10 HP Xiaomi Harga di Bawah 4 Jutaan Terbaik (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada banyak HP Xiaomi yang dijual di pasaran. Kebanyakan tipe yang di jual di pasaran Indonesia, merupakan HP Xiaomi dengan harga terjangkau. Contohnya HP Xiaomi dengan harga di bawah Rp2 juta maupun di bawah Rp3 juta. Di kelas harga ini, cukup banyak produk dari Xiaomi yang menarik.

Namun, Xiaomi juga memiliki beberapa ponsel yang dijual sedikit lebih mahal, yakni pada kisaran harga di bawah Rp4 juta. Di kelas harga menengah ini, ada banyak deretan HP menarik dari Xiaomi yang bisa dijadikan pilihan. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. POCO M4 Pro

POCO M4 Pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Hadir dengan spesifikasi yang lengkap di kelasnya, POCO M4 Pro sayangnya masih belum dibekali fitur 5G. Walaupun demikian, layarnya yang sudah AMOLED, kemampuan dapur pacu yang handal untuk gaming hingga kamera utama yang berkualitas seakan menutupi kekurangan tidak adanya 5G di HP ini.

Sama seperti HP POCO kebanyakan, desain POCO M4 Pro minimalis, ringan dan nyaman digenggam. Pilihan warna bodinya juga cukup apik cocok untuk kawula muda saat ini. Selain itu, bodinya kian kokoh karena sudah dilengkapi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan cipratan air. 

Menengok bagian layar, HP Android harga di bawah 4 jutaan ini mengusung spesifikasi layar yang cukup baik. Siapa sangka, POCO memakai panel Super AMOLED berukuran 6,43 inci. Layar ini juga sudah dilengkapi resolusi Full HD+ hingga refresh rate 90Hz, dan touch sampling rate 180 Hz.

Tentu layar ini nyaman digunakan dalam berbagai kegiatan seperti browsing, mengecek media sosial, dan bermain game. Untuk harian, POCO memasang chipset MediaTek Helio G96. Meski ini cip kelas menengah ke bawah, performanya cukup handal untuk gaming. Apalagi, prosesor ini dikombinasikan dengan RAM 8 GB. Sayangnya, sistem operasi yang digunakan masih Android 11.

Terakhir, kamera yang dihadirkan kabarnya lebih baik dibanding seri POCO M3 Pro 5G. HP ini mengandalkan kamera utama 64 MP sensor Omnivision. Untuk memotret siang dan malam, hasil fotonya cukup baik dengan warna yang tajam.

2. Redmi Note 11 Pro

Redmi note 11 pro 4g (indonesia)
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi Note 11 Pro hadir untuk melanjutkan kesuksesan seri sebelumnya. Maka dari itu, Redmi menghadirkan sejumlah ubahan agar ponsel ini kian bersaing dan mendapat hati para pecinta gadget. Terlebih lagi, HP ini dipersiapkan untuk pasar kelas menengah yang ramai pesaing.

Redmi masih percaya dengan kemampuan kamera utama 108 MP. Memang hasil foto yang dihasilkan kamera belakangnya cukup baik di kelasnya. Namun, ketika pencahayaan tidak bagus, hasil foto menjadi tidak konsisten. Untungnya kamera depan mampu menghasilkan foto yang cukup detail tapi kurang rapi saat mode portrait.

Nilai lebih HP ini justru tampak di bagian layar, dimana Redmi menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci. Perpindahan animasi di layar kian nyaman dan lebih responsif digunakan dengan adanya refresh rate 120 Hz dan touch sampling 360 Hz. spek layar ini terbilang tinggi.

HP ini juga dibekali baterai 5000 mAh yang tahan lama digunakan. Menariknya, Redmi menyediakan fitur pengisian cepat 67W. Ini tergolong besar karena sebagian produsen masih menghadirkan fitur 33W.

3. POCO X3 GT

POCO X3 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO X3 GT dihadirkan untuk mengisi celah diantara produk POCO X3 Pro dan POCO F3. Tidak heran, HP ini dibekali spesifikasi layar, dapur pacu dan baterai yang unggul di kelasnya. Diharapkan ponsel ini menjadi jawaban untuk kebutuhan ponsel 5G dengan harga di bawah 4 juta. Bahkan POCO mengklaim spesifikasi HP ini masih relevan hingga 3 tahun setelah peluncuran.

Mengusung desain yang kekinian, HP ini memiliki bodi belakang bertekstur yang nyaman. Di bagian depan bodinya, terpasang layar dengan fitur yang lengkap mulai resolusi FHD+, HDR 10, refresh rate 120 Hz, dan pelindung anti gores Gorilla Glass Victus. Layar ini terasa tajam untuk bermain game atau menonton video sekalipun.

Mencoba mendobrak pasar ponsel mid-range, POCO menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1100. Chipset ini tentu menawarkan performa yang kencang dan jaringan 5G yang stabil. Beberapa game dengan grafis tinggi sukses dimainkan di pengaturan grafis tinggi dan FPS tinggi tanpa masalah berarti.

Daya tahan baterai di HP POCO ini tidak bisa diremehkan meski hanya berkapasitas 5000 mAh. Baterainya cukup awet menemani bermain game meski game grafis tinggi. Kelebihan lainnya sudah ada pengisian cepat 67W.

4. Xiaomi Mi 11 Lite

Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sebagian dari Anda mungkin dibuat bingung mengapa Xiaomi merilis Xiaomi Mi 11 Lite. Pasalnya, di kelas harga Rp3 jutaan, Xiaomi sudah punya Redmi Note 10 Pro dan POCO X3 Pro yang dirilis pada waktu yang berdekatan. Namun, satu hal yang perlu Anda sadari bahwa Mi 11 Lite ini hadir buat penggila desain.

Soal desain, HP ini memang yang paling menang ketimbang dua saudaranya itu. Mi 11 Lite paling mewah karena mirip dengan Mi 11, tipis, dan ringan. Bahkan jika dibandingkan dengan seluruh smartphone yang meluncur pada semester pertama 2021, ponsel ini tetap yang paling tipis dan ringan.

Terlepas dari sisi desainnya, Mi 11 Lite tetap punya layar, kamera, performa, dan daya tahan baterai yang bagus. Fitur sekunder seperti speaker stereonya pun punya kelantangan yang menyamai Mi 11. Ketahui selengkapnya ponsel ini dengan membaca ulasannya di artikel kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram