carisinyal web banner retina

Mari Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 9 Pro+

realme 9 Pro dan realme 9 Pro+ membuka lembaran baru bagi realme dalam mengarungi tahun 2022. Dua HP tersebut disiapkan untuk bertarung di kelas menengah dan kelas menengah atas yang memang jadi perhatian realme.

Dalam artikel ini, Carisinyal akan membahas realme 9 Pro+ yang disebut realme sebagai HP flagship di kelas menengah. Bukan tanpa alasan realme berani memberi istilah tersebut terhadap suksesor realme 8 Pro ini. Pasalnya, ada satu komponen yang kualitasnya jempolan.

Komponen itu adalah kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX766, serta dilengkapi OIS dan EIS. Di kelas harga Rp4-5 jutaan, tak banyak produsen yang punya HP dengan konfigurasi kamera seperti realme 9 Pro+. Oleh sebab itu, sektor fotografi merupakan salah satu poin menarik dari HP ini.

Namun, dalam artikel ini, Anda akan kami ajak membabar apa saja sesuatu yang membuat HP ini menonjol. Pembahasan dalam artikel ini sifatnya tidak mutlak, tetapi dapat menjadi rambu-rambu dalam menilai si ponsel. Sebagai permulaan, silakan simak spesifikasi utama realme 9 Pro+ sebagai berikut.

Spesifikasi realme 9 Pro+

realme 9 Pro Plus
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme 9 Pro+

realme terkenal jago dalam meracik ponsel kelas menengah atas. Pada segmen ini, realme mampu membuat konsumen merasa puas dengan uang yang mereka bayar. Di bawah ini adalah beragam alasan kenapa realme 9 Pro+ bisa memuaskan konsumen.

1. Desain

realme 9 pro plus

Sejak awal berdiri, realme menegaskan sebagai jenama penyedia perangkat bagi generasi muda. Hal inilah yang membedakan realme dari brand lain di bawah naungan BBK Electronics. Untuk diketahui, brand lain yang berada di bawah naungan BBK Electronics adalah OPPO, vivo, OnePlus, dan iQOO.

Maka tak heran bila ponsel-ponsel bikinan realme punya karakter desain yang berani, tak terkecuali realme 9 Pro+. Ketimbang mengikuti tren produsen lain yang condong ke warna matte, realme percaya diri dengan tetap memakai karakter glossy pada penutup belakang ponsel ini.

Penutup belakang dengan polesan glossy memang nyentrik, membuat orang-orang di sekitar melirik. realme 9 Pro+, baik varian Sunrise Blue maupun Aurora Green, pun mampu menyedot perhatian publik. Namun, varian yang disebut pertama adalah yang paling unik.

Alasannya karena varian tersebut mampu melakukan perubahan warna seperti vivo V23 5G. realme mengistilahkan kemampuan ini dengan Light Shift Design. Singkatnya, perubahan warna dari biru ke kemerahan terjadi saat penutup belakang terkena sinar ultraviolet alias sinar matahari.

Perubahan warna terjadi hanya dalam tiga detik sejak penutup belakang terpapar sinar matahari. Penutup belakang perlahan akan kembali ke warna semula sekitar 2-5 menit setelah bebas dari paparan sinar matahari.

Menurut Sheldon Pinto dalam Gadget 360, penutup belakang realme 9 Pro+ terbuat dari kaca. Sementara itu, rangka flat yang dipakai berbahan polikarbonat. Untuk bagian depan, realme mengonfirmasi bahwa HP ini memakai kaca Gorillla Glass 5 dari Corning.

Pinto pun menilai, realme 9 Pro+ cukup tipis dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Pernyataan ini mengonfirmasi dimensi si ponsel yang ringkas. HP ini punya ukuran 160.2 x 73.3 x 7,99 mm dengan bobot 182 g.

Beberapa pernak-pernik yang dapat ditemukan di ponsel ini adalah tombol power di sisi kanan. Lalu di sisi kiri ada slot dua kartu SIM tanpa microSD dan tombol pengatur volume.

Di sisi atas ada mikrofon sekunder dan speaker kedua. Terakhir, sisi bawah ditempati oleh jack audio 3,5 mm, port USB C, mikrofon pertama, dan speaker utama.

2. Tampilan

layar realme 9 pro plus

realme tak mengubah ukuran dan model layar realme 9 Pro+. HP ini tetap menggunakan layar 6,4 inci dengan panel Super AMOLED, sama seperti realme 8 Pro. Layar HP ini juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Yang beda, layar HP ini sudah mengusung refresh rate tinggi 90 Hz. Refresh rate alias laju penyegaran yang tinggi ini membuat pengalaman scrolling terasa mulus. Anda pun bisa menikmati konten dan main gim dengan frame rate tinggi.

Hal baru lagi di sektor tampilan ini adalah sensor pemindai sidik jari di bawah permukaan yang mampu memonitor detak jantung. Fitur spesial ini dapat Anda akses di bilah realme Lab pada menu Settings.

Kata jurnalis The Indian Express, Chetan Nayak, tampilan layar realme 9 Pro+ cerah, warnanya menyala dan tajam. Tampilan di bawah terik matahari juga oke. Dia juga bilang, pemindai sidik jari in-display HP ini punya respons yang cepat dan akurat.

Kshitij Pujari dari 91 Mobiles juga memuji layar realme 9 Pro+. Menurut dia, layar HP dengan touch sampling rate 360 Hz ini mampu memanjakan mata. Hal itu lantaran kalibrasi warna dan kecerahannya yang baik.

Adapun layar realme 9 Pro+ dibekali mode natural, vivid, dan pro (pengaturan manual) agar pengguna dapat meningkatkan kualitas visual. Lalu ada fitur Always-on Display dan DC Dimming. Fitur yang disebut terakhir berfungsi untuk mengurangi kedipan (flickering) saat layar disetel pada level kecerahan rendah.

Oh iya, layar HP ini sudah punya sertifikasi HDR10+ dan Widevine L1, sehingga film Netflix dapat ditampilkan dalam resolusi Full HD.

3. Performa

dimensity 920 realme 9 pro plus

realme akhirnya beralih ke SoC baru setelah tiga generasi memakai SoC yang sama. SoC yang digunakan realme 9 Pro+ adalah MediaTek Dimensity 920, bukan lagi Snapdragon 720G yang dipakai realme 6 Pro, realme 7 Pro, dan realme 8 Pro.

Dimensity 920 merupakan SoC kelas menengah atas dengan konstruksi modern. Ia mengandung delapan inti CPU. Dua inti performanya adalah Cortex A78 (2,5 Ghz), sedangkan enam inti efisiensinya adalah Cortex A55 (2,0 GHz).

SoC ini juga punya GPU Mali-G68 MC4 (950 MHz), modem internal 5G, dan macam-macam komponen lain. CPU dan seluruh komponen yang ada dijadikan satu melalui proses manufaktur 6 nm.

Pada dapur pacu realme 9 Pro+, Dimensity 920 didukung oleh RAM 8 GB (LPDDR4x) serta memori internal 128 GB atau 256 GB (UFS 2.2). Untuk melihat seperti apa performa HP ini, pertama-tama kami merujuk pengujian berbagai aplikasi benchmark sintetis yang dilakukan GSM Arena.

Antutu 8 realme 9 pro plusSumber: GSM Arena

Pada AnTuTu 8, skor yang dicatatkan realme 9 Pro+ adalah 495.096, sedangkan skor pada AnTuTu 9 mencapai 416.031. Skor tersebut cukup bersaing dengan HP-HP lain di kelas yang sama, termasuk Samsung Galaxy A52s 5G (Snapdragon 778G).

singlecore realme 9 pro plusSumber: GSM Arena

Lanjut ke GeekBench 5, skor single-core HP ini cukup tinggi, yakni 814. Sementara itu skor multi-core-nya menyentuh 2335. GSM Arena memperkirakan, HP ini mengalami peningkatan kemampuan CPU sebesar 40% dibanding realme 8 Pro.

multicore realme 9 pro plusSumber: GSM Arena

Peningkatan performa akibat SoC Dimensity 920 juga terjadi pada kemampuan grafis. GPU Mali-G68 MC4 terbukti 50% lebih andal ketimbang Adreno 618 di Snapdragon 720G milik realme 8 Pro.

Pengujian melalui aplikasi GFX Bench pada berbagai skenario memperlihatkan hasil tersebut. Demikian pula pada 3DMark Wild Life Vulkan 1.1 (offscreen 1440p), saat realme 9 Pro+ menghasilkan skor kemampuan grafis 2296 poin, sedangkan realme 8 Pro hanya 1051.

gpu realme 9 pro plusSumber: GSM Arena

Kemampuan yang andal SoC Dimensity 920 tak akan mencapai titik optimal jika realme tak membekali sistem pendinginan yang baik. Untungnya realme memasang sistem pendinginan lima lapis, terdiri atas vapor chamber dan komponen-komponen lain.

Sistem pendinginan tersebut diklaim mampu menurunkan temperatur internal HP hingga 10°C. Keberadaan sistem pendinginan ini berimbas pada minimnya gejala throttling (penurunan performa) yang dialami si ponsel pada saat diberi beban kerja tertinggi.

Dalam uji CPU throttling yang dilakukan GSM Arena, kemampuan CPU realme 9 Pro+ hanya turun ke angka 89% dari performa puncaknya. Sementara itu, GPU-nya malah lebih sip dengan kestabilan performa 99,7%.

wild life stress test realme 9 pro plusSumber: GSM Arena

Hasil-hasil tes benchmark sintetis di atas mengindikasikan bahwa realme 9 Pro+ punya performa yang bagus. Hanya saja, skor benchmark sifatnya tidak mutlak, karena impresi yang muncul kadang-kadang bisa berbeda dari kondisi nyata (saat HP dipakai langsung).

Oleh sebab itu, mari kita rujuk pengalaman dari pakai para penguji, baik saat digunakan untuk harian maupun main gim. Berdasarkan pengalaman Khalid Anzar dari Business Standard dan Hannah Cowton dari Tech Advisor, HP ini lancar menjalankan segala tugas hariannya.

Cowton menyatakan, realme 9 Pro+ cepat dan gegas. HP ini hanya terlihat sesekali mengalami stutter saat multitasking, khususnya ketika Cowton memutar video sambil membuka sosmed dan aplikasi perpesanan.

Lanjut ke performa gaming, realme 9 Pro+ umumnya mampu menjalankan berbagai gim dengan setelan grafis tinggi. HP 5G ini pun bikin pengguna nyaman, karena tidak cepat panas dipakai main gim berlama-lama.

Beberapa gim yang dimainkan Sheldon Pinto cukup lancar. Misalnya, Call of Duty Mobile dapat dijalankan pada setelan grafis "Medium" dan frame rate "Very High". Gim balap Real Racing 3 juga dapat dijalankan dengan lancar.

4. Kamera

kamera realme 9 pro plus

realme 9 Pro 9+ memiliki tiga kamera belakang. Masing-masing adalah kamera utama 50 MP, f/1.8; kamera ultra-wide 8 MP, f/2.2; dan kamera makro 2 MP, f/2.4. Sensor kedalaman dihilangkan karena fungsinya memang tidak penting-penting amat.

Yang paling menarik dari tiga kamera itu tentu saja adalah kamera utamanya. Pasalnya, kamera tersebut menggunakan sensor Sony IMX766 dengan ukuran 1/1,56 inci. Sensor ini adalah sensor sama yang dipakai OPPO Find X3 Pro, vivo X70 Pro, dan Xiaomi 12.

Oleh sebab itu, realme berani sesumbar bahwa kualitas kamera utama realme 9 Pro+ ada di level flagship. Apalagi kamera utama ini juga dibekali penstabil gambar berbasis optik (OIS).

Adapun kamera depan HP ini mempunyai resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.4. Sensor yang dipakai untuk kamera depan adalah Sony IMX 471. Sekadar info tambahan, sensor yang dipakai kamera ultra-wide realme 9 Pro+ adalah Sony IMX 355, sedangkan kamera makronya menggunakan sensor OmniVision OV02B.

Seluruh kamera HP ini bisa digunakan untuk merekam video, kecuali kamera makro. Resolusi maksimal 4K pada 30 fps hanya bisa diraih oleh kamera utama. Kamera lain hanya bisa sampai resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps.

Berbagai fitur pun disematkan pada aplikasi kamera di HP ini. Beberapa di antaranya adalah AI Scene Enhancement, Auto HDR, mode potret, mode malam, mode expert (pro). Ada juga kemampuan mengambil foto dengan format RAW yang hanya bisa dipakai oleh kamera utama.

Lantas bagaimana dengan hasil jepretannya? Tim GSM Arena, Tom Bedford dari Tech Radar, dan Sheldon Pinto mengaku puas dengan foto-foto yang dihasilkan.

Baik kamera utama dan kamera ultra-wide mampu menghasilkan foto yang bagus pada kondisi siang hari. Karakter fotonya tajam, warna akurat, kontras sip, dan rentang dinamisnya luas. Meski begitu, kata Pinto, foto kamera ultra-wide tidak setajam kamera utama.

Jepretan kamera makro cukup saja. Kamera ini mampu mengunci fokus dengan baik pada jarak 4 cm. Namun, proses sharpening pada foto terlihat agak berlebihan, serta noise cukup tampak.

Lanjut ke kamera depan, hasil jepretan lumayan. Kontras, rentang dinamis dan detail dapat disajikan dengan baik. Walau demikian, menurut Tim Bedford, warna fotonya sedikit pucat.

Soal fotografi di kondisi low light, kamera utama HP ini dapat melakukan tugasnya dengan baik berkat bantuan OIS. Foto yang dihasilkan bagus dengan mode auto. Hanya saja, Anda akan mendapat ketajaman ekstra jika menggunakan mode malam.

Mengenai perekaman video, realme 9 Pro+ sekali lagi memperlihatkan kualitasnya. Videonya punya warna yang akurat, suara yang jelas, dan noise tidak banyak. Fitur penstabilan EIS pun bisa dipakai pada seluruh resolusi dan kamera.

Kendati demikian, efek penstabilan paling terasa jika video direkam pada resolusi 1080p. Berikut contoh jepretan kamera realme 9 Pro+:

kamera utama realme 9 pro plusSumber: Gadgets 360
Kamera utama
kamera ultrawide realme 9 pro plusSumber: GSM Arena
Kamera ultrawide
kamera makro realme 9 pro plusSumber: GSM Arena
Kamera makro
Kamera selfie realme 9 pro plusSumber: Tech Radar
Kamera selfie
kamera utama - mode malam realme 9 pro plusSumber: Tech Radar
Kamera utama - mode malam

5. Baterai

baterai realme 9 pro plus

realme 9 Pro+ dibekali baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Kapasitas tersebut memang tidak luar biasa untuk standar masa kini. Meski begitu, tidak ada satu pun penguji yang komplain dengan daya tahannya.

Sebagian besar penguji mengaku bahwa realme 9 Pro+ mampu menemani aktivitas hingga satu hari penuh. Dalam uji pemutaran video lokal (720p) yang dilakukan Sheldon Pinto, HP ini mampu bertahan hingga 23 jam 36 menit. Hasil tersebut terbilang keren!

Yang keren lagi, realme 9 Pro+ didukung teknologi pengisian cepat 60W. Charger SuperDart 65W pun masuk dalam paket penjualan. Berbekal charger bawaan tersebut, pengisian 0-80% hanya butuh waktu 30 menit, dan 0-100% memakan durasi 50 menit.

6. Speaker

speaker realme 9 pro plus

Setelah sempat mencopot speaker stereo pada realme 8 Pro, realme akhirnya mengembalikan konfigurasi tersebut pada realme 9 Pro+. Dengan adanya speaker stereo, pengguna bisa merasakan dentuman suara yang dinamis dan lebih lantang.

Hal tersebut jelas akan meningkatkan pengalaman multimedia, khususnya saat Anda memutar lagu atau video. Kelantangan speaker HP ini masuk kategori sangat bagus berdasarkan pengujian yang dilakukan GSM Arena. Skor kelantangannya tercatat -25.3 LUFS (Loudness Unit Full Scale).

Jika Anda masih belum puas dengan suara yang dikeluarkan dari speaker HP ini, cobalah untuk menggunakan headset. Dengan menggunakan headset kabel via audio jack 3,5 mm, Anda akan mendapatkan benefit mendengar audio resolusi tinggi 24-bit/192kHz.

7. Fitur Ekstra

realme 9 pro plus

Ada banyak fitur baru yang disuntikkan realme demi meningkatkan pengalaman pakai pada HP ini. Selain pendeteksi detak jantung, realme 9 Pro+ dijejali sistem operasi dan antarmuka anyar. HP dengan NFC multifungsi ini sudah memakai sistem operasi Android 12 yang dilapisi antarmuka realme UI 3.0.

Antarmuka ini menyegarkan pengalaman pemakaian si ponsel, terutama karena ikon-ikon khas Android 12 dengan ukuran lebih besar. realme UI 3.0 minim iklan, simpel, dan tidak jauh berbeda dari stock Android.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki realme UI 3.0 adalah Edge Lighting. Fitur ini membuat tepian layar ponsel menyala sebagai tanda ada notifikasi baru. Menurut GSM Arena, fitur ini lebih hemat daya ketimbang Always-on Display.

Fitur menarik lagi yang merupakan bawaan dari Android 12 adalah pengaturan akses privasi untuk mikrofon dan kamera. Dengan memutus akses mikrofon dan kamera, aplikasi sosial media tidak dapat menyadap percakapan pengguna untuk kepentingan iklan.

Fitur menarik selanjutnya yang dimiliki realme 9 Pro+ adalah RAM Expansion dan motor getar baru X-axis Linear Motor. Vibrasi yang ditimbulkan oleh motor getar tersebut cukup enak menurut David Brendi, pemilik kanal YouTube Gadgetin. Vibrasi yang timbul sudah seperti ponsel flagship.

Kekurangan realme 9 Pro+

realme 9 Pro+ mungkin akan cocok bagi sebagian besar orang. Meski begitu, HP 5G ini bisa jadi tidak cocok jika beberapa hal di bawah ini tidak bisa dimaklumi. Oleh karena itu, simak dengan saksama hal-hal yang perlu Anda perhatikan dari si ponsel sebagai berikut.

1. Sisi Minor Desain

desain realme 9 pro plus

Sebagaimana yang kami jelaskan pada poin "Desain", realme 9 Pro+ punya desain yang berani. Berani dalam hal ini adalah berani untuk berbeda dan menjadi pusat perhatian. Buat anak muda, karakter tersebut mungkin cocok.

Namun, untuk orang dewasa, desain mencolok mungkin saja dihindari. Sisi minor selanjutnya dari desain HP ini adalah tidak adanya sertifikasi ketahanan debu dan air. Bagian belakang HP ini juga gampang dekil akibat noda sidik jari.

Anda harus sering-sering mengelap jika ingin ponsel selalu terlihat bersih. Kemudian, karena modul kameranya cukup menonjol, HP ini gampang goyang saat ditaruh di atas meja. Memasang softcase mampu mengatasi masalah itu.

Pada akhirnya, desain memang subjektif dan personal, sebab kecenderungan untuk menyukai sesuatu tidak bisa disamaratakan.

2. Bloatware

realme 9 pro plus aurora green

realme UI 3.0 memang bersih, simpel, dan enak digunakan. Tampilannya juga mudah untuk dikustomisasi. Hanya saja, antarmuka ini masih mengandung bloatware alias aplikasi prainstal yang jumlahnya cukup banyak.

Kanal YouTube GontaGantiHape mencatat ada 13 bloatware yang muncul sejak HP ini dinyalakan pertama kali. Beberapa di antaranya adalah Agoda, Booking.com, J&T, dan WeTV.

Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin saja bukan aplikasi favorit, bahkan tidak Anda perlukan. Untungnya, sebagian besar bisa di-uninstall agar tidak menyesaki ruang simpan.

3. Slot MicroSD Hilang

sunrise blue realme 9 pro plus

realme 9 Pro+ bukan smartphone flagship. Akan tetapi, HP ini sudah mengikuti tren ponsel-ponsel flagship yang menghilangkan slot microSD. Ketiadaan slot microSD membuat Anda tidak punya opsi ekspansi ruang simpan yang murah.

Hal ini berbeda dari realme 8 Pro yang masih menyertakan slot microSD khusus. Oleh sebab itu, pastikan Anda membeli HP ini dengan varian memori yang tepat. Jika Anda gemar mengoleksi film, suka membuat dokumentasi pribadi dan main gim, sebaiknya mengambil varian 8/256 GB.

Simpulan

realme 9 Pro+ hadir sebagai salah satu pilihan menarik di rentang harga Rp4-5 jutaan. HP ini dapat memenuhi ekspektasi konsumen yang mendamba ponsel dengan kemampuan merata di berbagai sektor. Mulai dari desain, tampilan, performa, kamera, daya tahan baterai dan speaker, semuanya sip!

Bahkan untuk kamera, HP ini adalah salah satu yang terbaik di kelas harganya. Tidak banyak HP 5 jutaan yang dibekali kamera dengan sensor mahal, apalagi dilengkapi OIS. Karena itu, sulit untuk menyingkirkan realme 9 Pro+ dari daftar layak beli.

Satu-satunya pengganjal serius dari realme 9 Pro+ adalah desain glossy yang mencolok. Bila Anda cocok dengan desainnya, tak ada alasan lain untuk tidak memilih ponsel ini sebagai ponsel daily driver baru. Bagaimana menurut Anda? Jika masih bingung, silakan lihat alternatif lain di artikel HP 5 jutaan terbaik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram