carisinyal web banner retina

Tangguh di Kelasnya, Ini 6 Perbedaan Redmi 10 & Redmi 12

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Tidak ada Redmi 11, Xiaomi melakukan loncatan angka dari 10 ke 12 khusus untuk seri Redmi. Hal ini dilakukan tampaknya supaya punya nama seragam dengan saudaranya, Redmi Note 12 series yang rilis di 2023. Redmi 12 pun rilis di 2023. HP ini rilis di Indonesia pada 1 Agustus 2023.

Karena itu, Redmi 12 bisa dikatakan sebagai penerus dari Redmi 10 yang rilis di 2021 dan punya varian 2022-nya. Varian 2021 dan 2022 sebenarnya tidak jauh berbeda.

Sebagai penerus, tentu Redmi 12 dibekali sejumlah peningkatan di beberapa sektornya. Beberapa sektor tersebut seperti desain, sistem operasi, hingga kapasitas memori yang lebih luas. Meski memiliki jarak peluncuran cukup jauh, Redmi 10 ini tidak ingin kalah begitu saja. Bahkan, HP ini hadir dengan kemampuan speaker dan sensor yang lebih baik.

Lantas apakah Redmi 12 ini worth it untuk dibeli dengan harganya yang sedikit lebih mahal? Atau Redmi 10 tetap lebih menarik terutama soal value for money? Agar tidak bingung, berikut adalah beberapa poin perbedaan Redmi 10 dan Redmi 12 yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi Redmi 10

Redmi 10
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Redmi 12

Redmi 12
Layar IPS LCD 6.79 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 12

Meski memiliki jarak peluncuran cukup jauh, Redmi 10 masih layak untuk dipertimbangkan. Pasalnya, beberapa sektor yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan Redmi 12 yang memiliki harga sedikit lebih mahal. Daripada bingung, berikut adalah beberapa poin yang membahas perbedaan Redmi 10 dan Redmi 12. Yuk, simak!

1. Desain Premium dengan Build Quality Lebih Oke

redmi 12

Berada di kelas entry dengan harga murah, kedua HP ini memiliki tampilan desain yang premium. Misalnya Redmi 10 yang mengusung desain elegan. Desainnya terinspirasi langsung oleh HP Xiaomi di kelas harga lebih tinggi seperti Xiaomi Mi 11 Series atau POCO X3 GT.

Di bagian kiri atasnya terdapat modul kamera berbentuk persegi panjang dengan isian yang padat. Di dalamnya terdapat empat buah kamera dan satu LED flash yang disusun rapi. Sedangkan Redmi 12 terlihat lebih bersih dan minimalis dengan tanpa modul kamera di bagian belakangnya.

Berbicara soal kamera, meski hanya dibekali tiga buah kamera, konfigurasi kamera Redmi 12 ini tetap sama dengan Redmi 10. Terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Hanya saja, Redmi 10 masih memiliki kamera depth yang sebenarnya tidak terlalu berkontribusi banyak dalam menghasilkan foto.

Bodi bagian belakang Redmi 12 juga terlihat lebih premium. Pasalnya, bahan material yang digunakan adalah kaca sehingga terlihat lebih glossy dan mahal. Bodinya juga terlihat lebih rata seperti HP kelas atas lainnya.

Sedangkan Redmi 10 masih menggunakan bahan material plastik untuk bodi bagian belakangnya. Hal ini tentu saja membuatnya terasa lebih murah ketika disentuh. Meski begitu, Redmi 10 ini memiliki daya tarik dari segi warna yang kaya. Anda akan melihat beberapa warna sekaligus ketika terkena sinar matahari.

Sedangkan bagian depannya, kedua HP ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama menggunakan desain punch hole untuk kamera selfie-nya. Hal ini membuatnya terlihat lebih luas dan tidak terlalu mengganggu tampilan layar.

Salah satu hal lain yang membedakan dari keduanya adalah soal build quality. Redmi 12 dibekali sertifikasi IP53 untuk ketahanannya. Hal ini membuatnya mampu bertahan dari kotoran debu dan percikan air dari segala arah. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan HP saat berkeringat atau terkena gerimis di jalan.

Keberadaan sertifikasi IP di kelas entry ini cukup menarik. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu peningkatan dari Redmi 12 dibandingkan Redmi 10 yang tidak memiliki sertifikasi IP apapun.

Soal kenyamanan, baik Redmi 10 atau Redmi 12 sudah cukup nyaman untuk digenggam. Keduanya memiliki ukuran bodi dengan ketebalan yang cukup tipis. Redmi 10 memiliki ketebalan 8,9 mm, sedangkan Redmi 12 lebih tipis lagi yaitu 8,2 mm. Sedangkan untuk bobotnya justru lebih ringan Redmi 10 dengan 181 gram, sedangkan Redmi 12 sampai 198,5 gram.

2. Kemampuan Layar Oke di Kelasnya

redmi 12

Redmi 10 dan Redmi 12 menjadi salah satu HP entry Xiaomi yang memiliki kemampuan layar imersif. Redmi 10 hadir dengan ukuran layar cukup luas yaitu mencapai 6,5 inci. Ukurannya juga makin terlihat luas berkat desain punch hole dan bezel tipis. HP ini bahkan memiliki rasio layar ke bodi mencapai 83,4 persen.

Selain luas, Redmi 10 juga memiliki kualitas layar yang cukup tajam di kelas harganya. Meski panelnya masih menggunakan IPS LCD, resolusi yang berhasil dicapainya adalah Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Bahkan, kerapatan pikselnya mencapai angka 405 ppi sehingga terlihat lebih tajam dari biasanya.

Kemampuan kedua HP ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Sama seperti Redmi 10, Redmi 12 juga dibekali layar dengan ukuran yang cukup lebar yaitu 6,79 inci. Bahkan, dengan desain punch hole dan bezel tipis di sekelilingnya, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 85,1 persen.

Selain itu, ketajaman layarnya juga tidak jauh berbeda. Dengan mengandalkan panel IPS LCD, resolusi yang berhasil dicapainya adalah Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel. Sedangkan untuk kerapatan pikselnya hanya mencapai 396 ppi saja.

Hal menarik lainnya dari layar kedua HP ini adalah dukungan refresh rate hingga 90 Hz. Angka refresh rate tersebut cukup tinggi di kelas harganya. Apalagi, kedua HP ini didukung oleh fitur refresh rate Adaptive Sync. Fitur ini membuat refresh rate berubah secara otomatis sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Fitur tersebut juga mampu meminimalisir pemakaian daya oleh layar. Namun, Anda tetap bisa mengaturnya jika ingin tetap berada di angka 90 Hz atau 60 Hz.

Meski memiliki kemampuan yang mirip, bukan berarti tidak ada yang berbeda dari sektor layarnya. Salah satu perbedaan yang dimilikinya adalah soal kecerahan layar. Redmi 12 lebih unggul karena mampu meningkatkan kecerahan layar hingga 550 nit. Sedangkan Redmi 10 hanya mentok di angka 400 nit saja.

Namun, Redmi 10 bisa dibilang lebih unggul soal ketahanannya. Sebab, layar yang dimilikinya sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Perlindungan ini sudah cukup baik dalam menjaganya dari goresan atau retak saat terkena benda keras. Sedangkan Redmi 12 tidak dibekali perlindungan apapun pada bagian layarnya.

3. Kapasitas Memori

Redmi 12

Redmi 12 dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal atau di atas Redmi 10. Perbedaan harga tersebut membuat Redmi 12 dibekali kapasitas memori yang sedikit lebih besar dan mumpuni.

Terdapat dua varian RAM yang ditawarkan Redmi 12 yaitu 4GB dan 8 GB. Menariknya, HP ini juga menawarkan fitur memory extension yang bisa memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB. Dengan begitu, performa yang dihasilkan juga akan jauh lebih optimal.

Selain itu, memori internalnya juga memiliki dua varian yaitu 128 GB dan 256 GB. Redmi 12 juga tetap menawarkan opsi perluasan pada memori internal menggunakan microSD. Kapasitasnya bahkan bisa diperluas hingga 1 TB. Sayangnya, microSD ini tidak memiliki slot khusus sehingga harus menggunakan slot kartu SIM hybrid.

Sementara itu, Redmi 10 memiliki harga yang sedikit lebih murah. Sehingga, tidak heran jika kapasitas RAM yang ditawarkan lebih kecil yaitu 4 GB dan 6 GB. Sedangkan memori internalnya hanya mentok di 64 GB dan 128 GB saja. Untungnya, terdapat slot khusus untuk microSD yang bisa memperluas kapasitasnya hingga 1 TB.

Namun untuk Redmi 10 versi 2022, slot khusus microSD ditiadakan. Itu artinya, Redmi 10 2022 memakai slot hybrid.

Hal yang cukup disayangkan dari Redmi 10 dan Redmi 12 adalah masih menggunakan jenis memori internal eMMC. Padahal, beberapa HP lain di kelasnya sudah menggunakan jenis UFS dengan kecepatan transfer baca dan tulis lebih cepat. Salah satu HP entry yang menggunakan UFS adalah Redmi 10C, “kakak” dari Redmi 10.

Kapasitas memori tersebut kemudian dipadukan dengan chipset yang sama yaitu Helio G88. Dengan begitu, performa yang dihasilkan kedua HP tersebut mungkin tidak akan jauh berbeda. Keduanya bahkan menjadi salah satu HP entry yang cocok untuk bermain game ringan setiap harinya.

4. Stereo Speaker vs Mono

redmi 10

Salah satu perbedaan Redmi 10 dan Redmi 12 lainnya ada pada kualitas audionya. Meski memiliki harga yang lebih murah, Redmi 10 ini lebih bisa diandalkan soal urusan speaker. Pasalnya, HP ini sudah dibekali stereo speaker atau speaker ganda.

Keberadaan stereo speaker ini tentu saja membuat Redmi 10 ini memiliki suara yang lantang dan imersif. HP ini cocok digunakan untuk aktivitas multimedia seperti menonton film, mendengarkan lagu, atau bermain game.Kedua Speakernya disimpan di bodi bagian bawah dan atas.

Berbeda dengan Redmi 12 yang justru memangkas sektor ini dan hanya menggunakan satu speaker saja. Hal ini tentu saja cukup disayangkan karena akan mengurangi pengalaman penggunaan HP.

Bahkan, berdasarkan pengujian GSM Arena, Redmi 12 ini memiliki kualitas suara yang jelek. Bahkan, sepakarnya sama sekali tidak mengesankan dalam hal kelantangan. HP ini mendapatkan nilai average dengan skor -29.9 LUFS.

Sementara itu, Redmi 10 memiliki satu set stereo speaker yang cukup menarik. Bahkan, HP ini bisa dibilang memiliki speaker yang disetel khusus untuk aktivitas multimedia. Pasalnya, suara aktor dan penyanyi di dalam lagu terdengar bersih dan lantang di semua skenario. Redmi 10 mendapatkan nilai good dengan skor -26.3 LUFS.

5. Konektivitas dan Sensor

redmi 10

Detail lain yang menjadi pembeda dari kedua HP ini adalah konektivitas dan sensornya. Dari sisi konektivitas, secara keseluruhan memang tidak ada yang berbeda. Namun, satu yang membuat Redmi 12 ini sedikit lebih unggul adalah penggunaan jenis Bluetooth yang lebih baru yaitu 5.3.

Sedangkan Redmi 10 masih menggunakan jenis Bluetooth 5.1. Meski begitu, kedua Bluetooth ini hanya berbeda pada angka bagian belakangnya saja. Dengan kata lain, perbedaan dari keduanya mungkin tidak akan cukup terasa selama penggunaannya. Meski begitu, Bluetooth 5.3 tetap lebih optimal soal kecepatan, stabilitas, dan fitur yang dibawanya.

Di sisi lain, Redmi 10 justru sedikit lebih unggul soal sensor. Pasalnya, HP ini dibekali sensor proximity yang tidak ada pada Redmi 12. Sederhananya, sensor proximity ini memiliki fungsi untuk mendeteksi suatu objek pada jarak yang cukup dekat mulai dari 1 mm hingga beberapa cm saja.

Salah satu fungsi yang sering digunakan sensor proximity adalah saat sedang menelepon. Dengan sensor tersebut, layar Redmi 10 akan otomatis mati saat ditempelkan ke telinga ketika menelpon. Hal ini mampu meminimalisir sentuhan yang tidak disengaja saat menelepon.

6. Harga dan Ketersediaan

redmi 10

Redmi 10 diluncurkan pada September 2021. HP ini hadir dengan tiga pilihan varian warna yaitu Carbon Gray, Pebble White, dan Sea Blue. Sedangkan untuk harganya, Redmi 10 dijual mulai dari Rp1,9 jutaan untuk varian RAM 4 GB dan internal 64 GB. Sedangkan varian RAM 6 GB dan internal 128 GB dijual dengan harga Rp2,3 jutaan.

Untuk varian 2022, harganya tidak jauh berbeda.

Sementara itu, Redmi 12 diluncurkan pertama kali pada Juni 2023 secara global di pasar Thailand. HP ini menawarkan tiga varian warna yang sangat menarik. Mulai dari warna Polar Silver sebagai warna signature, Sky Blue, dan Midnight Black.

Sedangkan untuk harganya, Redmi 12 dijual mulai dari 5.299 Baht atau sekitar Rp2,28 jutaan untuk varian RAM 8 GB dan internal 128 GB.

Simpulan

Redmi 10 dan Redmi 12 diluncurkan Xiaomi sebagai HP entry dengan kemampuan yang menarik. Keduanya cukup unggul di kelasnya dengan mengandalkan chipset Helio G88, kamera utama 50 MP, hingga baterai 5000 mAh yang tahan seharian.

Meski begitu, kedua HP ini tetap memiliki perbedaan, apalagi jarak peluncuran keduanya yang cukup jauh. Mulai dari sektor desain dari Redmi 12 yang tampil lebih minimalis dengan build quality tangguh di kelasnya. Kapasitas memori yang ditawarkan juga lebih luas agar performa lebih optimal, serta sudah menggunakan sistem operasi Android 13 dan MIUI 14.

Meski memiliki selisih jarak peluncuran yang cukup jauh, Redmi 10 tetap tidak ingin kalah dengan penerusnya. HP ini bahkan bisa dibilang lebih unggul soal ketahanan layar berkat perlindungan Gorilla Glass 3. Keberadaan stereo speaker juga masih menjadi hal yang jarang di kelasnya. Hingga sensor proximity yang membuatnya lebih nyaman saat digunakan.

Kedua HP ini memiliki keunggulannya sendiri untuk bersaing di kelas harganya. Setelah mengetahui beberapa perbedaannya, mana yang lebih menarik, apakah Redmi 10 atau Redmi 12? Tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram