10 Rekomendasi HP di Bawah 4 Jutaan Terbaik (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika memiliki dana kurang dari 4 jutaan, Anda tentu sangat mampu untuk mendapatkan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni. Pasalnya, beragam vendor ponsel pintar saat ini sudah menawarkan HP dengan spesifikasi yang sangat baik dengan harga tidak lebih dari Rp4 juta.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari smartphone dengan harga tidak lebih dari 4 jutaan, Anda sedang mengunjungi halaman yang tepat. Pasalnya, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 rekomendasi HP terbaik dengan harga kurang dari 4 jutaan. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. Samsung Galaxy A33 5G 6/128

Samsung Galaxy A33 5G
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 4.799.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Melengkapi jajaran produk ponsel Samsung dengan fitur 5G, ada Samsung Galaxy A33 5G. Ponsel ini hadir dengan spesifikasi yang lengkap untuk menguasai pasar HP di bawah 4 jutaan. Salah satu andalan HP ini ialah penggunaan chipset Exynos 1280

Performa dari ponsel Android samsung ini cukup terasa kencang ketika digunakan bermain gim berat. Untuk membuka banyak aplikasi pun, HP ini cukup mulus tanpa lag. Dukungan GPU Mali G68 dan RAM 6 GB semakin memperlancar kinerja HP ketika memainkan game bergrafis detail.

Pengalaman menggunakan HP ini kian nyaman dengan tambahan baterai yang tahan lama berkapasitas 5000 mAh. Sedikit disayangkan, Samsung hanya menambahkan fitur pengisian cepat 25W saja. Walaupun demikian, ini tidak mengurangi keseruan beraktivitas memakai HP Android ini.

Berlanjut ke bagian kamera, Samsung menanamkan kamera utama 48 MP dengan IOS. Untuk Anda yang gemar membuat video, hasil video HP ini cukup memuaskan dan cukup sinematik meski videonya hanya Full HD 30fps. Sayangnya, untuk kamera depan 13 MP menghasilkan foto yang biasa saja.

2. Redmi Note 11 Pro 8/128

Redmi note 11 pro 4g (indonesia)
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi Note 11 Pro merupakan ponsel kelas menengah all-rounder yang dirilis Redmi pada 2022. Status all-rounder layak disematkan karena HP 4G ini tidak hanya mengejar satu keunggulan. Artinya, HP ini punya sisi menarik yang menyeluruh buat segmen di bawah Rp4 juta.

Mulai dari desain, tampilan layar, performa, kemampuan fotografi, hingga daya tahan baterai. Beberapa fitur ekstra yang menunjang kenyamanan juga disematkan buat Redmi Note 11 Pro. Hal itu seperti adanya motor getar z axis linear yang mampu memberikan sensasi haptic feedback yang baik.

Hal yang paling keren dari HP dengan SoC MediaTek Helio G96 ini adalah kemampuan pengisian baterainya. Berbekal teknologi pengisian cepat 67W, mengecas baterai Redmi Note 11 Pro dari kosong sampai penuh butuh waktu kurang dari 1 jam.

3. realme 9 Pro 8/128

realme 9 pro 5G
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme 9 Pro adalah pilihan paling aman buat Anda yang ingin mencari HP Rp3 jutaan. Apalagi HP ini juga punya usia pemakaian panjang karena mendukung konektivitas 5G. Satu hal yang membuat realme 9 Pro tampil mencolok dibanding ponsel lain di kelasnya adalah soal desain.

Ya, realme 9 Pro ini memiliki desain yang disebut dengan Light Shift. Singkatnya, penutup belakang HP ini bisa mengalami perubahan warna jika terkena paparan sinar matahari. Bukan cuma desain, performa dan kemampuan kamera HP ini juga oke banget.

Soal performa, realme 9 Pro bisa menjalankan bermacam-macam game dengan lancar. SoC Snapdragon 695 yang dikandung HP ini memang bisa diandalkan untuk tugas berat. Apalagi jika dikombinasikan dengan memori 8/128 GB.

HP dengan NFC ini punya kamera yang di atas rata-rata karena mampu menciptakan foto yang warna mendekati kondisi nyata. Kemampuan low light-nya pun oke walau tidak didukung OIS. Hal itu karena realme 9 Pro punya filter Nightscape yang meningkatkan paparan cahaya.

4. Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Bagi Anda yang butuh HP dengan performa dengan harga dibawah 4 jutaan, Samsung Galaxy M33 5G layak dipilih. Pasalnya HP ini disebut sebagai versi murah dari seri Galaxy A33 5G. Apalagi, chipset yang digunakan juga sama yakni Exynos 1280. Tentu, ada beberapa pengurangan di HP ini yang membuat harganya lebih murah.

Desain HP ini kini lebih merakyat dan minimalis dengan bodi polikarbonat. di balik bodi ini, terpasang chipset Exynos 1280. Anehnya, performa HP ini sedikit menurun meski menggunakan RAM besar. Walaupun tak segahar saudaranya, HP ini cukup untuk harian dan multitasking.

Untuk kebutuhan harian, Samsung memakai layar besar 6,6 inci. Layar ini didukung panel PLS TFT dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120 Hz. Penggunaan panel bukan AMOLED ini memang sedikit mengecewakan, tetapi untungnya reproduksi warna di layar cukup akurat.

Di bagian kamera, Samsung M33 5G memang memiliki kamera yang biasa saja meski mengusung kamera utama resolusi 50 MP. Yang sedikit mengecewakan, kamera ultrawide yang dihadirkan terasa kurang optimal karena resolusinya yang kecil.

5. POCO X3 Pro 8/256

POCO X3 Pro
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO X3 Pro pada dasarnya adalah ponsel yang sama dengan POCO X3 NFC. Namun, ponsel ini mengalami lonjakan kenaikan performa yang luar biasa karena memakai chipset premium Snapdragon 860. Chipset ini adalah reinkarnasi dari SoC kelas atas yang meluncur pada 2019, Snapdragon 855+.

Berkat chipset ini, POCO X3 Pro memiliki performa yang mengungguli seluruh HP kelas menengah. Sebagai bukti, skor Antutu 8 ponsel ini menyentuh 450 ribuan. Jika Anda adalah seorang gamers berbujet terbatas, tak perlu berpikir dua kali untuk menebus HP ini.

Varian tertinggi ponsel ini dibekali dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB. Harga jualnya di toko online Rp3,9 jutaan. Untuk mengetahui plus minus yang dipunyai smartphone ini, silakan membaca artikel kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram