15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru (November 2022)

Ditulis oleh Listiorini

Vendor smartphone tidak melulu tentang merk-merk terkenal seperti Samsung, Asus, Oppo dan lainnya. Produsen HP asal Indonesia pun ternyata memiliki produk smartphone yang tak kalah saing dengan produk HP luar.

Meskipun beberapa merk asli Indonesia ini kurang dikenal, namun mereka tetap eksis menelurkan produk-produk andalan terbarunya setiap tahun.

Kali ini, Carisinyal akan mengulas 15 HP buatan Indonesia terbaru yang dirilis pada tahun ini. Meskipun kebanyakan memiliki harga yang murah meriah namun tentunya kualitasnya tidak murahan. Lantas apa sajakah smartphone tersebut? Penasaran? Yuk simak daftar smartphone lokal asli Indonesia terbaru berikut ini.

1. Advan NASA Pro

Advan NASA Pro
Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Memiliki desain bodi menawan, Advan NASA Pro menghadirkan juga seangkaian kelebihan lainnya yang tidak disangka-sangka bisa dimiliki oleh HP 1 jutaan. Pertama-tama, ia sudah bawakan port pengecasan USB Type-C, di saat mayoritas HP lain hanya gunakan microUSB.

Kedua, meski kameranya tidak secanggih ponsel lain di harga lebih mahal, tapi mode-mode pemotretan yang dibawakannya sungguh lengkap seperti beautification, mode malam, timelapse, dan bahkan mendukung autofokus dan pencahayaan lampu LED.

Baterai Advan NASA Pro, meski kapasitasnya hanya 3.000 mAh, namun bisa dicabut-pasang tanpa harus membongkar bodi HP. Ini tentu berguna jika suatu waktu baterai mengalami penurunan kesehatan setelah penggunaan jangka panjang, dan memungkinkan pengguna untuk mengganti dengan yang baru secara mudah.

Layar perangkat juga masih tergolong cerah di harganya, bawakan kecerahan tipikal hingga 350 nit pada ukuran 6,1 inci. Lebih besar ketimbang Advan NASA Plus yang mengusung desain FullView (bezel tebal di atas dan bawah) alih-alih waterdrop notch.

2. Advan G9 Perfecto

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (depth) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan mengerti bahwa ketersedian HP dengan harga terjangkau perlu dijaga. Hal ini penting agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat memperoleh akses teknologi yang sama. Lebih-lebih masa pandemi menuntut pelajar untuk belajar dari rumah.

Karena itulah produsen dalam negeri ini merespons dengan merilis Advan G9 Perfecto. Sebuah HP Rp1 jutaan yang menurut kami cocok untuk mendukung kegitan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Apa alasannya? Pertama, layarnya yang 6,6 inci tergolong lebar, membuat mata puas saat melihat konten pelajaran dan melakukan tele-conference.

Kedua, baterai HP ini besar dengan kapasitas 5200 mAh. Penggunaan seharian pun memungkinkan. Adapun Advan G9 Perfecto merupakan upgrade dari Advan G9. Pembedanya adalah desain yang lebih oke dan kamera utama dengan resolusi lebih besar. Kenali HP ini lebih lanjut dalam artikel kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto.

3. Luna G9

Layar IPS LCD 6.39 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (AI)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda cinta HP lokal dan ingin agar produsen HP lokal berjaya? Mungkin ini saatnya Anda mencicipi Luna G9. HP dengan harga sejutaan ini pantas dipinang karena memang layak dibawa pulang. Ada beberapa alasan mengapa Luna G9 ini patut dilirik.

Pertama, desainnya cukup manis. Bagian belakangnya bisa memperlihatkan efek cahaya berpencar, sedangkan bagian depannya sudah modern karena memakai kamera ala di dalam layar. Orang menyebutnya dengan punch hole. Masalah jeroan mungkin belum begitu keren. Maklum ia masih memakai SoC Unisoc SC9863A dengan fabrikasi 28 nm.

Meski begitu, RAM HP ini sudah 4 GB, kegiatan multitasking membuka beberapa aplikasi media sosial akan lancar. Satu hal yang patut diapresiasi dari Luna G9 yakni sudah memakai port USB C dengan dukungan USB OTG, serta memakai sistem operasi Android 11. Tertarik membeli HP dengan baterai 4500 mAh ini?

4. Advan G5 Plus

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 3500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak semua orang butuh HP dengan spesifikasi dewa. Asalkan layarnya besar, dan lancar untuk aktivitas sehari-hari, itu sudah cukup. Mungkin segmen itulah yang dibidik oleh Advan dengan meluncurkan Advan G5 Plus. Ya, bentangan layar dengan kaca lengkung 2,5D HP ini cukup lebar, yakni 6,6 inci.

Hal itu akan cocok buat Anda yang suka menonton film, untuk orang tua yang butuh tulisan menu berukuran besar, atau buat pelajar yang tengah melakukan kegiatan belajar secara daring. Meskipun layar Advan G5 Plus lebar, ternyata bobotnya tak berat, hanya 190 gram.

SoC UNISOC SC9863A yang dipakainya berkonfigurasi delapan inti dengan kecepatan puncak 1,6 GHz. Dipadu dengan RAM 3 GB, kegiatan multitasking masih aman dilakukan. Yang menarik lagi, Advan G5 Plus hadir dengan Android 11 sejak dalam kardus. Kemudian, harga HP ini sangat terjangkau, dirilis harga ritel Rp1 juta lebih lima puluh ribu.

5. Advan GX

Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan sudah berada di jalur yang benar dengan meluncurkan HP Advan GX. Ya, bisa dibilang HP ini cukup memenuhi ekspektasi masyarakat Indonesia tentang seperti apa ponsel Rp2 jutaan ke bawah yang seharusnya. Singkatnya, Advan GX menawarkan performa yang mumpuni berkat SoC UNISOC Tiger T618.

SoC ini sebenarnya tidak baru-baru amat; meluncur 2019. Akan tetapi, performanya mampu menyamai MediaTek Helio G80 dan mengungguli Snapdragon 662. Dalam pengujian AnTuTu 8 yang dilakukan Jagat Review, Advan GX dengan Tiger T618-nya mampu meraih skor 196.627. Skor ini cukup bagus di kelasnya.

Jika digunakan untuk main gim berat Genshin Impact, HP ini ternyata masih playable dengan frame rate di kisaran 35-25 fps. Hal yang bagus lagi dari Advan GX adalah daya tahan baterainya. David Brendi dalam kanal YouTube Gadgetin menyebut bahwa streaming YouTube satu jam hanya membuat baterai HP ini berkurang 4 persen.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram