Carisinyal / HP 2020 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna X Pro

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna X Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pasar HP murah di Tanah Air memang masih dikuasai oleh para vendor anggota BBK seperti OPPO, Realme, dan Vivo. Tapi hal ini tidak membuat Luna, sebuah sub-brand dari Evercoss untuk menyerah begitu saja. Ya, merk lokal ini patut mendapat dukungan kita setelah merilis ponsel canggih terbarunya bertajuk Luna X Pro yang dihargi sekitar Rp1.449.000,- saja.

Ponsel ini dirilis sebagai jawaban untuk masyarakat yang butuh HP terjangkau tapi masih lebih dari cukup untuk digunakan kebutuhan sehari-hari, seperti chatting ataupun rapat secara daring. Daripada penasaran, lebih baik simak kelebihan dan kekurangan Luna X Pro sebagai berikut ini.

Spesifikasi Luna X Pro

luna x pro

  • Rilis: 2020
  • Layar: 6.088 inch HD+
  • Chipset: MediaTek Helio P22
  • CPU: Octa-core
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang: 13MP + Dual Camera + Flash
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 4.100 mAh

Kelebihan Luna X Pro

Kini saatnya Anda menilai apakah Luna X Pro mampu mengungguli beberapa ponsel lainnya di rentang harga yang sama, yakni dengan mempertimbangkan beberapa poin kelebihan di bawah.

1. Hadir dengan RAM Besar

luna x pro ram besar

Bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan kemampuan RAM yang menunjang, pilihan pada harga entry-level cukup terbatas. Biasanya di harga Rp1 jutaan, RAM yang bisa didapatkan hanya berkisar antara 2 GB hingga 3 GB saja. Nah, di sinilah Luna X Pro unggul dengan menghadirkan RAM sebesar 4 GB.

Rupanya tidak perlu sampai mengeluarkan uang Rp2 juta untuk mendapatkan ponsel murah dengan RAM 4 GB. Dengan begini Anda pun bisa mengoperasikan HP dengan lebih lancar dan tanpa hambatan, terutama saat membuka banyak aplikasi dalam sekali waktu.

2. Memiliki Fitur Face Unlock yang Cepat di Kelasnya

luna x pro face unlock

Meskipun HP murah, Luna X Pro tidak lupa dibekali dengan fitur pembukaan kunci yang cukup unggul di kelasnya, yakni Face Unlock. Fitur ini bisa dinilai sebagai sebuah pemanis untuk HP yang dihargai sejuta setengah ini.

Pasalnya, kemampuan Face Unlock ini terbilang cukup cepat dan bukanlah sekadar gimmick belaka. Ini tentu sebuah fitur pembukaan kunci layar yang lebih unggul ketimbang memasukkan PIN ataupun pattern.

3. Kapasitas Baterai Besar

luna x pro baterai

Sebuah ponsel memang sebaiknya dibekali dengan kapasitas besar supaya pengguna tidak perlu sebentar-sebentar mengambil casan, seperti Luna X Pro yang sudah dihadirkan dengan baterai yang cukup awet di kelasnya.

Ya, Anda bisa menikmati durasi menonton YouTube atau Netflix dengan durasi berjam-jam, karena Luna X Pro menawarkan kapasitas 4.100 mAh. Meskipun ia tidak dibekali dengan  fast charging, setidaknya kapasitas ini terbilang cukup besar untuk pasaran HP low end. 

4. Ukuran Layar Terbilang Besar

luna x pro layar

Untuk Anda yang menginginkan pengalaman terbaik saat menikmati konten video, tentu memerlukan HP dengan layar besar. Nah, Luna X Pro ini kebetulan memiliki layar yang lumayan besar di angka 6,088 inci agar bisa menampilkan video dengan ukuran yang besar pula. Adapun aspek rasio yang dimilikinya adalah 19,5:9 dengan kerapatan piksel yang besar demi menghadirkan ketajaman yang baik.

Layar yang diusungnya ini memiliki panel yang cukup standar, yakni IPS LCD. Dari tingkat kecerahannya, ponsel ini terbilang cukup mampu menawarkan sisi visual yang baik untuk sekelas harganya. LCD ini menggunakan teknologi OGS atau yang disebut sebagai One Glass Solution. Ini membuat layar Luna X Pro lebih tipis dan juga mampu lebih terang di bawah sinar matahari.

5. Hadir dengan Triple Camera

luna x pro kamera

Biasanya banyak orang berpikiran kalau kamera HP yang bagus hanya terdapat pada produk yang mahal saja. Tapi, kalau Anda dipatok oleh budget dan ingin mendapatkan ponsel terjangkau, Luna X Pro tetap terbilang mampu menghadirkan hasil fotografi yang layak.

Pasalnya di harga segini, ia sudah dibekali dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakang yang sudah didukung oleh teknologi kecerdasan buatan alias AI (Artificial Intellegence). AI ini berperan penting dari segi post-processing di mana kualitas gambar akan berusaha ditingkatkan.

Kamera Luna X Pro merupakan sensor Sony IMX 135 berkekuatan 13 MP, yang ditemani pula oleh lampu LED Flash dan dua kamera lainnya. Sementara di bagian depannya, tersemat kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

6. Desain Bodi Modern

luna x pro desain (2)

Tidak hanya mengandalkan dalamannya saja, rupanya Luna X Pro juga membawa desain bodi yang sangat kekinian. Pada materialnya yang terbuat dari plastik, sekilas tampak kalau cangkang belakang HP ini terbuat dari kaca. Lalu, ia pun sudah mengusung desain modul tiga kamera belakang yang tampak seperti ponsel flagship di tahun 2020.

Pada bagian depan, tertera kamera selfie yang dirancang dalam bentuk poni tetesan air sehingga menyisakan lebih banyak ruang untuk layar. Memang sih bezelnya terbilang cukup tebal, tapi wajar mengingat HP ini adalah anggota dari segmen entry-level.

Adapun di belakang layarnya tertulis nama merk Luna pada balutan warna hitam yang sungguh membuatnya tampil secara profesional. Sebuah sebuah perpaduan desain yang elegan.

Kekurangan Luna X Pro


Sebagai ponsel murah, tentu ada beberapa hal yang membuat Luna X Pro ini agak nanggung dari segi fitur-fiturnya. Apa sajakah kekurangan ponsel ini? Yuk, simak poin-poin kekurangan di bawah!

1. Hybrid SIM Slot

luna x pro

Satu yang menjadi kekurangan ponsel ini adalah media penyimpanan internal yang cukup kecil, yakni 32 GB. Pengguna untungnya masih bisa memperluas kapasitas ini dengan menggunakan microSD.

Hanya saja, Anda harus mengorbankan kartu SIM kedua kalau mau menyematkan memori eksternal. Ya, HP ini tidak menyediakan 3-card slot yang umum ditemui pada HP entry-level kebanyakan, membuat Luna X Pro kurang menarik untuk dipertimbangkan.

2. Tidak Cocok untuk Gaming

luna x pro performa

Anda berpikiran untuk memainkan PUBG Mobile menggunakan Luna X Pro? Mungkin lebih baik urungkan niat, karena chipset MediaTek Helio P22 dengan konfigurasi octa core 1,8 GHz yang disematkannya kurang mampu mengangkat game-game berat.

Sebenarnya penggunaan Helio P22 cukup standar untuk sektor HP murah, tapi nyatanya di luar sana masih ada beberapa ponsel di bawah Rp2 juta yang mampu memberikan performa lebih layak. Misalnya saja ada Redmi 9A yang dibekali dengan Helio G25 yang memang chipset khusus bermain game. Juga, ada Redmi 9C dengan harga di bawah Rp1,5 juta yang sudah dihadirkan Helio G35.

Mau bagaimanapun, kedua chipset Helio seri G yang disebutkan tadi memang mempunyai performa game yang lebih teroptimasi, walau frame rate-nya tetap sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Seorang YouTuber bernama Gadget Max juga turut mengamini hal ini. Ia menjalankan PUBG M pada Luna X Pro dan pengaturan maksimal yang didapat hanyalah Smooth dan juga frame rate Medium. Bahkan pada pengaturan grafis mentok kiri sekalipun, gerakkan karakter terlihat choppy.

Tapi kalau Anda berniat menggunakan ponsel ini untuk bermain game yang lebih ringan seperti Mobile Legend ataupun game semacam Subway Surfer, Luna X Pro masih terbilang cukup oke.

3. Tidak Memiliki Sensor Sidik Jari

Luna X Pro memang menghadirkan fitur Face Unlock sebagai metode pembukaan kunci layar yang praktis. Tapi sayangnya, HP murah ini tidak dibekali dengan dukungan sensor sidik jari. Alhasil di bagian belakang pun memang terlihat lebih bersih tanpa ada penampakkan sensor tersebut.

Untuk pengguna yang sudah terbiasa dengan sensor sidik jari mungkin akan merasa agak canggung. Padahal sih beberapa ponsel Rp1 jutaan ada yang sudah menghadirkan sensor ini, seperti Infinix Smart 5 contohnya. Tapi hal ini kembali lagi pada pengguna, karena toh setidaknya Luna X Pro tidak sejadul ini karena masih menawarkan Face Unlock.

4. Penggunaan Daya Rendah untuk Isi Baterai

luna x pro pengecasan

Walaupun Luna X Pro hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, sayangnya casan yang tersedia dalam boks pengemasan hanya menggunakan daya 5V/1.5A alias 7,5 W.

Ini merupakan daya yang cukup rendah, sehingga waktu pengisian daya ponsel akan lumayan memakan banyak waktu. Port pengecasannya pun masih menggunakan microUSB, suatu hal yang cukup standar di HP semurah ini. Tapi seandainya ia hadir dengan casan 10 W pasti lebih bagus lagi.

Simpulan

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan Luna X Pro, sebuah ponsel entry-level seharga Rp1,4 jutaan yang spesifikasinya cukup unggul. Membawa RAM sebesar 4 GB, Luna X Pro resmi tergabung dalam daftar HP Rp1 jutaan dengan RAM terbesar.

Selain itu, desain bodi warna hitam, abu, dan biru yang elegan dengan modul tiga kamera yang disusun secara menarik sungguh membuat Luna X Pro tampil seolah berada di segmen harga di atasnya.

Cukup sayang Luna X Pro masih disertakan dengan hybrid slot untuk penambahan kartu eksternal, dan juga performanya bermain game kurang berdaya saing. Jika Anda tertarik dengan Luna X Pro, Anda bisa membelinya melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *