carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Mengetahui Lebih Dalam Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74

Mengetahui Lebih Dalam Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 3 Mei 2021

Siapa yang belum berkenalan dengan OPPO A74? Sebuah produk terbaru di lini A besutan OPPO ini baru saja dirilis pada April 2021 dengan membawa sejumlah fitur yang menarik untuk dicoba. Perangkat yang berada dalam naungan kalangan kelas menengah ini siap menyasar di industri smartphone dengan harga sekitar Rp3,39 juta untuk tipe 6/128 GB.

Kehadiran OPPO A74 edisi 4G ini diharapkan dapat menyokong segala pergerakan mobile harian pengguna mulai dari urusan komunikasi, menonton film, membuka media sosial, hingga menjalankan aplikasi permainan.

Namun, apakah segala kegiatan tersebut ditopang dengan teknologi yang mumpuni? Oleh karena itu, mari kita baca spesifikasi dari OPPO A74 selengkapnya di bawah ini:

Spesifikasi OPPO A74

Oppo A74
  • Rilis: April, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.43 inci
  • Chipset: Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan OPPO A74

Menjadi ponsel keluaran terbaru, sudah pasti OPPO A74 dibekali dengan banyak kelebihan yang ada pada tubuhnya. Nah, kali ini carisinyal akan mengajak kamu untuk mengulik lebih lanjut tentang kelebihan dari OPPO A74. Supaya tidak tambah penasaran, langsung saja simak sampai tuntas penjelasannya di bawah ini:

1. Dilahirkan dengan Bodi yang Ringan

OPPO A74 4G Bodi

Bagi pengguna yang mengidamkan punya ponsel berbadan ringan, OPPO A74 siap menjadi pilihannya. Jelas bukan tanpa alasan, badan OPPO A74 dirancang dengan ukuran dimensi 160.3 mm untuk panjangnya, 73.8 mm untuk lebar, dan ketebalan 8 mm.

Sementara, untuk bobotnya sudah terbilang ideal sebagai sebuah ponsel pintar di zaman sekarang yaitu 175 gram. OPPO A74 hadir dalam dua pilihan warna antara lain Prism Black dan Midnight Blue. Sama halnya dengan OPPO A74 edisi 5G, perangkat ini membawa port Dual SIM, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, dan 3.5mm jack.

2. Layar AMOLED dengan Kerapatan Piksel Tinggi

OPPO A74 Display

Berbicara tentang teknologi layar, OPPO A74 juaranya jika dibandingkan dengan kembarannya. Layarnya berukuran 6.43 inci yang masih terbilang lega dengan rasio layar-ke-bodi 84.4%, sangat mendukung aktivitas mobile seperti menonton video streaming, mengedit foto atau video, hingga menjalankan aplikasi gaming.

OPPO A74 juga dibekali dengan rasio layar 1080 x 2400 piksel dengan panel AMOLED. Panel tersebut sangat menguntungkan bagi pengguna karena sangat menghemat daya secara efisien, punya kontras dan saturasi tinggi, tampilan warna yang jelas, dan kecerahan yang tinggi.

Mengulik soal tingkat kecerahan layar yang tinggi dari OPPO A74 dapat dibuktikan dengan kepemilikan 430 nits pada kelas tipikal dan 800 nits untuk kecerahan maksimal. Dengan demikian layar mampu menghalau pantulan sinar Matahari ketika membuka OPPO A74 di luar ruangan. Angka kerapatan pikselnya juga tinggi yaitu 409 ppi, sehingga tampilan layarnya sangat jelas untuk di kelasnya.

3. Kinerja Prosesor yang Mumpuni

Qualcomm Snapdragon

Kebanyakan pastinya akan memilih atau membeli ponsel dengan kinerja yang mumpuni, seperti halnya performa yang disuguhkan oleh OPPO A74. Ponsel pintar kelas menengah ini menggandeng prosesor Qualcomm SM6115 dengan chipset Snapdragon 662 yang didasarkan pada proses fabrikasi 11 nanometer, siap mendongkrak performa yang kencang.

Perangkat terbaru ini bermodalkan CPU Octa-core yang terbuat dari empat inti Kryo 260 Gold dengan kecepatan mencapai 2.0 GHz dan empat inti Kryo Silver yang memiliki clock speed hingga 1.8 GHz. Sementara, guna untuk menyuguhkan tampilan grafis yang optimal, OPPO A74 dijalankan oleh GPU yang bernama Adreno 610.

Kinerjanya semakin lantang berkat disematkannya ruang penyimpanan yang luas yakni 6 GB untuk RAM dan 128 GB sebagai memori internal. Dengan begitu perangkat ini dapat memasangkan beragam aplikasi berat dan menyimpan ratusan bahkan lebih data dari penggunanya. Berkat jeroannya ini, OPPO A74 berhasil mengumpulkan nilai AnTuTu v8 lumayan tinggi di kelasnya yaitu 185.000.

4. Berlandaskan OS Terbaru

Android 11

Keuntungan membeli OPPO A74 lainnya adalah kehadiran sistem operasi yang lebih update ke Android 11. Dengan sistem operasi ini pengguna akan dilayani berbagai fitur dan menu terbaru mulai dari melihat riwayat notifikasi, rekomendasi aplikasi, pengawasan media, mengubah ukuran picture-in-picture, notifikasi prioritas, hingga akses ke mini gim.

Selain itu, pengguna juga akan disuguhkan dengan sistem antarmuka ColorOS 11.1 yang membawa beberapa kemudahan seperti Three Finger Translate With Google untuk memudahkan alur terjemahan, Always on Display untuk mengatur tampilan yang selalu aktif, hingga Bullet Screen Message untuk menerima pesan penting tanpa perlu memblokir layar permainan.

5. Sistem Baterai yang Baik

OPPO-A74 Fast Charging

Beruntung bagi pengguna yang memutuskan untuk membeli OPPO A74 karena ponsel keluaran terbaru ini dibekali dengan sistem baterai yang baik. Sumber daya baterainya sangat melimpah sampai 5.000 mAh, memungkinkan pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan dalam waktu lama.

Bayangkan saja, pengguna masih bisa saling balas pesan di WhatsApp selama 1.3 jam atau melakukan pembicaraan lewat telepon hingga 2.7 jam hanya dengan baterai 5 persen saja. Sementara, saat malam hari tiba dengan fitur Super Nighttime Standby maka ponsel dapat menghemat daya dan hanya menghabiskan baterai 2 persen saja.

OPPO A74 pula menyajikan teknologi pengisian cepat 33W yang digadang dapat mengisi penuh baterai hanya dalam 72 menit atau 54% dalam kurun waktu 30 menit saja. Disokong oleh SuperVOOC 2.0, pengguna dijanjikan tidak perlu berlama-lama lagi untuk mendapatkan pasokan daya terkhusus bagi mereka yang tengah dikejar waktu.

Kekurangan OPPO A74


Tidak hanya kelebihan, rupa-rupanya OPPO A74 juga punya kekurangan. Supaya kamu tidak menyesal saat membeli perangkat ini, sebaiknya kamu cari tahu dulu kekurangan dari OPPO A74. Tidak perlu gundah gulana karena Carisinyal sudah merangkum kekurangannya berikut ini:

1. Hanya Punya Triple Camera

OPPO A74 Camera

Kamera utama dari OPPO A74 terdiri dari tiga sensor antara lain 48 MP dengan bukaan f/1.7 untuk sensor wide dan masing-masing 2 MP berdiafragma f/2.4 diletakkan pada sensor kedalaman serta makro, dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR, dan panorama.

Sebenarnya kamera utama milik OPPO A74 sudah luar biasa, hanya saja sensornya tidak sebanyak yang ada pada OPPO A74 5G. Lalu, sensor apa yang kurang? Ternyata, OPPO A74 harus rela kehilangan sensor ultrawide. Sensor yang memungkinkan pengguna mengambil gambar lebih luas.

Beralih ke kamera depan yang beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.4, diafragmanya terbilang besar jadi gambar hasil bidikan tidak sebagus dan semulus milik OPPO A74 5G yang berdiafragma f/2.0. Dengan kata lain, bila ingin mendapatkan efek bokeh yang jelas maka OPPO A74 harus menyematkan bukaan dengan angka lebih kecil.

Tidak hanya itu pada sistem videografinya, OPPO A74 tidak disertai dengan teknologi gyro-EIS sehingga pengguna membutuhkan penyangga atau keseimbangan agar pengambilan video tetap stabil dan tidak goyang.

2. Tidak Dilengkapi dengan Fitur NFC

tanpa nfc

Tengah mencari ponsel yang dapat melakukan transaksi secara digital? Tampaknya hal tersebut tidak dapat terwujud pada OPPO A74, sebab perangkat ini belum mendukung fitur bernamakan NFC (Near-Field Communication). NFC adalah salah satu fitur wajib yang mestinya ada pada ponsel pintar masa kini terlebih perangkat di jajaran kelas menengah.

Dikarenakan tidak dilengkapi NFC, maka OPPO A74 harus kehilangan kesempatan untuk mencicipi manfaat dari fitur canggih ini antara lain melakukan proses transaksi non-tunai, membuka aplikasi secara otomatis, mengakses informasi Smart Card, menandai suatu lokasi, hingga menghubungkan perangkat ke perangkat lain.

3. Teknologi Bluetooth Belum Upgrade

2. Bluetooth 5

Alih-alih menyematkan teknologi Bluetooth versi 5.1 seperti OPPO A74 5G, OPPO A74 versi standar justru masih menggunakan Bluetooth 5.0. Memang teknologi Bluetooth-nya mampu memberikan kecepatan transfer hingga 2 Mbps, menjangkau perangkat yang lebih luas, hingga membawa ukuran data yang lebih besar.

Akan tetapi alangkah lebih hebat jika memasangkan Bluetooth 5.1 yang jauh lebih canggih, sebagaimana yang ada di OPPO A74 5G. Dengan penggunaan teknologi edisi 5.1 maka memungkinkan melakukan transfer lebih dari 2 Mbps, menghemat daya lebih efisien, dan adanya peningkatan fitur lokasi untuk mengembangkan konsep IoT (Internet of Things).

Simpulan

Gimana tertarik dengan OPPO A74? Ponsel ini memiliki teknologi layar yang baik dengan bodi ramping, jeroannya juga dapat diandalkan untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan suguhan sistem operasi terbaru, dan sistem baterainya pun luar biasa sehingga pengguna tidak perlu hilir mudik untuk mengisi daya.

Sayangnya OPPO A74 belum dilengkapi dengan fitur NFC, teknologi Bluetooth yang belum ditingkatkan, dan mesti kehilangan satu sensor pada kamera utamanya. Kendati demikian, bila kamu tidak mempermasalahkan beberapa aspek dari kekurangan tersebut, ponsel garapan OPPO ini layak untuk dipinang.

Semoga pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A74 dapat memberikan gambaran dan membantu kamu untuk memilih ponsel yang tepat sesuai preferensi yang diinginkan. Terus ikuti Carisinyal supaya kamu dapat wawasan baru tentang dunia teknologi dan gadget, yah!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram