carisinyal web banner retina

Punya Desain Keren, Ini Kelebihan dan Kekurangan realme C35

Seri C dari realme dikenal sebagai seri termurah jika dibandingkan seri lainnya. Seri ini memang menyasar kelas entry-level di rentang harga Rp1 sampai Rp2 jutaan. Biasanya, spec yang diberikan pada seri ini cenderung standar.

Namun, hal berbeda ditunjukan realme C35. Ponsel ini setidaknya punya beberapa peningkatan untuk sebuah ponsel seri C. Apa saja peningkatan tersebut? Tanpa berlama-lama, langsung saja simak langsung pembahasan soal kelebihan dan kekurangan realme C35 berikut ini.

Spesifikasi realme C35

realme C35
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T616
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.149.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme C35

Apa sajakah kelebihan dari realme C35? Serbagai ponsel dengan harga Rp2 jutaan, realme C35 menawarkan berbagai keunggulan berikut ini.

1. Desain Keren dan Jadi Daya Tarik

realme c35

Hal yang paling menarik dari realme C35 ada pada sisi desainnya. Hal ini terlihat dari kerangka bodi ponsel yang dikemas secara flat. Bentuk desain ini menjadikan realme C35 tampak seperti ponsel premium. Terlebih desain flat ini juga membuat pengguna bisa merasakan feel smartphone kelas atas.

Desain fllat ini berpadu dengan ketebalan yang hanya 8,1 mm. Ini membuat ponsel terasa lebih ramping. Belum cukup sampai disitu, realme hadirkan permukaan plastik yang dibuat seolah kaca. Lengkap dengan warna hijau mengkilat yang realme sebut sebagai Glowing Green. Ada juga varian lain yakni Glowing Black yang sebenarnya agak kalah menarik dari sisi warna.

Bagian desain yang menarik ini berpadu dengan bumper kamera yang lagi-lagi terasa premium. Sebuah nilai plus dari realme C35, yang secara harga hanya ada di rentang Rp2 jutaan.

Sisi flat di samping dengan lekukan tiap sudut, membuat realme C35 memang menarik. Terlebih, realme C35 menempatkan sensor sidik jari di bagian samping, menyatu dengan tombol power.

2. Durabilitas yang Baik

realme c35

Selain desain yang keren, realme C35 juga menonjolkan nilai jual ketahanan bodi. Mereka menyebut jika realme C35 telah lulus sertifikasi kualitas smartphone TÜV Rheinland, untuk memberikan pengalaman smartphone yang tahan lama atau punya durabilitas yang baik kepada para pengguna.

Contoh pengujian yang sudah dilakukan realme pada ponsel ini adalah pengujian yang didasarkan pada siklus hidup tiga tahun smartphone. Pengujian lain adalah 7 sekenario pengujian linkungan ekstrim, 6 skenario uji keandalan komponen, dan 10 skenario pengujian harian.

Klaim tersebut sebenarnya tidak terlalu berlebihan mengingat beberapa pengulas menyebut realme C35 termasuk yang punya ketahanan bodi yang baik.

3. Layar yang Mengesankan di Kelas Harganya

realme c35

Seri C dari realme biasanya menghadirkan layar HD+ saja. Hal berbeda dari realme C35 yang kini menawarkan resolusi Full HD+ 1080 x 2408 piksel. Layarnya ini punya bentang 6,6 inci dengan kerapatan layar 401 ppi.

Menurut 91mobiles, realme C35 ini punya kecerahan puncak hingga 600nits. Kecerahan tinggi ini berguna dalam kondisi luar ruangan yang cerah. Selain itu, ada semacam pengaturan seperti tuning pada tampilan video yang membuat visual warna vido Yotuube menjadi lebih meningkat. Tidak ketinggalan, ponsel ini punya sertifikasi WideVine L1 untuk menikmati konten HD di Netflix.

Pujian terhadap layar realme C35 juga diungkap situs Techradar. Menurutnya, layar ponsel ini mengesankan meskipun menawarkan panel IPS LCD. Terlebih layarnya punya dimensi yang agak luas.

Selain itu, layar ponsel ini punya pelindung yang disebut Panda Glass. Pelindung ini memang tidak umum karena biasanya pelindung layar ponsel memakai Corning Gorilla Glass. Tapi setidaknya adanya pelindung ini bisa membuat calon konsumen lega karena realme masih memerhatikan sektor ketahanan layar. Meski tentu belum banyak yang membuktikan kualitas pelindung ini.

4. Daya Tahan Baterai Oke

realme c35

realme C35 dibekali baterai 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini jadi standar umum, baik dari ponsel kelas atas sampai ke entry-level. Angka kapasitas baterai sudah tidak relevan karena pada akhirnya, performa baterai yang menentukan. Dalam hal ini daya tahannya.

Situs 91mobiles menyebut jika daya tahan baterai ponsel ini salah satu yang terbaik. Daya tahan bateria ponsel ini punya nilai 14 jam 50 menit berdasarkan tes benchmark sintentis PCMark’s Battery 3.0.

Berdasarkan uji pemakaian Techradar, realme C35 dapat bertahan selama satu hari penggunaan. Umumnya, daya tahan baterainya bisa mencapai hari berikutnya. Tentu ini dengan penggunaan media sosial, fotografi, dan unduhan aplikasi tambahan sesekali.

selama satu hari penggunaan, dan umumnya berhasil juga hingga hari kedua. Itu termasuk banyak media sosial, fotografi, dan unduhan aplikasi tambahan sesekali.

Menurut Techradar, faktor layar yang hanya punya refresh rate 60 Hz dan tidak mendukung jaringan 5G, membuat ponsel ini bisa punya daya tahan bateria yang lama.

5. Kamera Utama Tergolong Oke

realme c35

realme C35 hadir dengan tiga kamera. Ada kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8. Ada juga kamera makro 2 MP dan kamera depth 0.3 MP. Kedua kamera ini tidak akan dibahas karena cuman gimmick kamera banyak.

Mari fokus pada kamera utama ponsel ini yang punya fitur seperti PDAF, LED flash, HDR, panorama, dan video 1080p 30 fps.

Menurut 91mobiles, hasil kamera ponsel ini tergolong cukup baik. Hanya saja hasil foto bakal terlihat detail saat menangkap pada kondisi cahaya yang terang. Menariknya, ada mode HDR otomatis yang dapat meningkatkan kualitas tampilan. Sistem AI di ponsel juga bekerja dengan baik.

Mode malam juga bisa diandalkan. Tentu ketika memotret di mode malam, pantulan cahaya akan sangat memengaruhi hasil.

Soal kamera depth, 91mobiles menyuebut jika pemotretan memakai kamera ini agak kurang baik. Sementara kamera makro sering menghasilkan foto dengan fokus yang melesat. Karena itu, kamera utama ponsel ini sebenarnya punya kemampuan yang lebih maksimal

6. Kamera Kurang Maksimal di Kondisi Gelap

Untuk kamera depan, realme C35 hadir dengan kamera 8 MP. Menurut 91mobiles, kamera ini memiliki fungsi khas Realme untuk detail wajah yang diproses secara berlebihan tetapi serasi dengan warna kulit. Sementara Techradar menyebut jika kamera selfie ponsel ini sersuai fungsinya. Tergolong bisa diandalkan karena bisa hasilkan foto yang jerah dan jernih. Hanya saja jangan berharap hasil foto yang terlalu detail.

Kekurangan realme C35

Pada kisaran harga Rp2 jutaan, realme C35 jelas punya beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari realme C35.

1. Performa Bisa Lebih Baik Lagi, Terutama untuk Game

realme c35

realme C35 hadir dengan chipset UNISOC Tiger T616 dengan skongan RAM 4 GB dan storage UFS 64 GB atau 128 GB. Sebelum pembahasan performa, mari bahas terlebih dahulu soal UNISOC Tiger T616.

UNISOC Tiger T616 merupakan chipet dengna proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini hadir dengan empat core irit daya Cortex-A55 (1,8 Ghz) dan dua core kencang untuk performa Cortex-A75 (2,0 Ghz). Untuk prosesor grafis alias GPU, chipset ini memakai Mali-G57 MP1.

Lalu, bagaimana dengan performa dari ponsel ini? Untuk hasil benchmark sintentis, bisa disimak pada gambar di bawah ini.

benchmark realme c35Sumber: https://www.91mobiles.com

Sisi benchmark menunjukan angka yang sebenarnya cukup oke untuk game ringan. Sayangnya, chipset ternyata tidak se-powerful yang diperkirakan. Menurut 91mobiles, kemampuan ponsel ini memang tidak terlalu powerful. Ada momen ketika ponsel freeze alias tidak merespon ketika membuka banyak aplikasi.

Sementara Techradar menyebut jika ponsel ini tidak terlalu buruk. Ponsel ini terbilang cukup cepat untuk dinavigasi, baik untuk tugas-tugas sederhana seperti menggulir antar menu dan saat menggunakan aplikasi media sosial dan memeriksa email. Sayangnya, performa untuk bermain game di ponsel ini tergolong biasa saja.

2. Waktu Pengisian Baterai Kurang Cepat

realme c35

Meski punya daya tahan baterai yang lama, waktu pengisian ponsel ini bukan yang tercepat. realme mengklaim sebenarnya jika ponsel bisa mendukung pengisian sampai 18 watt. Hanya saja, waktu pengisian terasa lama. Seperti yang diutarakan Techradar kalau pengisian ponsel memakan waktu lebih dari satu jam. Bukan yang paling lama memang tetapi juga bukan yang tercepat.

3. Tidak Ada NFC dan Minimnya Isi Paket Penjualan

realme c35

Saat ini, sudah banyak ponsel Rp2 jutaan yang menghadirkan fitur NFC. Sayangnya, realme C35 tidak memiliki hal tersebut. Padahal, hadirnya NFC bisa jadi membuat ponsel ini menarik untuk dilirik.

Selain tiadanya NFC, ponsel ini punya paket penjualan yang kurang lengkap. Contohnya tidak ada casing pelindung. Namun, realme setidaknya masih memberikan charger 18 watt di paket penjualan.

4. Bagi Sebagian Orang, Mungkin Agak Kurang Nyaman Digenggam

realme c35

Hal yang disayangkan, desain seperti ini bisa jadi menimbulkan perasaan berbeda bagi tiap pengguna. Situs 91mobiles menyatakan kalau ia merasa desain ini memang menarik. Sayangnya, sisinya yang tajam agak membuat tangan kurang nyaman genggam.

Hal yang sama juga diutarakan Techradar.com yang menyebut kurang nyaman memegang ponsel. Pasalnya, ukuran ponsel agak besar dan tepian yang rata membuat genggaman kurang ergonomis. Namun, hal ini tentus saja bisa diakali dengan penggunaan casing.

Simpulan

Terlepas dari sisi kekurangan, realme C35 bisa dikatakan sebagai ponsel yang memang mengutamakan desain yang cantik dan menarik. Ponsel ini memang tidak cocok untuk kalangan pengguna yang ingin ponsel dengan kemampuan game yang maksimal.

Untuk penggunaan ponsel dasar dan game-game tertentu, jelas ponsel ini bisa diandalkan. Terlebih ponsel ini juga punya ketahanan dan daya tahan baterai yang oke. Tertarik meminang realme C35? Jika tertarik, silakan beli ponsel ini. Jika ingin mencari alternatif. Ponsel Rp2 jutaan lain seperti Redmi Note 10s, vivo T1 5G, atau POCO M4 Pro masih tergolong Oke. Tentu dengan konsekuensi beberapa ratus ribu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram