Mari Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 9 Pro+

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

realme 9 Pro dan realme 9 Pro+ membuka lembaran baru bagi realme dalam mengarungi tahun 2022. Dua HP tersebut disiapkan untuk bertarung di kelas menengah dan kelas menengah atas yang memang jadi perhatian realme.

Dalam artikel ini, Carisinyal akan membahas realme 9 Pro+ yang disebut realme sebagai HP flagship di kelas menengah. Bukan tanpa alasan realme berani memberi istilah tersebut terhadap suksesor realme 8 Pro ini. Pasalnya, ada satu komponen yang kualitasnya jempolan.

Komponen itu adalah kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX766, serta dilengkapi OIS dan EIS. Di kelas harga Rp4-5 jutaan, tak banyak produsen yang punya HP dengan konfigurasi kamera seperti realme 9 Pro+. Oleh sebab itu, sektor fotografi merupakan salah satu poin menarik dari HP ini.

Namun, dalam artikel ini, Anda akan kami ajak membabar apa saja sesuatu yang membuat HP ini menonjol. Pembahasan dalam artikel ini sifatnya tidak mutlak, tetapi dapat menjadi rambu-rambu dalam menilai si ponsel. Sebagai permulaan, silakan simak spesifikasi utama realme 9 Pro+ sebagai berikut.

Spesifikasi realme 9 Pro+

realme 9 Pro Plus
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme 9 Pro+

realme terkenal jago dalam meracik ponsel kelas menengah atas. Pada segmen ini, realme mampu membuat konsumen merasa puas dengan uang yang mereka bayar. Di bawah ini adalah beragam alasan kenapa realme 9 Pro+ bisa memuaskan konsumen.

1. Desain

realme 9 pro plus

Sejak awal berdiri, realme menegaskan sebagai jenama penyedia perangkat bagi generasi muda. Hal inilah yang membedakan realme dari brand lain di bawah naungan BBK Electronics. Untuk diketahui, brand lain yang berada di bawah naungan BBK Electronics adalah OPPO, vivo, OnePlus, dan iQOO.

Maka tak heran bila ponsel-ponsel bikinan realme punya karakter desain yang berani, tak terkecuali realme 9 Pro+. Ketimbang mengikuti tren produsen lain yang condong ke warna matte, realme percaya diri dengan tetap memakai karakter glossy pada penutup belakang ponsel ini.

Penutup belakang dengan polesan glossy memang nyentrik, membuat orang-orang di sekitar melirik. realme 9 Pro+, baik varian Sunrise Blue maupun Aurora Green, pun mampu menyedot perhatian publik. Namun, varian yang disebut pertama adalah yang paling unik.

Alasannya karena varian tersebut mampu melakukan perubahan warna seperti vivo V23 5G. realme mengistilahkan kemampuan ini dengan Light Shift Design. Singkatnya, perubahan warna dari biru ke kemerahan terjadi saat penutup belakang terkena sinar ultraviolet alias sinar matahari.

Perubahan warna terjadi hanya dalam tiga detik sejak penutup belakang terpapar sinar matahari. Penutup belakang perlahan akan kembali ke warna semula sekitar 2-5 menit setelah bebas dari paparan sinar matahari.

Menurut Sheldon Pinto dalam Gadget 360, penutup belakang realme 9 Pro+ terbuat dari kaca. Sementara itu, rangka flat yang dipakai berbahan polikarbonat. Untuk bagian depan, realme mengonfirmasi bahwa HP ini memakai kaca Gorillla Glass 5 dari Corning.

Pinto pun menilai, realme 9 Pro+ cukup tipis dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Pernyataan ini mengonfirmasi dimensi si ponsel yang ringkas. HP ini punya ukuran 160.2 x 73.3 x 7,99 mm dengan bobot 182 g.

Beberapa pernak-pernik yang dapat ditemukan di ponsel ini adalah tombol power di sisi kanan. Lalu di sisi kiri ada slot dua kartu SIM tanpa microSD dan tombol pengatur volume.

Di sisi atas ada mikrofon sekunder dan speaker kedua. Terakhir, sisi bawah ditempati oleh jack audio 3,5 mm, port USB C, mikrofon pertama, dan speaker utama.

2. Tampilan

layar realme 9 pro plus

realme tak mengubah ukuran dan model layar realme 9 Pro+. HP ini tetap menggunakan layar 6,4 inci dengan panel Super AMOLED, sama seperti realme 8 Pro. Layar HP ini juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Yang beda, layar HP ini sudah mengusung refresh rate tinggi 90 Hz. Refresh rate alias laju penyegaran yang tinggi ini membuat pengalaman scrolling terasa mulus. Anda pun bisa menikmati konten dan main gim dengan frame rate tinggi.

Hal baru lagi di sektor tampilan ini adalah sensor pemindai sidik jari di bawah permukaan yang mampu memonitor detak jantung. Fitur spesial ini dapat Anda akses di bilah realme Lab pada menu Settings.

Kata jurnalis The Indian Express, Chetan Nayak, tampilan layar realme 9 Pro+ cerah, warnanya menyala dan tajam. Tampilan di bawah terik matahari juga oke. Dia juga bilang, pemindai sidik jari in-display HP ini punya respons yang cepat dan akurat.

Kshitij Pujari dari 91 Mobiles juga memuji layar realme 9 Pro+. Menurut dia, layar HP dengan touch sampling rate 360 Hz ini mampu memanjakan mata. Hal itu lantaran kalibrasi warna dan kecerahannya yang baik.

Adapun layar realme 9 Pro+ dibekali mode natural, vivid, dan pro (pengaturan manual) agar pengguna dapat meningkatkan kualitas visual. Lalu ada fitur Always-on Display dan DC Dimming. Fitur yang disebut terakhir berfungsi untuk mengurangi kedipan (flickering) saat layar disetel pada level kecerahan rendah.

Oh iya, layar HP ini sudah punya sertifikasi HDR10+ dan Widevine L1, sehingga film Netflix dapat ditampilkan dalam resolusi Full HD.

3. Performa

dimensity 920 realme 9 pro plus

realme akhirnya beralih ke SoC baru setelah tiga generasi memakai SoC yang sama. SoC yang digunakan realme 9 Pro+ adalah MediaTek Dimensity 920, bukan lagi Snapdragon 720G yang dipakai realme 6 Pro, realme 7 Pro, dan realme 8 Pro.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram