Carisinyal / Xiaomi 2020 / Yuk, Cari Tahu 6 Perbedaan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro!

Yuk, Cari Tahu 6 Perbedaan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi Anda yang menanti-nanti seri kelanjutan seri Xiaomi Redmi Note 8 yang duluan meluncur pada tahun 2019, kini sudah hadir Redmi Note 9 dan Note 9 Pro yang hadir pada bulan Mei 2020. Anda pun dapat merasakan berbagai perkembangan yang telah diberikan Xiaomi pada kedua varian dari seri Note 9 ini. Namun, apa sajakah yang menjadi perbedaan Redmi Note 9 & Note 9 Pro?

Yang pasti, varian Pro menghadirkan spesifikasi yang lebih ditingkatkan dari varian regulernya. Tapi tak jarang pula ada keunggulan yang justru hanya dimiliki oleh varian regulernya saja. Lantas apakah Redmi Note 9 memiliki satu keunggulan ketimbang Redmi Note 9 Pro? Yuk cari tahu jawabannya pada artikel ini!

Spesifikasi Redmi Note 9

Redmi Note 9

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • Layar: IPS LCD, 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Redmi Note 9 & Note 9 Pro

Sebagai HP Xiaomi yang memasuki pasar menengah, pastinya Anda penasaran apa yang membedakan kedua varian dari seri Note 9 ini. Daripada penasaran, simak perbedaan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro berikut ini.

1. Ukuran Layar

layar redmi note 9 pro

* sumber: www.indiatoday.in

Sektor yang biasa dikembangkan oleh produsen HP saat membuatkan varian Pro-nya adalah ukuran layar, tidak terkecuali bagi Redmi Note 9 dan Note 9 Pro. Sebagai varian reguler, Redmi Note 9 dihadirkan dengan ukuran layar sebesar 6,53 inci sedangkan Redmi Note 9 Pro dibuat dengan ukuran yang lebih besar, yakni 6,67 inci. Keduanya memiliki panel IPS LCD.

Selain itu, tersedia juga sedikit perbedaan dari resolusi dan rasio yang memiliki pengaruh terhadap ketajaman kualitas serta ukuran tampilan yang dihasilkan. Layar Redmi Note 9 memiliki resolusi 1080 x 2340 pixels dengan rasio 19,5 banding 9. Sementara itu, Redmi Note 9 Pro hadir dengan resolusi 1080 x 2400 pixels dan memiliki rasio 20 banding 9.

Baik varian reguler dan Pro hadir dengan Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya tidak langsung rusak sekalipun jatuh beberapa kali dari ketinggian tertentu.

2. Helio G85 vs. Snapdragon 720G

Snapdragon-720G

Dari dulu hingga sekarang, konsumen menginginkan produk teknologi yang dapat menjalankan perintah dengan cepat. Itulah tantangan yang harus dihadapi Xiaomi selaku salah satu merk HP yang merajai pasar.

Dengan Redmi Note 9 yang dirilisnya, Xiaomi ingin memberikan performa menawan dengan menghadirkan Helio G85. Namun apakah chipset ini mampu mengalahkan Snapdragon 720G yang dimiliki Redmi Note 9 Pro?

Berdasarkan hasil benchmark yang didapat dari laman NanoReview, terlihat bahwa skor yang diraih Note 9 Pro jauh melampaui Note 9. Snapdragon 720G meraih skor 270496, sekitar 33% lebih unggul ketimbang Helio G85 yang hanya memiliki skor AnTuTu 8 sebesar 203022. Ini menandakan kalau varian Pro dari Note 9 memang performanya lebih unggul, seperti yang bisa diprediksikan.

3. Kapasitas RAM

redmi-note-9-pro-ram

Fungsi RAM merupakan tempat penyimpanan sementara untuk menunjang aplikasi-aplikasi agar tetap berjalan pada background meski pengguna beralih ke aplikasi lain. Untuk Redmi Note 9 yang menghadirkan varian RAM antara 3 GB dan 4 GB, kemampuan ini tentu masih kalah dibandingkan Redmi Note 9 Pro yang sudah dibekali RAM 6 GB.

Keduanya sama-sama memiliki media penyimpanan internal sebesar 64 GB dan 128 GB dengan teknologi UFS 2.1, serta dilengkapi dengan triple slot supaya Anda bisa menyematkan microSDXC tanpa perlu mencabut kartu SIM kedua.

4. Resolusi Kamera

Redmi-Note-9-Pro-camera

Fitur kamera memang selalu jadi daya tarik. Itulah mengapa Xiaomi menghadirkan konfigurasi empat kamera pada Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro demi kenyamanan pengguna dalam menghasilkan foto yang beragam.

Berbekal resolusi 48 MP (lebar), 8 MP (ultra lebar), 2 MP (makro), dan 2 MP (sensor kedalaman), Redmi Note 9 sudah cukup mampu memungkinkan penggunanya mengambil foto close-up, panorama, potret dengan efek bokeh, dan sebagainya. Ia pun mampu mengambil video pada resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps.

Resolusi keempat lensa ini tidak jauh berbeda dengan varian Pro, yang berbeda hanyalah resolusi lensa makro yang lebih besar menjadi 5 MP serta lensa utama yang kini menjadi 64 MP. Selain itu, Redmi Note 9 Pro juga sudah dibekali kemampuan perekaman video HD dengan resolusi 4K pada kecepatan 30 fps.

Sebagai HP yang berusaha dipasarkan untuk Generasi Z yang hobi selfie, tentu Xiaomi juga menambatkan kamera depan pada keduanya. Untuk Redmi Note 9, Anda bisa menikmati tangkapan tajam menggunakan lensa 13 MP, sementara Redmi Note 9 Pro juga lebih unggul dengan menghadirkan lensa 16 MP.

5. Kemampuan Fast Charging

redmi-note-9-fast-charging

Untuk menarik minat para konsumen agar lebih memilih varian Pro, para merk HP biasanya menghadirkan kapasitas baterai yang lebih besar. Namun berbeda dengan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro yang sama-sama memiliki kapasitas 5020 mAh untuk baterai Li-Po yang digunakan.

Lantas adakah yang berbeda dari kemampuan charging keduanya? Untungnya, Xiaomi memutuskan untuk memberikan fitur fast charging yang lebih unggul pada varian Pro. Di saat Redmi Note 9 reguler hanya bisa dicas menggunakan fast charging 18 W, Redmi Note 9 Pro sudah dihadirkan dengan fast charging 30 W.


Namun ada perbedaan yang cukup unik – varian Redmi Note 9 reguler malah menghadirkan fitur reverse charging 9 W sementara varian Pro tidak. Hal ini tentu akan membagi grup konsumen menjadi dua bagian – mereka yang memilih fast charging lebih unggul akan memilih varian Pro, sementara mereka yang membutuhkan reverse charging akan lebih tertarik dengan varian reguler.

6. Side-Mounted vs. Rear-Mounted Fingerprint Scanner

redmi_note_9_fingerprint

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Di tahun 2020, rasanya aneh melihat HP yang tidak memiliki fitur pembukaan kunci menggunakan sensor sidik jari. Pasalnya, kini semua HP pada seluruh segmen harga sudah menghadirkan fitur ini, terlepas dari merk apapun. Xiaomi yang merupakan merk HP asal Tiongkok ini tentu tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan fitur berguna ini pada Redmi Note 9 dan Note 9 Pro.

Pada segmen harga yang lebih atas, posisi sensor ini biasanya terletak di dalam layar atau biasa disebut under-display fingerprint scanner. Namun hal ini hanya memungkinkan bagi HP yang memiliki panel AMOLED saja. Lantas bagaimana dengan Redmi Note 9 dan 9 Pro yang masih memiliki panel IPS LCD?

Untuk Redmi Note 9 Pro, Xiaomi memutuskan untuk menampilkan sensor di bagian samping bodi, menyatu dengan tombol Power. Sedangkan untuk varian regulernya, ia menghadirkan sensor pada bagian belakang bodi, tepatnya di bawah kamera.

Keduanya sama-sama mampu membuka kunci dengan cepat dan aman, namun secara subjektif, posisi sensor di belakang bodi dirasa lebih nyaman karena lebih mudah diraih oleh jari telunjuk.

Simpulan

Jika Anda sebelumnya penasaran dengan perbedaan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro, semoga pemaparan tadi sudah cukup untuk menjawab pertanyaan Anda. Keduanya memang sama-sama terlihat menjanjikan dengan baterai berkapasitas jumbo dan keunggulan kameranya.

Hanya saja, Redmi Note 9 Pro memang menghadirkan resolusi lensa lebih besar pada bagian depan dan belakang, serta mampu dicas dengan lebih cepat.

Untuk Anda yang tertarik dengan varian regulernya, bisa membeli Redmi Note 9 pada link ini. Sedangkan untuk Anda yang menginginkan varian Pro dengan performa lebih kencang, silakan klik link ini untuk membeli Redmi Note 9 Pro.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *