Carisinyal / Xiaomi 2020 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 9

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 9

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai merk ponsel raksasa, Xiaomi cukup lekat dengan identitas HP murah berkualitas. Itulah mengapa setiap produk yang diluncurkan pada segmen harga murah selalu diburu layaknya semut mencari gula, tak terkecuali bagi Redmi 9 yang hadir di pasar Indonesia pada 14 Juli 2020.

Apa yang membuatnya sebegitu menarik? Soalnya, Redmi 9 digadangkan sebagai ponsel budget gaming dengan performanya yang gahar. Benarkah demikian? Nah, kalau Anda penasaran dengan Redmi 9 seharga Rp1.749.000,- ini, silakan simak kelebihan dan kekurangan Redmi 9 berikut.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9

redmi 9

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 13 MP, 8 MP, 5 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Xiaomi Redmi 9

Setelah melihat spesifikasi ponsel ini, kini waktunya Anda menyaksikan betapa menariknya Redmi 9. Simak 8 poin kelebihan Redmi 9 yang telah Carisinyal sajikan untuk Anda.

1. Baterai Jumbo 5020 mAh

baterai redmi 9

Xiaomi Redmi 9 lagi-lagi berhasil mewakili nama Xiaomi sebagai ponsel HP dengan value for money yang tinggi. Walau berada di segmen harga yang terjangkau, Redmi 9 sudah dibekali dengan kapasitas baterai sungguh besar yakni 5020 mAh.

Situs resmi Redmi 9 sendiri mengatakan bahwa ponsel ini mampu bertahan hingga 185 jam saat dipakai untuk mendengarkan lagu, atau dipakai menelepon selama 31 jam.

Kapasitas yang besar umumnya membutuhkan waktu yang lama untuk dicas sampai penuh. Nah, dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena Redmi 9 sudah menyertakan kemampuan fast charging 18 W. Walau begitu, Anda perlu membeli charger 18 W secara terpisah.

2. Performa Gaming Oke

redmi 9 chipset

Jika Anda mencari ponsel-ponsel yang berada di kisaran harga 2 jutaan, kebanyakan dari mereka menghadirkan chipset Snapdragon seri 6, baik itu Snapdragon 660 seperti Redmi Note 7 ataupun Snapdragon 665 seperti Realme 5S, OPPO A5 2020, atau Redmi Note 8. Lalu bagaimana dengan Redmi 9 yang sedang dibahas sekarang?

Ponsel ini mengandalkan chipset Helio G80 dengan fabrikasi 12 nm dan kartu pengolah grafis Mali-G52 MC2. Dilansir dari NanoReview, chipset Helio G80 memiliki skor benchmark AnTuTu yang lebih unggul ketimbang Snapdragon 665.

Sementara SD 665 hanya menghadirkan skor 142810, Helio G80-nya Redmi 9 sanggup meraih 197294 poin. Artinya, Redmi 9 yang seharga 1 jutaan bahkan mampu mengungguli ponsel-ponsel dengan rentang harga di atasnya.

3. Layar Sudah Full HD+

layar redmi 9

Selain cocok dipakai bermain game karena performa besar dan baterainya yang awet, Redmi 9 juga cocok untuk dipakai menonton berkat layarnya yang sudah Full HD+ sebesar 2340 x 1080 piksel.

Ini adalah sebuah angin segar di kalangan ponsel kompetitor yang hanya menghadirkan HD+. Layar yang menggunakan panel IPS LCD ini mampu memberikan tampilan yang lebih jernih dan tajam, sehingga enak dipakai binge-watching seharian.

4. AI Quad Camera

kamera redmi 9

Kalau sekadar dilihat dari resolusinya, sekilas kamera Redmi 9 terlihat standar. Ponsel Xiaomi ini menghadirkan konfigurasi empat lensa dengan resolusi 13 MP, 8 MP (ultrawide), 5 MP (makro), dan 2 MP (sensor kedalaman). Anda bisa mengambil foto panorama dengan sudut keluasan 118 derajat, serta menangkap objek secara close-up.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengambil selfie dengan palm gesture sehingga tidak perlu repot-repot meminta tolong difotokan orang lain saat hendak mengambil selfie group. Tidak lupa Xiaomi juga menyertakan fitur HDR, slow motion, kaleidoskop, Google Lens, dan perekaman video pendek.

Itu tadi resolusi dan beberapa fiturnya, apakah Redmi 9 mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus? Berdasarkan beberapa sample foto di bawah, kamera Redmi 9 mampu memberikan ketajaman dan akurasi warna yang baik untuk sekelas harganya.

hasil foto redmi 9

Hasil kamera Redmi 9 (normal). *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YUpes0xmHQM

hasil foto redmi 9 normal mode

Hasil kamera Redmi 9 (normal). *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YUpes0xmHQM

ultra lebar redmi 9

Hasil kamera Redmi 9 (ultra lebar). *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YUpes0xmHQM

5. Slot Memori Eksternal Khusus

redmi 9 slot

Memori internal memang enaknya dipakai untuk menampung aplikasi saja. Nah, kalau Anda ingin menyimpan file-file besar seperti film, sudah ada slot memori eksternal pada Redmi 9.

Untungnya lagi, Anda bisa menggunakan microSD tanpa perlu mengorbankan kartu SIM kedua. Ponsel ini menyediakan triple tray yang bisa menampung dua kartu SIM dan satu microSD sekaligus. Sementara itu, batas maksimal kapasitasnya adalah 512 GB. Lagi-lagi Redmi 9 berhasil menawarkan kenyamanan pada penggunanya.

6. Terdapat Fitur Sidik Jari dan Face Unlock

redmi 9 sidik jari

Apakah Anda bosan memasukkan pattern dan PIN setiap ingin membuka kunci layar? Nah, kelebihan Redmi 9 yang satu ini dijamin berguna. Ia memiliki sensor sidik jari di bagian belakang bodi serta Face Unlock. Anda pun bisa leluasa memilih metode mana yang disukai untuk membuka kunci dengan cepat.


Dilansir dari Revu.com.ph, sensor sidik jarinya ini sungguh bekerja dengan sangat baik. Hanya dengan sedikit menyentuhkan jari pada sensor, layar pun sudah langsung terbuka dengan instan.

Sensor Face Unlock-nya juga sangat cepat, namun nampaknya tidak begitu aman karena layar akan terbuka walau penggunanya tidak melihat kamera depan secara langsung. Overall, kehadiran kedua fitur ini pada Redmi 9 cukup layak diapresiasi.

7. Sudah Memiliki Sertifikasi Widevine L1

Redmi 9 widevine

Di zaman sekarang, kegiatan streaming film dan TV series sudah menjadi sangat marak. Semakin banyaknya orang yang memiliki akun Netflix membuat Xiaomi menghadirkan sertifikasi Widevine L1 pada Redmi 9.

Widevine L1 sendiri berguna agar ponsel bisa menonton koleksi film dan series Netflix dengan resolusi HD. Fitur ini sungguh melengkapi layar Full HD+ yang dihadirkannya supaya kegiatan binge-watching bisa lebih nikmat.

8. Hadir dengan USB Tipe-C

usb tipe c redmi 9

Satu hal yang cukup umum ditemukan pada rentang harga 1 juta adalah kehadiran port microUSB. Port ini sebenarnya sudah cukup obsolete di zaman sekarang, karena sudah ada USB Tipe-C yang lebih mampu menghadirkan kecepatan transfer data yang lebih baik.

Redmi 9 rupanya kebagian memiliki port USB tipe-C tersebut. Selain lebih cepat mentransfer data, Anda pun bisa mencolokkan kabel casan tanpa harus memedulikan posisi kabel yang terbalik.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9

Walau hadir dengan segala kelebihannya yang menggiurkan, Xiaomi Redmi 9 tetap saja tidak dapat lepas dari identitasnya sebagai ponsel budget. Simak kekurangan Xiaomi Redmi 9 berikut ini.

1. Tidak Ada Mode Malam

redmi 9 (3)

* sumber: tekno.kompas.com

Kamera Redmi 9 memang mampu menghasilkan foto-foto berkualitas bagus pada pencahayaan yang cukup. Namun kalau Anda mencari ponsel yang bisa dipakai berfoto ria saat malam hari, Redmi 9 bukan pilihan yang cocok.

Pasalnya, Redmi 9 memang tidak menawarkan fitur mode malam. Foto-foto yang diambil pada kondisi minim cahaya akan kehilangan detil serta banyak area-area yang tidak mendapatkan cukup exposure. Berikut adalah sample Redmi 9 saat malam hari.

sample malam hari redmi 9 (2)

Redmi 9 saat malam hari. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YUpes0xmHQM

sample malam hari redmi 9

Redmi 9 saat malam hari. * sumber: www.revu.com.ph

2. Tidak Kebagian NFC di Indonesia

redmi 9 nfc

Kalau Anda hidup di kota-kota besar, fungsi NFC pada ponsel cukup membantu dalam kegiatan sehari-hari. Xiaomi Redmi 9 sebenarnya sudah dihadirkan dengan NFC, tapi model yang masuk ke pasar Indonesia tidak kebagian fitur ini.

Kasus seperti ini bukan yang pertama kalinya, sebelumnya sudah ada Redmi Note 9 juga yang menyediakan fitur NFC hanya pada beberapa wilayah saja. Kalau Anda termasuk yang menantikan fitur NFC, kekurangan ini cukup disayangkan. Tapi untuk segmen harga Redmi 9, sebenarnya wajar kalau tidak ada NFC.

Simpulan

Dengan harganya yang sebegitu murah, Redmi 9 ternyata memiliki segudang kelebihan yang membuat siapapun tercengang. Siapa sangka HP 1 jutaan ini memiliki chipset yang ramah dipakai gaming serta layar Full HD+? Ditambah lagi dengan baterainya yang sangat awet. Bagi Anda yang ingin HP murah, Redmi 9 sudah tidak perlu diragukan lagi.

Memang, performa kameranya kurang bisa diandalkan pada malam hari, begitu pun dengan fitur NFC yang absen di pasar Indonesia. Tapi kedua kekurangan ini cukup bisa dimaklumi kalau mengingat rentang harganya yang terjangkau.

Nah, jika Anda tertarik memiliki Redmi 9, bisa mengklik tautan ini untuk membelinya. Oh iya, kami pun sudah menyediakan artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro jika Anda penasaran dengan varian Note-nya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Kalo habis main game suka legg hpnya itu kenapa yah?

  2. Hp saya tidak ada pengaturan penyimpanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *