Carisinyal / Huawei 2020 / Yuk, Intip Kelebihan dan Kekurangan Huawei P40 Pro Ini!

Yuk, Intip Kelebihan dan Kekurangan Huawei P40 Pro Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Huawei termasuk salah satu merk HP yang paling melanglangbuana sampai sekarang ini. Terlihat dari fitur canggih beserta segudang kelebihan yang ditawarkan HP flagship keluarannya – Huawei P40.

HP ini merupakan kelanjutan dari Huawei P30 Pro  yang juga cukup menjadi pusat perhatian karena kinerja kameranya yang begitu fantastis. Lalu kali ini apa ya kira-kira yang menjadi keunggulan seri P40?

Hadir dengan varian biasa, Pro, dan Pro+, kali ini Carisinyal akan beberkan berbagai kelebihan dan kekurangan dari Huawei P40 Pro yang memiliki tingkatan spek di antara dua varian lainnya. Daripada penasaran, langsung cek saja yang berikut ini.

Spesifikasi Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: OLED, 1200 x 2640 piksel
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128/256/512 GB
  • Memori Eksternal: Nano Memory hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP + 12 MP + 40 MP + TOF
  • Kamera Depan: 32 MP + IR TOF 3D
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Huawei P40 Pro

Sebagai HP flagship keluaran tahun 2020, Huawei tentu sudah menyiapkan fitur-fitur yang terkini dan paling mutakhir agar Anda mendapatkan pengalaman yang terbaik. Penasaran apa saja? Mari simak yang berikut ini.

1. Desain Bodi Melengkung yang Memukau

desain-bodi-huawei-p40-pro

Berbagai HP keluaran Huawei yang terbaru memang selalu lekat dengan tampilan desain bodi yang menawan. Hal ini tentu tidak terkecuali untuk Huawei P40 Pro. Di bagian depan, layar terlihat mengisi seluruh ruang dengan rapi dan melengkung di sisi-sisinya.

Desain ini tidak hanya membuatnya terlihat modern, tapi juga enak digenggam. Apalagi jika mengingat frame-nya terbuat dari bahan alumunium dan di empat sudutnya agak mencuat – kian menjadikannya tambah kuat dan terlihat keren.

2. Dukungan Face Recognition

huawei-p40-pro-face-unlock

Semakin sedikit effort yang perlu dikerahkan untuk membuka HP, semakin bagus. Tapi hal ini tentu tanpa meremehkan sisi keamanan. Oleh karena itu, Huawei P40 Pro hadir dengan fitur face recognition yang berfungsi dengan amat baik, berkat kamera depan ToF (time of flight) yang dihadirkannya.

Responnya pun sangat cepat dan akurat. Anda pun memungkinkan untuk membuka kunci layar HP bahkan saat belum sempat menyentuh layarnya. Tidak perlu khawatir soal keamanan, sensor pendeteksi wajahnya sangat aman bahkan untuk dipakai verifikasi transaksi finansial. Sensor ini juga bekerja dengan baik pada berbagai macam pencahayaan, dan tetap mendeteksi wajah Anda meski dalam gelap.

3. Tampilan Layar OLED dan 90Hz Refresh Rate

huawei-p40-pro-screen

Bagian dari HP yang paling sering Anda lihat tentu saja layarnya. Itulah mengapa HP flagship ini begitu layak digemari, karena layar OLED yang diusungnya mampu menghasilkan brightness dan warna yang akurat serta tampilan yang begitu jernih.

Ia pun hadir dengan 90 Hz refresh rate sementara kebanyakan HP lain berjalan pada 60 Hz. Artinya, saat Anda melakukan swipe ataupun bermain game, perpindahan dari layar ke layar bisa terasa lebih halus. Melihat layar dalam waktu yang lama juga tidak akan cepat membuat mata lelah.

4. Kinerja Baterai yang Menakjubkan

huawei-p40-pro-battery

Tentu semua orang menginginkan baterai yang tidak cepat habis. Jangan khawatir, karena performa baterai pada Huawei P40 Pro sangat menakjubkan, ditambah dengan berbagai keunggulan lain yang memudahkan Anda saat mengecas. Kapasitas baterainya adalah 4.200 mAh dan sudah mendukung fitur fast charging sebesar 40W. Anda hanya perlu mengecas selama 50 menit dari nol ke 100%.

Sementara itu, tersedia juga fitur pengecasan nirkabel sebesar 27W dan Anda juga bisa menggunakan Huawei P40 Pro untuk mengecas perangkat lain seperti smartwatch ataupun HP. Meski waktu pengecasan lebih lama, setidaknya Anda bisa menghindari kemungkinan korsleting saat menggunakan kabel casan. Wireless charging juga berguna agar port pengecasan pada HP tidak cepat rusak.

Sebagai gambaran, durasi ketahanan baterai saat menonton video sangat baik, yakni hingga 18 jam. Menurut GSMArena, hampir tidak ada perbedaan pada ketahanan baterai meski Anda menggunakan refresh rate sebesar 90 Hz. Hal ini sungguh menguntungkan mengingat HP pada umumnya memakan lebih banyak daya saat menggunakan refresh rate yang lebih tinggi.

5. Memiliki Konektivitas Lengkap

huawei-p40-pro-connectivity

Meski kita seringkali hanya memerlukan satu tipe konektivitas untuk menghubungkan HP dengan perangkat lain, tidak ada salahnya memiliki berbagai macam opsi. Itulah yang bisa ditawarkan oleh Huawei P40 Pro dengan segudang jenis konektivitas yang dimilikinya.

Huawei P40 Pro mendukung Bluetooth 5.1, infrared, dan juga NFC yang ketiganya bisa digunakan untuk berbagai file dengan mudah. Terutama untuk NFC yang, meski tidak semua orang menggunakannya, cukup berguna untuk menjadikan proses transaksi menjadi lebih praktis serta mengisi saldo e-Toll bagi Anda yang mobilitasnya tinggi.

6. Performa Kamera yang Baik di Segala Kondisi

huawei-p40-pro-camera

Kita berada di zaman ketika semua orang bisa menjadi fotografer berkat fitur kamera pada HP yang semakin canggih. Apalagi, Huawei memang merupakan merk yang terkenal dengan spek fotografi mutakhir pada setiap HP flagship-nya.

Setelah mendulang sukses dengan Huawei P30, merk asal Tiongkok ini telah menyematkan fitur fotografi yang lebih gahar lagi. Untuk spesifikasinya, terdapat empat kamera di punggung bodi dengan resolusi serta fungsi yang berbeda-beda.


Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.9, 23mm yang disertai kemampuan PDAF segala arah. Fitur PDAF ini berfungsi untuk melakukan auto-fokus dengan sangat cepat. Terdapat juga fitur OIS sehingga Anda tidak perlu khawatir gambar goyang saat merekam video. Lensa utama juga bisa dipakai untuk merekam video 4K hingga 60 fps.

Kemampuan PDAF dan OIS juga hadir pada lensa periskopnya yang memiliki resolusi 12 MP. Yang cukup mencengangkan, Anda bisa melakukan zoom hingga 50 kali dengan ketajaman detil dan warna yang masih cukup terjaga.

Untuk lensa ketiga dan keempat, ia memiliki resolusi 40 MP dengan fungsi ultrawide serta lensa untuk sensor kedalaman untuk menghasilkan gambar bokeh. Tidak lupa dengan kamera depannya – terdapat lensa utama sebesar 32 MP dan lensa untuk sensor ToF.

Itu tadi adalah spesifikasi kameranya sebagai gambaran dasar. Yang menjadi keunggulan HP ini di sektor fotografi adalah betapa kualitas hasilnya sangat bagus untuk berbagai kegunaan serta kondisi. Entah itu selfie, foto pemandangan, foto di dalam ruangan, bahkan untuk mengambil objek yang terlalu jauh, semua bisa dilakukan dengan baik.

Tak hanya itu saja, fitur mode malam yang dimilikinya juga mampu mengambil foto dalam gelap dengan detil pencahayaan yang sangat baik seolah diambil pada siang hari. Sebagai gambaran, berikut adalah perbandingan mode malam antara Huawei P40 Pro dengan OPPO Find X2 Pro.

OPPO Find X2 Pro Night Mode * sumber: www.dxomark.com

Huawei P40 Pro Night Mode * sumber: www.dxomark.com

Bisa dilihat dari perbedaan keduanya, foto wanita yang diambil menggunakan kamera OPPO Find X2 Pro masih lebih gelap ketimbang Huawei P40 Pro.

Bahkan secara sekilas, sepertinya orang-orang tidak akan langsung menyadari bahwa foto yang bawah diambil pada malam hari – subyek maupun latar belakang lebih terekspos dengan baik. Kebolehan fitur kameranya juga tidak berhenti di situ saja. Berikut adalah berbagai contoh dari hasil kamera Huawei P40 Pro.

huawei-p40-pro-camera-review-1

* sumber: www.gsmarena.com

huawei-p40-pro-camera-review-2

* sumber: www.gsmarena.com

huawei-p40-pro-camera-review-3

* sumber: www.gsmarena.com

huawei-p40-pro-camera-review-4

* sumber: www.dxomark.com

Dari contoh-contoh hasil kamera di atas, bisa terlihat kalau Huawei P40 Pro mampu mengambil gambar secara baik di dalam maupun luar ruangan. Kontras warnanya cukup terlihat dan detilnya terjaga dengan baik.

7. Performa Chipset Mumpuni

huawei-p40-pro-performance

Bukan Snapdragon ataupun Exynos, Huawei P40 Pro menggunakan chipset Kirin 990 5G yang masih terbilang sangat baik dalam menjalankan game berat ataupun memutar video resolusi tinggi.

Performa dari chipset ini bukanlah yang terbaik dari kelasnya. Performanya masih sedikit kalah dari Snapdragon 865. Tetapi dibandingkan Exynos 990, performa dari Kirin 990 5g lebih baik. Menurut hasil benchmark Geekbench 5,1 yang dipaparkan pada laman GSMArena, Kirin 990 5G terlihat memiliki performa yang cukup tinggi.

huawei-p40-pro-geerbench-51-multicore

* sumber: www.gsmarena.com

huawei-p40-pro-geerbench-51-singlecore

* sumber: www.gsmarena.com

Meski performa multi-core Huawei P40 Pro terlihat lebih unggul ketimbang single core, kedua angka ini masih belum bisa mengalahkan OPPO Find X2 Pro yang menggunakan Snapdragon 865. Begitupun dengan iPhone 11 Max Pro yang terlihat paling unggul dibandingkan yang lain. Tetapi jelas performa lebih tinggi dibandingkan Exynos 990 di Galaxy S20 Ultra.

Kekurangan Huawei P40 Pro

Setelah melihat beberapa keunggulan tadi, mungkin Anda langsung berpikir ingin membelinya. Tapi, tunggu dulu. Anda juga harus perhatikan beberapa kekurangan di bawah supaya tidak menyesal.

1. Tidak Terdapat Google Play Services

huawei-p40-pro-no-google-play

* sumber: www.youtube.com

Bagi Anda yang sering mengikuti perkembangan dunia HP terkini mungkin sudah tidak kaget dengan fakta ini. Ya, merk Huawei memang memiliki masalah dengan pemerintahan Amerika Serikat sehingga Huawei tidak boleh lagi menyematkan fitur-fitur Google di produknya.

Hingga tulisan ini dibuat, Huawei masih diperbolehkan menggunakan sistem operasi Android (menggunakan EMUI 10 berbasiskan Android 10). Namun, Anda tidak akan menemukan berbagai layanan seperti YouTube dan GMail, Google Maps, dan Google Play Store. Sebagai gantinya, Anda bisa mendownload beberapa aplikasi ketiga dari AppGallery ataupun Amazon App Store.

Beberapa aplikasi ketiga masih bisa diinstal namun ada kalanya Anda tidak bisa membuka aplikasi tertentu, terutama aplikasi yang butuh terhubung dengan Google Play Services.

2. Kualitas Rekaman Video 4K 60fps Mengecewakan

Huawei P40 Pro

Kualitas rekaman video kamera belakang HP ini tergolong bagus. Misalnya dalam merekam video 4K di 30 fps. Sayangnya, pada mode 4K 60 fps hasil videonya tergolong mengecewakan. Setidaknya, hal itu diungkapkan oleh GSMArena. Dan untuk sebuah ponsel kelas atas, jelas ini jadi satu kekurangan tersendiri meskipun minor.

3. Tidak Terdapat 3,5mm Jack

huawei-p40-pro-jack

* sumber: root-nation.com

Perlu diakui jenis headphone yang masih sering dipakai orang Indonesia adalah headset kabel dengan konektivitas 3,5 mm. Itulah mengapa cukup disayangkan Huawei P40 Pro tidak kompatibel dengan headset ini.

Ada tiga solusi yang bisa digunakan, yakni menggunakan adapter agar bisa terhubung dengan USB tipe-C, menggunakan headset wireless, atau memakai headset yang mendukung konektivitas USB tipe-C.

Namun, tidak semua orang menyukai headset wireless karena koneksi Bluetooth lebih banyak memakan daya. Dan juga, tidak semua orang suka membawa adapter saat berpergian. Sedangkan, opsi headset yang mendukung USB tipe-C tidak sebanyak headset biasa. Bagi Anda yang sudah nyaman dengan headset yang dimiliki, terpaksa harus beli yang baru.

4. Dukungan Memori Eksternal yang Tidak Biasa

huawei-p40-pro-nano-memory

Perlu dipertimbangkan bahwa Huawei P40 Pro memiliki kapasitas memori internal hingga 256 GB. Kapasitas ini bisa ditambahkan dengan dukungan kartu memori, tapi sayangnya bukan kartu memori biasa.

Ya, Anda hanya bisa menyematkan kartu Nano Memory besutan Huawei yang memiliki ukuran sekecil Nano SIM Card. Masalah muncul ketika Anda ingin mengganti HP lama dengan Huawei P40 Pro – kartu memori Anda yang lama kemungkinan jadi mubazir.

Simpulan

Nah, itu tadi berbagai kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro yang bisa menjadi pertimbangan. Sungguh menarik jika Anda bisa memotret pada malam hari dengan kualitas bagus. Selain itu, tidak perlu khawatir produktivitas terlambat gara-gara notifikasi low battery berkat performa baterai serta fitur pengecasan yang unggul.

Namun, tidak adanya aplikasi Google terasa sangat disayangkan. Dukungan memori eksternalnya juga hanya kompatibel dengan kartu Nano Memory, yang artinya Anda terpaksa harus membeli kartu baru.

All in all, produk Huawei P40 Pro ini tetap termasuk dalam jajaran HP berkelas dengan fitur-fitur yang menarik. Jangan lupa pertimbangkan pro dan kontranya supaya Anda yakin kalau HP Huawei ini cocok dengan Anda. Jika sudah memutuskan untuk membeli, silakan klik link ini ya. Oh iya, jangan lupa berikan juga kesan-pesannya di kolom komentar supaya bisa jadi bahan pertimbangan orang lain.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *