Carisinyal / Xiaomi 2020 / Inilah Keunggulan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, HP Para Jawara

Inilah Keunggulan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, HP Para Jawara

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Xiaomi menawarkan pengalaman baru pada seri baru Redmi Note di Indonesia. Maklum saja, seri ini dianggap sebagai salah satu seri andalan dari Xiaomi untuk menguasai pasar Indonesia. Harganya yang cukup pas dengan spesifikasi menarik menjadi keunggulan dari seri ini.

Dan hal tersebut memang terbukti berkat berbagai kesuksesan Redmi Note seperti Redmi Note 5, Redmi Note 7, Redmi Note 8, dan Redmi Note 8 Pro. Beberapa Redmi Note seri lawas juga cukup menarik perhatian tetapi memang tidak sedikit yang kalah pamor seperti Redmi Note 6 Pro misalnya.

Berbagai kesuksesan Redmi Note series tersebut dilanjutkan dengan kehadiran Redmi Note 9 series di Indonesia, Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Kedua ponsel ini diperkenalkan Xiaomi pada Selasa, 9 Juni 2020.

Xiaomi menyebut Redmi Note 9 seri ini sebagai ponsel JAWARA.  Tak pelak, banyak tagline yang berkaitan dengan ponsel ini menawarkan jargon-jargon JAWARA.

Lantas, apa saja yang membuat Redmi Note ini pantas mendapat predikat sebagai champion smartphone alias ponsel untuk para JAWARA? Tujuh poin adalah jawabannya.

1. Kamera 48 MP dan 64 MP

kamera redmi note 9 pro

Redmi Note 9 Pro hadir dengan empat kamera di bagian belakang. Kamera utama ponsel ini menawarkan sensor 64 MP yang dapat menangkap resolusi yang tinggi dan tajam. Kamera ponsel ini juga memiliki mode Pro termasuk untuk rekaman video. Menariknya, kameranya juga bisa mendukung video beresolusi 4K.

Kamera lainnya ada kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan kamera untuk efek kedalaman 2 MP. Semenara di bagian depan, hadir kamera 16 MP untuk selfie berkualitas tinggi. Hal menarik, kamera depan ponsel ini dapat menangkap video dengan gerakan lambat alias slow-motion.

Redmi Note 9 juga tidak kalah juara. Ponsel yang satu ini juga datang dengan konfigurasi empat kamera belakang. Konfigurasi kamera belakangnya juga mirip.Perbedaannya, kamera utama Redmi Note 9 hanya menawarkan kamera 48 MP saja. Sementara kamera depan, menawarkan kamera 13 MP.

Yang membuat Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 semakin juara adalah fitur kamera yang dimilikinya. Kedua ponsel sama-sama memiliki fitur cinematic portrait dan mode video yang memungkinkan ponsel dapat merekam video dengan aspek rasio 2.39:1. Tersedia pula fitur video lainnya yang membuat kedua ponsel meang juara kamera di kelasnya.

2. Desain Tangguh dan Kuat

Corning Gorilla Glass 5

Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro hadir dengan desain juara, desain terbaik di kelasya. Bagian belakang ponsel ini menawarkan konsep kamera yang berbeda dibandingkan seri sebelumnya. Konsep kamera yang mengotak membuat kedua ponsel terasa beda dan terasa lebih premium.

Yang menarik, di bagian kamera ini, terdapat sensor sidik jari yang menyatu dan berada di bawah kamera. Desain ini hadir di Redmi Note 9. Sementara Redmi Note 9 Pro menawarkan sensor sidik jari di bagian samping sehingga kota kamera Redmi Note 9 Pro tidak terlihat lebih lebar.

Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro sudah dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Pelindung ini membuat layar ponsel tahan terhadap goresan. Tidak hanya bagian layar, Redmi Note 9 Pro juga menawarkan pelindung Corning Gorilla Glass 5 pada bagian belakang bodinya sehingga membuat bodi ponsel ini tangguh dan kuat.

Redmi Note 9 memang hanya memasangkan Corning Gorilla Glass 5 pada bagian layar. Tetapi bodi belakang ponsel ini juga termasuk solid dan kuat. Apalagi karena bodi belakang Redmi Note 9 sudah memakai desain nano coating yang membuat bodi ponsel ini tahan terhadap percikan air.

3. Layar Dot Display TUV Rheinland

dot display

Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro sama-sama menawarkan layar yang lega. Kedua ponsel sama-sama menawarkan resolusi Full HD+ dengan konsep layar penuh dan dot kecil di sudut kiri atas untuk Redmi Note 9 dan di tengah atas untuk Redmi Note 9 Pro. Dot kecil ini adalah tempat untuk kamera depan.

Layar kedua ponsel ini menariknya telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland. Dengan sertifikat ini, layar kedua ponsel bisa memberikan kenyamanan pada mata. Efeknya, mata tidak cepat lelah saat memandang layar ponsel terus-menerus.

Redmi Note 9 sendiri hadir dengan layar 6,53 inci. Sementara Redmi Note 9 Pro hadir dengan layar 6,67 inci, layarnya sedikit lebih besar. Keduanya sama-sama menawarkan layar dengan panel IPS. a

4. Performa Unggul di Kelasnya

Snapdragon 720

Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro tidak hanya unggul di segi kamera. Kedua ponsel ini juga unggul di performa untuk kelas harganya. Betapa tidak, Redmi Note 9 Pro yang berada di kelas harga Rp3 jutaan, dibekali chipset Snapdragon 720G.


Umumnya di kelas harga Rp3 jutaan, chipset yang digunakan adalah chipset yang performanya ada di bawah Snapdragon 720G. Contohnya adalah Snapdragon 712. Dibandingkan SnapdragoN 712, Snapdragon 720 memiliki perform CPU 16% dan performa GPU 14% lebih baik.

Selain itu, performa single-core chipset ini, 40% lebih baik dibandingkan Snapdragon 712. Kemampuan AI juga meningkat tajam, yakni mencapai 115%. Performa yang baik dari chipset ini juga ditunjukan dengan nilai Antutu Redmi Note 9 Pro yang mencapai 200 ribuan.

Helio G85

Sementara Redmi Note 9 dibekali dengan chipset Mediatek Helio G85. Redmi Note 9 ini jadi ponsel pertama yang hadir resmi di Indonesia yang memakai chipset Helio G85. Chipset ini tergolong bertenaga di kelasnya, terbukti dari nilai Antutu Redmi Note 9 yang mencapai 170 ribuan.

Penggunaan nilai Antutu sebagai nilai ukur performa tentu tidak bisa jadi patokan utama. Apalagi banyak kasus soal dugaan memanipulasi angka benchmark sehingga terkesan tinggi. Apakah hal tersebut juga berlaku untuk Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro?

Alvin Tse, managing director Xiaomi Indonesia, menjawab tentang soal ini saat acara konferensi pers secara online bersama media pada Selasa 9 Juni 2020, setelah acara peluncuran.

Alvin Tse mengatakan kalau Xiaomi tidak sembarang berpatokan pada angka benchmark. Mereka juga memiliki laboratorium sendiri untuk menguji langsung performa dari ponsel yang akan dirilis ke pasaran, termasuk Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro.

5. Baterai Tahan Lama

 Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 5.020 mAh. Baterai ini diklaim Xiaomi bisa bertahan samapai 2 harian. Selain itu, Xiaomi juga menyertakan charger cepat di kotak penjualan.

Untuk Redmi Note 9, tersedia charger 18W yang tentunya membuat pengguna tidak perlu membeli charger lain lagi untuk merasakan pengisian cepat. Sementara Redmi Note 9 Pro hadir dengan charger bawaan 30W yang tentunya membuat pengisian bisa lebih cepat lagi.

6. Memiliki Berbagai Fitur Mumpuni

redmi note 9 pro spec

Redmi Note 9 Pro hadir dengan berbagai fitur menarik. Selain performa yang tinggi, desain yang kokoh, kamera yang oke dengan kemampuan rekaman 4K, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Redmi Note 9 Pro juga hadir dengan fitur z-axis linear vibration motor. Fitur ini berguna  untuk mendukung pengalaman pengguna yang berimbang dan enciptakan 120 efek getaran sesuai aktivitas yang sedang pengguna lakukan pada smartphone.

redmi note 9 spec

Redmi Note 9 juga tidak kalah dengan berbagai fitur menarik. Ponsel ini selain memiliki performa tinggi di kelasnya, juga hadir dengan kemampuan kamera depan mode AI Beauty, hadirnya 3,5 mm headphne jack, dan IR blaster.

7. Harga yang Menarik

 Xiaomi Redmi Note 9

Redmi Note 9 hadir dengan harga yang tergolong menarik. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan oke, ponsel ini dibanderol di kelas harga Rp2 jutaan. Di Indonesia, Redmi Note 9 hadir dua tipe, varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Varian kedua adalah RAM 6 GB dengan penyimpanan 128 GB.

Redmi Note 9 varian RAM 4 GB dijual dengan harga Rp2.499.000, dengan harga perkenalan Rp2.399.000. Sementara varian RAM 6 GB dijual dengan harga Rp2.799.000, dengan harga perkenalan Rp2.899.000.

redmi note 9

Redmi Note 9 Pro juga datang menawarkan harga yang oke. Ponsel ini dibanderol di kelas harga Rp3 jutaan. Di Indonesia, Redmi Note 9 Pro hadir dua varian. Varian pertama yaitu RAM 6 GB dan penyimpanan 64 GB. Varian kedua adalah RAM 8 GB dengan penyimpanan 128 GB.

Redmi Note 9 varian RAM 6 GB dijual dengan harga Rp3.499.000, dengan harga perkenalan Rp3.399.000. Sementara varian RAM 8 GB dijual dengan harga Rp3.899.000, dengan harga perkenalan Rp3.799.000.

redmi note 9 pro

Menilik kelas harganya, Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro jelas merupakan ponsel yang benar-benar menarik. Spesifikasi yang ditawarkan tergolong mumpuni untuk kelas harganya. Tertarik untuk membeli Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro? Silakan cek spesifikasi lengkap kedua ponsel ini berikut ini.

Redmi Note 9

Redmi Note 9

  • Rilis: Mei 2020
  • Layar: IPS LCD 6.53 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • Layar: IPS LCD 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *