full HD Plus. Bisa dimaklumi, karena memang jarang atau bahkan hampir tidak ada HP di harga Rp1 jutaan yang sudah FHD Plus. Untuk sertifikasi Widevine-nya pun sudah bisa ditebak, ponsel hanya menyediakan L3 sehingga tidak bisa menonton Netflix HD.

2. Kinerja Speaker yang Baik

advan g9 speaker

Nampaknya Advan memang serius untuk memberikan identitas ponsel gaming untuk Advan G9 ini. Pasalnya, si smartphone juga telah dibekali dengan speaker berkinerja cukup baik meskipun masih single (bukan stereo speaker).

Apa yang membuatnya berkualitas? Nyatanya, Advan mengatakan telah mengusung teknologi canggih bernamakan K Power Amplifier yang dapat membuat suaranya lebih lantang, keras, dan enak didengar. Ya, suara ‘kan merupakan aspek cukup penting saat bermain game. Selain dari speakernya, Advan G9 juga menyertai satu earphone JBL gratis.

3. Punya Quad Camera

advan g9 kamera

Fitur fotografi juga merupakan departemen yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, mengingat anak muda zaman sekarang rasanya tidak mungkin kalau tidak memakai fitur kamera sama sekali. Nah, ada yang menarik pada Advan G9 ini. Mengusung tagline “4K Power Gaming”, Advan G9 punya kemampuan fotografi lebih baik dari generasi sebelumnya yang hanya Triple Camera.

Tapi jangan salah, nama 4K di sini tidak berarti bisa merekam video dengan resolusi 4K, melainkan melambangkan 4 buah kamera yang menempati bodi belakangnya.

Untuk kamera utamanya, terdapat lensa beresolusikan 13 MP dengan apertur f/2.2, beserta tiga lensa yang masing-masing berkekuatan 0,3 MP. Tidak disebutkan ketiganya punya fungsi apa, dan konfigurasi kamera ini tentunya menghadirkan lampu Flash Light juga.

Kinerja kameranya dibantu dengan fitur-fitur peranti lunak kekinian untuk meng-enhance hasil foto supaya lebih kreatif lagi. Ada fitur bernama Intellegent Beauty Algorithm untuk lensa selfienya.

Sesuai namanya, bisa mendeteksi wajah pengguna dan melakukan proses mempercantik wajah berkat bantuan AI. Terdapat pula Focus Blur, fungsi yang bisa memberikan efek background blur supaya lebih Instagrammable. Cukup oke untuk HP di harga Rp1 jutaan.

4. Kapasitas Baterai yang Meningkat

advan g9 baterai

Sama-sama punya harga di kisaran Rp1 juta, apa yang menjadi sorotan utama ponsel ini ketimbang Advan G5 yang merupakan generasi pendahulunya? Ternyata, Advan G9 sudah dilengkapi dengan baterai yang lebih besar lagi, yakni 5.200 mAh Power Max.

Alih-alih baterai 4.000 mAh seperti pendahulunya, kini Advan G9 pun bisa dijalankan dengan durasi pemakaian lebih irit, sehingga saat bermain game pun tidak sebentar-sebentar harus cari colokkan.

5. Hadir dengan Face Unlock

advan g9 face unlock

Tahukah Anda? HP murah begini ternyata sudah dibekali dengan fitur pengenal wajah untuk membuka layar, atau yang biasa disebut sebagai Face Unlock. Ini merupakan pertanda kalau Advan tidak asal-asalan dalam memproduksi ponsel dan tetap memerhatikan tren masa kini di mana penggunanya tidak mau ribet memasukkan PIN atau kata sandi setiap kali buka kunci.

6. Bodi Tampil Kekinian

advan g9 desain bodi

Tidak masalah beli HP murah, asalkan tidak terlihat murahan. Itulah pengalaman yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Advan G9. Tidak ada lagi kata gengsi membeli HP murah, karena tampilan bodi belakang yang dimilikinya terlihat premium dengan modul kamera khas ponsel flagship berupa modul persegi panjang di pojok kiri atas.


Ditambah lagi, bagian depannya pun menawarkan layar Fullscreen minim bezel. Pokoknya, semua tentang tampilan HP ini sungguh terlihat tahun 2020. Tidak lupa, ada yang unik juga dari tampilan casing yang termasuk pada paket pembelian. Tambahan casing ini punya banyak lubang bagaikan keju Swiss, bertujuan agar udara panas bisa lebih dibuang keluar melalui rongga-rongganya ini.

Kekurangan Advan G9

Harus diakui, kalau Advan G9 memang tidak mungkin luput dari beberapa kekurangan. Yuk simak poin-poin kekurangan Advan G9 berikut ini!

1. Tanpa Fast Charging

advan g9 tanpa fast charging

Dengan keberadaan baterai yang kapasitasnya besar, tentu durasi pengecasan akan berlangsung pada durasi yang lebih lambat. Siasatnya adalah dengan menggunakan fitur fast charging, yang mana fitur ini absen dari Advan G9.

Alhasil, setidaknya mungkin dibutuhkan waktu berjam-jam supaya baterainya bisa terisi hingga penuh. Cara alternatif lain supaya durasinya tidak mengganggu, ya harus dicas sebelum tidur agar besok paginya sudah berada dalam keadaan full. Kalau mau ponsel yang harganya tidak jauh dengan Advan G9 tapi sudah pakai fast charging, bisa mempertimbangkan Redmi 8A atau Realme C11.

2. Tidak Ada Fingerprint Scanner

advan g9 tanpa fingerprint scanner

Berbagai cara demi cara terus dikembangkan oleh pengembang smartphone agar fitur pembukaan kunci bisa dijalankan lebih cepat dan nyaman. Meskipun sudah menghadirkan fitur Face Unlock, sayangnya Advan G9 tidak menyertakan fitur pemindaian sidik jari baik di belakang bodi ataupun samping.

Pasalnya, Face Unlock saja rasanya tidak cukup mengingat banyaknya pengguna yang marak menggunakan masker pada saat ponsel ini dirilis. Walau kondisinya normal pun, tetap lebih afdol kalau pengguna bisa bebas memilih antara mau menggunakan sidik jari atau fitur pengendali wajah.

3. Masih Pakai MicroUSB

advan g9 microusb

Sebenarnya, cukup wajar ponsel dengan harga Rp1 jutaan masih dibekali dengan port pengecasan jadul bernama microUSB. Ini adalah port pengisian daya yang cukup sering dipakai pada masanya dulu, tapi sekarang sudah tergantikan oleh pengecasan USB tipe-C.

Lantas mengapa kami menganggap hal ini sebagai kekurangan kalau memang wajar? Alasannya sederhana, karena Advan G5 yang menjadi generasi pendahulunya sudah menggunakan USB tipe-C. Mengingat rentang harga keduanya masih sama, hal ini berarti Advan G9 memang mengalami pemangkasan fitur.

4. Kurang Cocok Dimainkan Game Berat

advan g9 performa

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=C4XnmAV8Arc (Rizwan Zone)

Meskipun dari soal frame rate, tidak dapat diharapkan bisa menyaingi ponsel mahal, tapi Advan G9 ini bukan berarti tidak bisa dipakai bermain game. Perangkat merk lokal ini menghadirkan chipset Unisoc SC9863A, mencakup konfigurasi CPU octa core berjenis ARM Cortex A55. Mempunyai clock speed sebesar 1,6 GHz dan juga 1,2 GHz.

Sementara itu, di bagian RAM-nya juga sudah tersedia kapasitas 4 GB yang diiringi dengan memori internal 32 GB. Advan juga menyatakan kalau perangkat ini mengusung dual SIM Nano dengan tambahan slot kartu memori eksternal yang bisa dipasangkan microSD hingga kapasitas 128 GB.

Sudah ada seorang YouTuber bernama Rizwan Zone yang menyicipi performa ponsel ini saat dimainkan PUBG Mobile. Beliau menunjukkan kalau Advan G9 hanya mentok menggunakan pengaturan frame rate Medium pada setting-an grafik Smooth atau Balance.

Nah, di pengaturan Balance – Medium ini, permainan memang terasa kentara lag-nya baik saat berlari maupun saat membidik musuh. Dan juga, bodinya cenderung cepat panas sehingga tidak cocok untuk dimainkan lama-lama. Untuk game yang lebih ringan lagi seperti Mobile Legend, masih agak mending performanya walau cukup terasa tidak halus saat menggerakkan karakter.

Oh iya, untuk Anda yang orangnya AnTuTu banget, Advan G9 meraih skor sebesar 96.558 poin saja saat diujikan pada benchmark AnTuTu v8. Untuk game-game yang sifatnya lebih ringan atau pembukaan aplikasi harian, Advan G9 sebenarnya masih cocok. Tapi, tidak cukup bagus untuk game berat.

Simpulan

Nah itu tadi rupanya kelebihan dan kekurangan dari Advan G9 yang sebaiknya Anda ketahui. Di kelas harganya ini, punya RAM 4 GB bisa terbilang sebuah prestasi. Pasalnya beberapa ponsel Infinix di rentang Rp1 jutaan malahan ada yang masih pakai RAM 2 GB ataupun 3 GB.

Memang sih, chipset-nya masih pakai Unisoc sehingga terbilang kalah saing ketimbang Redmi 9A yang sudah pakai MediaTek Helio. Tapi untuk seukuran ponsel lokal, menghadirkan baterai 5.200 mAh termasuk hal yang patut dibanggakan.

Terlebih lagi, ponsel ini sudah mengantongi empat buah kamera. Walau kehadiran tiga kamera lainnya terasa seperti gimmick, setidaknya masih terlihat bergengsi saat berkumpul dengan teman-teman, apalagi bodi belakangnya pun sudah terlihat cukup oke.

Nah, apakah Anda tertarik dengan Advan G9? Atau masih ingin lihat-lihat HP Rp1 jutaan lainnya yang mungkin lebih cocok untuk Anda? Yang pasti, Anda tinggal perlu klik link ini untuk membawa ponsel ini pulang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *