Carisinyal / Xiaomi 2020 / Ketahuilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro Ini!

Ketahuilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bermain game di HP sungguh akan menyenangkan dengan HP gaming. Namun, HP gaming seperti Black Shark nampaknya terlalu mahal untuk sebagian orang, sehingga dihadirkannya lah Redmi Note 9 Pro – HP yang cocok dipakai gaming dengan harga yang cukup terjangkau. Kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 Pro juga membuat orang bertanya-tanya – apakah HP ini cocok dengan ekspektasi?

Untuk menjawabnya, Carisinyal akan menjabarkan beberapa poin kelebihan dan kekurangan HP senilai Rp3.500.000,- ini. Hadir di Indonesia pada Juni 2020, varian yang dibahas adalah Pro yang lebih canggih dari Redmi Note 9 biasa. Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk simak kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 Pro berikut ini!

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • Layar: IPS LCD, 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 9 Pro

Sudah siap menyaksikan keunggulan-keunggulan unik dari Redmi Note 9 Pro ini? Kira-kira apa saja fitur yang ditawarkannya sehingga membuat HP ini layak dilirik? Simak kelebihan Redmi Note 9 Pro berikut ini!

1. Layar Berukuran Besar

layar redmi note 9 pro (2)

Dibandingkan dengan varian regulernya, layar pada Redmi Note 9 Pro memiliki ukuran lebih besar, yakni 6,67 inci. Meski masih menggunakan panel IPS LCD, setidaknya tingkat kecerahan maksimal yang bisa diraihnya cukup tinggi.

Ketika slider-nya digeser secara manual, Redmi Note 9 pro mampu meraih 456 nits sedangkan mode Autonya bisa mencapai hingga tingkat kecerahan maksimal sebesar 616 nits.

Resolusinya pun sudah Full HD+ (1080 x 2400 piksel) serta memiliki kerapatan piksel sebesar 395 ppi. Tak hanya itu, lisensi Widevine L1 yang dimilikinya memungkinkan Anda menonton Netflix dengan resolusi 1080p HD. Sebuah layar yang cukup membanggakan bagi Redmi Note 9 Pro.

2. Hadir dengan Chipset Bertenaga

performa snapdragon 720g

Kemampuan mengangkat game berat merupakan ciri-ciri HP idaman semua orang. Karena meskipun Anda bukan pemain game, performa chipset yang kuat bisa memperlancar aktivitas harian juga supaya HP tidak mudah lemot. Redmi Note 9 Pro dihadirkan dengan chipset Snapdragon 720 G dengan fabrikasi 8 nm serta pengolah grafisnya mengandalkan Adreno 618.

Chipset ini tentunya sudah kuat memainkan berbagai macam game berat dan aktivitas-aktivitas modern seperti pengeditan foto ataupun video, dan Anda pun mampu memainkan PUBG Mobile atau semacamnya dengan FPS yang lancar serta grafis yang memukau.

3. Tampilan Bodi yang Memukau

redmi note 9 pro desain

Bodi yang dimiliki Redmi Note 9 Pro pertama kali diperkenalkan pada Redmi Note 7 dengan cangkang belakangnya yang terbuat dari kaca dan terlihat glossy. Bodinya ini juga sudah disertai dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 baik di bagian depan maupun bagian belakang.

Di bagian belakang, konfigurasi empat kamera yang dimilikinya terletak di tengah, berbeda jika dibandingkan dengan HP lain pada umumnya yang menghadirkan kamera di pojok kiri atas. Desainnya yang simetris ini sama seperti Redmi Note 8 Pro, menghasilkan tampilan yang simetris, unik, serta eye-catching.

4. Baterai Jumbo

baterai redmi note 9 pro

Jangan biarkan keseharian Anda terganggu gara-gara kapasitas baterai yang kecil. Dengan Redmi Note 9 Pro yang menghadirkan kapasitas 5020 mAh, dijamin HP Anda kuat bertahan hingga seharian penuh.

Laman PhoneArena mengatakan bahwa Redmi Note 9 Pro ini bisa dipakai bermain game 3D dengan durasi panjang, yakni hingga 10 jam 56 menit. Durasi ini lebih unggul ketimbang Redmi Note 9 dengan durasi 7 jam 34 menit.

Sementara itu, varian Pro ini juga telah dihadirkan dengan kemampuan fast charging 30 W. Anda perlu membeli casan 30 W karena dari pabrikannya hanya menghadirkan casan 18 W yang memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih untuk mengecasnya hingga penuh.

Dalam video pengetesan yang diunggah InfoFull, untuk dicas hingga 50% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menitan. Sedangkan, untuk mengecasnya sampai 100% membutuhkan waktu 84 menit.

5. Memiliki Fitur NFC

redmi note 9 pro nfc

Sudah tahukah Anda beberapa fungsi NFC yang membuatnya cukup digemari sebagian orang? Singkatnya, Near Field Communication memudahkan Anda dalam mentransfer data antar perangkat tanpa harus melalui proses pairing seperti saat menggunakan Bluetooth. Selain itu, Anda pun bisa melakukan transaksi pada mesin digital menggunakan NFC.

Mengingat fitur NFC ini belum banyak dibutuhkan banyak orang Indonesia, tidak semua HP menghadirkan fitur ini. Bahkan Redmi Note 9 hanya memiliki fitur NFC pada sebagian negara saja, tidak dihadirkan ke Indonesia.

Nah, kalau Anda kebetulan mencari fitur NFC pada HP, Anda bisa memilih Redmi Note 9 Pro. Fitur ini pun hadir pada semua model yang dikeluarkannya sehingga Anda tidak perlu khawatir salah beli model.

6. Kapasitas RAM Besar

redmi note 9 pro ram

Begitu Anda membuka banyak aplikasi dalam waktu cukup berdekatan, HP biasanya akan mulai lemot kecuali jika Anda menutup sebagian aplikasi yang berjalan pada background. Hal ini umum terjadi pada HP yang memiliki RAM kecil. Di era sekarang, sebaiknya pilih HP yang RAM-nya minimal 4 GB.


Nah untuk Redmi Note 9 pro sendiri, RAM yang dihadirkan justru lebih besar lagi, yakni 6 GB. Ukuran ini merupakan urutan tiga yang terbesar setelah 8 GB dan 12 GB, dan dipastikan Redmi Note 9 Pro ini kuat untuk menunjang aktivitas multitasking.

Selain dari RAM yang besar, memori internal yang disertainya juga memiliki ukuran 128 GB dengan teknologi UFS 2.1. Alhasil menginstal banyak aplikasi pun bukan lagi jadi kendala. Tidak lupa, Anda pun mampu menambahkan microSDXC pada slot khusus sehingga tidak perlu mencabut kartu SIM kedua.

7. Hasil Kualitas Kamera Cukup Bagus

kamera redmi note 9 pro (2)

Sebagai HP keluaran 2020 pada segmen harga mid-range, Redmi Note 9 Pro ternyata dibekali dengan kamera utama yang resolusinya cukup besar. Konfigurasi quad camera miliknya juga bisa membuat Anda mengambil foto dengan berbagai mode. Sebagai informasi, resolusi keempat lensanya adalah 64 MP (lebar), 8 MP (ultra lebar), 5 MP (makro), serta 2 MP (kedalaman).

Lensa-lensanya ini merupakan peningkatan dari varian biasanya yang lensa utamanya hanya memiliki 48 MP. Lensa makro pada varian Pro ini juga sudah sebesar 5 MP dan mampu mengambil foto secara dekat hingga jarak 2 cm. Sementara itu, lensa ultra lebarnya mampu meraih field of view lebih luas lagi dengan sudut 119 derajat. Berikut adalah beberapa sampel kamera yang diambil dari beberapa sumber.

redmi note 9 pro kamera makro

Redmi Note 9 pro kamera makro. * sumber: www.androidauthority.com

redmi note 9 pro camera sample

Redmi Note 9 Pro main camera. * sumber: www.gadgetsnow.com

redmi note 9 pro kamera

Redmi Note 9 Pro kamera. * sumber: www.androidauthority.com

Kekurangan Redmi Note 9 Pro

Meski hadir dengan berbagai fitur canggih seperti chipset yang bertenaga serta kehadiran baterai yang besar, rupanya Redmi Note 9 Pro ini memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui.

1. Hanya Memiliki Refresh Rate 60 Hz

redmi note 9 pro laju penyegaran

* sumber: redminoteseries.com

Sempat dikatakan bahwa layar pada Redmi Note 9 Pro memiliki tingkat kecerahan cukup bagus. Namun sayangnya, layarnya belum mendukung tingkat laju penyegaran yang lebih tinggi di atas 60 Hz.

Padahal, dengan adanya laju penyegaran seperti 90 Hz, animasi dari pergerakan layar akan terasa lebih lembut dan meningkatkan pengalaman Anda dalam menonton ataupun bermain game.

2. Isu Bloatware

miui11 bloatware

Selain dari beberapa spek yang telah dibahas, kini saatnya beralih ke sistem operasi. Redmi Note 9 Pro hadir dengan MIUI 11 yang berbasiskan sistem operasi Android 10. Meski telah hadir dengan berbagai fitur terkini seperti Dark Mode dan Smart Reply, nyatanya MIUI 11 ini memiliki banyak aplikasi ketiga yang tidak bisa dihilangkan.

Alhasil, sebagian dari kapasitas memori internal akan selalu terpakai untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Memang, Redmi Note 9 Pro memiliki memori internal yang besar, tapi kehadiran bloatware tetap mencegah Anda untuk menginstal lebih banyak aplikasi yang Anda inginkan.

3. Kurang Nyaman Digenggam

redmi note 9 pro

Namanya juga smartphone, pasti termasuk salah satu benda yang tidak pernah ditinggalkan di rumah. Oleh karena itu sebaiknya HP memerhatikan sisi portabilitas juga supaya enak dibawa ke mana-mana dan pas dimasukkan ke kantong. Untuk Redmi Note 9 Pro sendiri yang memiliki bobot sebesar 209 gram, HP ini mungkin kurang nyaman untuk dipegang berlama-lama.

Bahan materialnya membuat HP bagian belakang mudah terkotori dengan bekas sidik jari, alhasil jika terlalu banyak disentuh ya Anda harus rajin-rajin membersihkannya. Untung saja, HP ini juga hadir dengan soft case dari pabrikannya.

Simpulan

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 Pro yang sudah Anda baca tadi? Menarik, bukan? HP ini tergolong pada salah satu HP terbaik di kelasnya kalau Anda menginginkan performa game yang dahsyat. Ditambah lagi baterainya yang besar ini juga sudah mendukung fast charging 30 W yang lumayan cepat.

HP ini benar-benar jawaban atas doa yang dilayangkan para penggiat mobile gaming, terutama mengingat harganya yang masih cukup terjangkau. Namun di balik itu juga ada beberapa sisi kekurangannya seperti bobotnya yang agak berat serta adanya isu bloatware yang mengintai.

Nah, jika Anda tertarik dan ingin membelinya, silakan klik link ini. Jangan lupa juga kunjungi laman kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9, versi “ringan” dari HP ini yang juga cukup menggiurkan dengan harganya yang terpaut 1 juta.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

13 Responses

  1. Apakah redmi note 9 pro hanya memiliki 1 speaker bawah saja? Saya mengunakan HP ini tapi speaker atas saya mati atau tidak berfungsi

  2. mau minang nih HP, makanya baca-baca artikel ini dulu. tks infonya

    layar 6.67, sepertinya memang kurang pas digenggam, apalagi dengan tangan kecil. saya pengguna xiaomi, bahkan satu keluarga.. 🙂

  3. Minta saran Gan: selain xiaomi redmi note 9 pro ,adakah pilihan lain yang lebih baik dengan harga yang sama? Kalau bisa tetap ada NFC

  4. Min, sy pake redmi note 9 pro sekitar 2 bulan, 1 minggu terakhir ini saya perhatikan fast chargingnya kadang jadi kadang tidak. Itu kenapa ya?

  5. Udah terpinang 2 unit min🤣
    Tapi pas blm rilis di indo jadi garansi inter
    Buat game enak

  6. Saya pakai baru 1 minggu tapi skrg ini kalau beralih dari aplikasi ke home nya agak melambat itu kenapa ya min?, tapi kalau saya restart HP nya kembali normal

  7. Tidak bs main game ff stuk di logo pdhl dah login pke email fb guest tp tdk bs

  8. better mana xiaomi note 8 pro atau 9 pro
    atau samsung apa yg sma dan baik cameranya

    thanks u
    dtgg info ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *