10 HP dengan MediaTek Helio G96 Termurah (Februari 2023)

Ditulis oleh Aris Wibowo

Jika Anda tengah mencari smartphone gaming berperforma mumpuni dengan harga terjangkau, tidak ada salahnya Anda melirik smartphone dengan dapur pacu SoC MediaTek Helio G96. Pasalnya, chipset ini termasuk salah satu chipset gaming kelas menengah buatan MediaTek.

Dirilis pada Juli 2021, MediaTek Helio G96 memiliki kemampuan untuk menghadirkan fitur smartphone tangguh dengan keunggulan tampilan mutakhir dan kecanggihan fotografi. 

Tidak hanya itu, chipset ini juga mengalami peningkatan performa, kecepatan dan keandalan untuk memberikan pengalaman seluler yang luar biasa.

MediaTek Helio G96 hadir dengan sejumlah teknologi kelas atas untuk penggunaan sehari-hari. 

Chipset ini sudah mendukung tampilan 120 Hz hingga resolusi layar Full HD+ untuk scrolling halaman web dan animasi yang lebih mulus di berbagai aplikasi.

Semakin memanjakan pengguna smartphone saat ini, Helio G96 juga sudah mendukung kamera 108 MP atau dua kamera secara bersamaan, untuk hasil foto yang lebih detail. 

SoC MediaTek ini juga kian ngebut digunakan berselancar di dunia maya karena mendukung VoLTE dan modem Cat-13 4G yang cepat. 

Intinya, MediaTek ingin menghadirkan fitur kekinian dan kemampuan yang mengesankan pada ponsel 4G. Tidak heran, chipset ini dikenal sebagai SoC terbaik Helio G Series hingga saat ini. 

SoC ini menghadirkan CPU dengan konfigurasi yang sama dengan Helio G90T dan Helio G95. 

Dalam SoC ini terdapat 2x Cortex A76 berkecepatan 2.05 Ghz dan 6x Cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz. Konfigurasi ini terbilang umum untuk chipset kelas menengah.

Untuk komponen lainnya, ada GPU Mali-G57 MC2 dengan arsitektur baru, dukungan RAM LPDDR4X dan memori penyimpanan UFS 2.2. Terpasang juga teknologi HyperEngine 2.0 serta Networking Engine guna memastikan game dan jaringan kian lancar. Spesifikasi ini sudah cukup baik untuk ponsel mid-range

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk memiliki HP dengan dapur pacu MediaTek Helio G96. 

Meski ia ditujukan untuk HP kelas mid-range, HP dengan MediaTek Helio G96 bisa dibeli mulai dari Rp1 jutaan, lho! Tidak percaya? Simak daftar HP termurah yang pakai MediaTek Helio G96 berikut ini! 

1. Infinix Hot 20S

Infinix Hot 20S
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Salah satu pilihan smartphone dengan Helio G96 yang paling terjangkau jatuh kepada Infinix Hot 20S. Untuk diketahui, seri Infinix Hot memang dikenal memiliki banderol harga lebih terjangkau dibanding Infinix Note series.

Tapi jangan khawatir. Meski murah, Anda tetap dapat merasakan berbagai macam kenyamanan HP berkinerja tinggi pada umumnya. Infinix Hot 20S cocok untuk digunakan permainan kompetitif seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Soalnya, layar ponsel mendukung refresh rate 120 Hz yang dapat membuat tampilan grafisnya dua kali lipat lebih mulus dari normal. Selain itu, ponsel juga memiliki ketahanan baterai yang sangat baik untuk bermain gim hingga berjam-jam.

Performa ponsel ini juga turut didukung RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4x sehingga aktivitas buka-tutup gim dan aplikasi bisa berjalan lebih cepat. Didukung dengan penyimpanan 128 GB, Anda bisa menaruh cukup banyak aplikasi tanpa khawatir kehabisan storage.

Difokuskan sebagai HP gaming, Infinix Hot 20S memiliki konfigurasi kamera yang kalah saing di kelasnya. Meski memiliki resolusi sensor utama 50 MP yang hadirkan foto berkualitas, namun Anda tidak dapat menemukan sensor ultrawide.

Infinix Hot 20S dirilis menggunakan Android 12 berselimutkan XOS 12. Pada sisi software, HP memiliki beberapa fitur penunjang gaming seperti Aurora Engine Lightning Game Booster (membuka gim lebih cepat), XArena AI Gaming Accelerating (memilih rute server gim terbaik), dan WeZone (pustaka gim klasik offline).

Untuk harganya sendiri, Infinix Hot 20S dijual ke pasar Indonesia dengan harga mulai dari Rp2.369.000,-. HP ini sangat cocok untuk yang ingin rasakan pengalaman gaming dahsyat tanpa keluar duit banyak.

2. Infinix Note 11s

infinix note 11s_
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Salah satu ponsel mid-range termurah yang sudah dibekali MediaTek Helio G96 tentu Infinix Note 11s. 

Dipasarkan mulai dari harga Rp2,8 jutaan, ponsel ini sanggup menyuguhkan performa yang oke untuk bermain gim favorit Anda maupun menjajal aktivitas multimedia. Tentunya untuk kelas harganya.

Salah satu penyebab HP ini cocok untuk gaming tentu saja karena layarnya sudah menggunakan layar lebar 6,95 inci FHD+ 120Hz. 

Layar ini akan memberikan pengalaman menonton video atau bermain game lebih nyaman dan lebih jelas. Apalagi sudah terpasang stereo speaker dengan DTS Sound yang membuat HP ini kian cocok untuk menonton film.

Untuk penggunaan harian, Infinix masih mengandalkan baterai 5000 mAh dengan dukungan fast charging 33W. Baterai ini diklaim awet digunakan dan cepat kala diisi daya.

Kelebihan fotografi juga dirasakan HP yang menggunakan MediaTek Helio G96 adalah, kamera belakangnya dibekali kamera utama 50 MP dan kamera depan 16 MP yang cukup baik di kelas ponsel mid-range

Yang sedikit mengecewakan di HP ini ialah tidak adanya fitur 5G dan NFC. Padahal kedua fitur ini sudah banyak dihadirkan pada ponsel mid-range di rentang harga 2-3juta. Selain itu, sektor kamera Infinix juga belum mendukung perekaman 4K. 

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram