carisinyal web banner retina

6 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 13 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Redmi Note 13 5G telah rilis secara global pada Januari 2024, bersamaan dengan anggota Note 13 series lainnya yaitu Redmi Note 13 4G, Redmi Note 13 Pro, dan Redmi Note 13 Pro+.

Xiaomi kali ini telah mempersiapkan serangkaian fitur dan peningkatan dari seri pendahulu. Kini hadir dengan kamera beresolusi besar dengan performa yang menawan, siapa pun bisa menjadi fotografer andal pakai HP ini.

Belum lagi kalau kita bahas soal layarnya yang cerah dan terang, serta mendukung laju penyegaran tinggi. Ditambah dengan ketahanan baterainya yang cukup baik, bikin pengalaman menonton berjam-jam jadi semakin seru. Di bawah ini adalah tabel berisikan poin kelebihan dan kekurangan Redmi Note 13 5G yang bisa dijadikan acuan.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Tampilan visual layar AMOLED yang memukau
Tanpa stereo speaker
Kinerja Dimensity 6080 yang nyaman untuk gaming
Kinerja ultrawide kurang baik pada malam hari
108 MP Triple Camera dengan hasil foto yang kece
Tanpa perekaman video 60 FPS atau 4K
Sensor lengkap
Rilis dengan Android 13 pada MIUI 14, bukan HyperOS
Daya tahan baterai 5.000 mAh yang awet
Build quality baik, tahan percikan air

Selain karena spesifikasinya yang tinggi di harga terjangkau, Redmi Note 13 5G juga dipenuhi dengan konektivitas beragam serta ketahanan bodi yang baik. Sudah siap menyelami seluk-beluk HP ini? Simak kelebihan dan kekurangan Redmi Note 13 5G sebagai berikut.

Spesifikasi Redmi Note 13 5G

Redmi Note 13 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6080
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Redmi Note 13 5G

Xiaomi terus membuktikan jati dirinya sebagai brand yang mengutamakan value tinggi pada setiap produknya. Simak beberapa kelebihan Redmi Note 13 5G berikut ini.

1. Tampilan Visual Layar AMOLED yang Memukau

redmi note 13 5g layar_

Redmi Note 13 5G mengusung panel layar AMOLED dengan kualitas 1 miliar warna. Ukurannya 6,67 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) pada aspek rasio 20:9. Tingkat kerapatan piksel layar berada di angka 395 ppi (pixel per inch).

Adapun pada tingkat kecerahannya, Xiaomi mengklaim ponsel dapat meraih peak brightness 1.000 nit. Layar dibuat semakin mulus saat scrolling dan bermain gim tertentu lantaran mendukung refresh rate 120 Hz.

Menurut pengujian yang dilakukan author Phone Arena, layar Redmi Note 13 5G dapat mencapai kecerahan maksimal di 1.006 nit. Angka ini bahkan sedikit lebih baik dari klaim Xiaomi.

Satu hal yang cukup saya prihatinkan, sebenarnya kecerahan 1.000 nit ini berkurang 200 nit dibandingkan Redmi Note 12 5G dengan kecerahan 1.200 nit. Tapi ini untungnya bukan deal-breaker, karena 1.000 nit pun merupakan tingkat kecerahan yang lebih dari cukup untuk kenikmatan menonton dan baca artikel di siang hari.

Bukan hanya itu, kecerahan paling rendah yang bisa diraih adalah 1,8 nit, serta mendukung temperatur warna 6697 Kelvin. Hasil pengujian juga menyatakan layar mencapai akurasi delta E RGBCMY di angka 1,82, serta delta E Grayscale sebesar 4.31.

Layar Redmi Note 13 5G mendukung bezel yang lebih tipis dari sebelumnya. Kini, layar memiliki rasio bodi-ke-layar sebesar 88,9 persen yang mana merupakan peningkatan 4,5 persen dari model sebelumnya.

Kualitas layar Redmi Note 13 5G sudah tergolong salah satu yang terbaik di harganya. Ponsel ini sayangnya tidak dikemas dengan sertifikasi HDR10 atau Dolby Vision seperti pada HP di kelas harga tinggi.

Namun, penggunaan AMOLED dengan ukuran yang besar dan tampilan warna yang cerah sudah cukup untuk memberikan pengalaman hiburan menyenangkan.

2. Kinerja Dimensity 6080 yang Nyaman untuk Gaming

dimensity 6080

Dimensity 6080 merupakan chipset MediaTek yang ditujukan untuk kelas menengah. Kendati dipakai itel P55 5G di harga Rp1 jutaan, namun performa Dimensity 6080 memang menempatkannya pada jajaran chipset di HP seharga Rp3 jutaan, seperti Snapdragon 695 5G.

Dari sisi spesifikasinya, Dimensity 6080 dibangun pada teknologi manufaktur 6 nm dari TSMC. Chipset dibekali dengan delapan unit prosesor yaitu dua inti performa Cortex A76 (2.4 GHz) serta enam inti hemat daya Cortex A55 (2 GHz).

Sementara untuk pengolahan grafis, chipset didampingi dengan GPU Mali G57 berisikan dua inti ekskekusi, mendukung frekuensi hingga 950 MHz.

Pemenuhan clock speed hingga 2.4 GHz pada HP ini menandakan adanya peningkatan 20 persen dibandingkan seri pendahulunya. Dilansir dari AppleGadgets Blog, aktivitas harian seperti browsing, menggunakan aplikasi, dan multi-tasking berjalan sangat mulus. Tidak ada tanda-tanda terjadinya lagging atau nge-freeze.

Performa chipset Dimensity 6080 juga dinilai sedikit lebih baik dari seri pendahulu yang menggunakan Snapdragon 4 Gen 1, kendati peningkatan skor benchmark-nya tidak terlalu drastis.

Diketahui, Redmi Note 13 5G mendapat peningkatan 4 persen dari skor AnTuTu v10, yang semula hanya 420 ribuan pada Redmi Note 12 5G kini menjadi 440 ribuan pada Redmi Note 13 5G.

GPU Mali G57 pada Redmi Note 13 5G juga mengalami peningkatan performa grafis sebanyak 15 persen dibandingkan pendahulunya. Anda pun bisa memainkan gim populer seperti PUBG Mobile dan COD Mobile pada performa yang nyaman di resolusi Full HD.

Selain itu, sumber data Nano Review turut mengungkapkan Dimensity 6080 meraih skor AnTuTu v10 sebesar 420.396 poin, dengan pengujian Geekbench 6 sebesar 764 poin pada single core dan 2052 poin pada multi-core.

Lebih lanjut lagi, hasil penelusuran dari Phone Arena menyatakan Redmi Note 13 5G meraih skor 589 poin dan 1751 poin, pada Geekbench 6 single core dan multi-core. Adapun pada pengujian 3DMark Extreme High dan Low, ponsel meraih nilai 373 poin dan 369 poin.

Perlu ditekankan bahwa performa Dimensity 6080 di HP ini memang bukan yang terbaik di kelasnya, namun tetap saja mampu berikan pengalaman yang nyaman pada keseharian dan juga bermain gim berat.

Melansir Shaan Haider di video YouTube-nya, Redmi Note 14 5G dapat memainkan sejumlah gim populer dengan baik, seperti Asphalt 9, PUBG Mobile, COD Mobile, dan Injustice 2. Semuanya berjalan dengan mulus tanpa lagging meski berada di pengaturan frame rate dan grafis yang cukup tinggi.

3. 108 MP Triple Camera dengan Hasil Foto yang Kece

redmi note 13 5g 4 (1)_

Redmi Note 13 5G disusun dengan tiga kamera di belakangnya. Kamera utamanya menggunakan resolusi jumbo 108 MP (Samsung S5KHM3) dengan bukaan f/1.75, yang tentunya menghadirkan teknologi pixel binning 9-in-1 (menyatukan sembilan piksel berdekatan jadi satu piksel besar).

Kamera tersebut menghasilkan output gambar 12 MP dengan kecerahan dan detail yang meningkat lagi. Adapun pada kamera pendamping, tersedia sensor ultrawide 8 MP f/2.2 serta kamera makro 2 MP (Omnivision OV02B10).

Spesifikasi kamera belakang HP ini tidak berbeda jauh dengan Redmi Note 12 5G, dalam hal keduanya sama-sama dukung triple camera dan juga makro. Bedanya, keberadaan kamera utama 108 MP di HP ini meningkat drastis dari sebelumnya yang hanya 48 MP.

Menurut penelusuran yang saya lakukan, tidak dapat ditemui penstabil gambar OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera utama. Anda mesti pastikan tangan tidak goyang saat menekan tombol shutter demi menghindari blur.

Kendati HP ini tidak memiliki kamera telefoto khusus, Xiaomi mengklaim bahwa ponsel sanggup melakukan pembesaran lossless sebanyak tiga kali. Adapun pada kamera selfie-nya, menggunakan resolusi 16 MP pada bukaan f/2.4. Meningkat dari sebelumnya yang hanya 13 MP. Berikut ini adalah beberapa sampel fotonya.

redmi note 13 5g sampel foto default_Sumber: Phone Arena
Default 1x
redmi note 13 5g sampel foto ultrawide_Sumber: Phone Arena
Ultrawide
redmi note 13 5g sampel foto selfie_Sumber: Phone Arena
Selfie
redmi note 13 5g sampel foto malam hari_Sumber: Phone Arena
Mode malam
redmi note 13 5g selfie portrait_Sumber: Nextpit
Selfie portrait

Melihat beberapa sampel foto di atas, bisa disimpulkan kalau hasil foto Redmi Note 13 5G tidak kalah dengan HPmid-range lainnya. Saya cukup menyukai perbandingan foto default dan ultrawide di atas. Secara kasat mata, tidak ada perbedaan kualitas yang terlihat, terutama dari sisi warna dan detailnya.

Selain itu, mode malam juga menunjukkan adanya peningkatan exposure untuk membuat langit malam hari terlihat lebih cerah, serta membuat objek-objek di daerah bawah tampak lebih jelas. Begitu pun pada kualitas foto selfie-nya yang memberikan separasi yang rapi antara subjek utama dan latar belakangnya.

4. Sensor Lengkap

redmi note 13 5g_

Redmi Note 13 5G menyajikan kelengkapan sensor yang baik. Di dalamnya, tersedia port infrared port yang tampaknya memang tidak pernah absen dari seluruh jajaran ponsel Xiaomi. Infrared merupakan sinar elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang terlihat.

Fungsi dari infrared adalah untuk mengubah kanal TV dan suhu AC secara universal, bahkan pada TV dan AC yang tidak memiliki kapabilitas IoT (Internet of Things). Adapun pada jenis konektivitas lain, Redmi Note 13 5G ditenagai dengan Wi-Fi 5 dual band untuk dapat terhubung pada jaringan 5 GHz yang lebih cepat dan stabil.

Pengguna juga dapat merasakan pengalaman TWS (True Wireless Speaker) tanpa delay dan lagging lantaran mendukung Bluetooth 5.3 sebagai salah satu versi yang paling modern. Jika ingin menghubungkan earphone kabel, Anda pun tidak memerlukan adapter karena ponsel sudah menyediakan 3.5 mm jack audio port.

Tersedia juga slot memori eksternal untuk menambah kapasitas memori hingga 1 TB kendati bukan secara terpisah, melainkan hibrida.

Sensor pemindai sidik jari pada Redmi Note 13 5G juga turut hadir kendati hanya terletak di samping ketimbang di layar. Fakta unik, Redmi Note 13 5G adalah satu-satunya varian di seri Redmi Note 13 series yang tidak menghadirkan in-display fingerprint scanner. Malahan varian 4G pada HP ini sudah menawarkan sensor di dalam layar.

Walau begitu, laman Phone Arena mengungkapkan sensor sidik jari di samping pada Redmi Note 13 5G memiliki akurasi dan kecepatan yang lebih baik dari pemindai di layar.

Adapun sensor pemindai sidik jari di samping tidak akan mengalami isu responsivitas yang menurun apabila pengguna salah memasangkan varian tempered glass pada layar.

5. Daya Tahan Baterai 5.000 mAh yang Awet

redmi note 13 5g baterai_

Kapasitas baterai 5.000 mAh pada Redmi Note 13 5G dapat bertahan dengan lama. Ini dikarenakan penggunaan AMOLED yang ramah daya serta penggunaan chipset berfabrikasi kecil yang memiliki efisiensi daya tinggi.

Dengan penggunaan sedang, pengguna dapat mengharapkan ketahanan baterai hingga dua hari. Pada penggunaan nyata, sumber AppleGadgets Blog mengatakan baterai berkurang hingga 51 persen saat menonton empat episode One Piece Live Action.

Lanjut lagi, Phone Arena menyebutkan Redmi Note 13 5G dapat bertahan hingga 10 jam 18 menit pada penggunaan streaming, 12 jam 19 menit ketika dipakai browsing, hingga 9 jam 13 menit untuk gaming.

Adapun pada pengisian dayanya menggunakan fast charging 33 watt, dengan charger 33 watt yang sudah tersedia di dalam boks penjualan. Ponsel dapat mencapai kondisi 15 persen setelah dicas selama 21 menit.

Lalu, durasi charging selama 30 menit membuat baterainya meningkat jadi 42 persen. Adapun pada kondisi pengisian 0-100 persen membutuhkan waktu sekitar 1 jam 24 menit.

6. Build Quality Baik, Tahan Percikan Air

redmi note 13 5g (1)_

Redmi Note 13 5G memiliki desain yang menawan, saya terutama menyukai sisi kamera yang disusun dengan rapi. Ponsel ini memiliki ketebalan 7,6 mm yang membuatnya salah satu paling ramping di industri. Ketebalan tersebut menurun cukup jauh dari sebelumnya yang setebal 8 mm.

Selain itu, Redmi Note 13 5G juga menawarkan pengalaman genggam yang nyaman lantaran bobotnya yang cuman 174,5 gram. Angka ini membuatnya cukup berhasil berikan kenyamanan genggam yang baik, terlebih saat digunakan pakai satu tangan.

Adanya sertifikasi ketahanan IP54 memberikan daya tahan baik terhadap debu dan percikan air dari segala sisi. Baik itu air hujan atau ketumpahan tetesan air minum, Redmi Note 13 5G dapat mengurangi risiko kerusakan berkat adanya IP Rating tersebut.

Bagian layarnya tak hanya menawarkan bezel yang super slim, melainkan juga dilapisi Gorilla Glass 5. Proteksi layar ini tak hanya melindungi layar dari baret, namun juga mengurangi risiko kerusakan akibat terjatuh dari ketinggian tertentu.

Bodi belakang ponsel tampak cantik serta memiliki ketahanan yang baik. Ini dikarenakan bahan material plastik yang memang kokoh walau tidak berikan kesan premium seperti metal atau kaca.

Satu yang perlu diperhatikan, punggung bodi Redmi Note 13 5G cukup rentan dihinggapi bekas noda sidik jari, seperti yang dilaporkan sumber Nextpit. Jika ingin membuatnya tampak bersih setiap saat, Anda harus sering-sering mengelapnya.

Untuk memastikan ketahanan bodi yang unggul, Xiaomi telah melakukan serangkaian pengujian seperti 20 ribu kali colok-cabut port audio, 1.000 kali tes kompresi, dan 10 ribu kali pengecekan USB-C port.

Kekurangan Redmi Note 13 5G

Walau banyak keunggulan, calon user mesti berusaha untuk tidak overlook beberapa hal yang jadi kekurangan Redmi Note 13 5G. Supaya tidak salah beli, yuk simak penjelasan di bawah!

1. Tanpa Stereo Speaker

redmi note 13 5g speaker_

Redmi Note 13 5G dapat memberikan hasil suara yang cukup lantang dari speaker-nya. Suara frekuensi rendah masih terdengar, namun suara bass-nya cuman terdengar sedikit serta membuat mayoritas lagu terdengar datar, dilansir dari Phone Arena.

Ponsel juga hanya dapat berikan output suara satu kanal lantaran tidak menghadirkan stereo speaker. Adapun pada kualitas haptic feedback-nya tidak memberikan sensasi getaran yang terasa nyata.

2. Kinerja Ultrawide Kurang Baik pada Malam Hari

redmi note 13 5g kamera_

Sebelumnya saya sempat bilang kalau kamera ultrawide pada HP ini bekerja baik, bahkan memiliki kualitas yang cukup setara dengan kamera utama. Namun, ini hanya berlaku pada kondisi pencahayaan yang cukup.

Ketika pemotretan malam hari, terjadi penurunan cahaya yang sangat drastis. Bagian-bagian yang awalnya masih terlihat jelas pada kamera utama, berubah jadi area-area yang sepenuhnya gelap seperti tidak ada penerangan lampu sekitar sama sekali.

3. Tanpa Perekaman Video 60 FPS atau 4K

redmi note 13 5g desain_

Kemampuan video di HP ini sebenarnya cukup baik, Redmi Note 13 5G memiliki stabilisasi yang dapat mengurangi intensitas efek goyang pada hasil video.

Hanya saja, untuk para pelaku kreator konten, fitur videografi yang ditawarkannya mungkin belum terasa cukup. Ini karena tidak ada fitur perekaman 4K ataupun 60 FPS pada 1080p. Membatasi kreator konten untuk leluasa mengedit foto tanpa menghiraukan penurunan kualitas.

4. Rilis dengan Android 13 pada MIUI 14, Bukan HyperOS

redmi note 13 5g 3_

Smartphone ini dirilis menggunakan Android 13 berbasiskan MIUI 14. Untuk diketahui, ponsel keluaran tahun 2024 semestinya sudah rilis menggunakan Android 14.

Memang, ponsel ini juga tentunya akan mendapatkan pembaruan versi via OTA (on the air). Namun, ini tetap mengurangi masa dukungan versi Android untuk jangka panjang.

Redmi Note 13 5G pun hanya dibekali jaminan update hingga dua generasi. Artinya, ia hanya mampu di-update hingga Android 15, seperti yang dilaporkan Phone Arena. Padahal, jika ia rilis dengan Android 14, ia akan mendapatkan pembaruan hingga Android 16 seperti sejumlah HP keluaran 2024 lainnya.

Fakta bahwa Xiaomi telah meluncurkan HyperOS sebagai "versi baru" dari MIUI juga mungkin membuat sebagian user kecewa dengan HP ini. Sebab, banyak yang menantikan untuk mencicipi HyperOS, namun pengalaman ini sayangnya tidak langsung tersedia saat membeli Redmi Note 13 5G.

Adapun kekurangan lainnya adalah sisi software pada HP ini rentan melakukan kill background app sehingga mengharuskan pengguna untuk mengulang lagi dari awal saat buka aplikasi dari recent app. Terlepas dari itu, MIUI 14 memiliki performa yang mulus ketika menampilkan animasi dan transisi halaman.

Simpulan

Redmi Note 13 5G adalah salah satu pilihan smartphone terbaik di kelas harga mid-range. Secara global, HP ini dirilis dengan harga 17.998 rupee alias Rp3,3 jutaan.

Cukup banyak kekurangan yang dimiliki HP ini seperti absennya stereo speaker dan juga minimnya perekaman video resolusi tinggi. Walau begitu, jangan lupa bahwa HP ini memiliki performa yang cukup handal dalam memainkan gim terkini.

Belum lagi kualitas kameranya yang mampu berikan hasil foto menawan pada siang maupun malam hari (asalkan jangan pakai ultrawide saat terlalu gelap).

Saya pribadi juga termasuk salah satu orang yang akan sangat terbantu dengan sensor infrared yang HP ini tawarkan. Di saat ada anak bayi yang senantiasa memainkan dan menyembunyikan remote TV, keberadaan infrared akan sangat diperlukan untuk mengubah kanal/volume TV tanpa ribet. Jadi, tertarik beli HP ini?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram