Yuk, Baca Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO M4 Pro 5G!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

POCO M4 Pro 5G mengisi line-up HP POCO terbaru. Ponsel ini diperkenalkan dan dirilis POCO di negara asalnya, Tiongkok, pada November 2021. Beberapa negara memperoleh HP ini mulai kuartal pertama 2022.

Sebagai penerus POCO M3 Pro 5G, ponsel ini ditujukan untuk mengisi segmen kelas menengah terjangkau. POCO M4 Pro 5G juga diperuntukkan buat mereka yang mendambakan HP 5G murah dengan performa mumpuni.

Dalam artikel ini, Carisinyal akan mengajak Anda untuk melihat seperti apa POCO M4 Pro 5G, baik kelebihan maupun kekurangannya. Oleh sebab itu, simak ulasannya sampai habis. Namun, sebelum ke pembahasan serius, silakan lihat dulu spesifikasi ponsel ini seperti berikut.

Spesifikasi POCO M4 Pro 5G

POCO M4 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan POCO M4 Pro 5G

POCO memiliki napas seperti induknya, Xiaomi. HP-HP POCO umumnya punya fitur lengkap dengan harga yang bisa merusak pasar di berbagai segmen. Berikut ini kelebihan POCO M4 Pro 5G yang mengisi segmen kelas menengah.

1. Desain

poco m4 pro 5g

Ciri khas pertama yang tampak dan mampu membedakan HP POCO dengan HP Redmi adalah desainnya. Jika Redmi biasanya dibikin dengan desain yang tak neko-neko, POCO seringkali punya desain nyeleneh.

POCO tampak ingin membuat konsumennya tampil beda dengan desain yang berani. Hal ini pun diterjemahkan dengan baik pada POCO M4 Pro 5G. Sekilas, Anda akan teringat pada POCO M3 setelah melihat HP ini.

Benar saja, POCO M4 Pro memang punya bahasa desain yang mirip dengan "kakaknya" itu karena memakai modul kamera besar berwarna hitam. HP ini juga masih menggunakan bodi plastik polikarbonat.

Meski demikian, HP ini memiliki ring berwarna silver yang mengelilingi lensa kamera utamanya. Kemudian POCO M4 Pro memakai layar dengan kamera punch hole di tepi tengah atas. Dua hal itulah yang membedakan desain POCO M4 Pro dengan POCO M3.

Seluruh tombol ponsel ini dapat ditemukan di sisi kanan. Tombol-tombol itu terdiri atas tombol pengatur volume dan tombol power yang merangkap sensor pemindai sidik jari (fingerprint).

Sementara itu, sisi bawah HP ini diisi oleh speaker utama, port USB C, mikrofon, dan audio jack 3,5 mm. Kalau di sisi kiri, ada slot dual SIM hybrid saja. Pengguna bisa memasang dua kartu SIM atau satu kartu SIM plus satu kartu microSD. Sisi atas HP ini ditempati oleh speaker dan mikrofon sekunder, serta infrared.

POCO M4 Pro 5G tersedia dalam tiga pilihan warna: POCO Yellow, Power Black, dan Cool Blue. HP ini lulus sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan debu dan percikan air.

Menurut GSM Arena, POCO M4 Pro 5G punya build quality yang bagus. HP ini disebut tidak mudah lepas dari genggaman berkat polesan matte pada rangkanya yang tak licin.

2. Tampilan

poco m4 pro 5g

Layar POCO M4 Pro 5G memakai panel layar IPS LCD dengan bentang 6,6 inci. Panel layar ini sama seperti pendahulunya, tetapi ukurannya bertambah lebar. Resolusinya juga masih 1080 x 2400 piksel (Full HD+) dengan rasio aspek 20:9.

Layar dengan panel IPS memang belum bisa menampilkan warna hitam segelap OLED. Demikian pula dengan karakter warna se-ngejreng OLED dan turunannya. Walau begitu, POCO mengklaim bahwa layar IPS mampu menampilkan warna pada rentang warna DCI-P3.

Kualitas warnanya cukup cerah dan tajam menurut David Nield dari Tech Radar. Pengguna pun bisa memilih mode "Vivid" atau "Saturated", serta menyetel temperatur warna "Hangat" atau "Dingin" untuk mendapatkan karakter warna yang sesuai preferensi.

Dalam pengujian yang dilakukan GSM Arena, layar POCO M4 Pro cukup terang. Saat fitur Sunlight display diaktifkan, tingkat kecerahan puncak layar ini tembus 510 nit. Tingkat kecerahan ini sudah cukup untuk membuat konten tetap terlihat meski sedang berada di luar ruangan.

Adapun tingkat kecerahan terendah layar HP ini adalah 1,5 nit berdasarkan pengujian GSM Arena. Hasil tersebut menandakan bahwa layar POCO M4 Pro tak membuat mata jadi sakit saat dipakai di lingkungan gelap.

Hal yang tidak kalah penting dari sektor tampilan HP ini adalah dukungan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Refresh rate tinggi menimbulkan pengalaman yang mulus saat pengguna melakukan scrolling. Sementara itu, touch sampling rate tinggi menjadikan layar responsif dalam mengeksekusi sentuhan jari.

Sebagai tambahan, POCO melapisi layar POCO M4 Pro 5G ini dengan kaca Gorilla Glass 3 dari Corning. Layar HP ini juga memperoleh sertifikasi Widevine L1, sehingga pengguna bisa menonton film Netflix pada resolusi Full HD.

3. Performa

dimensity poco m4 pro 5g

Dapur pacu POCO M4 Pro 5G ditenagai oleh SoC MediaTek Dimensity 810. SoC ini merupakan chipset 5G kelas menengah dengan fabrikasi 6 nm. Dimensity 810 sebetulnya tidak jauh berbeda dari Dimensity 700 yang dipakai POCO M3 Pro 5G.

Kedua SoC memakai konstruksi CPU dan GPU yang sama. Delapan CPU-nya terdiri atas dua inti Cortex A76 dan enam inti Cortex A55. Sementara itu, GPU yang dipakai adalah Mali-G57 MC2.

Hanya saja, Cortex A76 milik Dimensity 810 disetel pada frekuensi 2,4 GHz alias 0,2 GHz lebih tinggi ketimbang Cortex A76 punya Dimensity 700. Selain itu, proses fabrikasi Dimensity 810 juga lebih kecil daripada Dimensity 700 (7 nm).

Makin kecil proses fabrikasi, makin banyak pula transistor yang bisa dijejalkan dalam satu cip. Imbasnya, performa yang dihasilkan pun makin tinggi makin stabil. Temperatur operasional juga relatif lebih rendah.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram