carisinyal web banner retina

10 Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Salah satu keunggulan yang menarik dari HP di bawah Xiaomi adalah kehadiran MIUI, custom UI yang banyak menyita perhatian dan disukai oleh para penggunanya, termasuk saya. Baik untuk merek Xiaomi maupun merek Redmi, MIUI ini sudah jadi bagian atau satu paket sebagai keunggulan Xiaomi dan Redmi.

Hanya saja, ada satu persoalan penting dibalik keistimewaan MIUI yang sering dialami penggunanya, yakni hadirnya iklan. Kehadiran iklan di MIUI ini menimbulkan pro dan kontra. Kehadiran iklan ini jadi salah satu alasan mengapa HP Xiaomi ataupun Redmi bisa dibanderol murah.

Produk HP Xiaomi dan Redmi pada umumnya memang dibanderol dengan harga murah. Xiaomi, sebagai perusahaan, hanya mendapatkan margin yang sedikit dari setiap penjualan produk ponselnya. Keuntungan pun didapatkan dengan cara lain, yakni dengan menghadirkan iklan di MIUI.

Sebagai salah satu pengguna produk HP Xiaomi, tentu saya merasa terganggu dengan kehadiran iklan-iklan tersebut. Pasalnya, iklan tersebut sering kali muncul ketika menggunakan berbagai layanan atau aplikasi yang dibawa MIUI, misalnya Mi Video, Musik, Mi Browser, dan sebagainya.

Meskipun begitu, jika Anda termasuk sebagai pengguna Xiaomi dan Redmi yang merasa terganggu dengan iklan, nyatanya iklan-iklan tersebut bisa dihilangkan dengan mudah. Anda bisa menghilangkannya dengan menginstal Custom ROM atau mengubah pengaturan secara manual atau tanpa Custom ROM. Nah, kira-kira bagaimana caranya?

Sebagai informasi tambahan, saya menggunakan HP Xiaomi Redmi Note 10S dengan MIUI 13. Berikut ini merupakan langkah-langkah atau cara yang digunakan untuk menghilangkan iklan baik tanpa instal Custom ROM atau dengan Custom ROM.

Jika versi MIUI yang Anda miliki berbeda, silakan sesuaikan karena langkah-langkahnya cukup mirip, hanya penempatannya menu atau pilihannya saja yang sedikit berbeda. Tanpa berlama-lama, sila simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Menghilangkan Iklan dengan Menonaktifkan MSA

mematikan iklan xiaomi

Cara pertama untuk menghilangkan iklan di HP Xiaomi atau Redmi adalah dengan menonaktifkan MSA. Caranya tinggal masuk ke bagian "pengaturan", setelah itu masuk ke "Sandi & keamanan", lalu pilih "otorisasi & pencabutan", dan pilihlah "MSA". Lakukan langkah tersebut dengan benar agar MSA benar-benar nonaktif sehingga iklan di HP Xiaomi Anda tidak muncul lagi. 

2. Menonaktifkan Layanan Iklan 

mematikan iklan xiaomi

Cara lainnya untuk menghilangkan iklan di HP Xiaomi adalah dengan menonaktifkan layanan iklan. Untuk melakukan ini, silakan masuk ke bagian "pengaturan", kemudian masuk ke "Sandi & keamanan", pilih "privasi", kemudian pilih "layanan iklan".

Setelah masuk pada menu "layanan iklan", silakan matikan opsi personalisasi rekomendasi iklan. Pilihan ini berguna untuk mematikan iklan di HP Xiaomi.

3. Menghilangkan Iklan dengan Mengganti Lokasi/Region

cara menghilangkan iklan di HP xiaomi ganti lokasi

Cara lainnya agar HP Xiaomi Anda tidak memunculkan iklan adalah dengan mengganti lokasi. Anggap saja, HP Xiaomi Anda lokasinya adalah "Indonesia". Nah, Anda cukup mengubah lokasi ini.  Bagaimana caranya? Berikut cara ganti lokasi atau region di HP Xiaomi. Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini dengan mudah.

  • Masuk ke bagian "pengaturan"
  • Masuk ke bagian "setelan tambahan"
  • Setelah itu pilihlah pilihan "Lokasi" atau "Region"
cara emnghilangkan iklan di hp xiaomi
*
  • Ganti "Lokasi" ke Spanyol atau Perancis. Atau bisa coba lokasi Eropa lainnya.
  • Setelah itu, silakan "restart" HP Xiaomi Anda.

Saya juga sudah mencoba cara ini dan berhasil. Hanya saja saya mengganti lokasi atau "region" saat menyalakan HP pertama kali. Cara ini tergolong ampuh karena MIUI untuk Region Eropa umumnya memang tidak hadirkan iklan.

4. Menghilangkan Iklan Melalui File Manager

mematikan iklan xiaomi

Cara lainnya agar HP Xiaomi Anda tidak memunculkan iklan adalah dengan menghilangkan rekomendasi iklan di "File Manager". Caranya bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Silakan buka aplikasi "File Manager" bawaan.
  • Kemudian tap "ikon menu" di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya pilih “settings“ atau "setelan", lalu pilih “About“ atau "tentang".
  • Kemudian pilih matikan rekomendasi.

5. Menghilangkan Iklan di Aplikasi Unduhan 

mematikan iklan xiaomi

Cara lainnya untuk menghilangkan iklan adalah dengan menghilangkan iklan melalui aplikasi unduhan atau "download". Untuk melakukan ini, Anda tinggal masuk atau buka aplikasi "download". Setelah itu, pilih klik titik menu di bagian kanan atas layar. Setelah itu pilih "setelan" dan pilih nonaktifkan tampilkan konten rekomendasi.

6. Menghilangkan Iklan di Aplikasi Mi Video 

mematikan iklan xiaomi

Cara lainnya untuk menghilangkan iklan di HP Xiaomi dengan menghilangkan iklan di aplikasi Mi Video. Caranya cukup mudah, Anda tinggal buka Mi Video. Setelah itu, klik bagian profil yang ada di bagian kanan bawah layar. Setelah itu pilih "setelan" berbentuk baut atau gerigi di pojok kanan atas, setelah itu silakan matikan opsi "rekomendasi online" dan "Rekomendasi yang dipersonalisasi".

7. Menghilangkan Iklan di Aplikasi Musik

mematikan iklan xiaomi

Cara menghilangkan iklan lainnya adalah dengan menonaktifkan rekomendasi iklan di aplikasi Musik. Pasalnya, di aplikasi Musik, Xiaomi juga menyematkan iklan yang tergolong mengganggu pengalaman penggunaan. Lantas, seperti apa mematikan iklan di aplikasi musik? Berikut caranya.

  • Buka aplikasi Musik, terus kemudian klik menu bagian kiri atas layar
  • Bukan "setelan", kemudian pilih "setelan lanjutan" 
  • Setelah itu silakan scroll layar ke bagian bawah untuk mematikan pilihan "Tampilkan iklan" dan "Tampilkan rekomendasi online di halaman awal".

8. Menghilangkan Iklan di Security 

mematikan iklan xiaomi

Anda bisa menghilangkan iklan di HP Xiaomi dengan cara mengunjungi aplikasi Security atau keamanan.  Caranya cukup dengan membuka  aplikasi "keamanan", kemudian masuk ke bagian "setelan" yang ada di kanan bagian atas, setelah itu tinggal pilih opsi nonaktifkan "terima rekomendasi".

9. Menghilangkan Iklan di Mi Browser 

mematikan iklan xiaomi

Iklan juga sering muncul di aplikasi browser bawaan di HP Xiaomi, yakni Mi Browser. Cara termudah agar tidak muncul di aplikasi ini adalah dengan cara berikut ini.

  • Buka Mi Browser, setelah itu klik menu pada bagian kanan bawah layar
  • Pilih "setelan" berbentuk baut atau gerigi di kanan atas
  • Pilih "privasi dan keamanan" atau "privacy and security"
  • Selanjutnya matikan opsi  “Layanan yang dipersonalisasi” di bagian bawah.

Selain cara tersebut, cara termudah agar tidak ada iklan di browser bawaan adalah dengan tidak menggunakan browser bawaan. Anda cukup memakai browser lain seperti Google Chrome, Firefox, Opera, dan lainnya.

10. Cara Menghilangkan Iklan dengan Instal Custom ROM

MIUI EU13

Selain cara menghilangkan iklan di HP Xiaomi dengan cara yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menghilangkan iklan di HP Xiaomi dengan mengganti custom ROM. Sebagai informasi, MIUI itu adalah UI yang memungkinkan penggunanya untuk custom ROM.

Menariknya, custom ROM cukup banyak tersebar di internet dan Anda bisa memilih mana yang Anda suka. Salah satu yang paling terkenal adalah Custom ROM Xiaomi EU. Custom ROM ini dihadirkan untuk pengguna di benua Eropa dengan basis build dari ROM MIUI China stable dan China Developer.

Jika Anda penasaran dengan custom ROM EU dan ingin menggunakannya, Anda bisa mengunjungi forum MI Global di tautan ini. Oh, iya, pastikan juga Anda paham resiko penggunaan custom ROM ini.

Nah, demikianlah langkah-langkah menghilangkan iklan di HP Xiaomi. Cara-cara tersebut sudah saya coba langsung dan berhasil.

Sebagai informasi tambahan, tidak semua HP Xiaomi menghadirkan iklan. HP Xiaomi yang menawarkan OS Android murni tidak memiliki iklan. Selain itu, beberapa HP Xiaomi kelas atas, iklan yang muncul lebih sedikit. Umumnya, iklan ini muncul di HP Xiaomi terjangkau seperti Redmi series dan Redmi Note series.

Saudara Xiaomi, POCO, juga punya beberapa iklan di user interface-nya. Tentu iklan masih bisa ditoleransi. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan iklan di HP Xiaomi, Redmi, atau POCO, silakan lakukan langkah-langkah tersebut.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram