carisinyal web banner retina

Harus Tahu! Inilah Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 5 Juni 2021

Dirilis pada pertengahan Maret 2021, OPPO Reno5 F siap bertempur di industri ponsel Indonesia dengan memikul beragam 'amunisi' yang mutakhir. Varian Reno5 F tatkala menjadi pelengkap di lini Reno5 5G dan Reno5 Pro 5G yang duluan telah eksis di pasaran pada Desember 2020.

Ponsel yang dikenal sebagai OPPO A94 di kawasan luar Asia ini mendapatkan beberapa peningkatan dari suksesornya, Reno4 F. Menyasar ke golongan muda-mudi seperti mahasiswa atau fresh graduate, ponsel OPPO satu ini melayang di pasaran dengan harga resmi Rp4,29 juta.

Membawa slogan "Picture life in Speed", OPPO Reno5 F dirancang dengan bodi kekinian bersama dua varian warna Fantastic Purple dan Fluid Black bernuansa glossy. Untuk berkenalan lebih dekat, kamu bisa membaca spesifikasi OPPO Reno5 F berikut ini:

Spesifikasi OPPO Reno5 F

Harus Tahu! Inilah Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F 1
  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.43 inci Full HD+
  • Chipset: MediaTek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal:  microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4310 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan OPPO Reno5 F

Bagaimana pendapatmu soal spesifikasi OPPO Reno5 F yang telah kamu baca di atas? Dari sana kita sudah mencium beberapa kelebihan yang disuguhkan oleh ponsel pintar garapan OPPO ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dari OPPO Reno5 F kamu bisa membacanya rangkuman berikut ini:

1. Suguhan Layar yang Kuat

Bodi Layar OPPO Reno5 F

Kesan pertama dari tampilan desain ponsel pintar ini adalah modern dan elegan, berkat racikan berbahan gelas untuk area depannya dan sisanya menggunakan material plastik yang glossy. Bodi OPPO ini memiliki dimensi 160.1 x 73.2 x 7.8 mm dengan bobot yang terbilang ringan yakni 172 gram.

Mengusung konsep Punch Hole, layar perangkat ini tampak tambah melebar kendati ukurannya hanya 6.43 inci. Berasio layar-ke-bodi 85.2 persen, OPPO Reno5 F memasangkan teknologi panel AMOLED yang diklaim dapat memberikan saturasi tinggi, warna lebih jelas, dan konsumsi daya lebih hemat.

Tidak hanya itu, tingkat kecerahan yang disuguhkan model OPPO ini ialah 430 nits hingga batas maksimal 800 nits. Sehingga dapat diartikan kalau layar OPPO Reno5 F memberikan kenyamanan pada para penggunanya, terlebih saat menggunakan perangkat di luar ruangan dengan kondisi layar tersentuh pantulan cahaya mentari.

Beresolusi 1080 x 2400 piksel, kerapatan pikselnya yang mencapai 409 ppi membuat kualitas gambar yang dipersembahkan layar OPPO Reno5 F menjadi lebih tajam dan jernih di kelasnya. Dengan begitu bila pengguna melihat gambar atau video tidak ada lagi kata buram.

2. Sistem Android Teranyar

Android 11

Menjadi produk keluaran terbaru, OPPO Reno5 F mendapatkan kesempatan untuk menjajal sistem operasi yang lebih segar yakni Android 11. Dengan dijalankannya sistem operasi Android 11, pengguna akan bersua dengan beberapa fitur yang lebih memukau dan fungsional.

Seperti melihat riwayat notifikasi, mendapatkan rekomendasi aplikasi, pengaturan Smart Home di tombol daya, merekam layar, kontrol media, penambahan emoji baru, kehadiran tema gelap, menangkap layar panjang, akses ke mini gim, mengubah ukuran picture-in-picture, mem-pin item di menu Share, hingga kehadiran mode "Do Not Disturb".

Sistem antarmuka OPPO Reno5 F juga mendapatkan upgrade ke ColorOS 11.1. Perangkat akan diselipkan beragam fitur teranyar di antaranya Flex Drop untuk memberikan keadaan tampilan layar penuh atau mini, Three Finger Translate with Google untuk memudahkan proses penerjemahan, dan Always on Display untuk mengelola tampilan layar agar tetap nyala.

Pun hadir beberapa fitur dari sistem interface ini yang menunjang pengguna dalam bermain gim seperti fitur Bullet Screen Message untuk menangkap pesan penting tanpa blokir layar permainan, Adjustable Gaming Touch untuk memaksimalkan Algoritma layar sentuh yang lebih halus, Hyper Boost 4.0, dan mode Gaming Shortcut.

Beralih ke dapur pacunya yang diotaki oleh chipset MediaTek MT6779V Helio P95 berbasis 12 nanometer yang siap mendobrak aktivitas multitugas mulai bermain gim hingga nonton drama korea. Apalagi OPPO Reno5 F mendapatkan dukungan dari GPU PowerVR GM9446 yang siap menyajikan tampilan grafis secara optimal.

Pada CPU-nya dibentuk oleh Octa-core yang terdiri dari dua buah Cortex-A75 berukuran 2.2 GHz dan enam buah Cortex-A55 yang memiliki clock speed hingga 2.0 GHz. Dengan jeroan yang diusung tersebut, OPPO Reno5 F berhasil memperoleh hasil AnTuTu v8 hingga 207.500, dapat dikatakan mampu berkinerja dengan baik.

3. Konfigurasi Kamera Mentereng

Harus Tahu! Inilah Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F 5

Berbicara keahlian fotografi, ponsel menengah ini patut mendapatkan apresiasi lebih. Pasalnya sistem kamera OPPO Reno5 F telah merealisasikan kecerdasan buatan (AI) yang dapat mempermudah penggunanya ketika membidik foto atau merekam momen berharga dan istimewa.

Pada kamera belakangnya mengandalkan empat sensor atau Quad Camera yang mampu membidik gambar lebih tajam dengan konfigurasi antara lain 48 MP berdiafragma f/1.7 pada sensor utama, 8 MP ber-aperture f/2.2 untuk sensor sudut lebar, dan masing-masing 2 MP dengan bukaan f/2.4 tersemat di sensor makro serta kedalaman.

Di sistem kamera utamanya ini, dimeriahkan oleh fitur HDR, panorama, dan LED Flash yang akan menghasilkan tangkapan layar yang lebih artistik. Untuk kemahiran videografi, ponsel pintar ini merekatkan resolusi 4K berkecepatan 30fps dan 1080p pada frame rate 30/120fps. Ditemani dengan teknologi keseimbangan, gyro-EIS, untuk mengurangi guncangan saat proses perekaman video.

Untuk memproduksi foto portrait yang paripurna nan juta, OPPO Reno5 F menyematkan kamera depan beresolusi 32 MP dengan lensa bukaan f/2.4.

Jepretan kamera selfie-nya mampu membuahkan gambar berkualitas dari segi kecerahan dan kontras, ini tidak lain berkat kemunculan fitur HDR. Untuk mendukung aktivitas video conference, kamera ini mampu merekam dengan resolusi [email protected]

Pengaturan kamera OPPO Reno5 pula mengundang beberapa fitur menarik mulai dari AI Color Potrait untuk menciptakan objek lebih mencolok dengan aktrasi warna, Dynamic Bokeh untuk memudarkan latar belakang, dan AI Beautification 2.0 untuk menambahkan efek kemolekan yang dapat diatur sesuai referensi.

Pada fitur videografi terdapat AI Scene Enhancement, Dual-view Video, Monochrome Video, dan Night Flare Portrait. Adapun aplikasi penyunting video bawaan bernama SOLOOP yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengedit dan menghasilkan video yang berkelas dan profesional.

4. Teknologi Bluetooth 5.1

Bluetooth

Pada sektor konektivitas selain memboyong fitur WiFi yang lantang dan sistem navigasi yang akurat, OPPO Reno5 F memiliki teknologi Bluetooth versi 5.1. Pada versi ini memungkinkan pengguna dapat mentransfer data lebih ngebut 2 Mbps dengan cakupan yang lebih luas sampai 240 meter.

Selain itu, adanya peningkatan fitur lokasi untuk mengelaborasi konsep Internet of Things (IoT), memakan konsumsi daya lebih irit, dan mampu menghubungkan dua perangkat audio pada perangkat yang lain. Dengan fitur Bluetooth edisi 5.1 yang ada di OPPO Reno5 F, sudah pasti akan memudahkan berbagai aktivitas pengguna di era digital saat ini.

Kekurangan OPPO Reno5 F

Sebagai calon pengguna sebaiknya kita tidak menaruh harapan tinggi pada sebuah ponsel pintar, karena tidak menutup kemungkinan akan bertemu dengan celah dari kekurangannya. Seperti halnya pada OPPO Reno5 F yang juga punya beberapa kekurangan pada spesifikasinya.

Berikut ini Carisinyal paparkan kekurangan apa saja yang ada pada OPPO Reno5 F. Yuk, langsung saja baca rangkumannya di bawah ini:

1. Baterai Terbilang Standar

Harus Tahu! Inilah Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F 8

Untuk sebuah ponsel kelas menengah masa kini, rasanya baterai Li-Po berkapasitas 4.310 mAh yang ditempelkan pada OPPO Reno5 F masih terbilang standar jika dibandingkan ponsel lain di kelas yang sama. Akan tetapi, sistem baterainya punya fitur Super Nighttime Standby dan Super Power Saving Mode.

Sebagai penghibur, para pengguna akan mendapatkan pelayanan dari fitur pengisian cepat VOOC Flash Charge 4.0 yang mampu melaju hingga 30 Watt. Dengan teknologi ini memungkinkan perangkat dapat mengisi daya dengan pesat. Dilansir dari OPPO, menyebutkan pengisian daya selama 5 menit menjanjikan pengguna untuk menyaksikan video hingga 2,9 jam.

2. Tidak Menghadirkan Fitur NFC

samsung galaxy a12 tanpa nfcSumber: 99designs.com
*

Jika merujuk GSM Arena, sangat disayangkan dengan harga yang ditawarkan Rp4,29 juta per unitnya, OPPO Reno5 F tidak ditemani oleh fitur NFC. Sebuah fitur yang sedang marak disematkan di berbagai ponsel kelas menengah ke atas. Padahal dengan menghadirkan fitur NFC, pengguna akan disajikan beragam faedah untuk aktivitas sehari-hari.

Seperti memungkinkan penggunanya memproses pembayaran secara digital alias non tunai, melakukan transfer data atau media, menghubungkan perangkat ke perangkat lain yang juga punya fitur NFC, mengakses informasi dari Smart Card, menggulirkan perangkat lunak secara instans, hingga menandai suatu lokasi.

3. Minim Pilihan Memori

RAM ROM

Disandingkan dengan rekannya di seri yang sama yaitu OPPO Reno5 5G dan Reno5 Pro 5G, edisi Reno5 F ini hanya menawarkan satu tipe ruang penyimpanan. Jadi, bagi calon pengguna atau pembeli Reno5 F akan disuguhkan RAM berukuran 8 GB dan memori internal berkapasitas 128 GB.

Memang ukuran tersebut luas, tetapi OPPO tidak mempertimbangkan penawaran tipe memori lain seperti yang lebih rendah atau bahkan yang lebih tinggi. Selain itu, belum diketahui mengenai teknologi penyimpanan yang dibawanya apakah UFS atau eMMC.

4. Belum Mendukung Jaringan 5G

Harus Tahu! Inilah Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F 12

Terkhusus kamu yang sedang gencar menginginkan ponsel berjaringan 5G, maka OPPO Reno5 F bukanlah jawabannya. Pasalnya ponsel pintar keluaran Maret 2021 ini belum mendukung jaringan berkoneksi 5G. OPPO Reno5 F masih mengandalkan teknologi GSM, HSPA berkecepatan 42.2/5.76 Mbps, dan LTE-A.

Bagaimana pun perangkat ini masih berselancar dengan baik tergantung provider dan lokasi pengguna berada. Alternatif lain kamu mungkin bisa memilih OPPO Reno5 5G yang sudah mengalami peningkatan dalam urusan jaringan nya.

Simpulan

Layakkah OPPO Reno5 F dipinang? Terkhusus kamu yang sedang mencari OPPO garapan terbaru dengan kamera mumpuni, ponsel ini bisa jadi pilihan karena telah menghadirkan berbagai fitur apalagi dilengkapi teknologi gyro-EIS. Pun perangkat ini sudah berlandaskan sistem operasi dan sistem antarmuka terbaru. Punya layar yang menawan, OPPO ini telah didukung Bluetooth 5.1.

Itulah tadi beberapa poin dari kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F hasil rangkuman Carisinyal. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan dan memberikan pencerahan sebelum meminang ponsel pintar dari OPPO ini. Untuk mendapatkan informasi ter-update seputar teknologi dan gawai, caranya mudah lho! Tak lain dengan ikuti terus Carisinyal!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram