carisinyal web banner retina

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru (Oktober 2021)

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 27 September 2021

Vendor smartphone tidak melulu tentang merk-merk terkenal seperti Samsung, Asus, Oppo dan lainnya. Produsen HP asal Indonesia pun ternyata memiliki produk smartphone yang tak kalah saing dengan produk HP luar.

Meskipun beberapa merk asli Indonesia ini kurang dikenal, namun mereka tetap eksis menelurkan produk-produk andalan terbarunya setiap tahun.

Kali ini, Carisinyal akan mengulas 15 HP buatan Indonesia terbaru yang dirilis pada tahun ini. Meskipun kebanyakan memiliki harga yang murah meriah namun tentunya kualitasnya tidak murahan. Lantas apa sajakah smartphone tersebut? Penasaran? Yuk simak daftar smartphone lokal asli Indonesia terbaru berikut ini.

1. Advan G9 Perfecto

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru ([month_year]) 1
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (depth) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan mengerti bahwa ketersedian HP dengan harga terjangkau perlu dijaga. Hal ini penting agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat memperoleh akses teknologi yang sama. Lebih-lebih masa pandemi menuntut pelajar untuk belajar dari rumah.

Karena itulah produsen dalam negeri ini merespons dengan merilis Advan G9 Perfecto. Sebuah HP Rp1 jutaan yang menurut kami cocok untuk mendukung kegitan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Apa alasannya? Pertama, layarnya yang 6,6 inci tergolong lebar, membuat mata puas saat melihat konten pelajaran dan melakukan tele-conference.

Kedua, baterai HP ini besar dengan kapasitas 5200 mAh. Penggunaan seharian pun memungkinkan. Adapun Advan G9 Perfecto merupakan upgrade dari Advan G9. Pembedanya adalah desain yang lebih oke dan kamera utama dengan resolusi lebih besar. Kenali HP ini lebih lanjut dalam artikel kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto.

2. Luna G9

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru ([month_year]) 3
Layar IPS LCD 6.39 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (AI)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda cinta HP lokal dan ingin agar produsen HP lokal berjaya? Mungkin ini saatnya Anda mencicipi Luna G9. HP dengan harga sejutaan ini pantas dipinang karena memang layak dibawa pulang. Ada beberapa alasan mengapa Luna G9 ini patut dilirik.

Pertama, desainnya cukup manis. Bagian belakangnya bisa memperlihatkan efek cahaya berpencar, sedangkan bagian depannya sudah modern karena memakai kamera ala di dalam layar. Orang menyebutnya dengan punch hole. Masalah jeroan mungkin belum begitu keren. Maklum ia masih memakai SoC Unisoc SC9863A dengan fabrikasi 28 nm.

Meski begitu, RAM HP ini sudah 4 GB, kegiatan multitasking membuka beberapa aplikasi media sosial akan lancar. Satu hal yang patut diapresiasi dari Luna G9 yakni sudah memakai port USB C dengan dukungan USB OTG, serta memakai sistem operasi Android 11. Tertarik membeli HP dengan baterai 4500 mAh ini?

3. Advan G5 Plus

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru ([month_year]) 5
  • Rilis: Juli, 2021
  • Layar: Incell IPS LCD 6,6 inci, HD+
  • Chipset: UNISOC SC9863A
  • GPU: PowerVR GE8322
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + AI
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 3500 mAh

Tidak semua orang butuh HP dengan spesifikasi dewa. Asalkan layarnya besar, dan lancar untuk aktivitas sehari-hari, itu sudah cukup. Mungkin segmen itulah yang dibidik oleh Advan dengan meluncurkan Advan G5 Plus. Ya, bentangan layar dengan kaca lengkung 2,5D HP ini cukup lebar, yakni 6,6 inci.

Hal itu akan cocok buat Anda yang suka menonton film, untuk orang tua yang butuh tulisan menu berukuran besar, atau buat pelajar yang tengah melakukan kegiatan belajar secara daring. Meskipun layar Advan G5 Plus lebar, ternyata bobotnya tak berat, hanya 190 gram.

SoC UNISOC SC9863A yang dipakainya berkonfigurasi delapan inti dengan kecepatan puncak 1,6 GHz. Dipadu dengan RAM 3 GB, kegiatan multitasking masih aman dilakukan. Yang menarik lagi, Advan G5 Plus hadir dengan Android 11 sejak dalam kardus. Kemudian, harga HP ini sangat terjangkau, dirilis harga ritel Rp1 juta lebih lima puluh ribu.

4. Advan GX

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru ([month_year]) 7
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset Unisoc Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan sudah berada di jalur yang benar dengan meluncurkan HP Advan GX. Ya, bisa dibilang HP ini cukup memenuhi ekspektasi masyarakat Indonesia tentang seperti apa ponsel Rp2 jutaan ke bawah yang seharusnya. Singkatnya, Advan GX menawarkan performa yang mumpuni berkat SoC UNISOC Tiger T618.

SoC ini sebenarnya tidak baru-baru amat; meluncur 2019. Akan tetapi, performanya mampu menyamai MediaTek Helio G80 dan mengungguli Snapdragon 662. Dalam pengujian AnTuTu 8 yang dilakukan Jagat Review, Advan GX dengan Tiger T618-nya mampu meraih skor 196.627. Skor ini cukup bagus di kelasnya.

Jika digunakan untuk main gim berat Genshin Impact, HP ini ternyata masih playable dengan frame rate di kisaran 35-25 fps. Hal yang bagus lagi dari Advan GX adalah daya tahan baterainya. David Brendi dalam kanal YouTube Gadgetin menyebut bahwa streaming YouTube satu jam hanya membuat baterai HP ini berkurang 4 persen.

Satu hal yang masih perlu ditingkatkan Advan dengan produknya yang satu ini adalah kualitas kameranya. Secara hardware, tidak ada masalah sama sekali. Masalahnya adalah soal software pemrosesan gambar untuk meningkatkan ketajaman, memperbaiki komposisi warna, hingga menjaga kestabilan. Hal ini bisa dibereskan via update software.

5. LUNA Warrior G6E

LUNA Warrior G6E Spesifikasi
Layar IPS LCD 5.86 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP () 2 MP () 0.3 MP ()
Baterai - 8000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jangan anggap remeh ponsel buatan Indonesia satu ini yang bernama LUNA Warrior G6E. Seperti namanya, ponsel ini menggendong baterai berdaya sangat besar bahkan mampu melebih ponsel pintar garapan luar negeri yakni 8.000 mAh. Sudah pasti perangkat Warrior ini dapat menyala hingga seharian.

Tidak hanya itu, ponsel yang berchipsetkan MediaTek Helio G25 ini sudah mempunyai teknologi NFC, memungkinkan pengguna dapat melakukan transfer data dan transasi digital dengan mudah. Ponsel yang berjalan dengan sistem Android 10 tersebut menyajikan modul kamera belakang 13MP + 2MP + 2MP + 0.3MP dan kamera depan beresolusi 8MP.

Keunggulan lain dari ponsel ini adalah layarnya yang terbuat dari IPS LCD berukuran 5,86 inci. Selanjutnya, tubuh dari ponsel LUNA ini telah dilindungi oleh Gorilla Glass 5 yang membuatnya tahan banting dari benda kasar maupun tajam. LUNA Warrior G6E mendarat di pasaran pada harga Rp2,89 jutaan untuk tipe ruang penyimpanan 6/64GB.

6. Evercoss M60

Evercoss M60 spesifikasi
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS LCD 5.7 inci
  • Chipset: Quad Core 1.4 GHz
  • GPU: -
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: hingga 32 GB
  • Kamera Belakang: 8 MP + Dual Camera dengan Flash + AF
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 3000 mAh

Evercoss M60 dipatok pada kisaran Rp 770 ribuan, ponsel garapan anak bangsa ini sudah berjalan menggunakan sistem operasi Android 10. Kinerjanya dapat beroperasi dengan mulus berkat kehadiran jeroan Quad Core berkecepatan 1.4 GHz. Dalam urusan ruang penyimpanan ponsel ini memasang kapasitas RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB melalui slot memori eksternal. Layar ponsel berpanelkan IPS LCD yang ukurannya 5.7 inci, sangat nyaman digenggam dan cukup dimasukkan ke kantong saku celana.

Untuk kategori fotografi, ponsel dari Evercoss ini menawarkan konfigurasi kamera belakang 8 MP disertai Dual Camera lengkap dengan Flash dan Autofokus, sedangkan kamera depan bermodulkan 5 MP. Ponsel berdaya 3.000 mAh ini walau belum punya sensor sidik jari maka sebagai gantinya mengundang Face Unlock yang sangat mudah digunakan.

7. Mito Z5

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru ([month_year]) 11
  • Layar: IPS LCD 5 inci
  • Chipset: Quad Core 1.3 GHz
  • GPU: -
  • RAM: 2GB RAM
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: n/a
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 2100 mAh

Dengan harganya yang sekitar Rp750 ribuan, pastinya kita tidak bisa berekspektasi spek yang muluk-muluk pada Mito Z5 ini. Ponsel ini sekilas tampak jadul dengan desain layarnya yang masih pakai Full View 5 inci alih-alih waterdrop seperti kebanyakan ponsel entry level pada umumnya.

Tidak diketahui jenis SoC apa yang mentenagai ponsel ini, namun laman spesifikasi resminya menyebutkan kalau CPUnya memakai setup Quad Core dengan clock speed 2,3 GHz.

Sementara bagi yang suka memotret, Anda bisa menikmati hasil foto dari satu kamera belakang 8 MP yang disertai Flash dan fitur autofokus. Memang terlihat seperti ada tiga kamera, namun nampaknya itu hanyalah dekoratif saja agar terlihat kekinian.

RAM-nya pun terbatas di angka 2 GB saja, tapi kami harus memuji inisiatif Mito dalam menghadirkan memori internal 32 GB yang terbilang luas. Dan siapa sangka, ponsel semurah ini sudah mendukung koneksi LTE alias 4G, juga bisa dikoneksikan ke sinyal WiFi. Menyoal sisi software, perangkat menggunakan Android 8 Oreo.

Di harganya yang begitu terjangkau, Mito Z5 dapat memberikan pengalaman menggunakan smartphone Android yang solid. Malahan ponsel ini sudah menyuguhkan fitur Face Unlock segala. Setidaknya lebih oke dibandingkan harus beli Featured Phone dengan harga yang tidak beda jauh dari Mito Z5.

8. Mito Z3

15 Rekomendasi HP Buatan Indonesia Terbaru ([month_year]) 13
  • Layar: IPS LCD 6,3 inci
  • Chipset: Quad Core 1.3GHz
  • GPU: -
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 8 GB
  • Memori Eksternal: n/a
  • Kamera Belakang: 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 2500 mAh

Dibanding Mito Z5, yang satu ini punya ukuran layar lebih besar dan tampil lebih modern. Layarnya merupakan panel IPS 6,3 inci yang mengusung desain poni tetesan air, sehingga baik digunakan untuk menonton film dan YouTube.

Beberapa keunggulannya adalah keberadaan fitur Face Unlock, koneksi 4G, dan konfigurasi Dual Camera di bodi belakang. Namun sayangnya HP ini masih berjalan di Android 6 Marshmellow.

Ukuran RAM-nya sama seperti Mito Z5 yang menyuguhkan kapasitas 2 GB. Bedanya, Mito Z3 hanya punya memori internal sebesar 8 GB saja. Nampaknya Anda benar-benar harus memilih aplikasi penting mana saja yang harus diinstal.

Bagian baterainya sedikit meningkat menjadi 2500 mAh ketimbang Mito Z5. Hal yang lumrah mengingat layar lebar memang butuh daya yang lebih besar. Uniknya lagi, baik Mito Z5 dan Z3 sama-sama punya harga sekitar Rp750 ribuan.

Tapi kalau kami disuruh memilih, lebih baik gunakan Mito Z5 karena memori internalnya lebih layak untuk dipakai aplikasi Android. Sedangkan, Mito Z3 lebih cocok untuk penggunaan content consumption seperti browsing atau YouTube.

9. Advan G5 Elite 2021

Advan G5 Elite 2021 Carisinyal
  • Rilis: Februari, 2021
  • Layar: IPS 2.5D Glass, 6,1 inci, HD+
  • Chipset: UNISOC SC9832E
  • CPU: Quad-core 1,4 GHz
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 64 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh 

Cek Harga di Shopee

Sebagai vendor ponsel pintar kebanggan Indonesia, Advan terus menunjukkan prestasinya lewat kelahiran perangkat terbarunya yang bernama Advan G5 Elite 2021. Ponsel yang dirilis pada Februari 2021 ini diramu dengan kombinasi antara layar yang luas sebesar 6,1 inci dan ruang penyimpanan yang besar yakni 3/16 GB tatkala menjadi sebuah kolaborasi yang hebat saat menikmati berbagai hiburan pada perangkat.

Untuk mendukung aktivitas yang banyak, ponsel pintar ini menyajikan baterai berkapasitas besar 3000 mAh yang membuat penggunanya semakin anteng tanpa harus bulak-balik mengisi daya. Advan G5 Elite 2021 dijalankan oleh sistem operasi Android 10 dengan dapur pacu SC9832E dari Unisoc, bersama CPU Quad-core berkekuatan 1,4 GHz dan GPU Mali-T820 MP1 menciptakan performa dan pengalaman luar biasa bagi penggunanya.

Pada sektor bodi, ponsel ini memiliki dimensi 154.51 x 73.0 x 9.7 mm dengan tampilan berkonsep waterdrop atau tetesan air. Sementara untuk aspek fotografi, Advan G5 Elitie 2021 menyuguhkan konfigurasi kamera utama berukuran 13 MP dan kamera selfie beresolusi 5 MP.

Tidak ketinggalan perangkat tersebut hadir dengan membawa berbagai fitur seperti mendukung jaringan 4G LTE, dua SIM, WiFi 802.11 b/g/n, G-sensor/GPS, dan Bluetooth versi 4.2. Bagi Anda yang berminat untuk membawa pulang Advan G5 Elite 2021, cukup sediakan bujet dikisaran Rp1,09 jutaan saja.

10. Advan G5 Elite

Advan G5 Elite
  • Layar: IPS LCD 6, inci
  • Chipset: UNISOC SC9832E
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Spesifikasi pada ponsel Advan G5 cukup membuat banyak orang tercengang karena kapasitas baterai dan ukuran RAM yang besar. Kini, ponsel tersebut pun punya varian Lite yang dinamakan Advan G5 Elite. Harganya? Tentu lebih terjangkau lagi, hanya sebesar Rp1.090.000,- saja!

Meskipun banyak spek yang dipangkas, tapi Advan G5 Elite ini tetap mampu eksis dengan beragam keunggulannya, seperti RAM 3 GB yang terbilang besar untuk harga Rp1 juta pas. Memang, ukuran layarnya jauh lebih kecil pada diagonal 6,1 inci, tapi desain waterdrop notch-nya tetap mampu memperlihatkan konten visual dengan lebih luas karena bezelnya yang cukup tipis.

Jika pada Advan G5 Anda diberikan konfigurasi Triple Camera dengan desain modulnya yang mirip iPhone, di Advan G5 Elite ini Anda hanya dapat menikmati kegiatan fotografi menggunakan Single Camera 5 MP. Pun di bagian baterainya, terdapat pengurangan kapsitas yang awalnya 4.000 mAh kini menjadi 3.000 mAh saja.

Dari segi performa mungkin Anda bisa mengekspektasikan pengurangan dapur pacu yang tidak begitu jauh dengan model regulernya, karena keduanya masih sama-sama pakai chipset Unisoc. Still, keberadaan RAM 3 GB di HP Rp1 juta lebih sedikit ini sangatlah layak untuk dihargai.

Ingin mengetahui soal Advan G5 Elite lebih dalam? Langsung saja simak  artikel Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite yang bisa dijadikan panduan sebelum membeli HP ini.

11. Evercoss Tera S6

evercoss tera s6
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa Core (8 x ARM Cortex A55 1,6 GHz)
  • GPU: PowerVR Rogue GE8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 64 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + Triple Camera
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

HP lokal yang satu ini datang dari produsen Evercoss yang sudah cukup familier di telinga masyarakat Indonesia. Kali ini merupakan ponsel yang berada di harga satu jutaan, namun sudah dibekali dengan RAM 4 GB yang terbilang besar di kelasnya. Ukuran memori internalnya hanya 32 GB, tapi untungnya masih bisa diperluas dengan microSDXC pada slot khusus.

Kekurangan dari ponsel ini terletak pada absennya fitur pemindai sidik jari. Meski begitu, masih ada Face Unlock yang siap digunakan untuk membuka kunci layar dengan aman dan cepat. Modul kamera di belakangnya dibuat menyerupai Triple Camera dengan tambahan LED Flash. Tapi, pihak perusahaan tidak memberitahukan dua lensa pendamping lainnya punya fungsi apa.

Menggunakan dapur pacu dari Unisoc yang mencakup delapan inti ARM Cortex A55 1,6 GHz, ponsel sudah terbilang memadai untuk kegiatan ringan ataupun game-game yang tidak demanding.

Satu keunggulan utamanya terletak pada ukuran layar dan desain bodi, di mana perangkat mengandalkan IPS LCD dengan diagonal sebesar 6,6 inci HD+. Selain itu, modul kamera perseginya sungguh terlihat trendi, tidak seperti modul persegi panjang vertikal yang memberikan kesan murah.

Jika Anda masih ragu untuk membeli HP ini, silahkan simak artikel 10 Kelebihan dan Kekurangan Evercoss Teras S6 dari Carisinyal sebagai bahan pertimbangan Anda.

12. Advan G9 Pro

advan g9 pro
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1,6 GHz Cortex-A55 & 4×1,2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seiring waktu setelah Advan G9 berhasil dipasarkan, kini juga telah hadir Advan G9 Pro dengan harga dan spesifikasi yang ditingkatkan untuk menghadirkan pengalaman pengguna lebih baik, entah itu saat dipakai bermain game, kebutuhan sehari-hari, ataupun berselancar di internet.

Walau sedikit lebih mahal, nyatanya Advan G9 Pro tetap ramah di kantong, hanya dibanderol seharga satu jutaan. Menariknya, di harga segini Anda sudah bisa menikmati RAM sebesar 6 GB! Prestasi luar biasa untuk Advan, jadi bisa membuka aplikasi banyak tanpa bikin lemot.

Memori internalnya pun bertambah dua kali lipat menjadi 64 GB, dan tentunya bisa diekspansi hingga 128 GB menggunakan microSD pada slot khusus. Sementara di bagian dapur pacu, baterai, dan ukuran layar, keduanya tetap sama.

Ya, ponsel ini masih menggunakan chipset dari Unisoc tanpa menghadirkan CPU ARM Cortex A7X, sehingga kemampuan bermain game-nya tidak akan begitu lancar pada pengaturan grafis yang berat. Well, setidaknya ada baterai 5.200 mAh yang mampu bertahan seharian.

Tertarik? Jika tertarik, pastikan mengetahui plus minus hp ini melalui artikel Kelebihan dan Kekurangan Advan G9 Pro yang bisa dijadikan panduan sebelum membeli HP ini.

13. Evercoss M6A

evercoss m6a
  • Layar: IPS LCD 6,088 inci
  • Chipset: -
  • CPU: Octa Core 1,6 GHz
  • GPU: -
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 64 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP + Triple Camera
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 3200 mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Evercoss juga di tahun 2020 sedang gencar-gencarnya mengeluarkan rilisan ponsel terbaru. Kali ini ada Evercoss M6A yang dilepas ke pasar dengan harga Rp1 juta saja. Beberapa spek di HP ini tergolong biasa saja, tapi RAM-nya sudah sebesar 4 GB yang dinilai cukup besar untuk kelas harganya.

Varian warna tersedia dalam dua pilihan, hitam dan hijau. Di belakangnya sudah tersemat modul empat kamera dan lampu LED Flash yang disimpan di pojok, memberikan kesan kekinian dan mewah. Sementara untuk sektor multimedia, tersedia layar Infinity-U Display dengan ukuran diagonal 6,088 inci pada resolusi HD Plus.

Untuk Anda yang cari HP murah dengan RAM besar dan tampilan bodi yang tidak terlihat murah, Evercoss M6A ini bisa jadi pilihan.

14. Advan G9

Advan G9 4K Power

  • Layar: IPS LCD 6.6 inches
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 32 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Punya harga murah tidak menjadikan Advan G9 sebagai ponsel tanpa kelebihan. Di balik statusnya sebagai ponsel lokal entry-level, ada RAM 4 GB dengan sokongan baterai berkapasitas 5.200 mAh yang sanggup menjalankan aktivitas sehari-hari dengan durasi sangat panjang.

Dari ukuran layarnya saja sudah sangat menunjang untuk menonton film, karena menawarkan angka 6,6 inci yang begitu besar dan bisa memberikan immersion yang lebih. Mengusung RAM 4 GB dengan balutan memori internal 32 GB yang bisa diperluas, menjadikan Advan G9 pilihan tepat untuk memainkan game ringan tanpa buat kantong jebol.

Tapi cukup disayangkan kalau Advan G9 menggunakan port pengisian daya microUSB padahal Advan G5 yang menjadi generasi pendahulunya sudah pakai USB tipe-C. Untuk info selengkapnya bisa kunjungi kelebihan dan kekurangan Advan G9.

15. Advan Nasa Plus

advan nasa plus
  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: IPS LCD 5,5 inci
  • Chipset: -
  • CPU: Quad-core 1,4 GHz
  • GPU: -
  • RAM: 2 GB RAM
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 128 GB
  • Kamera Belakang: 5 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu HP lokal terbaru lainnya lagi-lagi datang dari Advan. Perusahaan lokal ini memang terlihat serius memberikan yang terbaik untuk pasar entry level, mengeluarkan Advan NASA Plus yang hanya dibanderol dengan harga Rp899.000,- saja.

Ya, dengan harganya yang tidak sampai sejuta, Advan NASA Plus terbilang mampu memberikan value tinggi dengan menawarkan baterai 4.000 mAh. Sekalipun di luar sana banyak yang pakai baterai 5.000 mAh, tapi kapasitas 4.000 mAh ini masih terbilang oke mengingat masih ada juga beberapa ponsel di harga Rp2 jutaan yang pakai baterai 3.000 mAh.

Salah satu kekurangannya terletak pada bagian RAM 2 GB yang mungkin akan menyulitkan pengguna saat hendak menggunakan banyak aplikasi dalam waktu berdekatan.

Secara desain, masih sama dengan Advan NASA reguler yang dirilis November 2019, mengusung desain Full View tanpa adanya poni tetesan air sehingga ukuran layarnya pun cukup kecil di angka 5,5 inci. Tertarik?

Nah, itulah 15 HP buatan Indonesia terbaru yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membeli HP baru. Bagaimana? Murah dan tidak murahan, bukan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram