carisinyal web banner retina

10 HP dengan MediaTek Helio G96 Termurah

Ditulis oleh Aris Wibowo

Jika Anda tengah mencari smartphone gaming berperforma mumpuni dengan harga terjangkau, tidak ada salahnya Anda melirik smartphone dengan dapur pacu SoC MediaTek Helio G96. Pasalnya, chipset ini termasuk salah satu chipset gaming kelas menengah buatan MediaTek.

Dirilis pada Juli 2021, MediaTek Helio G96 memiliki kemampuan untuk menghadirkan fitur smartphone tangguh dengan keunggulan tampilan mutakhir dan kecanggihan fotografi. Tidak hanya itu, chipset ini juga mengalami peningkatan performa, kecepatan dan keandalan untuk memberikan pengalaman seluler yang luar biasa.

MediaTek Helio G96 hadir dengan sejumlah teknologi kelas atas untuk penggunaan sehari-hari. Chipset ini sudah mendukung tampilan 120 Hz hingga resolusi layar Full HD+ untuk scrolling halaman web dan animasi yang lebih mulus di berbagai aplikasi.

Semakin memanjakan pengguna smartphone saat ini, Helio G96 juga sudah mendukung kamera 108 MP atau dua kamera secara bersamaan, untuk hasil foto yang lebih detail. 

SoC MediaTek ini juga kian ngebut digunakan berselancar di dunia maya karena mendukung VoLTE dan modem Cat-13 4G yang cepat.  Intinya, MediaTek ingin menghadirkan fitur kekinian dan kemampuan yang mengesankan pada ponsel 4G. Tidak heran, chipset ini dikenal sebagai SoC terbaik Helio G Series hingga saat ini. 

SoC ini menghadirkan CPU dengan konfigurasi yang sama dengan Helio G90T dan Helio G95. Dalam SoC ini terdapat 2x Cortex A76 berkecepatan 2.05 Ghz dan 6x Cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz. Konfigurasi ini terbilang umum untuk chipset kelas menengah.

Untuk komponen lainnya, ada GPU Mali-G57 MC2 dengan arsitektur baru, dukungan RAM LPDDR4X dan memori penyimpanan UFS 2.2. Terpasang juga teknologi HyperEngine 2.0 serta Networking Engine guna memastikan game dan jaringan kian lancar. Spesifikasi ini sudah cukup baik untuk ponsel mid-range

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk memiliki HP dengan dapur pacu MediaTek Helio G96. 

Meski ia ditujukan untuk HP kelas mid-range, HP dengan MediaTek Helio G96 bisa dibeli mulai dari Rp1 jutaan, lho! Tidak percaya? Simak daftar HP termurah yang pakai MediaTek Helio G96 pada tabel di bawah ini. Setelah tabel, ada penjelasan detail tiap HP.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Infinix Hot 20S

Infinix Hot 20S
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Salah satu pilihan smartphone dengan Helio G96 yang paling terjangkau jatuh kepada Infinix Hot 20S. Untuk diketahui, seri Infinix Hot memang dikenal memiliki banderol harga lebih terjangkau dibanding Infinix Note series.

Tapi jangan khawatir. Meski murah, Anda tetap dapat merasakan berbagai macam kenyamanan HP berkinerja tinggi pada umumnya. Infinix Hot 20S cocok untuk digunakan permainan kompetitif seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Soalnya, layar ponsel mendukung refresh rate 120 Hz yang dapat membuat tampilan grafisnya dua kali lipat lebih mulus dari normal. Selain itu, ponsel juga memiliki ketahanan baterai yang sangat baik untuk bermain gim hingga berjam-jam.

Performa ponsel ini juga turut didukung RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4x sehingga aktivitas buka-tutup gim dan aplikasi bisa berjalan lebih cepat. Didukung dengan penyimpanan 128 GB, Anda bisa menaruh cukup banyak aplikasi tanpa khawatir kehabisan storage.

Difokuskan sebagai HP gaming, Infinix Hot 20S memiliki konfigurasi kamera yang kalah saing di kelasnya. Meski memiliki resolusi sensor utama 50 MP yang hadirkan foto berkualitas, namun Anda tidak dapat menemukan sensor ultrawide.

Infinix Hot 20S dirilis menggunakan Android 12 berselimutkan XOS 12. Pada sisi software, HP memiliki beberapa fitur penunjang gaming seperti Aurora Engine Lightning Game Booster (membuka gim lebih cepat), XArena AI Gaming Accelerating (memilih rute server gim terbaik), dan WeZone (pustaka gim klasik offline).

Untuk harganya sendiri, Infinix Hot 20S dijual ke pasar Indonesia dengan harga mulai dari Rp2.369.000,-. HP ini sangat cocok untuk yang ingin rasakan pengalaman gaming dahsyat tanpa keluar duit banyak.

2. Infinix Note 12

Infinix Note 12
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Apakah Anda sering membuka banyak aplikasi di ponsel? Atau sering bermain game di HP? Ada baiknya Anda pilih Infinix Note 12. Ponsel mid-range ini diklaim membawa fitur dan teknologi yang cocok untuk multi-tasking.

Ponsel Android terbaru ini sudah dibekali MediaTek Helio G96, juga turut dikemas dengan setup kamera yang begitu lengkap. 

HP-nya tawarkan sensor utama 50 MP, sehingga pengguna pun bisa memotret pemandangan dan foto malam hari lebih optimal berkat sensor gambar terbaru dan teknologi AI.

Perangkat ini juga mengantongi baterai tahan lama 5,000 mAh dengan fast charging 33 W yang disinyalir dapat isi daya dari 0-100% dalam waktu 60 menit saja. 

HP-nya sangat cocok dipakai maraton series berjam-jam, terlebih karena HP ini juga sediakan panel AMOLED yang cerah dan stereo speaker agar aktivitas menonton lebih menyenangkan.

Sayangnya, meski memiliki ketebalan bodi 7,8 mm saja, HP ini memiliki bobot yang berat yakni 193 gram. 

Ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat beraktivitas dan harus membawa HP Infinix ini. Selain itu, layarnya masih menggunakan refresh rate standar 60 Hz.

Infinix Note 12 ini dipasarkan dengan harga Rp2,5 jutaan untuk versi RAM 8 GB dan memori 128 GB. Simak pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Infinix Note 12 untuk informasi lebih lanjut.

3. Infinix Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Infinix Note 11 Pro adalah HP yang menawarkan chipset MediaTek Helio G96 dengan harga terjangkau. Ponsel ini hadir dengan sektor kamera yang cukup mengesankan meski bukan HP flagship.

Dalam ponsel Android ini terpasang kamera utama 64 MP. Yang menjadi daya tarik ialah adanya kamera tambahan yang berfungsi sebagai kamera telephoto 13 MP f/2.5. Ini sangatlah menarik karena lensa telephoto biasanya dipasang di ponsel-ponsel premium.

Tidak hanya kamera, HP Infinix ini juga hadirkan berbagai kelebihan lain. Contohnya dukungan fast charging 33 W, mode layar lebar 6,95 inci Full HD+ 120 Hz, dan dukungan sistem operasi yang ringan. 

Selain itu, ponsel ini juga punya desain yang ergonomis. Sayangnya, panel layar ponsel ini masih IPS, bukan AMOLED selayaknya pesaingnya, Redmi Note 11.

Dilepas ke pasaran dengan harga Rp2,9 juta, Infinix Note 11 Pro memang tampak dihadirkan untuk menonjolkan sisi layar, fotografi, dan pengalaman pengguna yang menyenangkan. 

Oleh karena itu, ponsel ini tergolong cocok untuk Anda yang butuh ponsel dengan spesifikasi mumpuni, khususnya di sektor kamera tetapi dengan banderol harga yang tidak terlalu mahal.

4. realme narzo 50 

realme narzo 50
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Terlepas harga rilisnya yang hanya Rp2,5 jutaan, rupanya realme narzo 50 hadirkan spesifikasi untuk gaming dan pencinta kamera yang terbilang mumpuni.

HP MediaTek ini tawarkan panel IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi layar FHD+ 1080 x 2412 piksel. Layar ini punya kekuatan layar yang mumpuni untuk gaming berkat refresh rate 120Hz.

Hadirkan kamera utama 50 MP bukaan f/1.8 PDAF, Narzo 50 sanggup menghasilkan foto berdetail baik pada siang hari maupun malam hari.

Kelebihan kamera ini ialah sudah ada fitur Ultra Steady Stabilization menggunakan EIS agar perekaman lebih stabil.

Ponsel yang juga dilengkapi dengan MediaTek Helio G96 ini turut memiliki RAM besar 4 GB yang dapat ditingkatkan menjadi 9 GB melalui fitur Extended RAM. Anda pun dapat menggenggam ponsel ini dalam waktu yang lama tanpa cepat lelah. Pasalnya, tidak hanya tampil kece, Realme Narzo 50 juga memiliki ketebalan yang cukup tipis, yaitu 8,5 mm.

Yang cukup disayangkan, ponsel ini hanya memiliki single speaker dan Anda pun tidak dapat menemukan sensor ultra-wide di HP ini. 

Selain itu, HP ini masih menggunakan Android 11, sementara saat ini sudah banyak ponsel yang menggunakan sistem operasi Android 12.

5. realme 8i

realme-8i-black-back-front_-1
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

HP 2-3 jutaan dengan spesifikasi gaming ternyata sudah cukup menjamur di tahun 2022. Tapi bagaimana dengan HP dengan kamera depan yang cocok untuk vlogging?

Sambutlah realme 8i, ponsel dengan harga rilis Rp2,4 juta yang sudah tawarkan kamera depan 16 MP berdiafragma f/2.1 dengan ukuran sensor 1/3 inci. 

Kamera depan ini mampu menghasilkan foto bokeh yang rapi. Untuk perekaman video memang masih Full HD 30fps, namun cukup detail untuk vlogging.

Tampaknya realme 8i resmi menjadi HP murah MediaTek G96 yang memiliki layar dengan refresh rate 120Hz panel IPS. 

Dengan teknologi ini, layar HP dapat menampilkan gerak animasi semulus mungkin. Ada juga touch sampling rate 180 Hz dan widevine L1, sehingga kian nyaman untuk multimedia.

Kelebihannya tentu tidak berhenti di situ. realme 8i hadir dengan sensor yang cukup lengkap, termasuk sensor giroskop fisik dan sensor sidik jari Ultra-Fast.

Ponsel dengan MediaTek Helio G96 ini juga disertai baterai 5.000 mAh yang sayangnya hanya dibekali fast charging 18 W. 

Dipasarkan dengan harga 2,5 juta, menjadi jawaban yang tepat bagi Anda yang mencari HP gaming dengan budget terbatas.

6. POCO M4 Pro

POCO M4 Pro cover
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Bicara ponsel mid-range, POCO M4 Pro merupakan salah satu yang terbaik dengan fitur yang terlengkap. 

Unggul di sisi tampilan bodi, POCO M4 Pro yang sudah gunakan MediaTek Helio G96 ini tak hanya powerful melainkan juga cukup enak dilihat, ringan dan nyaman digenggam.

HP Android 4G ini tidak mengikuti tren HP menengah di tahun 2022 yang rata-rata menawarkan kamera 50 MP. 

Faktanya, ponsel ini memiliki kamera utama 64 MP wide-angle bukaan f/1.8. kamera ini bisa merekam video slow motion HD 120fps yang bisa diperlambat lagi hingga 0,5 kali atau dipercepat 2 kali.

Pada bagian baterai, POCO menggunakan baterai 5000 mAh dengan fast charging 33W. Menariknya ada teknologi MMT atau Middle Middle Tab yang membuat pengisian daya dilakukan dari bagian tengah baterai. Hal ini membuat baterai cepat terisi dan tidak mudah panas.

HP ini dipasarkan dengan harga 2,9 juta. Dibalik fiturnya yang lengkap, HP ini memiliki speaker stereo yang kurang mantap dan tidak adanya fitur jaringan 5G. Baca juga kelebihan dan kekurangan POCO M4 Pro.

7. Redmi Note 11 Pro 4G

Redmi Note 11 Pro_
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Bagi Anda yang menginginkan ponsel 3 jutaan dengan performa gahar dan kamera mumpuni lainnya, bisa pertimbangkan Redmi Note 11 Pro. 

Sekalipun tidak menyuguhkan sensor ultra-wide, tapi HP Redmi ini hadir dengan kamera utama 108 MP yang menghasilkan foto dan video detail.

Chipset MediaTek Helio G96 tentu dapat ditemukan di HP ini, termasuk juga RAM super besar 6 GB atau 8 GB dengan memori internal 128 GB yang dapat diperluas dengan microSDXC di slot terpisah.

Seperti kebanyakan HP mid-range lainnya, Redmi Note 11 Pro hadir dengan desain bodi flat side yang nyaman digenggam. Terdapat sertifikasi IP53 yang menjadikan HP ini aman dari debu dan percikan air.

HP Redmi ini juga hadir dengan baterai 5.000 mAh yang sudah menjadi standar di kalangan HP menengah. 

Tapi uniknya, Anda bisa mengisi daya perangkat ini lebih cepat berkat fitur fast charging 67W. HP ini dipasarkan dengan harga Rp3.499.000 saja.

8. vivo V23e

vivo V23e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4050 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Apakah Anda membutuhkan HP desain mewah spesifikasi andal harga terjangkau? Jika ya, kami merekomendasikan HP 4 jutaan yang sudah tawarkan SoC MediaTek G96, vivo V23e.

Ponsel ini juga sangat cocok digunakan apabila Anda sering bepergian. Pasalnya, ponsel ini hadir dengan desain bodi indah seri V yang ergonomis. Bagaimana tidak? HP ini hanya berbobot 172 gram yang nyaman digenggam tangan.

vivo V23e juga dilengkapi dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri atas sensor utama 64 MP (f/1.8) pada fungsi wide-angle, kamera utra-wide 8 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4) pada fungsi macro sensor

Kamera ini mampu menghasilkan foto yang detail. Sayangnya untuk perekaman, vivo tidak menghadirkan fitur stabilisasi. Untungnya, kamera depan 50 MP bisa digunakan merekam video 4K.

Tidak hanya desain dan kamera, ponsel vivo ini juga hadirkan fitur fast charging 44W. Sayangnya, kapasitas baterai yang diusung cuma 4050 mAh. Selain itu, audio HP ini juga cukup standar tanpa stereo speaker.

vivo V23e dipasarkan dengan harga Rp4,4 juta cocok untuk Anda para konten kreator yang mencari HP kamera desain ergonomis.

9. Infinix Note 12 VIP

infinix note 12 vip
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Siapapun tidak dapat menyangkal bahwa Infinix memiliki ponsel mid-range dengan kualitas lengkap. Ponsel ini hadir dengan desain bodi elegan dan memukau di kelasnya. Modul kameranya ini memiliki desain baru yang lebih berkelas dan rapi.

Ponsel ini juga menawarkan kamera utama 108 MP yang disertai dengan Laser Detection Auto Focus. Dijamin, hasil jepretan kamera akan terlihat begitu stabil dan memukau, sekalipun memotret sembari berjalan kali.

Tersedia juga kamera ultra-wide 13 MP yang dapat memotret pada bidang  yang luas. Dengan begini, Anda pun sanggup memuat lebih banyak lagi orang dalam satu frame. Ada juga kamera selfie 16 MP yang dapat merekam video 2K 30FPS dengan baik. 

Ini juga merupakan salah satu HP MediaTek termurah yang menyediakan konektivitas NFC (Near Field Communication), sehingga pengguna dapat mengecek saldo eMoney dan eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi HP.

Kelebihan utama selain kamera, HP ini memiliki baterai 4500 mAh dengan fast charging 120W. Ini sangat menarik karena rata-rata HP mid-range hanya dibekali fitur 33W atau 65W.

Sayangnya, HP yang dipasarkan di harga 4 Jutaan ini, memiliki fitur perlindungan yang kurang lengkap. Selain itu, bodi pinggirnya terasa kurang nyaman digenggam.

10. Tecno Camon 19 Pro

tecno camon 19 pro mondrian
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 50 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Menemukan HP terjangkau dengan Helio G96 kini tidak sulit, karena ada Tecno Camon 19 Pro yang dibanderol dengan harga cukup murah yaitu Rp3,5 jutaan. Selain punya performa yang memadai untuk gaming berat, ponsel ini juga sanggup menghasilkan foto memukau pada kamera belakang dan depannya.

Ponsel ini punya fitur OIS di kamera utama yang dapat membuat perekaman video menjadi lebih stabil. OIS ini juga berguna ketika menangkap gambar pada malam hari dengan proses shutter yang lebih lama.

Tecno Camon 19 Pro ini juga merupakan salah satu HP termurah yang sudah dibekali kamera telefoto 50 MP. Ponsel ini jelas cocok untuk pengguna yang sering melakukan pemotretan jarak jauh, seperti fotografer hewan atau concert goers.

Nah, demikianlah daftar HP paling murah yang diotaki MediaTek Helio G96. Masing-masing HP punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram